Jangan Mengaku Orang Jujur Kalau Kamu Masih Suka Membajak

Membajak berarti mencuri 

Dalam kehidupan sehari-hari, banyak diantara kita yang suka mendengarkan musik, menonton film, dan menggunakan komputer untuk bekerja dan mencari uang. Tapi sayangnya, musik yang kita dengar, film yang kita tonton, hingga sistem operasi dan software yang kita gunakan di komputer (PC) sebagian besarnya adalah produk bajakan. Padahal, sudah ada undang-undang yang cukup jelas mengenai penggunaan produk bajakan dan ancamannya. Bahkan, hanya mengcopy atau menggunakannya tanpa izin dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

Membajak berarti mencuri. Apapun agamamu, saya yakin bahwa agamamu pasti mengajarkan dan menganjurkan kamu untuk selalu jujur dalam setiap kesempatan. Sedangkan membajak adalah kegiatan yang sudah pasti tidak jujur, karena merugikan pemilik lisensi musik, film, hingga software, dll.

Itu baru sebatas musik, film dan software. Belum lagi apabila kita menghitung (brand) baju-baju sepak bola (jersey), sepatu, dan berbagai benda KW lainnya. Yang sebagian besar dibuat tanpa izin dari pemilik lisensi. Apabila kamu tau dan sengaja membeli produk bajakan, atau sengaja menggunakan produk bajakan, itu sama aja kamu juga ikut mendukung kegiatan membajak.

Karena kita hidup hanya sekali, maka kejujuran setidaknya harus ada di dalam diri kita. Tidak hanya untuk diajarkan kepada anak keturunan, melainkan harus dimulai dari diri pribadi.


Cara agar terhindar dari kegiatan membajak


Saya sendiri sudah mencoba melepaskan diri dari berbagai benda maupun hal-hal yang berbau bajakan. Mulai dari sistem operasi untuk laptop, saya tidak tidak lagi menyimpan MP3 bajakan, tidak menyewa/menonton film ilegal, dan sebisa mungkin menghindari berbagai produk KW.

Untuk menghindari semua itu, berikut adalah cara yang saya terapkan.


Mendengarkan musik

Cara legal mendengarkan musik

Sejak dahulu saya adalah salah satu penyuka musik. Dahulu saya sengaja menyimpan dan mengoleksi berbagai MP3 dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan kadang-kadang, berbagai lagu tersebut kebanyakan tidak sempat saya dengarkan karena jumlah koleksi yang enggak terhitung.

Namun akhirnya saya memutuskan untuk menghapus semua file MP3 (lagu) yang saya miliki, dan kemudian beralih mendengarkan musik legal.
  • Langkah pertama yang saya lakukan adalah berlangganan internet berkecepatan tinggi agar bisa streaming. Namun saya tidak mendengarkan musik streaming dari sembarang tempat. Saya memilih hanya yang legal.
  • Website yang menyediakan musik legal untuk didengarkan diantaranya adalah:
    1. musicmp3.ru - ini adalah situs favorit saya karena menyediakan banyak sekali lagu yang bisa didengarkan secara gratis sebelum dibeli. Mulai dari yang jadul hingga yang terbaru. Yang membuat saya kerap mengunjungi situs ini adalah, kita tidak dibatasi dalam memutar musik. Bahkan musik yang sama bisa kita putar berkali-kali setiap hari. Kemudian, kita juga bisa skip sesuka hati tanpa ada batasan.
    2. jango.com - ini adalah situs lainnya yang sering saya kunjungi. Konsepnya sangat mirip dengan berbagai music streaming modern seperti Sportify.
    3. spotify.com. Selain punya web, musik di sportify juga bisa kamu dengarkan melalui gadget berbasis Android atau iOS. Namun sayangnya, kita hanya bisa mendengarkan musik secara acak. Jumlah "skip" yang diperbolehkan sangat terbatas untuk user non premium. Jadi jika kamu ingin bisa men-skip musik tanpa batas, kamu harus membayar.
    4. Joox. Adalah pilihan aplikasi lain yang sering digunakan untuk mendengarkan musik di gadget (smartphone). Tapi sayangnya, aplikasi ini butuh waktu loading yang sangat lama sehingga saya sering meninggalkannya sebelum musik diputar. Namun ini adalah salah satu tempat di mana kita bisa mendengar musik secara legal.
    5. Saya menghindari mendengarkan musik dari SoundCloud karena ada banyak musik ilegal yang di-upload oleh orang-orang tidak bertanggung jawab (pembajak).
    6. YouTube adalah tempat di mana kita bisa melihat video sekaligus mendengarkan audio (musik). Lagi-lagi, ketika memilih musik yang akan saya putar di Youtube, saya juga sangat pemilih. Saya hanya memutar musik-musik yang di-upload oleh penyedia resmi seperti:
      • Vevo, atau
      • Melalui official channel dari artis pemilik video
    Kalo enggak pengen streaming, sebenarnya kamu juga bisa membeli musik mp3 yang resmi untuk didengar secara offline, melalui:
    • musikkamu.com
    • Musiklegal.com
    • Langitmusik.com
    • Melon.co.id
    • Importmusik.com
    • Google Play


Tempat nonton film yang legal

Film ilegal

Saat ini, website tempat menonton video ilegal (bajakan) tumbuh bak jamur di musim hujan, mulai dari Ganool, nontonfilm77, senimovie, filmbagus21, dan masih banyak yang lainnya. Namun tentu saja, film-film yang ada di sana adalah film bajakan yang seharusnya tidak kamu tonton.

Kalo kamu tertarik untuk menonton film legal, sekarang kita sudah bisa menyewa atau membeli film legal melalui:
  • Google Play
  • Nonton di netflix
  • Hooq
  • Iflix, dll.
Dari berbagai pilihan tersebut, menyewa film atau membeli film di Google Play adalah alternatif yang paling mudah. Karena kita bisa membayar dengan cara potong pulsa.


Software dan sistem operasi

Software bajakan

Masih banyak diantara kita yang menggunakan sistem operasi Windows bajakan dan software-software bajakan seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Microsoft Office, Cool Edit, Adobe After Effect, 3D Max, dan lain-lain.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan OS dan software non bajakan, kamu bisa:
  • Membeli PC atau laptop yang sudah menyertakan sistem operasi Windows. Jika membeli PC atau laptop tanpa sistem operasi, ada baiknya kamu menggunakan Linux. Karena membeli sistem operasi Windows secara terpisah biasanya sangat mahal.
  • Ganti software bajakan dengan yang gratisan. kamu bisa melihat beberapa alternatif software pengganti di sini.


Menghindari barang KW

Jersey Asli vs KW

Bagi yang suka bola (biasanya sih cowok-cowok neh), memakai jersey klub bola favorite bisa jadi sebuah kebanggaan. Tapi sayangnya, banyak pencinta bola yang enggak paham kalau sebenarnya, jersey bola punya lisensi, sehingga tidak boleh di buat sembarangan (tanpa izin). Tapi di Indonesia, kita masih sering ngeliat orang-orang yang berusaha untuk mengais rupiah dengan membuat Jersey KW (bajakan).

Emang sih, yang asli harganya lumayan mahal. Tapi kita kudu inget, "jujur itu memang mahal bro." Kalau saya pribadi, saya lebih suka enggak pake jersey KW saat dukung team kesayangan dan lebih milih pake kaos yang biasa-biasa aja asal penampilan tetap oke, rapi, sopan, tapi pastinya TETEP SEMANGAT.

Karena menurut saya, mendukung tim favorit enggak harus sampai menjerumuskan kita melakukan hal-hal yang ilegal. Yang justru sebenarnya merugikan team tersebut. Karena biasanya (team sepakbola) salah satu sumber pemasukannya adalah melalui jualan jersey. Jadi, sebagai pencinta klub, jangan sampe kamu beli jersey KW, termasuk KW super! karena sama aja kamu ngarep klub favoritmu merugi/bangkrut.

Sebenarnya enggak hanya terbatas pada jersey, kita juga harus teliti ketika membeli boneka, sepatu, jam tangan, dan berbagai aksesoris lainnya. Karena enggak sedikit di antara benda-benda tersebut sebenarnya berlisensi namun dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Remember...

"Lebih baik susah di dunia daripada susah di akherat! Ya gag bro?"

Komentar