6 Cara Cepat dan Aman Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari cara yang sederhana hingga cara-cara yang ekstrim. Namun selama itu dianggap tidak menyebabkan berbagai masalah kesehatan berarti, maka hal tersebut tentu bisa dilakukan.

Sebagian besar orang mampu menurunkan berat badan dengan jumlah yang sangat banyak dalam waktu singkat menggunakan metode diet dan olahraga. Bagi kamu yang tidak tahan dengan lapar, metode weight loss di atas adalah ide yang mustahil.

Cara Cepat dan Aman Menurunkan Berat Badan
Cara Cepat dan Aman Menurunkan Berat Badan


Apa saja cara paling cepat menurunkan berat badan?


1. Ingatlah untuk mengurangi gula setiap hari


Kurangi Gula
Kurangi gula

Kebanyakan orang orang gemuk akrab dengan gula. Entah itu dari makanan maupun minuman yang mereka konsumsi. Bahkan, minuman seperti jus buah yang segar yang sebenarnya sangat sehat bisa saja menjadi pemicu kegemukan. Karena jus yang ditambahkan terlalu banyak gula atau susu (kental) manis yang banyak mengandung gula.

Poin pertama untuk menurunkan berat badan dengan cepat yang harus dilakukan adalah, mengurangi gula setiap hari. Jika perlu, jangan tambahkan gula ke dalam makanan apa pun. Mulai dari masakan, minuman seperti kopi atau teh, dan jauhi juga makanan dan minuman ringan yang banyak mengandung gula. Mengapa?

Minuman atau makanan manis bisa merangsang sekresi insulin yang mengakibatkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak. Apabila kebutuhan tersebut dihentikan, maka tubuh akan berusaha mendapatkan sumber energi dari tempat yang lainnya yaitu, makanan sumber pati seperti nasi. Namun jika tidak ada nasi, maka tubuh akan berusaha mendapatkan sumber energi dari lemak.


2. Konsumsi makanan berprotein, lemak, dan sayur


Makanan sehat
Makanan sehat

Makanan yang mengandung protein tetap dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari, entah itu dari daging ikan, telur, atau dari kacang-kacangan. Mengkonsumsi makanan berprotein bisa membantu meningkatkan metabolisme, mengurangi keinginan untuk ngemil pada malam hari, membuat perut merasa kenyang lebih lama, yang ujung-ujungnya akan menurunkan berat badan.

Berbagai jenis sayuran rendah karbohidrat seperti brokoli, kembang kol, kubis, brussel, selada, mentimun, hingga seledri juga dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari.

Lemak juga perlu dikonsumsi setiap hari. Namun yang dimaksud bukan lemak tidak sehat melainkan, lemak sehat yang bersumber dari:
  • Minyak zaitun
  • Minyak kelapa
  • Minyak alpukat
  • Mentega
  • Lemak ikan

3. Olahraga angkat beban 3 kali per minggu


Olahraga angkat beban
Olahraga angkat beban

Untuk menurunkan berat badan dengan diet saja sebenarnya bisa. Akan tetapi jika ingin cepat, maka kamu harus mengimbanginya dengan olahraga. Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk membakar lemak dengan cepat adalah angkat beban.

Angkat beban bisa dilakukan 3-4 kali seminggu. Namun ingat, pastikan kamu melakukan pemanasan dengan baik sebelum memulai. Dan lakukan juga peregangan setelahnya agar otot tidak memendek dan kaku.

Angkat beban bisa membantu membakar banyak kalori, mencegah metabolisme melambat akibat diet, bisa membantu menambah massa otot, dan bisa membantu membakar lemak.

Jika kamu kesulitan untuk mengangkat beban, kamu bisa memilih jenis olahraga yang lain seperti cardio. Kardio melibatkan beberapa jenis olahraga seperti berlari, jogging, berenang, bersepeda, atau berjalan.


4. Kamu tidak harus diet terus-menerus


Minum soda
Minum soda

Sekali seminggu, jangan ragu-ragu untuk memuaskan diri dengan makanan-makanan yang selama ini jadi pantangan. Misalnya mengkonsumsi kue manis, kopi, atau makanan favoritmu lainnya yang dianggap dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Memberikan kesempatan kepada diri sendiri untuk menikmati makanan yang selama ini jarang bisa dinikmati jauh lebih baik dibandingkan dengan harus curang setiap hari, dengan mencuri-curi kesempatan demi bisa menikmati makanan tersebut walaupun hanya sedikit.


5. Ganti makan malam dengan menu salad yang sehat


Makan salad
Makan salad


Sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia makan selalu dengan nasi sebagai hidangan utama. Padahal, pada saat-saat tertentu, kita justru tidak membutuhkan nasi karena tidak akan melakukan aktivitas berat. Misalnya pada malam hari.

Nasi adalah sumber karbohidrat. Oleh tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi sumber energi. Apabila tubuh tidak membutuhkannya, maka akan disimpan sebagai cadangan energi dalam bentuk lemak.

Mulai saat ini, jika ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Hindari mengkonsumsi nasi pada malam hari. Sebaliknya, konsumsilah makanan sehat yang banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat seperti sayur dan buah-buahan serta kacang-kacangan.


6. Perhatikan menu sarapan


Sarapan sehat
Sarapan sehat

Tidak hanya ketika makan malam kita dianjurkan untuk mengurangi nasi, melainkan juga pada saat sarapan. Agar tidak mudah lapar dan agar merasa lebih lama kenyang. Kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang tinggi protein di pagi hari.

Sering-seringlah memilih makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan. Ada banyak jenis makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan diantaranya adalah:
  • Telur
  • Sayuran berdaun hijau
  • Ikan salmon atau ikan berlemak lainnya seperti ikan tuna
  • Sayur silangan seperti brokoli atau kembang kol serta kubis
  • Daging ayam
  • Daging merah tanpa lemak
  • Kentang rebus dengan kulitnya
  • Kacang-kacangan
  • Alpukat
  • Makanan pedas
  • Buah-buahan segar bukan dalam bentuk jus
  • Minyak kelapa
  • Yogurt bebas lemak

Komentar