Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Gaya Rambut Pendek Pria yang Keren Tahun 2023

Setiap beberapa bulan sekali saya rutin mengajak anak-anak saya memotong rambut di salon langganan kami. Dan, setiap kali akan potong rambut, biasanya kami akan berusaha mencari beberapa referensi terlebih dahulu.

Dari sekian banyak tempat yang saya kunjungi untuk mencari referensi, website berita beranda.co.id adalah salah satunya.

Di sana saya menemukan beberapa contoh gaya rambut pendek pria yang keren dan cocok diterapkan untuk anak-anak saya. Pasalnya, sebagian besar model yang dijadikan contoh adalah selebriti Indonesia yang notabenenya punya karakteristik rambut yang mirip dengan rambut anak-anak saya.

Contoh gaya rambut pendek pria yang populer dan trending di tahun 2023

Saat saya menjelajahi, situs ini ternyata cukup menarik, menurut saya. Ada banyak berita-berita populer dan terbaru yang mereka tampilkan. Selain berita terkini, di beranda.co.id juga banyak sekali berita-berita yang berkaitan dengan ekonomi makro hingga ekonomi internasional, berita seputar bisnis, berita yang berkaitan dengan gaya hidup, hingga artikel-artikel inspiratif lainnya.

Meniru Gaya Rambut Artis

Kembali kita ngomongin soal gaya rambut. Bagi seorang pria, rambut adalah mahkota. Pria kerap menganggap rambut sebagai mahkota karena, rambut bisa memainkan peran penting dalam mengekspresikan kepribadian dan citra diri mereka.

Gaya rambut pendek pria yang keren dan terawat akan memberikan kesan positif, dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Sebaliknya, rambut yang tampak acak-acakan atau tidak terawat akan memberikan kesan yang berbeda.

Demi terlihat lebih menarik, banyak pria yang mencoba meniru gaya rambut idola mereka seperti artis atau public figure misalnya.

Hal itu tidak berlebihan mengingat, artis atau public figure kerap tampil keren di TV atau sosial media.

Ada beberapa hal yang membuat rambut artis seringkali terlihat lebih keren dan menarik perhatian. Pertama, dalam menentukan gaya rambut, artis tidak sembarangan memilih.

Mereka biasanya punya ahli perawatan rambut dan penata gaya yang akan membantu mereka mendapatkan tampilan yang sempurna sesuai dengan acara atau momen tertentu.

Kedua, artis juga seringkali berkolaborasi dengan merek perawatan rambut tertentu untuk menciptakan produk yang cocok dengan kebutuhan mereka.

Kemudian, sejumlah artis juga ada yang suka mengeksplorasi berbagai potongan rambut dan gaya, serta mencoba hal-hal baru untuk menemukan tampilan yang tepat buat mereka.

Mereka juga didukung sumber daya yang lebih banyak dan lebih luas. Mulai dari ahli gaya rambut, majalah mode, hingga media sosial, yang membantu mereka menemukan tren terbaru.

Karena itu tidak mengherankan apabila banyak artis yang tampaknya sering menciptakan tampilan yang fresh dan inovatif.

Sebagai masyarakat awam, tentu tidak ada salahnya jika kita meniru model gaya rambut artis agar terlihat lebih keren. pasalnya, gaya rambut artis yang keren bisa memberikan kita inspirasi dalam memilih gaya rambut yang sesuai dengan kepribadian atau gaya kita masing-masing.

Jika dilihat dari sudut ekonomi, mengikuti trend dan gaya rambut artis adalah salah satu cara terbaik untuk tampil keren tanpa harus mengeluarkan banyak biaya buat menyewa penata rambut profesional.

Tips Mengikuti Gaya Rambut Artis

Akan tetapi, meniru gaya rambut tidak boleh sembarangan. Pasalnya, gaya rambut artis yang terlihat keren dan cocok dengan penampilannya tersebut, belum tentu cocok saat di aplikasikan pada diri kita. Mengapa?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa potongan rambut yang kita tiru kadang-kadang terlihat kurang cocok pada diri kita.

1. Bentuk wajah

Dalam menentukan gaya rambut, penata rambut biasanya akan memilih gaya rambut berdasarkan bentuk wajah.

Penata rambut mempertimbangkan bentuk wajah ketika menentukan gaya rambut karena, bentuk wajah seseorang dapat mempengaruhi tampilan keseluruhan dari gaya rambut.

Setiap bentuk wajah memiliki proporsi yang unik, itulah sebabnya mengapa gaya rambut yang cocok untuk bentuk wajah artis mungkin tidak cocok untuk bentuk wajah kita.

Contohnya, seseorang dengan wajah bulat mungkin cocok dengan gaya rambut yang bervolume di bagian atas dan samping untuk memberikan efek tirus pada wajah.

Di sisi lain, seseorang dengan wajah lonjong mungkin lebih cocok dengan gaya rambut yang terlihat tebal di samping dan tidak terlalu panjang di bagian atas kepala.

Dengan mempertimbangkan bentuk wajah, penata rambut dapat menyesuaikan gaya rambut dengan proporsi wajah seseorang. Sehingga, gaya rambut yang diterapkan akan tampil lebih seimbang dan estetis.

Itulah alasan mengapa penata rambut kerap mempertimbangkan bentuk wajah dalam menentukan gaya rambut seseorang.

2. Jenis rambut

Setiap jenis rambut memiliki karakteristik yang berbeda-beda, karena itu, tidak mengherankan jika hasil gaya rambut yang kita tiru, kadang tidak sesuai dengan yang aslinya.

Jadi, potongan rambut yang diterapkan pada rambut yang karakteristiknya tipis, mungkin saja tidak cocok diterapkan pada rambut yang agak tebal.

Oleh sebab itu, sebelum meniru, cobalah untuk mengidentifikasi jenis rambut yang akan ditiru dan jenis rambutmu sendiri.

Kemudian, kita juga perlu memperhatikan cara styling dan perawatan rambut yang tepat untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.

Jika kita tidak memperhatikan hal-hal tersebut, gaya rambut artis yang kita tiru mungkin tidak akan terlihat sama saat diterapkan pada rambut kita. Bahkan, mungkin saja hasilnya justru jadi berantakan atau merusak rambut.

3. Kemampuan dan pengalaman tukang potong

Kalau kita mencoba meniru gaya rambut artis tanpa bantuan tukang potong rambut yang profesional dan berpengalaman, hasilnya mungkin tidak akan terlihat sebaik gaya rambut yang ditangani oleh seorang ahli.

Saat meniru gaya rambut artis, kemampuan dan pengalaman tukang potong sangat diperlukan agar hasil tiruan terlihat lebih mirip. Sebabnya adalah karena, penata rambut profesional memiliki pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk memilih dan menyesuaikan gaya rambut dengan jenis rambut, bentuk wajah, dan kepribadian seseorang.

Tukang potong rambut yang berpengalaman juga memiliki kemampuan dalam memilih alat yang tepat dan teknik yang sesuai untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Umumnya, mereka juga tahu bagaimana memotong dan mengatur rambut dengan tepat sehingga gaya rambut tersebut cocok dengan kepribadian dan gaya hidup kita.

Jadi, jangan heran kalau hasilnya mungkin tidak sesuai dengan yang diinginkan dan bahkan bisa saja membuat penampilan rambut kita jadi terlihat aneh kalau kita menggunakan jasa tukang potong rambut yang tidak terampil.

7 Contoh Gaya Rambut Pendek Pria 2023

Di tahun 2023 ini, gaya rambut pendek masih menjadi pilihan favorit bagi kebanyakan banyak pria.

Namun, memilih gaya rambut yang tepat bisa menjadi tantangan tersendiri. Berikut adalah 7 contoh gaya rambut pendek pria yang akan menjadi tren di tahun 2023, dari gaya klasik hingga yang lebih modern dan unik.

1. Classic Side Part

gaya rambut pria, gaya rambut Classic side part

Dalam memilih gaya rambut pria, gaya rambut Classic side part merupakan pilihan yang paling direkomendasikan.

Gaya rambut ini serbaguna dan selalu populer dari waktu ke waktu, sehingga dapat membuat pria terlihat lebih rapi, modern, dan bermartabat.

Seperti gaya rambut lainnya, gaya rambut Classic side part memiliki banyak variasi yang bisa dipilih berdasarkan bentuk wajah atau jenis rambut.

2. Classic Swept Back Hairstyle

Foto gaya rambut pria Classic Swept Back Hairstyle

Classic swept back hair style
adalah gaya potongan rambut yang disisir ke belakang.

Rambut yang disisir ke belakang telah ada selama lebih dari 100 tahun, namun popularitasnya semakin meningkat di tahun 1950-an dengan gaya seperti pompadour.

Saat ini, gaya rambut yang disisir ke belakang masih populer di kalangan pria berkelas yang menyukai gaya retro, serta pria kontemporer yang menginginkan gaya rambut yang halus.

Gaya ini tergolong serbaguna dan cocok untuk berbagai jenis potongan rambut serta bentuk wajah.

Untuk membuat gaya rambut ini terlihat unik, kita bisa mengkombinasikannya dengan potongan undercut di bagian belakang.

3. Short Fade

Model rambut short fade pria terbaru

Short fade adalah salah model potongan rambut pendek yang cukup populer di kalangan pria. Gaya potongan rambut ini terlihat pendek di bagian samping dan secara bertahap menipis ke bagian atas kepala.

Short fade adalah gaya rambut yang bisa memberikan tampilan yang segar dan modern, serta cocok untuk berbagai jenis bentuk wajah dan tekstur rambut.

Potongan rambut short fade terkenal mudah diatur dan dirawat, sehingga bisa menjadi pilihan bagi pria yang suka tampil praktis dan efisien.

4. Mini Pompadour

Contoh gaya rambut Mini Pompadour

Mini Pompadour adalah salah satu gaya rambut pendek yang menjadi tren di kalangan pria pada tahun 2023 ini.

Gaya rambut ini mirip dengan pompadour klasik, tapi dengan potongan rambut yang lebih pendek.

Bagian atas rambut diberi volume dan ditekan ke belakang sehingga menyerupai jambul. Sementara itu di bagian samping, rambut dipotong pendek agar terkesan kontras.

Gaya rambut Mini pompadour cocok untuk pria yang ingin tampilan segar, modern, dan terkesan berkelas.

5. Curly Hair

Model potongan rambut keriting pria 2023

Kalau kamu punya rambut yang agak keriting, kamu bisa menerapkan gaya rambut curly haircut yang bisa memberikan kesan segar dan berbeda dari gaya rambut pendek yang konvensional.

Model potongan rambut ini juga bisa membuat rambut terlihat lebih bervolume dan bertekstur unik, sehingga terlihat lebih menarik dan mempesona.

Gaya rambut ini cocok untuk pria dengan berbagai jenis wajah dan bentuk kepala. Bisa juga diterapkan pada berbagai ukuran panjang rambut, mulai dari yang sangat pendek hingga sedikit agak panjang.

6. French Crop

Gaya potongan rambut pendek ala French crop

Gaya potongan rambut pendek ala French crop adalah gaya rambut yang bagian sisi serta bagian belakang kepala dicukur agar pendek. Sedangkan bagian atasnya dapat diatur sesuai selera masing-masing, mulai dari lurus hingga sedikit bergelombang.

Gaya French crop cocok untuk rambut yang lurus atau sedikit bergelombang. Potongan rambut ini sangat cocok untuk mereka yang ingin tampil kasual dengan gaya rambut yang mudah diatur.

Potongan rambut French crop umumnya sangat cocok apabila diaplikasikan pada orang-orang dengan bentuk wajah yang bulat atau oval.

7. Two Block with Bangs

Model rambut two block with bangs adalah gaya rambut belah tengah dengan poni ala korea

Model rambut two block with bangs (gaya rambut belah tengah dengan poni) adalah salah satu tren gaya rambut pendek yang populer di Korea Selatan.

Gaya rambut ini ditandai dengan potongan rambut yang dipotong pendek di bagian belakang dan sampingnya. Sedangkan di bagian atas dan depan, rambut dibiarkan agak panjang untuk membentuk poni.

Banyak anak muda di Korea Selatan yang menyukai gaya rambut Two block with bangs karena tampilannya yang segar dan modis.

Gaya rambut ini banyak diadopsi oleh selebriti dan idol K-Pop. Karena itu, nggak heran kalau gaya rambut pendek pria ini cukup ngetren dan populer di kalangan remaja Korea Selatan termasuk sejumlah negara Asia yang memiliki karakter rambut agak lurus.

Kesimpulan

Rambut adalah bagian dari tubuh kita yang bisa dimanfaatkan untuk mengekspresikan kepribadian dan citra diri kita sebagai seorang pria.

Banyak pria yang mencari referensi gaya rambut terbaru dari selebriti atau public figure yang dianggap keren dan memiliki tampilan yang terawat.

Artis seringkali memiliki ahli perawatan rambut dan penata gaya yang membantu mereka menciptakan tampilan yang sempurna sesuai dengan acara atau kesempatan tertentu.

Sebagai masyarakat awam, meniru gaya rambut artis adalah cara yang ekonomis untuk terlihat keren tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Mengikuti tren dan gaya rambut artis bisa memberikan inspirasi dalam memilih gaya rambut yang sesuai dengan kepribadian atau gaya kita masing-masing.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "7 Contoh Gaya Rambut Pendek Pria yang Keren Tahun 2023"