Cara Mengetik Angka Arab dan Huruf Arab di WPS atau Microsoft Word

Cara Mengetik Angka Arab dan Huruf Arab di WPS atau Microsoft Word

Mengetik huruf Arab untuk membuat dokumen, artikel, makalah, skripsi, hingga buku, kerap kita lakukan menggunakan word processor atau office software seperti Microsoft Word, Libre Office, ataupun WPS Office. Libre, WPS, dan Ms Word adalah tiga aplikasi paling populer diantara pengguna sistem operasi Windows, Android, Mac, iOS, dan juga Linux.

Beberapa waktu yang lalu, seorang teman bertanya kepada saya "bagaimana cara menulis angka Arab di WPS?” Pada Awalnya, saya menganggap cara setting Windows/Linux agar bisa digunakan untuk menulis huruf Arab sudah cukup. Sayangnya, tutorial yang saya berikan justru tidak menyelesaikan masalah. Karena yang diminta adalah cara mengetik ‘angka Arab,’ bukan ‘huruf Arab.’

Cara Menulis Angka Arab di MS Word dan WPS

Jadi, ketika kita menambahkan opsi Input Source atau Keyboard Layout (input methods) pada Windows atau Linux. Ternyata, keyboard tidak serta merta bisa digunakan untuk menulis angka Arab. Karena meski layout keyboard Arab telah diaktifkan untuk mengetik angka (numerik), angka yang muncul tetaplah angka latin berupa 1, 2, 3… padahal yang diinginkan adalah angka Arab seperti ini ١٢٣…

Bagaimana Cara Mengetik Angka Arab dan Huruf Arab di WPS atau Microsoft Office?


Berikut adalah tutorial cara mengetik huruf atau angka Arab di WPS dan Microsoft Office berbasis Windows maupun Linux.

1. Cara Setting Mengetik Huruf Arab di Linux


Cara setting Linux (Debian, Ubuntu, hingga LinuxMint) agar bisa digunakan untuk mengetik huruf Arab di Libreoffice, Open Office, atau WPS adalah:

  1. Klik Setting
    Ubuntu Settings
  2. Region & Language
    Region & Language
  3. Pada Input Source klik icon “+” untuk menambahkan keyboard layout
    Arabic Keyboard Ubuntu Input Source
  4. Pilih Arab. Jika tidak pilihan Arab tidak tersedia, klik tombol More > Other > Arabic. Setelah itu tekan tombol Add

    Tulisan Arab

    Tulisan Arab Word dan WPS
  5. Pada bar akan muncul pilihan keyboard layout yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan
    Ubuntu Keyboard Layout
  6. Pilih Arab pada keyboard layout
  7. Kemudian gunakan untuk mengetik di word processor favoritmu
  8. Untuk mengetahui di mana letak setiap huruf Arab maupun harokatnya pada keyboard, kamu bisa mengklik tombol Show Keyboard Layout
    Show Keyboard Layout
Tampilan Layout Keyboard Arab
Tampilan Layout Keyboard Arab

Adapun, cara menulis angka Arab di WPS atau Microsoft Word. Metodenya, bisa kamu lihat pada tutorial di bawah ini.

2. Cara mengetik angka Arab di Microsoft Word, WPS Office, atau Libreoffice berbasis Linux


  1. Setelah mengaktifkan keyboard layout Arab seperti pada tutorial di atas. Selanjutnya, kamu bisa membuka menu
  2. Settings > Accessibility
    On Screen Keyboard Ubuntu Linux
  3. Pada bagian Typing > aktifkan Screen Keyboard
  4. Pada on screen keyboard > klik tombol angka arab atau numerik
    Angka Arab di On Screen Keyboard
  5. Di sana akan tertera angka Arab yang bisa kamu klik untuk mengetik angka sesuai dengan kebutuhan
    Cara Menulis Angka Arab di WPS Linux dan Windows

3. Cara menulis huruf Arab di Microsoft Word atau WPS Office berbasis Windows 10, 8, atau 7


  1. Klik Start menu > Settings
  2. Klik pada Time & Language
  3. Klik tombol “+” (Add a language)
  4. Pilih dan klik Arabic > Arabic (Saudi Arabia)
  5. Pada bar tray akan muncul icon keyboard layout yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, pilih Arabic (Saudi Arabia)
  6. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakannya untuk mengetik huruf Arab di Word processor seperti Microsoft Office, WPS, Open Office, ataupun Libreoffice yang kamu install di laptop/komputer

4. Cara mengetik/menulis angka Arab di Word, WPS, Libreoffice, ataupun Openoffice berbasis Linux dan Windows


Jika tutorial 1, 2, dan 3 di atas tidak bisa berhasil digunakan untuk menulis angka Arab di word processor atau media lainnya, kamu bisa mengikuti tutorial berikut ini, yang insya Allah pasti berhasil dan bisa digunakan.

  1. Download font Arabic. Misalnya, kita akan menggunakan font Quran-Madina. Klik link tersebut untuk download
    Download font Quran-Madina
  2. Setelah font berhasil terdownload. Klik Kanan file quran-madina.zip lalu pilih Extract Here
    Cara Extract Here File Zip di Ubuntu
  3. Pada folder hasil ekstraksi klik dua kali font maddina.ttf, lalu tekan tombol Install. Jika instalasi sudah selesai, selanjutnya kamu bisa langsung membuka Microsoft Word atau WPS Office
    Install Font di Linux Ubuntu
  4. Pilih FontQuran Madina” lalu, ketik angka Arab yang kamu inginkan

Cara ini 100% berhasil meskipun keyboard layout yang kamu pilih adalah English/en (US) atau bahasa Indonesia (iD).

Meskipun cara ini bisa juga digunakan untuk mengetik huruf Arab tanpa merubah keyboard layout, namun (cara ini) tidak direkomendasikan. Mengingat, huruf-huruf Arab yang ditampilkan tidak otomatis bersambung antara huruf yang satu dengan yang lainnya.

Saya harap tutorial cara mengetik angka Arab dan huruf Arab di WPS maupun Microsoft Office berbasis Windows serta Linux di atas bisa membantu kamu.

Software Alternatif Microsoft Word untuk pengguna Windows dan Linux


Bagi kamu yang saat ini masih sering mengetik dengan menggunakan Microsoft Word bajakan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa software gratis seperti Libreoffice, Open Office, atau WPS Office (yang insya Allah lebih berkah).

Berdasarkan pengalaman, kemampuan beberapa software alternatif Microsoft Word tersebut cukup bagus saat digunakan untuk mengetik di Windows maupun Linux. Performanya tidak kalah smooth dibandingkan dengan software mahal sekelas MS Word sekalipun.

Saya sendiri sudah membuktikannya dan menggunakan beberapa software tersebut untuk mengetik artikel ataupun dokumen.

1. Libreoffice

Tampilan LibreOffice untuk Linux dan Windows
Tampilan LibreOffice untuk Linux dan Windows

Software gratis alternatif Microsoft Word Office ini tampilannya memang masih terlihat jadul dan tidak terlalu mirip dengan MS Word.

Meski demikian, ini adalah salah satu software wajib para pengguna Linux untuk membuat dokumen, presentasi, ataupun spreadsheet. Karena itulah karena itulah, performanya Tidak diragukan lagi begitu juga dengan kemampuannya yang sangat luar biasa meskipun software ini tersedia dalam versi gratisan.

2. WPS Office

Tampilan WPS Office di Linux dan Windows
Tampilan WPS Office di Linux dan Windows

Alternatif Microsoft Word lainnya yang bisa kamu coba untuk mengurangi ketergantunganmu pada software bajakan di Windows adalah WPS Office yang tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, Android, iOS, ataupun Linux.

Saya pribadi lebih suka menggunakan WPS Office di Ubuntu karena fitur Find and Replace yang ditawarkan oleh WPS sangat mudah digunakan dan multifungsi.

Fitur ini, sangat membantu saya ketika membuat artikel untuk blog. Karena itulah, saya lebih sering menggunakan WPS Office jika dibandingkan dengan Libreoffice ataupun Open Office.

Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan WPS dan ingin tahu beberapa fitur software ini yang menarik dan layak untuk diketahui, kamu bisa membaca artikel yang pernah saya tulis sebelumnya disini.

3. Google Docs

Tampilan Google Docs Terbaru 2020
Tampilan Google Docs Terbaru 2020

Sejak kami memasang jaringan wifi dari Indihome di rumah. Kini saya lebih sering mengetik langsung dengan menggunakan Google Docs. Baik dari laptop maupun hp.

Alasan saya lebih sering mengetik dengan menggunakan Google Docs, selain karena aplikasi ini gratis, juga karena mudah digunakan dan sudah bisa memenuhi kebutuhan saya sebagai penulis konten.

Hasil ketikan juga bisa langsung tersimpan di server cloud yang memungkinkan saya untuk membukanya dari perangkat lain yang saya miliki seperti smartphone atau tablet.

Selain itu, mengetik dengan menggunakan Google Docs juga memudahkan saya untuk berbagi file dengan orang lain tanpa khawatir format tulisan akan berubah. Sama seperti WPS Office maupun Libreoffice, kita juga bisa dengan mudah menambahkan font tertentu di Google Docs. Opsi menggunakan Google Docs sangat saya rekomendasikan kalau kamu sering online atau sering menggunakan Google Docs untuk mengetik maupun review dokumen di smartphone atau tablet.






2 komentar