Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kesalahan Umum dalam Menurunkan Berat Badan

Bagi banyak orang, menurunkan berat badan bukan perkara mudah. Bahkan tidak sedikit yang menyerah setelah mencoba beberapa hari. Alasannya tentu saja sangat klasik. Yaitu, setelah menimbang badan, ternyata belum ada progress sedikitpun.

6 Kesalahan Umum dalam Menurunkan Berat Badan
Kesalahan dalam menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan memang harus dilakukan dengan cara yang benar dan tepat. Apalagi jika tidak mengikuti panduan dan tidak melakukannya di bawah instruktur profesional. Banyak orang sering melakukan kesalahan. Apa saja kesalahan yang paling umum dilakukan ketika menurunkan berat badan?


Hanya fokus pada skala penurunan berat badan


Ini adalah masalah yang paling sering membuat orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan akhirnya menyerah dan berhenti. Banyak orang yang merasa sudah berolahraga berat tapi ternyata berat badan belum juga turun.

Tahukah Anda? Menurunkan berat badan tidak boleh dilakukan dalam waktu singkat dengan diet ketat. Karena itu justru dapat menyebabkan masalah kesehatan? Sebaliknya, menurunkan berat badan secara simultan dengan cara yang terbaik, terutama dengan olahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan sehat adalah yang dianjurkan.

Ada banyak hal yang mempengaruhi mengapa berat badan kita seolah-olah tidak turun setelah berolahraga berat sekian hari. Salah satunya adalah fluktuasi cairan dan makanan yang kita konsumsi sebelum menimbang berat badan.

Berat badan bisa naik hingga 1,8 kg dalam waktu sehari tergantung dari makanan maupun minuman yang kita konsumsi.

Fokus utama menurunkan berat badan adalah untuk membakar lemak. Jadi, pertimbangkan hal ini sebelum kamu menyerah.

Makan terlalu banyak kalori



Banyak orang yang menganggap sumber kalori paling berbahaya hanyalah dari gula saja. Padahal, karbohidrat sederhana seperti nasi adalah sumber kalori yang juga sama berbahayanya dengan gula. Nasi dapat menyebabkan lemak di tubuh sulit berkurang dan justru terakumulasi dari waktu ke waktu.

Waktu dimana kita banyak mengkonsumsi nasi (karbohidrat sederhana) adalah saat malam hari.

Di malam hari, sebagian besar kita akan beristirahat, bukan bekerja. Sehingga, tidak begitu dianjurkan mengkonsumsi makanan yang menjadi sumber energi seperti nasi.

Sebaliknya, kita dianjurkan mengkonsumsi makanan yang padat nutrisi seperti buah-buahan maupun sayuran, atau mengkonsumsi makanan sumber karbohidrat kompleks seperti jagung.

Mengapa? Karena apabila kita mengkonsumsi terlalu banyak nasi di malam hari, ketika tubuh tidak membutuhkannya, maka tubuh akan mengubah nasi tersebut menjadi glukosa, kemudian mengubahnya kembali menjadi lemak, lalu disimpan sebagai cadangan energi.


Hanya mengandalkan olahraga ringan saja


Ada banyak tips-trik menurunkan berat badan di internet yang bisa kita jadikan sebagai referensi. Namun kita juga harus jeli dalam memilih, terutama yang berkaitan dengan olahraga. Beberapa tips menurunkan berat badan menyarankan kita untuk olahraga secara rutin dengan pilihan: jalan kaki, olahraga-olahraga ringan, peregangan, atau yang sejenisnya.

Walaupun memiliki efek dalam penurunan berat badan. Namun pilihan olahraga tersebut bukanlah yang terbaik. Walaupun pada awalnya, kamu memilih olahraga ringan, namun setiap waktu level maupun intensitas harus dinaikkan.

Pilihan olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan di antaranya adalah:

  • Kardio. (sprint, bersepeda, lari naik bukit, lari naik tangga, dan berenang) adalah pilihan yang terbaik.
  • Senam juga cukup bagus apabila dilakukan secara rutin. Ada banyak pilihan senam menurunkan berat badan mulai dari senam pilates, senam SKJ, hingga Senam Tabata. Senam Tabata dianggap sebagai salah satu senam terbaik untuk menurunkan berat badan.
  • Angkat beban. Ini merupakan pilihan olahraga yang tepat untuk membangun otot dan menurunkan berat badan. Semakin berat beban yang bisa kamu angkat, maka akan semakin baik untuk melatih otot-otot dan meningkatkan metabolisme tubuh.


  • Pilihlah minuman rendah lemak


    Berbagai jenis minuman, mulai dari minuman ringan berkarbonasi hingga minuman yang dianggap sehat seperti jus kadang-kadang mengandung banyak lemak. Mengapa? Karena sebagian besar minuman-minuman tersebut mengandung gula.

    Banyak orang tidak menyadari bahwa gula yang ada di jus buah, kopi, teh, atau susu adalah penyebab lain mengapa berat badan sulit turun.


    Hanya fokus pada satu jenis latihan saja


    Olahraga
    Fokus hanya pada satu macam latihan

    Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan hanya fokus pada beberapa jenis latihan. Misal, hanya fokus sit up saja untuk mengecilkan perut. Padahal, lemak tidak hanya berada di perut, melainkan ada di lengan, punggung, pinggang, paha, hingga betis.


    Takut mengkonsumsi makanan berprotein tinggi


    Banyak orang salah kaprah ketika berusaha menurunkan berat badan. Sumber protein seperti daging merah maupun daging ayam banyak dihindari karena banyak orang takut jadi gemuk akibat mengkonsumsi makanan yang tinggi protein tersebut.

    Padahal, protein sangat dibutuhkan untuk membangun otot. Semakin banyak otot yang bisa dibangun, maka semakin berkurang lemak di tubuh.

    Memang tidak semua daging sehat. Beberapa jenis daging justru perlu dihindari. Daging merah seperti daging sapi yang banyak lemaknya harus dihindari. Sebaliknya, pilih daging berkualitas yang minim lemak. Begitu juga dengan daging ayam. Bagian dari daging ayam yang banyak lemaknya adalah pada kulitnya.

    Selain bersumber dari daging, sebenarnya protein juga bisa didapatkan dari berbagai makanan lain seperti kacang-kacangan, telur, hingga ikan.
    Joni Pranata
    Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

    Posting Komentar untuk "6 Kesalahan Umum dalam Menurunkan Berat Badan"