7 Kesalahan saat Menurunkan Berat Badan yang Menyebabkan Bobot Tidak Turun

Banyak orang yang mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan, mulai dari olahraga hingga diet. Tapi tampaknya hasilnya tetap nihil. Berat badan tetap aja tidak berubah. Lalu, di mana sebenarnya letak kesalahan yang mereka lakukan?


Kesalahan saat Menurunkan Berat Badan yang Menyebabkan Bobot Tidak Turun
Kesalahan saat Menurunkan Berat Badan yang Menyebabkan Bobot Tidak Turun
Kalau kamu saat ini sedang dalam program menurunkan berat badan tapi merasa jika timbangan tidak pernah berubah, mungkin beberapa kesalahan berikut ini sering kamu lakukan.


1. Banyak makan nasi di malam hari

Menu nasi enak
Kebanyakan makan nasi
Tahukah kamu, nasi adalah sumber karbohidrat sederhana yang miskin serat, tidak banyak mengandung vitamin apalagi mineral? Nasi adalah sumber karbohidrat yang apabila dikonsumsi, akan diubah oleh tubuh menjadi glukosa (semacam gula) sebagai sumber energi.

Jika tidak dibutuhkan, maka glukosa tersebut akan diubah oleh tubuh menjadi lemak sebagai sumber energi cadangan. Seperti di malam hari ketika kita tidak bekerja contohnya.

Jadi, mulailah memperhatikan kebiasaan makan malam. Kalau kamu selama ini banyak makan nasi pada malam hari, cobalah untuk menguranginya. Jika memungkinkan, jangan makan nasi pada malam hari. Melainkan, gantilah dengan sayur dan buah-buahan saja. Atau jika tidak memungkinkan, makanlah nasi pada sore hari agar tubuh sempat membakar kalori sebelum tidur.


2. Jarang sarapan


Banyak orang berpendapat bahwa tidak sarapan bisa membantunya menurunkan berat badan. Padahal, tidak sarapan akan membuat perut lebih lapar pada saat pergi ke kantor. Sehingga terpaksa mengkonsumsi berbagai jenis cemilan sebelum makan siang.

Padahal, berbagai sejenis cemilan seperti keripik banyak mengandung pengawet dan zat berbahaya serta banyak mengandung lemak tidak sehat.


3. Sering mengkonsumsi minuman manis


Minuman enak bersoda
Minum soda

Banyak orang yang tidak tahu kalau minuman manis yang mengandung gula adalah penyebab mengapa tubuh mudah gemuk. Gula yang ditambahkan ke dalam jus buah akan membuat jus tersebut menjadi kurang sehat. Atau, gula yang ditambahkan ke dalam beberapa minuman lainnya seperti kopi maupun teh adalah pemicu kegemukan.


4. Salah memilih jenis olahraga


Ada banyak jenis olahraga yang bisa kita lakukan, mulai dari: jalan kaki, lari, angkat beban, senam, berenang, dan lain-lain. Jika selama ini kamu hanya berolahraga seperti jalan kaki atau hanya memilih olah raga olah raga yang santai, olahraga tersebut tidak akan terlalu banyak berefek terhadap penurunan berat badan.

Sebaliknya, jika kamu ingin cepat mengalami penurunan berat, mulailah melakukan olahraga intensitas tinggi seperti:
  • Senam Tabata
  • Lari (sprint)
  • Berenang
  • Angkat beban


5. Takut mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein


Makanan yang banyak mengandung protein seperti daging sapi atau daging ayam dianggap oleh sebagian orang justru menggemukkan. Padahal, daging adalah sumber protein yang bisa diubah oleh tubuh menjadi otot bukan lemak.

Untuk mempersempit ruang lemak di dalam tubuh, kita membutuhkan otot. Oleh sebab itu kita harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein.

Sumber protein diantaranya adalah: daging sapi, daging ayam, telur, kacang-kacangan, dan ikan. Hindari daging yang banyak mengandung lemak dan hindari kulit ayam karena juga mengandung banyak lemak.


6. Malas minum air putih


Air putih tidak mengandung lemak. Lalu mengapa air putih bisa menyebabkan orang menjadi gemuk?

Apabila kita mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman asin (mengandung garam) maka garam tersebut akan mengikat lebih banyak air di dalam tubuh. Jadi, banyak mengkonsumsi makanan atau minuman asin, plus banyak minum air putih akan membuat tubuh melar.

Namun tidak harus dihindari sama sekali melainkan, hanya dikurangi jumlahnya. Karena garam beryodium tetap dibutuhkan untuk menyeimbangkan hormon tiroid, dll.

Air putih sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar. Minumlah air putih 1-2 gelas sebelum makan. Pilihlah air putih untuk mengisi perut dan hindari cemilan pada saat kamu merasa lapar sebelum waktu makan tiba.


7. Perhatikan gaya hidup yang kamu jalani


Gaya hidup tidak sehat. Misalnya, sering mengkonsumsi makanan-makanan tidak sehat seperti: mie instan, kue manis, merokok, terbiasa begadang, tidak istirahat teratur, semuanya adalah pemicu kenaikan berat badan. Mengapa?

Semakin jarang tubuh beristirahat, maka tubuh akan semakin lelah. Akibatnya energi yang dibutuhkan akan semakin banyak. Itulah sebabnya mengapa ketika begadang kita cenderung lapar dan makan berlebihan.

Komentar