7 Tips Sederhana Mengelola Berat Badan

Untuk mengetahui apakah kamu punya berat badan ideal atau belum, kamu bisa mengukurnya dengan menggunakan rumus BMI atau dengan memanfaatkan rumus Broca. Jika kebetulan kamu punya berat badan ideal, maka kamu wajib untuk mempertahankannya.

Karena, apabila kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan, kedua-duanya bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari sakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, stroke, hingga osteoporosis.

7 Tips Sederhana Mengelola Berat Badan
7 Tips Sederhana Mengelola Berat Badan

Berikut adalah 7 tips sederhana yang bisa kamu coba untuk mengelola berat badan.


1. Sarapan sangat penting untuk menjaga berat badan


Mengontrol berat badan dengan rutin sarapan mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal bagi beberapa orang. Alasannya karena pada saat kita sarapan, kita juga mengkonsumsi makanan tertentu seperti susu. Sehingga, logikanya berat badan akan mudah naik apabila sering sarapan.

Benarkah sarapan bikin gemuk?

Menurut banyak ahli kesehatan dan sejumlah penelitian, orang yang rutin sarapan cenderung punya badan lebih ideal dibandingkan dengan orang yang jarang sarapan. Tidak hanya itu, orang yang rajin sarapan setiap pagi punya produktivitas, kreativitas, otak, dan tenaga yang jauh lebih baik dibandingkan dengan yang tidak sarapan. Mengapa?

Mengisi perut di pagi hari dengan makanan berkualitas yang sarat nutrisi akan membuat perut lebih kenyang sehingga tidak akan kelaparan di siang hari. Atau, tidak akan memaksa kita mengkonsumsi berbagai jenis cemilan tidak sehat.

Menu sarpan sehat
Menu sarpan sehat

Orang yang menghindari sarapan cenderung kelaparan di siang hari dan terpaksa harus mengkonsumsi berbagai makanan maupun minuman (camilan). Bahkan mereka yang mampu bertahan hingga siang hari terpaksa harus balas dendam dengan makan banyak demi mengobati rasa lapar.

Beberapa menu sarapan yang baik diantaranya adalah: telur, susu, sumber karbohidrat komplek seperti nasi merah, brokoli, hingga sereal.


2. Kamu harus punya timbangan untuk mengetahui berat badanmu


Seringkali kita tidak tahu apakah berat badan bertambah atau berkurang dalam jangka waktu tertentu. Itu sebabnya sangat penting untuk memiliki timbangan badan di rumah. Jangan ragu-ragu untuk membeli karena manfaatnya sangat banyak.

Tidak hanya kamu yang bisa memanfaatkannya melainkan juga anak, istri atau keluarga yang lain. Karena mereka juga harus mengetahui berat badan mereka setiap hari.


3. Minumlah air putih secukupnya antara 1-2 gelas sebelum makan


Sebelum tiba waktunya makan (sarapan, makan siang, atau makan malam), ada baiknya kamu minum 1-2 gelas air putih agar nafsu makanmu bisa berkurang dan agar perutmu lebih kenyang sehingga tidak makan berlebihan.


4. Kurangi nonton TV


Salah satu penyebab mengapa kita malas bergerak atau kurang beraktivitas adalah karena teknologi. Televisi, gadget (smartphone atau tablet), hingga komputer membuat kita pasif.

Hanya duduk saja di depan TV selama lebih dari 2 jam per hari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, terutama obesitas (kegemukan).

Menurut penelitian (National Weight Control Registry Survey), mereka yang menonton televisi kurang dari 10 jam per minggu lebih bisa mengontrol berat badan dibandingkan dengan mereka yang menonton lebih dari 10 jam per minggu.


5. Hindari makan berlebihan


Makanan tidak sehat dan makan berlebihan
Makan berlebihan

Sering kali, ketika menu masakan di rumah terasa enak, kita suka makan banyak dan kadang nambah. Kebiasaan ini, apabila diteruskan dapat menyebabkan porsi makan bertambah dari waktu ke waktu.

Oleh sebab itu, kita wajib mengetahui porsi makan dan mempertahankannya sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan. Sehingga tidak akan ada kelebihan kalori yang akan berubah menjadi lemak.


6. Kamu harus latihan minimal 30 menit sehari


Olahraga sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk mengontrol berat badan agar tetap ideal. Olahraga tidak harus yang berat-berat. Olahraga seperti jalan kaki, senam, atau jalan cepat, semuanya bisa membantu menjaga berat badan.

Namun jika ingin lebih bugar, kamu dianjurkan untuk melibatkan olahraga angkat beban minimal 3 x seminggu.


7. Perhatikan sumber-sumber makanan manis


Sering mengkonsumsi makanan maupun minuman manis yang banyak mengandung gula adalah penyebab mengapa tubuh mudah menjadi gemuk. Karena gula adalah sumber glukosa (kalori) yang seringkali tidak habis digunakan oleh tubuh dan kemudian disimpan menjadi lemak.

Mulailah waspada ketika menambahkan gula ke dalam minuman seperti kopi teh. Atau ketika kamu memilih makanan-makanan manis seperti kue, roti, minuman ringan bersoda. Bahkan minuman yang dianggap sehat seperti jus buah yang ditambahkan gula juga perlu dikurangi atau dihindari.

Komentar