11 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari berolahraga, menjalani gaya hidup sehat, hingga diet. Namun jika kita harus berbicara secara khusus mengenai makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, 10 makanan berikut ini patut kamu pertimbangkan. Pasalnya, kemampuannya dalam membantu menjaga berat badan atau menurunkan berat badan.

11 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan
11 Jenis Makanan yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan-makanan berikut ini sudah melalui proses penelitian dan pengaruhnya terhadap metabolisme serta berbagai hormon di tubuh sangat baik, terutama yang berkaitan dengan penurunan berat badan.


1. Jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi sayuran berdaun hijau setiap hari


Sayuran orgnaik berwarna hijau
Sayuran sehat

Sayuran berdaun hijau sangat mudah kita temukan. Apalagi harganya juga tidak terlalu mahal. Sayuran berdaun hijau mulai dari bayam, sawi, dan lain lain adalah makanan yang paling sempurna untuk menurunkan berat badan.

Sayur-sayuran dianggap memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah tetapi kaya akan serat sehingga baik untuk pencernaan. Selain itu, tentu saja kandungan gizi yang terdapat di dalam sayuran sulit dicari tandingannya. Selain vitamin dan mineral, antioksidan yang terdapat di dalam sayuran juga sangat penting untuk membantu membakar sejumlah lemak di dalam tubuh.


2. Telur utuh juga bisa dijadikan sebagai menu utama saat sarapan


Sarapan sangat dianjurkan oleh ahli kesehatan jika kita ingin menurunkan berat badan. Karena dengan sarapan, kita akan terhindar dari rasa lapar yang memaksa untuk mengkonsumsi camilan.

Menu terbaik untuk sarapan salah satunya adalah telur rebus. Jangan takut dengan kolesterol karena menurut penelitian, telur sebenarnya tidak mempengaruhi tingkat kolesterol secara signifikan di dalam darah dan tidak menyebabkan serangan jantung.

Dalam penelitian yang melibatkan 30 wanita gemuk. Mereka diberikan telur untuk sarapan setiap hari. Dan mereka merasa lebih kenyang daripada peserta yang makan dengan porsi lebih sedikit hingga 36 jam berikutnya.


3. Ikan laut juga penting untuk dikonsumsi setidaknya 3 porsi dalam seminggu


Ikan laut banyak mengandung yodium dan baik untuk kesehatan, khususnya untuk menjaga keseimbangan hormon tiroid.

Ikan laut yang banyak mengandung lemak (minyak ikan) adalah yang terbaik untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis ikan paling populer untuk menurunkan berat badan antara lain:
  • Ikan salmon
  • Ikan sarden
  • Ikan tuna
  • Ikan makarel
  • Ikan herring
  • Ikan trout


4. Brokoli dan kembang kol


Brokoli kembang kol, serta kubis adalah jenis sayur yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari karena selain bergizi juga bisa membantu melawan kanker, mengandung banyak antioksidan, serta bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Namun yang paling penting, sayuran-sayuran tersebut banyak mengandung protein, serat, serta bisa membantu menurunkan berat badan.


5. Kentang rebus


Kita yang tinggal di Indonesia memang belum terbiasa mengkonsumsi kentang sebagai makanan pokok. Akan tetapi, jika dibiasakan, kentang akan sangat baik untuk kesehatan. Dibandingkan dengan nasi putih yang hanya mengandung banyak kalori namun miskin serat serta vitamin, maka kentang dianggap jauh lebih baik.

Jika selama ini kamu rutin mengkonsumsi nasi pada saat makan malam, cobalah untuk menggantinya dengan kentang rebus. Kentang rebus yang tinggi kalium dan nutrisi selain bisa memberikan rasa kenyang, yang juga bisa membantu mengontrol tekanan darah dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan.


6. Kacang-kacangan


Ada banyak jenis kacang-kacangan dan polong-polongan yang bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan di antaranya adalah:
  • Lentil
  • Kacang hitam
  • Kacang merah
  • Kacang tanah, dll


7. Alpukat


Alpukat merupakan buah-buahan yang banyak mengandung asam lemak omega 3. Buah ini juga banyak mengandung serat dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama.


8. Cabe yang pedas


Orang Indonesia sebagian besar suka dengan makanan pedas. Cabe merupakan salah satu makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan karena mengandung zat yang disebut capsaicin. Zat ini telah terbukti bisa membantu mengurangi nafsu makan dan bisa membantu membakar lemak.


9. Konsumsilah buah-buahan setiap hari


Salah satu jalan untuk melangsingkan tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan. Hampir semua jenis buah-buahan dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Buah-buahan rata-rata punya kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan yang cukup banyak. Namun Selain itu, buah juga terkenal kaya akan serat sehingga bisa melancarkan peredaran darah, membantu mencegah darah tinggi, serta melancarkan pencernaan.


10. Minyak kelapa


Minyak kelapa adalah jenis minyak yang mengandung asam lemak sangat tinggi. Asam lemak terbukti bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan lemak lainnya serta bisa membantu membakar kalori lebih banyak.


11. Makanan atau minuman probiotik


Makan yogurt
Makan yogurt

Ada banyak jenis makanan maupun minuman probiotik yang bisa kamu konsumsi setiap hari. Salah satunya adalah yogurt rendah lemak. Yogurt sangat baik untuk usus dan untuk memperlancar pencernaan karena mengandung bakteri probiotik.

Komentar