3 Cara Uninstall Software Ubuntu Linux

3 Cara Uninstall Software Ubuntu Linux

Jika terdapat program atau aplikasi tertentu yang tidak lagi kamu butuhkan, ada 3 cara uninstall software Ubuntu Linux yang bisa kamu pilih untuk menghapusnya.

Cara Uninstall Software Ubuntu Linux

Cara uninstall software Ubuntu Linux ini juga bisa diterapkan pada semua distro berbasis Debian maupun Ubuntu. Seperti, Linux Mint, Elementary OS, Deepin OS, MX Linux, Kali Linux, Zorin OS, Kubuntu, Lubuntu, hingga Pop OS.


Cara Uninstall Software Ubuntu Linux


Seperti yang telah saya ungkapkan di atas, setidaknya ada 3 cara uninstall software Ubuntu yang bisa kamu pilih, yaitu:

  1. Menghapus dari aplikasi bernama Software Center atau Ubuntu Software
  2. Uninstall aplikasi menggunakan perintah ‘apt remove’ atau ‘apt purge’ via Terminal. Dan
  3. Menghapus aplikasi Snap via Terminal

A. Cara Uninstall Software Ubuntu Via Software Center


  1. Buka aplikasi Ubuntu Software. Jika aplikasi tersebut tidak terdapat di dock seperti pada gambar di bawah ini. Kamu bisa mencarinya dengan menekan tombol
    1. Show Applications
    2. Ketik “software” pada form pencarian
    3. Klik aplikasi Software Ubuntu

      Searching Software Ubuntu

  2. Klik tab Installed
  3. Pilih software yang akan kamu uninstall
  4. Klik tombol Remove
  5. Pada dialog yang keluar, klik tombol Remove
  6. Pada dialog password, masukkan password komputermu, kemudian tekan Enter pada keyboard atau klik tombol Authenticate

    Remove Apps From Ubuntu Software

B. Cara Hapus Aplikasi Linux Lewat Terminal


Dahulu, interaksi antara user dengan komputer dilakukan melalui Terminal (command prompt) dengan mengetikkan perintah (command) tertentu.

Melalui Terminal, kita bisa memerintahkan komputer untuk membuat file, mengedit file, memindahkannya, menggandakan file (copy-paste), menghapus file, hingga mengkompres file.

Dengan kata lain, apapun yang bisa kita lakukan dengan menggunakan user interface berbentuk grafis (GUI) yang ada saat ini juga bisa dilakukan dengan mengetikkan baris perintah tertentu di Terminal.

Terminal Ubuntu Linux

Mengapa Terminal Linux yang tampaknya sudah ketinggalan zaman dan tidak menampilkan grafis masih banyak digunakan hingga saat ini?

Itu karena, Terminal menyediakan antarmuka yang efisien untuk mengakses komputer dibandingkan dengan menggunakan GUI.

Sekarang, mari kita coba menggunakan Terminal untuk menghapus software di Ubuntu dan turunannya atau berbagai distro Linux berbasis Debian.

Perhatian!

Command atau perintah yang diketik di Terminal Linux bersifat case sensitive. Itu artinya, huruf kecil maupun huruf besar dan juga spasi sangat berpengaruh. Jadi, pastikan kamu mengetik perintah dengan benar.

Pada tutorial cara uninstall software Ubuntu Linux berikut ini, saya akan mencontohkan cara menghapus aplikasi WPS Office. Karena banyak pengguna Linux baru yang bingung bagaimana menghapus software ini setelah tidak lagi dibutuhkan.


Menggunakan perintah “remove”


  1. Buka Terminal
  2. Kemudian ketikkan perintah:
    sudo apt remove wps-office
  3. Masukkan password komputermu
  4. Apabila ada pertanyaan “Do you want to continue? [Y/n],” ketik “y” (tanpa tanda petik) kemudian Enter pada keyboard

hapus software linux via terminal dengan perintah sudo apt remove

Menggunakan perintah “purge”


  1. Jalankan Terminal
  2. Ketikkan command:
    sudo apt purge wps-office
  3. Input password saat diminta
  4. Tekan huruf “y” lalu tekan Enter pada keyboard apabila kamu yakin akan melanjutkan men-delete software Ubuntu tersebut

perintah sudo apt purge di Ubuntu Linux

Perbedaan Remove dan Purge untuk Uninstall Software Ubuntu


Meski sama-sama bisa digunakan menghapus atau uninstall software di Linux berbasis Debian maupun Ubuntu, terdapat perbedaan antara ‘apt remove’ dan ‘apt purge’.

  • apt remove. Akan menghapus paket software tanpa menghapus file konfigurasinya. Cara ini sangat disarankan apabila, suatu saat kamu berniat untuk kembali menginstal software yang sama
  • apt purge. Perintah ini akan menghapus paket software beserta konfigurasinya. Singkatnya, perintah ini akan menghapus software hingga ke akar-akarnya

Tips uninstall software via Terminal


Tidak mengetahui nama software/aplikasi adalah kendala yang paling sering dihadapi oleh pengguna Linux baru saat akan menghapus software lewat Terminal.

Kendala tersebut sebenarnya bukanlah masalah besar. Pasalnya, ada 2 cara mudah untuk mengetahui nama aplikasi yang terinstal di komputer berbasis Debian atau Ubuntu, yaitu:

  1. Cara pertama adalah dengan mengetik huruf awal software yang akan dihapus, kemudian diikuti dengan menekan Tab pada keyboard dua kali. Misal,
    1. Jalankan Terminal, lalu ketik perintah
      sudo apt remove c
    2. Kemudian tekan tombol Tab 2x pada keyboard
      setelah menekan tombol Tab 2 kali, kamu akan melihat daftar semua software yang diawali dengan huruf “c”
      Tapi kadang kala, jumlah software yang diawali dengan huruf tertentu bisa sangat banyak. Seperti yang terdapat pada komputer saya saat saya mencoba menampilkan semua software yang diawali dengan huruf “L”
      Kalau kamu menjumpai kasus seperti ini, kamu bisa menggunakan metode kedua di bawah ini yang lebih mudah

      command sudo apt remove

  2. Cara kedua adalah dengan mengetikkan beberapa huruf (keyword) yang terdapat pada nama software. Misalnya. Kamu ingin mencari software yang namanya mengandung kata “dio” seperti Audio atau yang lainnya.
    1. Buka Terminal, lalu ketikkan perintah
      apt list --installed | grep -i ro dio
    2. Kamu bisa mengganti keyword ‘dio’ yang ada di bagian belakang perintah tersebut dengan keyword apapun yang kamu ingat. Misalnya ‘my’ atau ‘city’ dan lain sebagainya

      Ubuntu software list in Terminal

C. Cara Uninstall Software Berbasis Snap di Ubuntu


Untuk menginstal software di Ubuntu, selain menggunakan paket DEB atau menginstal langsung lewat aplikasi Software Center. Kamu juga bisa menginstal program atau software berbasis Snap menggunakan aplikasi Snap Store ataupun menggunakan perintah ‘snap’ di Terminal.

Cara install snap software di ubuntu

Install dan uninstall software dengan perintah ‘snap’ di Ubuntu jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan menggunakan perintah ‘apt’ di Terminal.

Untuk menghapus software berbasis Snap, kamu bisa melakukannya melalui aplikasi Snap Store atau bisa juga dengan menggunakan baris perintah di Terminal. 

Pada tutorial berikut ini, saya akan mencontohkan cara menghapus software browser Chromium yang sebelumnya saya install dengan menggunakan perintah Snap.

  1. Buka aplikasi Terminal
  2. Lihat semua aplikasi atau software yang diinstal berbasis snap dengan mengetikkan perintah:
    snap list
    Gambar Terminal Snap
    pada gambar di atas, kamu bisa melihat salah satu software yang saya install dengan menggunakan snap adalah Chromium (browser)
  3. Uninstall software snap yang kamu inginkan dengan perintah berikut:
    sudo snap remove chromium
  4. Lalu tekan “Enter” keyboard

Ubuntu Uninstall Snap Software via Terminal

Itulah beberapa cara uninstall software Ubuntu Linux dan turunannya, atau Debian dan turunannya. Kalau kamu punya pertanyaan seputar cara delete aplikasi di Ubuntu atau punya cara lain menghapus software, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah.