Pentingnya Kebutuhan Internet dan Website Perusahaan

Pentingnya Kebutuhan Internet dan Website Perusahaan

Kebutuhan internet suatu usaha tentunya semakin penting saat ini. Selain konektivitas dan kelancaran internet, yang perlu diperhatikan juga adalah keamanan sistem internet, kebutuhan penyimpanan data digital, kebutuhan website perusahaan, dan lain sebagainya.

Cloud computing server

Hal ini bisa dijawab dengan layanan Cloud computing (komputasi awan), yaitu metode penyampaian berbagai layanan dan penyimpanan data melalui internet. Cloud computing memfasilitasi berbagai layanan dan sumber daya dalam bentuk aplikasi penyimpanan data, server, database, jaringan, dan perangkat lunak.

Cloud computing adalah pilihan tepat bagi perusahaan modern yang telah beralih ke digital. Daripada menyimpan banyak file di hard drive atau penyimpanan lokal di komputer atau handphone pintar, penyimpanan berbasis cloud memungkinkan Anda menyimpan file selama Anda memiliki akses ke internet.

Perusahaan data center neuCentrIX punya layanan cloud service yang menawarkan layanan fleksibilitas untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat spesifik atau untuk berbagai penggunaan lainnya, termasuk pengembangan berskala ultra, hingga kebutuhan yang bersifat custom.

neuCentrIX

Dikembangkan dengan kemampuan Infrastructure as a Service (IaaS), layanan cloud ini juga diterapkan dalam dua model yaitu, private cloud dan public cloud.

Selain itu neuCentrIX juga memiliki berbagai layanan lain seperti: data center, colocation, connectivity, dan lain sebagainya.

Jika cloud computing lebih ditujukan untuk menjawab kebutuhan penyimpanan, maka web hosting lebih ditujukan untuk memenuhi kebutuhan website perusahaan.

Tahukah anda, apa itu web hosting?

Web hosting adalah sejenis server di lokasi (tempat) tertentu yang digunakan untuk menyimpan semua file, aset, dan database. Baik itu dalam bentuk tulisan, gambar, video, dan berbagai macam konten lainnya yang nantinya akan diakses via web browser.

Web hosting sendiri disediakan oleh penyedia jasa layanan hosting.

Setidaknya ada 4 jenis layanan hosting yang paling umumnya ditawarkan, yaitu:

  1. Dedicated Hosting
  2. Shared Hosting
  3. VPS (Virtual Private Server), dan
  4. Colocation Server yang bisa disesuaikan dengan kapasitas perusahaan

Untuk website berskala standar, biasanya menggunakan Shared Hosting saja sudah cukup. Sedangkan untuk website dengan skala kebutuhan yang lebih tinggi, akan lebih tepat jika didukung VPS atau Dedicated Hosting.

Bisa dikatakan, hosting memiliki bentuk yang kurang lebih sama seperti komputer server pada umumnya. Meski demikian, hosting terbaik pasti memiliki teknologi mumpuni dan pasti terhubung dengan internet berkecepatan tinggi.

Jadi, kalau kita mengetikkan nama domain pada (form address) sebuah browser. Misalnya browser Chrome, host akan segera mentransfer file-file yang dibutuhkan untuk menyelesaikan permintaan.

Lalu, apa saja tugas web hosting tersebut:

  • Untuk menjaga server agar tetap aktif dan bekerja
  • Mengamankannya dari serangan cyber, dan
  • Memindahkan data berupa teks, gambar, serta file dari server ke browser pengunjung situs