Punya Anak? Ini Daftar Isi Kotak P3K yang Wajib Ada di Rumah

Saat anak pertama kami lahir. Kami benar-benar bekerja keras untuk menjadi orang tua yang baik. Karena ini adalah pengalaman pertama bagi kami sebagai orang tua.

Tidak hanya karena anak kami lahir prematur. Tapi juga karena kami belum berpengalaman. 

Meski demikian, kami tetap percaya diri untuk mencoba mandiri dan tidak bergantung pada orang tua maupun mertua dalam urusan rumah tangga dan mengasuh anak.

Jika dibandingkan dengan istri yang pernah berlatih menjadi baby sitter, saya di sisi lain, tidak tahu apa yang harus saya perbuat. Saya bahkan masih kesulitan untuk menempatkan diri sebagai figur seorang Ayah.

Tapi, perlahan saya dan istri mulai belajar mengasuh anak. Kami semakin sering mendiskusikan cara membesarkan anak.

Beruntung, pekerjaan utama kami sebagai bloger memudahkan kami dalam mencari referensi dalam mengasuh anak.

Kami sangat bersyukur. Karena anak kami yang lahir prematur tumbuh layaknya anak yang lahir normal.

Anak kami sangat aktif. Jauh lebih aktif dibandingkan anak-anak kebanyakan. Bahkan jika dibandingkan dengan anak laki-laki yang terkenal aktif sekalipun.

Ia terus bermain, berlari, meloncat, memanjat, dan nyaris tak pernah berhenti bergerak. Praktis, ia hanya istirahat kalau tidur saja.

Perangainya yang sangat aktif membuatnya sering terjatuh atau mengalami berbagai kejadian yang membuatnya lecet hingga terluka.

Kotak P3K di Rumah

Semakin banyak saya bergaul dengan orang tua yang memiliki anak, semakin banyak saya tahu, bahwasanya, tidak hanya anak saya yang aktif bergerak setiap saat. Melainkan, banyak juga anak-anak di luar sana yang sama aktifnya dengan anak saya.

Karena itulah, menyediakan kotak P3K di rumah adalah sebuah keharusan bagi setiap orang tua yang memiliki anak.

Tidak harus benar-benar berbentuk kotak papan tempat penyimpanan obat. Kita juga bisa menggunakan berbagai jenis tempat yang lain.

Saya sendiri di rumah tidak secara khusus menggunakan sebuah kotak yang terbuat dari kayu. Tapi, kami lebih memilih menggunakan toples plastik.

Beberapa alasan kami menggunakan toples sebagai kotak P3K di antaranya adalah, karena:

  • Sifatnya portable sehingga lebih mudah dibawa kemana-mana
  • Bisa diletakkan di mana saja, terutama di tempat yang terjangkau oleh anak-anak. Sehingga, saat mereka membutuhkan, mereka bisa langsung mengambil sendiri berbagai peralatan yang mereka butuhkan
  • Kokoh dan tidak mudah rusak

Daftar Isi Kotak P3K yang Wajib Ada di Rumah

Jika mengacu pada peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, setidaknya ada 21 daftar isi kotak P3K. Meskipun daftar tersebut sangat baik apabila dilengkapi, namun, ada beberapa daftar yang menurut saya lebih esensial dan wajib dimiliki jika kita punya anak di rumah.

Berikut adalah daftar isi kotak P3K yang wajib ada di rumah.

  1. Hand sanitizer
  2. Alkohol 70%
  3. Kasa steril
  4. Perban dengan lebar 5 atau 10 cm
  5. Plester biasa dan plester cepat
  6. Kapas
  7. Antiseptik
  8. Gunting
  9. Peniti
  10. Sarung tangan sekali pakai
  11. Lampu senter
  12. Masker anak dan dewasa
  13. Obat sariawan
  14. Obat penurun demam
  15. Termometer
  16. Cotton bud
  17. Kantong plastik

Wound Care (Perawatan Luka)

Dari sekian daftar perlengkapan kotak P3K yang paling sering dibutuhkan, rasanya wound care atau obat-obat yang digunakan untuk merawat luka adalah yang paling sering dibutuhkan.

Mengingat, anak-anak yang aktif bermain di luar rumah lebih sering terjatuh karena berlari atau bermain. Hingga membuat lutut dan berbagai bagian tubuhnya kerap lecet atau terluka.

Untuk perawatan luka terbuka, alkohol dan antiseptik sangat dibutuhkan. Akan tetapi, alkohol sebenarnya tidak begitu disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan jaringan pada luka disamping meninggalkan rasa perih saat diaplikasikan. Sehingga, kurang cocok apabila diterapkan kepada anak-anak.

Karena itu, kita bisa mempertimbangkan antiseptik yang tidak perih. Kemudian, dalam memilih antiseptik, kita juga perlu mempertimbangkan usia anak.

Contohnya, saat menggunakan Betadine Antiseptic Solution yang dikenal sebagai antiseptik untuk membunuh kuman penyebab infeksi. Obat ini tidak disarankan untuk diberikan kepada anak dibawah usia 1 tahun.

Akan tetapi, karena anak-anak yang sudah bisa bermain dan berlari biasanya sudah berusia lebih dari 1 tahun. Maka, menyediakan Betadine Antiseptik di kotak P3K adalah langkah bijak yang perlu dipertimbangkan oleh setiap orang tua.

Disamping antiseptik cair, disarankan juga menyediakan antiseptik berbentuk salep karena lebih mudah diaplikasikan dan bisa membantu mengurangi pendarahan.

Untuk antiseptik bertekstur salep, saya pribadi lebih suka menggunakan Antiseptik Ointment Betadine karena tidak hanya bisa digunakan untuk luka sayat ataupun luka tergores yang kecil, tapi bisa juga digunakan untuk luka bakar.

Karena tidak hanya anak-anak saja yang sering mengalami luka. Orang tua, terutama ibu, sangat sering mengalami luka bakar sebab mereka setiap hari memasak di dapur yang pasti melibatkan benda-benda panas dan barang-barang tajam seperti pisau.

Begitu juga dengan plester untuk luka. Selain menyediakan plester dewasa, sangat bijak untuk menyediakan plester untuk anak-anak.

Karena di atas saya sudah mencontohkan produk kesehatan dari merek Betadine. Sekalian saja, saya perkenalkan 3 plaster mereka.

Plester pertama yang mereka tawarkan adalah plester yang terbuat dari bahan elastis. Kemudian, plester tipe kedua adalah plester transparan, serta plester untuk anak-anak.

Ketiga plaster yang ditawarkan oleh Betadine ini tahan air, tidak melekat pada luka, steril, dan bisa mencegah infeksi.

Perkenalkan Anak Pada Kotak P3K

Beberapa obat-obatan yang ada di dalam kotak P3K adalah obat yang diberi label "harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak."

Oleh sebab itu, sangat penting bagi orangtua untuk memperkenalkan cara menggunakan dan bahaya obat tersebut apabila tertelan atau digunakan secara sembarangan.

Kemudian, selalu tempatkan kotak P3K di tempat yang tidak mudah dijangkau anak jika anak masih berusia balita.

Jika ayah bunda membutuhkan informasi seputar kesehatan termasuk kesehatan anak, bisa langsung kunjungi situs https://betadine.co.id/ ya. Disana Ayah Bunda bisa menemukan banyak sekali info menarik dan bermanfaat untuk anak dan keluarga.

Posting Komentar

0 Komentar