Sejuta Manfaat Blog untuk Bisnis dan Personal?

Blogging atau ngeblok adalah kegiatan yang relatif menyenangkan menurut saya. Karena menulis adalah salah satu cara untuk, mendokumentasikan perjalanan hidup kita, mendokumentasikan kejadian-kejadian spesial, pengalaman pribadi maupun orang lain, menulis ide, berbagi (sharing) pengetahuan, dan lain sebagainya.

Tidak hanya tentang pribadi kita masing-masing, blog juga bisa digunakan untuk menulis bagian niche yang sesuai dengan minat, bakat, atau hal-hal yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Mulai Ngeblog

Intinya, kamu bisa menulis tentang lifestyle, teknologi, gadget, aplikasi, game, skincare, kesehatan, tips dan trik, kegiatan travelling, dan lain sebagainya.

Selain bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan ide, blog juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan atau menambah pertemanan.

Pasalnya, sebagian besar orang yang membuat blog akan menulis seputar hal-hal yang mereka sukai. Sehingga, akan dengan mudah baginya untuk menemukan orang-orang yang sehobi, sepemahaman, atau membahas tentang hal-hal sama-sama disukainya.

Lebih dari itu, blog juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran, promosi, membangun branding, dan berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis.

Cara Mulai Bikin Blog

Cara membuat blog sebenarnya sangat mudah. Ada banyak platform yang bisa kita gunakan. Terutama yang gratisan seperti, Blogger yang disediakan oleh Google, WordPress, LinkedIn, Medium, Wix, hingga Squarespace.

Selain nama-nama yang telah saya sebutkan di atas, masih banyak platform blog lainnya yang bagus dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Googling saja, saya yakin kamu akan segera melihat puluhan referensi.

Namun yang pasti, WordPress dan Blogger adalah dua platform paling populer dan yang paling banyak digunakan. Karena dianggap lebih praktis, aman, serta yang paling banyak tutorialnya.

Tapi kalau kamu ingin serius ngeblog, saya pribadi sangat menyarankan Wordpress.

Mengapa WordPress? Setelah nyaris 10 tahun jadi fulltime blogger dan content writer, harus saya akui bahwa Wordpress merupakan salah satu platform paling luar biasa yang pernah saya coba.

Bisa dibilang, Platform ini dapat melakukan segala hal yang kita inginkan tanpa harus menguasai ilmu coding.

Meskipun di luar sana ada platform yang menawarkan penggunaan yang lebih sederhana. Namun, jika berbicara tentang fungsionalitas, rasanya WordPress masih menjadi salah satu yang terbaik.

Di platform blog gratisan ini, terdapat sebuah tool yang disebut sistem manajemen konten atau content management system (CMS). Dengan menggunakan tool ini, kita bisa membuat blog atau website yang SEO friendly. Sehingga, tulisan yang kita publish akan lebih mudah diindeks oleh Google, kita akan lebih mudah membuat toko online, dan lebih mudah membuat galeri foto maupun video.

Beli Domain dan Hosting

Setelah memilih platform yang paling tepat untuk digunakan, selanjutnya kita bisa membeli domain atau membeli hosting sekalian.

Ya, jika kita membeli hosting, umumnya kita juga akan memperoleh domain. Tapi jika kita hanya membeli domain, kita tidak akan memperoleh hosting.

Apa itu hosting dan domain?

1. Domain Adalah

Domain adalah URL atau alamat blog/website yang akan digunakan untuk mengakses blog. Contohnya seperti, www.domainesia.com, www.jooizzy.com, dll.

Untuk mendapatkan domain tanpa embel-embel seperti "blogspot" atau "wordpress," kita harus membeli dengan harga yang bervariasi. Umumnya mulai dari Rp 100 ribuan per tahun.

2. Hosting Adalah

Dalam bahasa yang sederhana, host (hosting) adalah tempat dimana kita akan menitipkan file atau data-data website/blog.

Cara kerja hosting

Saat membeli hostingan, itu artinya kita membeli ruang atau space dan bandwidth (speed internet) untuk mengakses web.

Itulah sebabnya penyedia hosting selalu akan membuat paket (untuk ditawarkan) berdasarkan rincian‌:

  1. Space, dan
  2. Bandwidth

Di urutan pertama.

Semakin besar ruang yang kita butuhkan untuk menyimpan file, maka akan semakin mahal harganya.

Kalau mau dapat harga murah, saya pribadi menyarankan kamu membeli di DomaiNesia. Apalagi, saat ini mereka sedang promo hosting murah diskon 30%.

Domainesia hosting murah diskon

Disamping harganya yang relatif terjangkau, mereka juga menawarkan bandwidth yang unlimited. Jadi, kecepatan akses website atau blog yang kita letakkan di hosting milik DomaiNesia, dijamin akan lebih ngebut.

Belajar Coding Walau Sedikit

Coding merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut, kegiatan menulis program dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Khusus di dunia website atau blog, ada beberapa bahasa pemrograman yang paling terkenal. Diantaranya adalah, HTML, HTML5, Java, CSS, hingga PHP.

Meskipun, HTML hingga CSS pada dasarnya tidak dianggap sebagai bahasa pemrograman.

Pasalnya, baik HTML dan CSS tidak mengandung instruksi seperti bahasa pemrograman lainnya yang cenderung sangat kompleks.

Baik HTML maupun CSS, umumnya hanya digunakan untuk mengubah struktur atau gaya halaman sebuah website.

Jangan Asal Menulis

Inti dari sebuah blog atau website adalah konten (tulisan, gambar, video, animasi) yang ada di dalamnya. Untuk blog dan website, konten berupa tulisan (artikel) adalah yang paling esensial.

Tulisan yang baik tidak hanya berupa tulisan yang berbobot. Tapi, juga harus enak dibaca dan mudah dipahami.

Karena, tulisan yang berbobot sudah pasti akan membuat tulisan tersebut bermanfaat untuk pembaca. Tapi, pembaca yang menganggap tulisan kita "enak dibaca" cenderung merasa tertarik untuk membaca tulisan-tulisan kita yang lain. Atau paling tidak, mereka akan menandai blog kita sebagai blog yang bagus.

Bagaimana cara menulis artikel yang baik?

Sama seperti skill lainnya. Skill menulis juga perlu diasah setiap hari. Menurut saya, dalam ilmu menulis, terdapat input dan output.

Inputnya adalah membaca, dan outputnya adalah menulis. Dalam rangka belajar menjadi penulis yang baik, saya menyarankan nilai input 70% dan 30% output.

Artinya, semakin banyak kita membaca, atau semakin banyak referensi yang kita baca, tulisan kita akan semakin baik.

Tapi ingat! usahakan untuk tidak meniru gaya menulis orang lain. Dan, jangan ragu untuk menggunakan gaya masing-masing. Karena hal tersebut bisa membuat tulisan lebih orisinil dan unik.

Kemudian, dalam sebuah postingan, artikel setidaknya harus berisi 500 kata, diluar judul dan meta. Atau, dalam tahap latihan, kamu bisa mencoba menulis antara 300 hingga 400 kata untuk sebuah artikel.

Posting Komentar

0 Komentar