Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Lengkap Cara Investasi Crypto

Setiap orang akan menua pada waktunya. Ketika waktu itu tiba, kita akan menjadi rapuh dan lemah. Kita tak akan lagi bisa bekerja untuk menghasilkan uang seperti saat muda dulu.

Kalau kamu bukan seorang PNS yang masa tuamu akan ditanggung oleh negara melalui dana pensiun. Mau tidak mau, kamu harus menabung dari sekarang.

Tapi, menabung uang pun tidak menjamin kita akan bisa menikmati masa tua yang menyenangkan. Karena, siapa yang bisa menjamin nilai mata uang yang kita tabung sekarang akan sama dengan nilai mata uang beberapa puluh tahun yang akan datang?

Tragedi krisis moneter pada tahun 1997 adalah contohnya. Di mana tahun 1996 nilai tukar Rupiah terhadap Dolar waktu itu masih di angka Rp2.000. Kemudian naik jadi Rp4.000 pada tahun 1997, dan Rp6.000 pada tahun 1998, bahkan sempat melonjak hingga Rp13.000 sebelum kembali ke angka Rp8.000 di tahun yang sama.

Sekarang, ketika artikel ini saya tulis, nilai tukar dolar terhadap rupiah berada pada angka Rp. 14.870,55.

Bayangkan, jika seseorang menabung uang Rp100.000 pada tahun 1997 dan mengambilnya di tahun 2022. Pada tahun 1997, uang Rp100.000 bisa digunakan untuk berinvestasi dengan membeli lebih dari 3 gram emas. Dengan catatan, harga emas pada tahun itu sekitar Rp27.100 per gram.

Tapi di tahun 2022 ini, uang Rp100.000 tersebut hanya bisa digunakan untuk membeli emas seberat 0,1105 gram saja. Sebaliknya, menjual emas 3 gram yang dibeli seharga Rp100.000 pada tahun 1997, jika dijual pada tahun 2022, maka nilainya tidak akan kurang dari Rp. 2.6 jutaan.

Menarik bukan? Itulah mengapa kita disarankan untuk menginvestasikan uang yang kita miliki, bukan menabungnya.

Jenis Investasi yang Menguntungkan

Emas adalah salah satu jenis investasi yang bisa menguntungkan. Tapi, untuk mendapatkan keuntungan dari investasi emas, kita harus sabar menunggu hingga bertahun-tahun, atau bahkan hingga 25 tahun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan seperti cerita saya di atas.

Mari kita bandingkan dengan investasi crypto. Kita ambil contoh investasi crypto Bitcoin. Pada tahun 2012, harga satu Bitcoin tertinggi sekitar Rp63.000. 2 tahun kemudian (2014) harga 1 Bitcoin melonjak menjadi Rp. 8.400.000. Di tahun 2021, harga satu Bitcoin sekitar 734 juta rupiah.

Bayangkan, hanya dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun nilainya meningkat drastis. Karena itulah, berinvestasi pada cryptocurrency, khususnya pada mata uang Bitcoin, dianggap sebagai salah satu investasi yang paling menguntungkan, untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Keuntungan Investasi Crypto

Sebelumnya, jika masih bingung tentang Crypto dan platform trading crypto, kamu bisa membaca ulasan KuCoin ini untuk membantumu mendapatan informasi lebih banyak. Lanjut lagi ya, disamping cepat balik modal dan lebih cepat untung, ada banyak keuntungan memilih crypto sebagai investasi. Berikut adalah beberapa keuntungan tersebut.

  1. Punya potensi ekuitas. Artinya, investasi ini memiliki nilai dana kembali yang sangat tinggi 
  1. Pertumbuhannya dalam jangka panjang dianggap sebagai salah satu yang terbaik dan sulit untuk bisa dikalahkan oleh jenis investasi lain
  2. Berinvestasi dalam kripto memberi investor kebebasan bertransaksi. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa ditawarkan oleh sebagian besar bank konvensional
  3. Cryptocurrency itu kebal sensor. Artinya, siapa pun dapat mengirim uang secara peer-to-peer 24 jam sehari atau 7 hari dalam seminggu, tanpa campur tangan pihak ketiga
  4. Uang kripto tidak terpengaruh oleh inflasi

Untuk mengetahui peluang sebenarnya dari investasi crypto, tentu saja kita harus melihat pergerakan pasarnya beberapa waktu belakangan ini.

Sebagai gambaran, satu tahun belakangan ini uang crypto bitcoin mengalami peningkatan nilai hingga 763%.

Panduan Cara Investasi Crypto

Pada akhirnya, kita tidak akan pernah bisa menikmati keuntungan investasi crypto jika tidak action. Agar bisa segera berinvestasi, kita tentu saja membutuhkan panduan cara investasi crypto.

Untungnya, langkah-langkah investasi crypto sangat sederhana dan mudah dipelajari. Selain bisa belajar langsung dari Indodax Academy, kamu juga bisa mengikuti lima langkah cara investasi crypto di bawah ini.

1. Mendaftarlah di broker atau crypto exchange

Langkah pertama investasi crypto adalah memilih atau menentukan di mana kita akan membeli cryptocurrency.

Dari sekian banyak pilihan, Indodax.com adalah salah satu yang paling saya rekomendasikan. Karena, ini adalah Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange paling terpercaya.

Secara hukum, Indodax merupakan crypto exchange yang legal di Indonesia.

Selain legal secara hukum, berikut adalah beberapa kelebihan Indodax.

  • Bisa diakses melalui aplikasi smartphone berbasis iOS dan Android ataupun melalui website
  • Sangat mudah digunakan
  • Transaksi terbuka 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu
  • Biaya trading serta presentasi penarikannya dimulai dari 0%
  • Kita bisa membeli aset kripto dengan melakukan deposit melalui semua bank lokal di Indonesia. Dan sebaliknya,
  • Kita bisa mengkonversi crypto menjadi Rupiah secara instan di Indodax
  • Menyediakan 213 aset atau jenis mata uang kripto yang bisa kita beli dan jadikan sebagai investasi. Mulai dari Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Binance USD (BUSD), XRP (XRP), Dogecoin (DOGE), Tokenomy (TEN), ABBC Coin (ABBC), dan lain sebagainya

2. Tentukan jenis crypto

Seperti yang telah saya sampaikan pada poin terakhir tadi. Ada banyak jenis mata uang kripto yang bisa dipilih untuk dibeli dan diinvestasikan.

Dari sekian banyak pilihan uang kripto tersebut, Bitcoin (BTC) adalah salah satunya.

Bitcoin merupakan mata uang kripto paling populer dan yang paling banyak dibeli serta diinvestasikan.

Saat tulisan ini saya buat, harga terakhir aset kripto Bitcoin sekitar 343.341.000 di Indodax.

Memilih yang paling populer bisa meningkatkan kesempatan investor dapat keuntungan lebih cepat. Karena nilai mata uang kripto umumnya tergantung dari popularitasnya. Artinya, semakin banyak orang yang membeli akan semakin tinggi nilainya.

3. Buat Crypto Wallet

Setelah menentukan jenis mata uang kripto yang akan diinvestasikan. Selanjutnya, kita bisa membuka rekening (crypto wallet) atau dompet crypto sebagai tempat untuk menyimpan uang kripto.

Untuk mata uang kripto seperti Bitcoin, tersedia 2 pilihan jenis dompet yang bisa digunakan. Pilihan pertama disebut "hot wallet" dan pilihan kedua disebut "cold wallet."

a. Hot Wallet

Hot wallet adalah jenis dompet yang disediakan oleh crypto exchange dan dapat diakses secara online atau menggunakan aplikasi maupun software di komputer dan di smartphone berbasis Android serta iOS.

Hot Wallet banyak dipilih karena menawarkan kemudahan akses dari manapun dan kapanpun.

b. Cold Wallet

Berbeda dengan Hot Wallet yang asetnya disimpan secara online. Cold Wallet menawarkan penyimpanan offline pada perangkat keras tertentu yang bersifat portable layaknya sebuah flash disk. Pada umumnya, alat penyimpanan Bitcoin tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi antara $60 hingga $100.

4. Hubungkan dompet crypto dengan akun bank

Setelah memiliki crypto wallet, selanjutnya kita bisa mengaitkan atau menghubungkan antara, rekening bank dengan crypto wallet tersebut.

Tujuannya adalah agar kita bisa melakukan transaksi atau jual beli coin serta melakukan penukaran coin (crypto exchange)–misalnya dari Bitcoin ke Rupiah.

5. Beli cryptocurrency dan mulai berinvestasi

Disini saya akan menggunakan cryptocurrency Bitcoin sebagai contohnya. Untuk membeli Bitcoin, kita bisa melakukannya di Indodax melalui aplikasi di smartphone atau browser di desktop.

Ada dua metode yang dikenal dalam proses membeli Bitcoin yaitu, instant order dan limit order.

  1. Instan order. Contohnya, saya punya uang Rp. 10.000.000 dan ingin membeli Bitcoin berapapun dapatnya
  2. Limit Order. Contohnya, saya ingin membeli 10 Bitcoin, dan siap membayar berapapun harganya

Dari contoh di atas, saya harap kamu bisa memahami perbedaan antara instant order dan limit order dalam cryptocurrency.

Cara Mengelola Investasi Bitcoin

Setelah membeli Bitcoin, aset tersebut bisa kita gunakan untuk melakukan transaksi online. Atau, bisa juga disimpan untuk diinvestasikan dengan harapan nilainya akan meningkat.

Agar segera bisa memperoleh keuntungan, kamu bisa melakukan jual-beli koin setiap hari. Misalnya, kamu bisa membeli pada saat harga Bitcoin sedang murah, dan menjualnya ketika harga Bitcoin sedang naik.

Meski, opsi untuk menyimpannya dalam waktu yang lama hingga harganya melonjak drastis juga bisa dijadikan sebagai pilihan.

Harga bitcoin bisa kamu cek langsung di situs Indodax yang dapat kamu akses melalui aplikasi ataupun web browser di laptop.

Kesimpulan

Cryptocurrency atau yang biasa disingkat dengan istilah "crypto" saja, adalah salah satu pilihan investasi yang dianggap paling menguntungkan.

Untuk mengetahui apakah investasi crypto itu menguntungkan atau tidak, bisa dilihat dari bagaimana pergerakan pasarnya beberapa waktu belakangan ini.

Sebagai gambaran, Bitcoin yang menjadi salah satu mata uang kripto, mengalami peningkatan hingga 763% hanya dalam waktu 1 tahun. Nilainya akan terus meningkat apabila jumlah orang yang membeli Bitcoin semakin banyak.

Meski demikian, untuk bisa berinvestasi pada crypto, kita tentu saja harus mengetahui caranya, bukan? Untungnya, cara investasi crypto itu sebenarnya sangat mudah.

Pertama, terlebih dahulu kita harus memilih tempat membeli crypto yang aman dan terpercaya. Di Indonesia, Indodax merupakan salah satu contoh tempat jual beli crypto yang aman, terpercaya, dan legal secara hukum.

Setelah menentukan tempat membeli, selanjutnya kita bisa menentukan jenis crypto yang akan dibeli, sebelum kemudian membuka rekening (crypto wallet).

Setelah itu, kita bisa membeli crypto di Indodax. Misalnya, kamu bisa membeli Bitcoin (BTC), Tokenomy (TEN), ABBC Coin (ABBC), Binance USD (BUSD), Ethereum (ETH), XRP (XRP), Dogecoin (DOGE), dll.

Indodax adalah Bitcoin and Crypto Exchange yang legal dan terkenal aman serta terpercaya. Selain menyediakan fasilitas tukar mata uang kripto ke mata uang Rupiah dan melayani jual-beli crypto, mereka juga dikenal sebagai salah satu tempat terbaik yang bisa kita kunjungi untuk mempelajari seluk beluk uang digital (crypto).

Di website mereka, terdapat kanal khusus bernama Indodax Academy yang didedikasikan untuk mengedukasi siapapun yang ingin belajar mengenai cryptocurrency ataupun kiat-kiat investasi crypto.

Jika sudah cukup paham seluk-beluknya, selanjutnya kita bisa membeli sekaligus menjual crypto di Indodax. Baik itu, melalui official website mereka atau melalui mobile app yang dapat didownload di Play Store dan App Store.

Husnul Khotimah
Husnul Khotimah Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Investasi Crypto"