Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Capek, Ini Cara Merawat dan Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah seringkali menjadi pekerjaan yang membosankan dan bikin kita malas sebelum mulai. Apalagi, jika rumah yang kita miliki cukup luas dan terdapat banyak perabotan. Dijamin, membersihkan rumah bakal jadi kegiatan yang jauh dari kata menyenangkan.

Tapi, sebesar apapun rumah kita. Kita tetap harus membersihkannya agar rumah tersebut tetap nyaman untuk ditinggali dan tetap sehat bagi penghuninya.

Cara Merawat dan Membersihkan Rumah

Agar kegiatan bersih-bersih rumah tidak menjadi kegiatan yang membosankan dan terlalu melelahkan. Sebenarnya, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar bersih-bersih jadi lebih efektif dan efisien.

Membersihkan Rumah Harus Urut dan Teratur

Membersihkan rumah dengan urutan tertentu ternyata bisa menghemat waktu dan energi lho…

Kamu mungkin pernah mengalami pengalaman di mana kamu sudah mencoba melakukan sesuatu tapi hasilnya belum terlihat. Atau, kamu mungkin pernah menunda tugas membersihkan rumah selama berjam-jam karena tidak tahu harus mulai dari mana.

Ya, pengalaman-pengalaman di atas tidak hanya kamu alami sendiri. Saya juga sering mengalaminya sebelum saya mulai mencari tahu tips dan trik cara merawat dan membersihkan rumah yang efektif.

Singkatnya, sebelum mulai membersihkan rumah,Terlebih dahulu kita harus membuat rencana yang tepat agar kita tidak kerja 2-3 kali atau terpaksa membersihkan ruangan yang sama berkali-kali.

Setiap orang pasti memiliki prioritas yang berbeda-beda saat membersihkan rumah. Pada umumnya, kita akan memilih untuk membersihkan bagian-bagian yang gampang terlebih dahulu. Baru kemudian membersihkan bagian-bagian yang sulit dan melelahkan. Akan tetapi, seringkali membersihkan bagian-bagian yang sulit dan melelahkan terlebih dahulu justru bisa membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat.

Cara Membersihkan Rumah dengan Cepat

1. Mulailah dari pekerjaan yang bisa ditinggalkan

Cuci Pakaian Diurutan Pertama

Misalnya, kita bisa mulai dengan mencuci pakaian di mesin pencuci. Atau dengan merendam piring-piring dan peralatan makan yang kotor agar nanti lebih mudah dibersihkan. Atau, bisa juga dimulai dengan menyemprotkan menuangkan desinfektan ke toilet.

Sembari menunggu cucian kelar atau disinfektan bekerja di toilet, kita bisa mengerjakan pekerjaan lain. Misalnya, membereskan mainan-mainan yang ada di lantai atau mengembalikan barang-barang yang tidak berada di tempatnya.

2. Bersihkan dari atas ke bawah

Tidak ada yang lebih melelahkan daripada membersihkan sesuatu dan kemudian harus membersihkannya lagi.

Ketika kita membersihkan rumah, khususnya pada saat kita membersihkan langit-langit dan membersihkan perabotan dari debu. Debu-debu yang kita bersihkan tersebut akan terbang dan mengendap di meja, bangku, dan lantai.

Jadi, jangan sampai kamu menyapu lantai dan membersihkan debu debu yang ada di perabotan atau di langit-langit di bagian akhir. Karena hal tersebut akan membuat Kita terpaksa harus membersihkan kembali berbagai perabotan dan menyapu lantai.

Membersihkan bagian atas terlebih dahulu baru bagian bawah tidak hanya bisa membantu kita menghindari agar tidak kerja dua kali. Tapi juga bermanfaat untuk menghemat energi. Karena membersihkan bagian bagian atas yang tinggi-tinggi cenderung membutuhkan lebih banyak energi dana membuat kita merasa malas untuk melakukannya dibandingkan dengan membersihkan bagian lantai atau yang ada di bawah.

3. Rapikan dulu, baru dibersihkan

Untuk merapikan rumah, hindari merapikan barang-barang dengan cara bolak-balik. Karena selain akan menghabiskan banyak waktu, juga akan membuat kita jadi cepat capek.

Saat membersihkan rumah dari mainan anak-anak misalnya. Alih-alih bolak-balik mengambil satu persatu mainan untuk dimasukkan ke box penyimpanan. Ada baiknya kita mendatangi setiap mainan-mainan tersebut sambil membawa box penyimpanan atau kantong plastik yang bisa menampung banyak mainan sehingga kita tidak perlu bolak-balik.

Begitu juga dengan benda-benda lainnya. Termasuk buku, sampah, dan lain-lain. Dengan membawa kantong plastik atau tas jinjing yang bisa digunakan untuk menampung benda-benda yang berserakan akan membantu kita menghemat lebih banyak waktu saat merapikan rumah.

4. Bersihkan area yang basah terlebih dahulu

Kamar mandi dan dapur dikenal sebagai 'area basah'. Area ini sering kali membutuhkan waktu sangat lama saat dibersihkan. Itulah sebabnya, mengapa kita harus memprioritaskan area-area yang bahasa tersebut di urutan pertama sebelum membersihkan bagian-bagian lain dari rumah kita.

Kita perlu memprioritaskan Kamar mandi dan dapur. Karena area ini seringkali membutuhkan tenaga lebih untuk menggosok dan menyikat.

5. Bersihkan lantai pada sesi terakhir

Membersihkan lantai, baik itu menyapu maupun mengepel, adalah bagian termudah dari kegiatan membersihkan rumah. Karena itu, membersihkan lantai sebaiknya dilakukan pada bagian akhir-akhir. Selain karena alasan mudah, membersihkan lantai di bagian akhir juga akan memastikan lantai bebas dari debu-debu yang berasal dari perabotan maupun langit-langit yang kita bersihkan.

Tips Tambahan

Sapu atau vacuum seluruh lantai terlebih dahulu sebelum kemudian dipel untuk memastikan tidak ada kotoran-kotoran yang bikin lantai jadi tambah kotor.

Lalu, selalu gunakan desinfektan saat mengepel agar lantai sehat. Selain membeli, desinfektan juga bisa dibuat sendiri. Karena cara membuat disinfektan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit.

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "Anti Capek, Ini Cara Merawat dan Membersihkan Rumah"