Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Proxy Browser? Inilah Cara Kerja dan Jenis-jenisnya

Dunia Internet memang mengalami perkembangan yang sangat pesat, akan tetapi kamu juga tidak boleh lalai terhadap pelanggaran-pelanggaran berupa pencurian identitas atau data, karena tidak satupun orang yang ingin informasi pribadinya tersebar secara luas.

Nah, proxy merupakan teknologi yang dapat melindungi data-data pribadi ataupun identitas seseorang supaya tidak diketahui oleh orang lain ataupun website terkait ketika kamu sedang melakukan browsing.

Apa itu Proxy Browser? 

Ketika kamu ingin mengakses sebuah website tapi terblokir atau tidak bisa dibuka, maka cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan proxy browser. 

Proxy browser bisa digunakan untuk mengakses website dengan VPS murah DomaiNesia ataupun layanan hosting lainnya yang tidak bisa dibuka dengan browser biasa, karena proxy merupakan sebuah sistem komputer yang telah didesain secara khusus sehingga membuat kamu dapat mengakses jaringan internet menggunakan alamat IP yang berbeda dengan alamat IP yang sebenarnya sedang digunakan. 

Cara Kerja Proxy

Proxy server posisinya berada di antara jaringan internet dan local komputer. Informasi yang berasal dari komputer kamu akan diteruskan melewati router penyedia layanan internet atau sering kita sebut sebagai ISP. Selanjutnya informasi tersebut diteruskan menuju server situs yang akan dikunjungi. 

Saat kamu mengakses sebuah website, maka permintaan selanjutnya dikirimkan ke proxy server agar diproses. Setelah itu data-data dari permintaan diubah dulu baru diteruskan ke website yang dimaksud. Inilah mengapa website akan mendeteksi IP dari proxy server dan bukan IP kamu yang sesungguhnya. 

Cara kerja proxy ini hampir sama dengan VPN akan tetapi yang membedakan dari keduanya adalah VPN bekerja dengan cara mengamankan seluruh traffic jaringan sedangkan proxy gratis hanya sebatas per aplikasi saja. 

Tentu saja manfaat dari proxy bukan hanya untuk menyamarkan IP kita yang sesungguhnya, akan tetapi masih banyak perlindungan tambahan lain yang bisa kamu dapatkan sesuai dengan jenis proxy yang digunakan. 

Manfaat Menggunakan Proxy

1.Privasi Lebih Terjaga

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa proxy browser berguna untuk menyamarkan IP kita yang sesungguhnya supaya tidak terlacak. Sebuah organisasi ataupun individu yang ingin menjaga kerahasiaan data-data pribadinya seringkali memanfaatkan proxy ini karena bisa mengubah alamat IP dan juga Informasi pribadi penting lain agar server website tidak bisa mengakses data-data mereka. 

2.Mengontrol Penggunaan Internet

Ada beberapa orang tua ataupun perusahaan yang membatasi atau bahkan melarang website tertentu pada anak-anak maupun karyawan mereka. Manfaat dari proxy browser salah satunya yaitu untuk memonitor aktivitas internet para karyawan atau anak-anak yang masih di bawah umur. 

3.Meningkatkan Kecepatan Internet

Manfaat proxy yang sangat menguntungkan salah satunya adalah mampu menyimpan cache. Hal ini membuat kamu lebih cepat membuka website yang pernah diakses atau dikunjungi sebelumnya. 

4.Meningkatkan Keamanan

Disamping untuk menyimpan kerahasiaan data-data pribadi yang tidak ingin dipublikasikan proxy juga mampu mencegah akses ke situs-situs malware yang sangat merugikan. 

5.Mengakses Website yang Diblokir

Dengan proxy kamu bisa mengakses konten-konten yang diblokir oleh pemerintah seperti akses ke website-website luar negeri. Hal ini terjadi karena seolah-olah kamu mengakses website tersebut dari luar Indonesia. 

Jenis-jenis Proxy

Setelah membahas tentang manfaat proxy selanjutnya kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis proxy sehingga memudahkan saat ingin menggunakannya. Berikut ini adalah jenis-jenis proxy yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. 

  • Anonymous proxy

Proxy yang pertama ini bekerja dengan cara mengidentifikasi dirinya sebagai proxy akan tetapi tidak melanjutkan alamat IP komputer kamu menuju website yang dituju. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk menjaga keamanan serta kerahasiaan data-data pribadi.

Contohnya saat Google Maps kamu posisinya berada di Surabaya maka biasanya google akan menampilkan tempat-tempat di sekitarnya saat kamu ingin mencari hotel, restoran atau tempat wisata akan tetapi hal ini bisa diminimalisir saat kamu memanfaatkan anonymous proxy. 

  • Transparent Proxy

Proxy yang kedua ini menengahi antara penyedia konten dengan pengguna. Cara kerja transparent proxy yaitu dengan memberitahu situs website bahwa dirinya merupakan server proxy lalu mengirimkan IP address komputer kamu agar permintaan akses bisa diproses. 

Sekolah-sekolah dan perpustakaan umum biasanya menggunakan transparent proxy untuk memfilter konten karena jauh lebih mudah dalam menyiapkan data bagi klien maupun server. 

  • High Anonymity Proxy

High anonymity proxy bekerja dengan cara mengubah alamat IP yang diberikan pada server secara berkala. Hal ini membuat server web sangat sulit jika ingin melakukan pelacakan lalu lintas data seseorang. Jenis proxy inilah yang paling aman untuk mengakses semua konten yang ada di internet. 

  • Distorting Proxy

Yang terakhir adalah distorting proxy. Proxy ini bekerja dengan cara memalsukan alamat IP yang sesungguhnya ketika mengidentifikasi bahwa dirinya sedang berperan sebagai proxy. 

Cara Kerjanya hampir sama seperti anonymous proxy akan tetapi distorting proxy akan mengirimkan alamat IP palsu dan kamu pun bisa mengubah lokasi akses supaya berbeda dengan lokasi asli. 

Itulah penjelasan terkait apa itu proxy browser dan jenis-jenisnya. Semoga penuturan di atas bisa bermanfaat bagi kamu ya!

Husnul Khotimah
Husnul Khotimah Seorang ibu yang senang menulis tentang motivasi diri, parenting dan juga tentang kehidupan sehari-hari di Jombloku. Semoga blog ini bisa membawa manfaat buat kita semua.

Posting Komentar untuk "Apa itu Proxy Browser? Inilah Cara Kerja dan Jenis-jenisnya"