Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Hp Android

Saat memori internal hp penuh, kita akan melihat popup pesan yang mengatakan "Ruang penyimpanan hampir habis" atau "Ruang Penyimpanan tidak cukup" atau "Not enough space." Dan, diikuti saran untuk menghapus data seperti foto, video, chace, atau aplikasi yang tidak pernah (jarang) kita pakai.

Memori internal penuh adalah masalah klasik pada smartphone entry level yang kapasitas ruang penyimpanannya (storage) sangat terbatas.

Meskipun smartphone entry level keluaran tahun 2022 sudah tidak ada lagi yang menggunakan memori internal 16GB. Namun nyatanya, masih banyak masyarakat yang memiliki smartphone Android dengan ruang penyimpanan 16GB atau bahkan 8GB.

Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Hp Android

Pada smartphone dengan memori internal yang terbatas, masalah ruang penyimpanan yang penuh selalu menjadi momok. Selain menjadi salah satu penyebab hp lemot, memori internal yang penuh juga dapat membatasi aplikasi yang bisa kita install jumlah, dan membatasi foto atau video yang bisa kita simpan.

Meskipun opsi untuk menyimpan di memori eksternal pasti tersedia, tetapi solusi ini seringkali bukan pilihan terbaik. Karena, alih-alih menyelesaikan masalah, kehadiran memori eksternal justru kerap membuat hp jadi lambat. Terlebih apabila kecepatan baca/tulis SD card yang digunakan terlalu rendah. Mengingat, harga SD card seperti tipe SDXC yang kemampuan baca/tulisnya cepat seringkali dihargai sangat mahal.

Lalu, bagaimana cara mengatasi memori internal hp yang penuh?

Cara Mengatasi Memori Hp Penuh

Kalau kamu punya anggaran yang cukup untuk membeli hp baru dengan memori internal yang besar, tentu saja hal tersebut akan jauh lebih baik.

Akan tetapi, jika anggaran yang tersedia sangat terbatas dan tidak memungkinkan kamu untuk membeli smartphone terbaru dengan kapasitas memori internal yang besar, maka beberapa cara mengatasi ruang penyimpanan hampir habis pada hp berikut ini bisa dicoba.

1. Maksimalkan aplikasi bawaan

Kebanyakan smartphone sudah menyertakan aplikasi esensial (yang paling sering dibutuhkan oleh masyarakat).

Aplikasi bawaan di Hp Xiaomi
Aplikasi bawaan di Hp Xiaomi

Seperti aplikasi browser misalnya. Hampir bisa dipastikan, semua smartphone sudah menyertakan aplikasi browser.

Tetapi, alih-alih menggunakan aplikasi bawaan seperti browser (bawaan), banyak pengguna yang lebih memilih menginstal browser baru yang dianggapnya lebih cepat atau punya fitur khusus seperti Firefox, Google Chrome, Opera, Brave Browser, UC Browser, dan lain sebagainya.

Aplikasi bawaan hp Xiaomi
Sejumlah aplikasi browser untuk Android

Jika ingin menghemat ruang memori internal, sebaiknya hindari menginstal dua atau lebih aplikasi yang sama fungsinya. Selain browser, kita juga sering menginstal sejumlah aplikasi dengan fungsi sama.

Misal, aplikasi Kalender dari Google, Word Processor seperti MS Word dan WPS Office meski sudah ada Google Docs, atau menginstall Google Photo meski sudah ada aplikasi Gallery.

2. Maksimalkan fungsi browser

Banyak orang yang lebih suka menggunakan aplikasi khusus untuk membuka sosial media, email, online video sharing, dan semacamnya karena dirasa lebih praktis.

Atau, karena mereka menyangka bahwa, hanya itulah satu-satunya cara untuk mengakses sosial media semisal, Facebook, Twitter, Instagram, hingga online video sharing seperti YouTube atau Tik Tok.

Padahal, berbagai sosial media, email, hingga Youtube, semuanya bisa dibuka melalui browser seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan Youtube dan TikTok di browser hp Xiaomi
Tampilan Youtube dan TikTok di browser hp Xiaomi

Jadi, alih-alih menginstal aplikasi, Facebook, Twitter, Instagram, Tik Tok, hingga YouTube, akan lebih hemat ruang penyimpanan jika kita membukanya berbagai aplikasi tersebut melalui aplikasi browser bawaan hp saja.

3. Pakai aplikasi yang ringan

Dari tahun ke tahun, aplikasi dan game di Android ukurannya semakin besar. Ukuran aplikasi yang besar tentu saja akan membutuhkan ruang penyimpanan yang luas.

Untungnya, Google sebagai pemilik sistem operasi Android tidak begitu saja melupakan pengguna yang masih menggunakan hp jadul dengan memori internal dan RAM yang terbatas.

Aplikasi Go Edition adalah bentuk dukungan Android terhadap ponsel dengan memori internal terbatas. Karena memang, selain diciptakan untuk membantu menghemat penggunaan data internet, aplikasi Go edition juga dimaksudkan untuk memfasilitasi smartphone dengan RAM dan memori internal yang terbatas.

Aplikasi Google Go Edition dan Facebook Lite Edition
Aplikasi Google Go Edition dan Facebook Lite Edition

Aplikasi Go Edition bisa kamu pilih untuk menggantikan aplikasi reguler. Karena umumnya, aplikasi ini ukurannya kecil dan tidak haus RAM serta memori internal.

Selain aplikasi Go edition dari Google, kamu juga bisa mencari alternatif aplikasi versi “Lite” untuk menggantikan aplikasi reguler.

4. Gunakan tool "Free up space"

OS Android sudah menyediakan sebuah tool yang bisa digunakan untuk mengosongkan ruang penyimpanan pada hp.

Tools ini bisa dijumpai dengan membuka Pengaturan. Berikut adalah cara menggunakan fitur Free up space untuk membersihkan memori internal yang hampir penuh.

  1. Pengaturan (Settings) > Tentang telepon (hp Xiaomi)
  2. Penyimpanan (Storage)
  3. Kemudian tekan tombol Free up space (Membebaskan ruang)
  4. Lalu tekan tombol Bersihkan sekarang (Clean) pada aplikasi atau file yang tidak dibutuhkan

tool Free up space untuk Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Hp Android
Tool Free up space di Hp Android 

Berhati-hatilah saat menggunakan tool Free up Space! Jangan sampai file atau data-data penting yang kamu butuhkan terhapus. Jadi, periksa satu-persatu file yang akan kamu hapus sebelum menekan tombol “Bersihkan sekarang.”

5. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Seringkali kita tertarik untuk menginstal aplikasi atau game tertentu guna mencobanya. Tapi, setelah dicoba, kita kadang-kadang malas untuk menghapusnya.

Akibatnya, aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan tersebut lama-kelamaan akan bertambah banyak hingga menyebabkan akumulasi data di memori internal.

6. Nonaktifkan auto update

Fitur Auto update memang sangat berguna karena bisa membantu kita memperbaharui aplikasi tanpa perlu melakukannya secara manual.

Akan tetapi, mengupdate aplikasi dari waktu ke waktu akan menyebabkan peningkatan penggunaan memori internal. Karena aplikasi terbaru kerap kali hadir dengan kapasitas (size) yang cukup besar.

Untuk aplikasi yang tidak membutuhkan pembaharuan keamanan dan stabilitas sebaiknya tidak di-update untuk membantu menghemat ruang.

Agar aplikasi tidak melakukan update secara otomatis, kamu bisa menonaktifkan Auto-update aplikasi dengan menjalankan Play Store lalu,

  1. Sentuh profile picture yang ada di pojok kanan atas
  2. Pilih Setelan (Settings/Pengaturan)
  3. Preferensi jaringan
  4. Update otomatis aplikasi
  5. Pilih: Jangan update otomatis aplikasi
  6. Lalu akhiri dengan menekan tombol Selesai (Done)

Cara menonaktifkan auto update aplikasi Android
Cara menonaktifkan auto update aplikasi Android

7. Hapus update aplikasi yang tidak dibutuhkan

Beberapa aplikasi yang tidak kita butuhkan namun tidak bisa dihapus atau tidak bisa dinonaktifkan kadang-kadang sudah di-update karena kita terlanjur mengaktifkan fitur pembaruan otomatis (auto update).

Jika aplikasi tersebut tidak digunakan namun tidak bisa dihapus atau tidak bisa dinonaktifkan, hapus data update aplikasi tersebut untuk menghemat ruang di memori internal. Caranya bisa dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Sentuh 3 selama detik aplikasi yang update-nya ingin dihapus. Di sini saya akan mencontohkan dengan aplikasi Mi Browser
  2. Info apl
  3. Tap tombol: Uninstall pembaruan
  4. Lalu tekan tombol: Oke

Lakukan hal yang sama pada aplikasi-aplikasi lainnya yang tidak bisa dihapus tapi tidak pernah kamu gunakan.

Cara Uninstall Pembaharuan Aplikasi di Hp Android

8. Hapus data pada aplikasi

Aplikasi yang sering kita gunakan akan menyimpan beberapa data setelah digunakan. Dari waktu ke waktu, data-data tersebut akan terakumulasi dan menumpuk hingga menyebabkan ruang penyimpanan semakin penuh.

Browser, YouTube, TikTOk, hingga Facebook, adalah contoh beberapa aplikasi yang sering kita gunakan.

Di sini, kami akan mencontohkan data yang tersimpan pada ruang penyimpanan aplikasi YouTube. Untuk memeriksa data yang tersimpan, caranya bisa dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Sentuh ikon aplikasi YouTube pada beranda selama 3 detik atau sampai muncul jendela dialog
  2. Pada jendela dialog yang muncul, sentuh Info apl (App info)
  3. Pada jendela Info app, kamu akan melihat info: Penyimpanan yang dilengkapi dengan keterangan jumlah data yang tersimpan pada ruang penyimpanan
  4. Jika kamu ingin menghapusnya, tap pada Penyimpanan, kemudian tekan tombol "Hapus data" pada bagian bawah layar
  5. Hapus semua data
  6. Oke

Cara Menghapus data aplikasi hp Android
Cara Menghapus data aplikasi hp Android

Lakukan langkah-langkah di atas pada aplikasi-aplikasi yang sering kamu buka, guna membebaskan ruang penyimpanan yang terbatas.

9. Menonaktifkan Auto-Download file pada WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang paling sering kita gunakan untuk berkomunikasi. Nyaris setiap hari ada saja file yang masuk dalam bentuk gambar atau foto, video singkat, hingga file audio. Selain itu, kadang-kadang juga ada file dokumen yang dikirimkan oleh pengguna lainnya melalui WhatsApp.

Dari waktu ke waktu, file-file tersebut terus terakumulasi hingga menyebabkan data (file) yang tersimpan di memory internal membengkak.

Saking banyaknya file yang masuk tiap hari, kadang-kadang membuat kita enggan untuk membersihkannya. Apalagi, jika ada satu atau dua file yang kita anggap penting.

Nyatanya, tidak semua file yang masuk ke WhatsApp melalui grup atau chatting pribadi dengan teman-teman adalah file-file yang penting. Bahkan, banyak yang justru tidak terlalu kita butuhkan setelah kita lihat.

Untuk mencegah agar file yang masuk tidak semuanya diunduh (download) secara otomatis dan disimpan di dalam memori internal hp, kita bisa mengatur agar WhatsApp tidak langsung mendownload file-file yang masuk.

Dengan begitu, kita bisa memilih manakah file yang ingin kita lihat (download) dan manakah file yang kita anggap kurang penting.

Di samping itu, kita juga bisa membersihkan file-file yang ada jika dirasa tidak ada hal-hal penting di sana. Jika ada file-file penting, sebaiknya pilihlah file-file tersebut kemudian backup secara khusus ke Google Drive atau ke folder khusus di smartphone yang bisa dilakukan lewat File Manager.

1. Cara menonaktifkan auto download pada WhatsApp

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Tap pada menu (⋮) yang ada di pojok kanan atas
  3. Setelan
  4. Penyimpanan dan data
  5. Pada: Unduh otomatis media
    1. Saat menggunakan data seluler > Nonaktifkan semua centang
    2. Saat terhubung ke Wi-Fi > Nonaktifkan semua centang

Cara menonaktifkan auto download pada WhatsApp

2. Cara menghapus file di WhatsApp

  1. Buka aplikasi Whatsapp
  2. Tap pada menu (⋮) yang ada di pojok kanan atas
  3. Setelan
  4. Penyimpanan dan data
  5. Kelola penyimpanan
  6. Pilih grup atau chatting pribadi, kemudian
  7. Centang pada Pilih semua. Lalu,
  8. Hilangkan centang pada file-file yang ingin kamu pertahankan
  9. Tekan tombol "Hapus" pada jendela popup yang muncul

Cara menghapus file di WhatsApp
Cara menghapus file di WhatsApp

10. Manfaatkan Cloud Storage untuk Menyimpan Data

Salah satu alasan mengapa ruang penyimpanan penuh pada hp adalah karena kita seringkali tidak tahu di mana harus menyimpan data-data kita selain di memori internal.

Padahal, sejak awal kita membuat akun Gmail, kita sudah diberi ruang penyimpanan Cloud gratis sebesar 15 GB oleh Google.

Ruang penyimpanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk banyak hal. Mulai dari, menampung data-data email, menyimpan file seperti foto dan video, menyimpan dokumen, dan bahkan sering juga digunakan untuk backup data-data dari WhatsApp.

Kalaupun jumlah storage space yang tersedia tersebut masih kurang, bisa saja membuat beberapa email baru untuk menampung data-data kita. Hal ini bisa dilakukan sebab, hp Android bisa menerima beberapa akun Gmail.

Jadi, daripada menyimpan file di memori internal yang bisa saja hilang suatu saat. Misalnya, apabila smartphone tersebut rusak atau hilang. Tentu akan lebih aman apabila disimpan di cloud storage seperti Google Drive.

Pasalnya, selama kita masih mengingat nama akun dan password email yang kita gunakan, maka selama itu pula lah kita masih bisa mengakses file tersebut dari mana saja (laptop atau smartphone) dan kapan saja.

Di Google Drive, kita bisa membuat folder (direktori) seperti di komputer atau di smartphone untuk mengelompokkan file-file agar lebih rapi dan mudah dicari.

Berikut adalah cara upload file photo dan video ke Google Drive melalui hp Android.

  1. Install terlebih dahulu Google Drive dari Google Play Store. Jika Google Drive sudah terinstall di hp,
  2. Buka Galeri
  3. Pilih foto dan video yang hendak di upload ke Google Drive. Setelah itu,
  4. Tekan tombol Kirim yang ada di bagian bawah
  5. Pilih icon Google Drive. Jika icon Google Drive tidak langsung terpampang di layar, geser ke kiri sampai kamu menemukan ikon Google Drive
  6. Tekan tombol Simpan untuk mengupload file ke Google Drive

cara upload photo dan video ke Google Drive

Jika ingin membuat folder khusus untuk mengklasifikasikan foto, video, dan data, berdasarkan momen atau kriteria lainnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Tap pada Folder: My Drive
  2. Tekan tombol Buat folder baru yang ada di pojok kanan atas
  3. Ketikan nama folder pada form isian, kemudian diakhiri dengan menekan tombol Buat
  4. Tekan tombol Pilih di bagian bawah
  5. Tekan tombol Simpan untuk mengupload foto atau video ke GDrive

Cara membuat folder di Google Drive

Selain foto dan video yang ada di galeri, kamu juga bisa mengupload berbagai macam file melalui File Manager.

Cara upload data ke Google Drive melalui File Manager sama seperti cara upload foto ke Google Drive dari galeri seperti yang (langkah-langkahnya) sudah saya jelaskan di atas.

11. Dengarkan Musik Online

Banyak diantara kita yang suka mendengarkan musik. Berbagai macam musik yang kita sukai, biasanya akan kita simpan di memori internal agar lebih mudah diakses dan bisa diputar kapan saja tanpa perlu menggunakan data internet.

Tapi sayangnya, kebanyakan file musik dalam format MP3 maupun MP4 yang kita simpan di memori internal adalah musik bajakan (hasil download dari internet). Selain melanggar hukum karena perbuatan tersebut adalah perbuatan ilegal, file musik maupun video klip yang kita download dari internet ke hp juga bisa membuat memori internal jadi penuh.

Karena itu, memanfaatkan penyedia layanan musik streaming seperti Spotify, Joox, hingga Google Play Music, tidak hanya bisa membantu kita mengurangi beban memori internal hp, tapi juga bisa membebaskan kita dari perbuatan ilegal yang melanggar hukum.

Agar lebih hemat data internet saat streaming musik dari aplikasi seperti Spotify, coba atur agar aplikasi tersebut memperdengarkan audio berkualitas standar saja.

Cara setting kualitas audio Spotify

12. Jangan mendownload video di YouTube

YouTube sudah lama menyediakan fitur download beberapa negara di dunia seperti di Indonesia yang dianggap belum memiliki fasilitas internet yang memadai.

Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat jika kita sering memutar video yang sama. Karena dengan mendownloadnya, kita bisa memutar video tersebut tanpa harus menggunakan data internet.

Akan tetapi, mendownload video di YouTube, sayangnya bisa membuat data aplikasi YouTube membengkak hingga membebani memori internal.

Kamu sudah terlanjur mendownload beberapa video di YouTube dan tidak tahu bagaimana cara menghapusnya, berikut adalah cara menghapus video yang didownload dari YouTube.

Cara Menghapus Video yang Didownload di YouTube

Ya, untuk mendengarkan musik secara streaming dan menonton video di YouTube, kita memang harus sedikit berkorban data internet.

Agar tidak terlalu boros, cobalah untuk menyesuaikan kualitas video dengan kebutuhan. Jika kamu menonton video yang membutuhkan detail, kamu tentu saja bisa menaikkan kualitas video tersebut menjadi HD atau FHD.

Cara Mengatur Kualitas video Youtube

Tapi jika kamu tidak terlalu membutuhkan visual yang tajam, kamu bisa menurunkan kualitas video menjadi 480p atau 360p. Atau, jika perlu gunakan resolusi 240p hingga 144p agar lebih hemat data saat mendengarkan podcast, ceramah, musik tanpa clip dan semacamnya.

Berikut adalah simulasi penggunaan data internet berdasarkan kualitas video dengan aspek rasio 16:9 di Youtube yang kita pilih.

1. Per menit

  • 144p = 1.3 MB
  • 240p = 3.3 MB
  • 360p = 5 MB
  • 480p = 8.3 MB
  • 720p = 25 MB
  • 1080p = 50 MB

2. Per jam

  • 144p = 80 MB
  • 240p = 200 MB
  • 360p = 300 MB
  • 480p = 500 MB
  • 720p = 1.5 GB
  • 1080p = 3GB

Dari simulasi di atas kita bisa melihat perbedaan ukuran atau kebutuhan data internet dari setiap resolusi video yang kita pilih. Dengan memilih resolusi video berdasarkan kebutuhan, kita bisa menghemat lebih banyak data internet setiap hari.

13. Atasi Ruang Penyimpanan Hampir Penuh dengan fitur Pembersih

Dalam banyak hal, aplikasi fitur pembersih bisa sangat membantu. Terutama jika kita ingin membersihkan memori internal yang hampir penuh.

Besar vendor smartphone sudah membekali perangkat-perangkat mereka dengan aplikasi Pembersih.

Pada hp Xiaomi misalnya, sudah ada aplikasi Pembersih yang menjadi salah satu aplikasi bawaan. Cara menggunakan aplikasi ini untuk membersihkan memori internal dari sampah sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya,

  1. Jalankan aplikasi Pembersih
  2. Tunggu sampai pembersih tersebut melakukan scanning untuk memindai semua data-data yang dianggap tidak penting bisa dibersihkan dari memori. Jika sudah selesai, kamu bisa menekan tombol
  3. Bersihkan

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Hp Android
Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di Hp Android

14. Manfaatkan Google Play Games

Menginstal game adalah salah satu penyebab ruang penyimpanan hp penuh. Tidak mengherankan, mengingat banyak game yang ukurannya sangat besar. Bahkan, setelah kita download dengan ukuran sekian GB, kadang-kadang kita masih diminta untuk mendownload data tambahan. Belum lagi jika kita sudah memainkannya, game-game tersebut akan menyimpan data-data yang membuat ukuran filenya membengkak.

Nah, agar memori internal tatap lega, dan agar kamu tetap bisa memainkan game-game yang kamu suka, kamu bisa mencoba trik berikut ini.

Instalasi satu atau dua game yang akan kamu mainkan. Setelah kamu selesai memainkan game tersebut, atau jika kamu merasa bosan, kamu bisa menghapusnya untuk menggantinya dengan game yang lain.

Agar pencapaianmu atau level game yang sudah kamu mainkan tidak hilang, kamu bisa menginstal Google Play Games. Karena fungsi aplikasi Google Play Games adalah untuk menyimpan pencapaian kita. Bahkan ketika kita mengganti hp, kita masih bisa mengembalikan data-data pencapaian kita pada suatu game dengan menggunakan Google Play Games tersebut asalkan akun email yang kita gunakan sama.

Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Google Play Games untuk menyimpan pencapaian seperti skor dan level game yang kita mainkan.

  1. Buka Google Play Store
  2. Ketikkan “google play games” di form pencarian
  3. Install
  4. Buka Google Play Games
  5. Pilih akun email yang ingin kamu gunakan
  6. Lanjutkan permainan yang ingin kamu mainkan dengan memilih salah satu daftar game yang kamu miliki

Cara menggunakan Google Play Games untuk menyimpan pencapaian dalam bermain game di hp Android
Google Play Games untuk menyimpan Pencapaian game

Jika game yang kamu mainkan belum terhubung ke akun Google Play Games, kamu bisa menghubungkannya dengan Membuka menu Settings (Setelan) pada game, lalu hubungkan seperti contoh di berikut ini.

  1. Buka game yang akan kamu mainkan
  2. Pilih menu Settings
  3. Lalu tekan tombol Connect untuk menghubungkan ke Google Play Games
  4. Tunggu beberapa saat sampai akun Google Play Games terhubung. Atau, jika ada jendela popup yang muncul di layar, kamu bisa mengklik tombol “Lanjutkan sebagai …
  5. Jika sudah, game yang kamu mainkan akan terhubung ke Google Play Games. Level permainanmu akan terekam dan disimpan untuk kamu akses saat kembali memainkan game tersebut

Cara Menghubungkan akun Google Play Games

Itulah beberapa cara mengatasi ruang penyimpanan hp yang penuh. Jika kamu punya beberapa cara lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan mengetikkannya di kolom komentar.


Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "14 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis Hp Android"