Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Hp Android Lemot

Beberapa waktu yang lalu istri saya mengeluhkan hp-nya (realme XT 8/128 GB) yang menurutnya lebih lambat (lemot) dibandingkan biasanya. Ia menyadari bahwa hp tersebut lebih lambat dibandingkan biasanya saat setiap sentuhannya tidak langsung direspon oleh hp.

Waktu itu, saya mencoba mengajukan beberapa solusi tanpa memeriksa hp. Solusi pertama, saya memintanya untuk merestart hp. Karena biasanya, hp bisa tiba-tiba berubah jadi lemot saat terlalu banyak sistem yang berjalan di latar belakang.


Tapi setelah hp di restart. Hp tersebut tetap lemot. Karena itulah, saya merekomendasikan solusi kedua, dengan menanyakan kapasitas ruang memori internal yang tersisa.

Karena hp tersebut masih sehat, saya curiga penyebab hp lemot yang dialami istri saya kemungkinan disebabkan oleh kapasitas ruang pada memori internal yang terlalu sedikit.

Benar saja, dari kapasitas memori internal yang mencapai 128 GB, yang tersisa kurang dari 10 GB.

Ruang memori internal yang tersisa memang bisa mempengaruhi kinerja hp. Karena semakin banyak data yang tersimpan di memori internal, maka akan semakin banyak pekerjaan yang harus dilakukan oleh hp tersebut. Karena itu, tidak mengherankan apabila kinerjanya jadi lemot. Terlebih, jika ruang yang tersisa hanya sedikit.

Menurut Google (sebagai pemilik OS Android), hp Android masih bisa bekerja dengan baik sampai menyisakan sekitar 10% dari total memori internal yang ada. Itu artinya, jika memori internal 128 GB (pada hp realme XT istri saya) maka 10 persennya adalah 12,8 GB.

Meski Google mengatakan bahwa hp Android masih bisa bekerja dengan normal saat memori internalnya tersisa 10%. Namun menurut beberapa ahli IT, menyisakan sekitar 20% adalah pilihan terbaik untuk mempertahankan performa smartphone.

Setelah mengetahui ruang memori internal yang tersisa kurang dari 10%, saya langsung memintanya untuk membersihkan data-data dari beberapa aplikasi yang tidak lagi dibutuhkan. Saya juga memintanya untuk mem-backup sejumlah foto dan video sebelum kemudian dihapus dari memori internal secara permanen.

Setelah menghapus sejumlah data dari aplikasi dan file-file seperti video maupun foto. Saya meminta istri saya untuk merestart hp tersebut. Dan, boom… hp tersebut tidak lagi lemot dan bisa merespon serta bekerja secepat biasanya.

Masalah Hp Lemot

Smartphone yang lambat (lemot) seringkali membuat kita merasa frustasi karena perangkat tersebut tidak bisa merespon dengan cepat saat dibutuhkan.

Bahkan, ada beberapa smartphone yang secara teknis tidak bisa membuka atau menjalankan sejumlah aplikasi dan game karena spesifikasinya terlalu rendah.

Namun, bukan berarti smartphone dengan spesifikasi yang tinggi tidak bisa mengalami masalah penurunan kecepatan. Sebab, selain faktor spesifikasi, masalah hp lambat juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.

Apa Saja yang Menyebabkan Hp Android Jadi Lemot?

Ini adalah pertanyaan yang sangat sering ditanyakan oleh para pengguna smartphone. Padahal, beberapa diantaranya mereka sudah mengorbankan cukup banyak uang untuk membeli smartphone yang harganya agak mahal di pasaran.

Meski pada awalnya smartphone tersebut memang bisa merespon dengan baik. Tapi seiring waktu, beberapa smartphone akan mengalami perlambatan kinerja yang signifikan, hingga membuat penggunanya merasa frustasi.

Untuk mengatasi hp Android yang lemot, kita harus tahu apa saja faktor penyebabnya. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan kinerja hp dengan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa penyebab hp Android lemot.

1. Terlalu banyak sistem berjalan di latar belakang

Ada banyak sistem yang bisa berjalan di latar belakang tanpa terdeteksi. Aplikasi keamanan hingga aplikasi pembersih adalah dua contoh aplikasi yang kerap berjalan di latar belakang tanpa kita sadari.

Terlalu banyak menginstal aplikasi keamanan justru bisa membuat smartphone jadi lambat. Jadi, alih-alih menginstal terlalu banyak aplikasi pengaman gratisan, akan lebih baik jika anda menginstal satu pengaman berbayar yang bersifat premium.

Karena walau bagaimanapun, aplikasi berbayar umumnya lebih baik jika dilihat dari berbagai sisi. Baik itu, soal support, manajemen hardware, dan lain sebagainya.

Selain aplikasi keamanan, banyak juga aplikasi-aplikasi yang kita install berjalan di latar belakang tanpa kita ketahui. Entah itu untuk update sistem dan aplikasi serta game secara otomatis, merefresh data-datanya, atau melakukan hal-hal lain semisal membaca GPS.

Cara mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang

Cara paling mudah untuk mengurangi aplikasi yang berjalan di latar belakang adalah dengan menghapus (uninstall) aplikasi yang tidak dibutuhkan atau sudah lama tidak digunakan.

Cegah aplikasi yang berjalan di latar belakang. Misalnya, aplikasi "Google Chrome" yang sering digunakan untuk browsing.

Aplikasi seperti ini kadang-kadang sudah terinstal secara default di smartphone. Untuk mencegah agar aplikasi browser ini tidak berjalan di latar belakang, kita bisa membuat pengaturan agar aplikasi ini tidak berjalan di latar belakang.

Pada beberapa smartphone seperti smartphone Xiaomi hingga Oppo, pengaturan aplikasi yang berjalan di latar belakang bisa dimatikan dengan menyentuh icon aplikasi pada home screen selama 3 detik.

Contoh. Kita akan menonaktifkan Google Chrome agar tidak berjalan di latar belakang.

  • Sentuh aplikasi Google Chrome selama 3 detik atau sampai jendela dialog yang muncul
  • Pilih App info > Battery Saver > Restrict background activity

Cara mematikan aplikasi hp yang berjalan di latar belakang
Cara mematikan aplikasi hp yang berjalan di latar belakang

Anda bisa melakukan hal yang sama untuk berbagai aplikasi yang ingin anda block agar tidak berjalan di latar belakang.

Untuk aplikasi yang secara otomatis memperbarui dirinya sendiri bisa dinonaktifkan dengan membuka:

  • Google Play Store
  • Sentuh ikon display picture (gambar profile) yang ada di pojok kanan atas
  • Pilih Setting (Setelan/Pengaturan)
  • Sentuh pada: Preferensi jaringan > Update otomatis aplikasi > (pilih) Jangan update otomatis aplikasi
  • Akhiri dengan menekan tombol "SELESAI"

Mematikan Perbaharui Otomatis (Auto Update) hp Android
Mematikan Perbarui Otomatis (Auto Update) hp Android

2. RAM Penuh

Penyebab RAM penuh adalah karena aplikasi yang tidak dimatikan setelah digunakan. Semakin banyak aplikasi yang kita buka, maka akan semakin banyak menggunakan RAM.

Indikasi RAM hp penuh

RAM yang penuh akan membuat smartphone berjalan dengan lambat. Sayangnya, beberapa smartphone tidak dibekali dengan manajemen RAM yang baik sehingga, RAM bisa penuh dan menyebabkan smartphone lemot.

Untuk mengatasinya, sebaiknya tutup aplikasi jika tidak digunakan. Untuk menutup aplikasi yang baru saja dibuka bisa dilakukan dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka Recent app
  • Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Atau, Anda juga bisa tap 3 detik pada icon aplikasi yang bersangkutan sampai muncul dialog App info. Tap pada App info (Info apl) kemudian tap tombol pada Force stop (Paksa berhenti) yang ada pada bagian paling dock (layar bagian bawah).

Jika cara tersebut tidak tersedia, gunakan cara berikut ini.

  • Buka Setelan (Settings), lalu
  • Tap pada Aplikasi
  • Pilih Kelola aplikasi
  • Pilih aplikasi yang akan ditutup
  • Tekan tombol Force stop (Paksa berhenti)

Cara menutup aplikasi Android
Cara menutup aplikasi Android

3. Internal Memory penuh

Internal memory atau ruang penyimpanan internal yang terlalu penuh bisa menyebabkan kinerja smartphone melambat. Hal ini bisa terjadi karena smartphone harus membaca banyak data. Semakin banyak data-data yang harus dipersiapkan untuk dibuka, maka akan semakin berat bebannya.

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh di hp Android

Untuk mengatasi hp Android lemot akibat kepenuhan memori internal, cobalah untuk mengosongkan memori dengan menghapus data-data yang tidak dibutuhkan. Seperti foto, video, MP3, dan data-data lainnya. Atau, Jika data tersebut dibutuhkan suatu saat, simpan saja di cloud storage seperti Google Drive, Google Photo, dll.

Kemudian, jangan lupa bersihkan data dan cache pada aplikasi-aplikasi yang sering dibuka. Seperti aplikasi Browser semisal Google Chrome dan lain sebagainya, YouTube, TikTok, dll.

Cara menghapus data di aplikasi Android untuk mengatai hp lemot
Cara menghapus data di aplikasi Android

Saat Anda menghapus data dan cache maka, data-data seperti foto, video, dan berbagai data lainnya termasuk akun yang sudah anda input akan terhapus. Jadi, pastikan anda membackup data data yang dibutuhkan sebelum melakukan penghapusan data dan cache pada aplikasi tertentu seperti WhatsApp dan lain-lain.

Kemudian, hapus juga data-data yang sudah anda delete dari folder Trash (tempat sampah). Untuk pengguna smartphone Xiaomi Anda bisa membuka:

  1. File Manager
  2. Pilih menu Setelan yang ada di pojok kiri atas
  3. Pilih Setelan
  4. Aktifkan: Tampil berkas tersembunyi. Lalu, tekan tombol untuk Kembali
  5. Pilih Folder mode
  6. Pilih folder/direktori DCIM jika anda ingin menghapus file file video atau foto yang pernah dihapus (deleted)
  7. Pilih folder .GlobalTrash
  8. Pilih semua file yang tidak anda butuhkan. File yang ada di dalam .GlobalTrash adalah file-file yang sudah anda hapus dari galeri namun belum terhapus secara permanen dari memori internal
  9. Jika sudah memilih semua file yang akan anda hapus. Tekan tombol Hapus di bagian bawah
  10. Tekan tombol konfirmasi Hapus

Cara menghapus file sampah di hp Android
Cara menghapus file foto permanen di hp Android

3. Membuka terlalu banyak tab pada browser yang digunakan

Browser adalah salah satu aplikasi pada smartphone yang cukup sering digunakan. Dengan menggunakan browser, kita bisa membuka website, blog, toko online, dll.

Sebagian besar browser Android modern memiliki manajemen yang sangat baik. Seperti Google Chrome asalnya, Google Chrome modern akan menempatkan Tab yang tidak dibuka pada posisi idle sehingga RAM yang digunakan lebih sedikit.

Meski demikian, menutup Tab yang tidak dibutuhkan lagi, jauh lebih efektif daripada mengandalkan manajemen RAM yang dimiliki oleh setiap browser.

Berikut adalah cara menutup semua tab sekaligus pada browser Google Chrome jika anda sudah tidak membutuhkannya lagi.

cara menutup semua tab sekaligus pada browser Google Chrome di hp Android

4. Menggunakan Aplikasi yang boros RAM

Semua aplikasi diciptakan sama. Beberapa aplikasi bisa memanajemen hardware (seperti RAM) dengan sangat baik, namun beberapa aplikasi yang lain tidak. Oleh sebab itu, pilihlah aplikasi dengan bijak.

Di Google Play Store, ada banyak pilihan browser, File Manager, pengolah dokumen, PDF Reader, dan sejumlah aplikasi-aplikasi umum yang kerap kita gunakan.

Jika RAM pada smartphone kapasitasnya sangat terbatas, pastikan anda memilih aplikasi bisa membantu menghemat penggunaan RAM.

Aplikasi Go Edition dari Google seperti Google Maps Go dan Facebook Lite dari Meta adalah beberapa contohnya.

Google Maps Go dan Facebook Lite dari Meta

Jadi, alih-alih menggunakan aplikasi YouTube reguler, akan lebih tepat jika Anda menggunakan YouTube Go pada smartphone dengan kapasitas RAM yang terbatas.

5. Tidak pernah merestart hp

Di satu titik hp yang kita gunakan bisa lambat secara tiba-tiba yang ditandai dengan respon sentuh yang lemot, atau membutuhkan waktu yang sangat lama saat membuka aplikasi maupun game.

Jika mengalaminya secara tiba-tiba, cobalah untuk merestart atau mematikan lalu menyalakan ulang smartphone. Cara ini biasanya sangat ampuh untuk mengatasi hp Android yang lemot secara tiba-tiba.

6. Hp tidak pernah di-reset

Seiring dengan penggunaan hp Android. Akan ada data-data yang terakumulasi dan tidak bisa dihapus. Data-data tersebut biasanya hanya bisa dihapus apabila kita mereset atau mengembalikan settingan ke settingan pabrik.

Hanya saja, mereset smartphone akan menyebabkan aplikasi maupun data-data yang tersimpan pada memori internal terhapus semua.

Karena itu, sebelum mereset smartphone untuk mengatasi hp Android yang lemot, pastikan anda mem-backup data data penting ke hardisk eksternal atau ke flashdisk menggunakan kabel OTG. Atau bisa juga, di backup ke penyimpanan ke cloud seperti Google Drive, One Drive, IDrive, pCloud, Sync, dll.

Cara mereset hp Xiaomi untuk mengembalikan ke settingan pabrik bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Settings (Pengaturan)
  2. About phone (Tentang ponsel)
  3. Factory reset (Setel ulang pabrik)
  4. Hapus seluruh data
  5. Masukkan PIN/Password hp saat diminta
  6. Klik tombol Setel ulang pabrik
  7. Klik tombol Berikutnya (2x)

Cara mereset hp Xiaomi
Cara mereset hp Xiaomi

7. Hapus semua aplikasi yang terlalu banyak menampilkan iklan

Ada beberapa aplikasi yang kerap kali memunculkan iklan-iklan pada smartphone, seperti aplikasi "Pembersih" yang kadang-kadang menjebak kita dengan memunculkan pesan "Memori hp Anda penuh. Hapus sekarang!"

Aplikasi seperti ini sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Karena kita bisa menghapus file secara manual, menghapus data aplikasi, hingga mengosongkan memori dengan menggunakan cara-cara yang telah saya sebutkan di atas.

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Hp Android Lemot"