Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Keuntungan Mempelajari Digital Marketing

“Digital marketing” adalah istilah yang semakin jamak kita dengar beberapa tahun belakangan ini. Terutama, sejak internet semakin merakyat dan sejak toko online hingga sosial media menjadi aplikasi wajib di smartphone. Mempelajari digital marketing pun tidaklah terlalu sulit. Bahkan, tidak sedikit orang yang justru menganggap belajar digital marketing itu sangatlah mudah.

Tapi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan digital marketing itu? Dan, apa pula manfaat akan kita peroleh jika mempelajarinya? Serta, dimana tempat belajar digital marketing yang terbaik? Baca terus artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Digital Marketing

Sejak manusia mulai mempraktekkan jual-beli atau perdagangan, marketing sudah ada. Karena pada dasarnya, marketing adalah tentang, pertemuan antara kita dengan audiens (pelanggan) di waktu dan tempat yang tepat.

Gadget dan internet adalah dua media yang bisa membantu kita terhubung dengan audience secara digital. Karena itulah, bertemunya penjual dan pembeli di dunia digital disebut dengan istilah “Digital Marketing.”

Apa Keuntungan Mempelajari Digital Marketing?

Keuntungan Belajar Digital Marketing

Secara garis besar, digital marketing adalah upaya pemasaran menggunakan internet. Itu artinya, berbagai saluran digital seperti mesin pencarian semisal Google, email, blog (website), sosial media, dan lain sebagainya, bisa digunakan untuk bertemu dengan pelanggan maupun calon pelanggan.

Tidak seperti metode tradisional marketing, digital marketing bisa membantu kita menjangkau audience dalam lingkup yang lebih luas dan bisa membantu kita menargetkan pasar yang lebih prospektif.

Di samping itu, digital marketing juga dikenal lebih hemat biaya. Dan, akan memudahkan kita untuk mengukur seberapa efektif metode pemasaran yang kita terapkan.

Berikut adalah berbagai keuntungan yang akan kita peroleh ketika mempelajari digital marketing.

1. Lebih mudah menjangkau pelanggan secara global

Marketing konvensional atau yang dikenal dengan istilah “tradisional marketing” seperti yang kita tahu, kerap kali dibatasi oleh geografis. Sehingga, mengandalkannya untuk menjangkau pelanggan dalam skala internasional akan sangat sulit. Jikalau pun mungkin, biayanya akan sangat besar dan dibutuhkan usaha yang tidak sedikit.

Sebaliknya, dengan memanfaatkan internet, kita bisa menjangkau pasar global dengan relatif mudah. Bahkan, bisnis kecil sekelas UKM atau UMKM sekalipun bisa memanfaatkan digital marketing untuk menjangkau pasar internasional.

2. Biaya marketing yang lebih murah

Di bagian atas, saya sudah menyinggung bahwa digital marketing lebih hemat biaya dibandingkan dengan tradisional marketing. Bahkan, ketika kita berencana untuk mengekspansi pasar internasional sekalipun, biayanya akan tetap rendah.

SEO, media sosial, dan pemasaran berbasis konten adalah contoh digital marketing yang kadangkala tidak membutuhkan biaya besar.

Meski demikian, tentu tidak semua bentuk digital marketing cocok diterapkan pada bisnis tertentu. Karena itulah, beberapa bisnis mungkin membutuhkan biaya yang sedikit lebih besar dalam digital marketing.

Walau begitu biaya yang dibutuhkan pemasaran dengan menggunakan metode digital marketing jauh lebih murah dibandingkan dengan pemasaran dengan metode tradisional.

3. Lebih mudah mengekspansi pasar lokal

Keuntungan lainnya mempelajari di digital marketing adalah, kita akan lebih mudah menjangkau pasar lokal. Apalagi, Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri atas berbagai suku bangsa.

Dengan mengandalkan digital marketing, kita akan lebih mudah menarik pelanggan dari daerah atau pulau-pulau lain tanpa harus menyebrang dan menyebarkan selebaran atau poster dan semacamnya.

4. Lebih efektif

Dengan metode digital, kita bisa menargetkan pasar secara efektif. Bahkan ketika kita tidak memiliki gagasan yang jelas, kita tetap bisa mempelajari pasar dan mengekstrak data untuk melihat pelanggan manakah yang paling cocok apabila kita menerapkan metode pemasaran tertentu.

Dalam menargetkan pasar, kita bisa memanfaatkan mesin penelusuran dengan menerapkan SEO, atau memasang iklan di berbagai media seperti Google, Facebook, dan berbagai sosial media lainnya.

5. Pilihan strategi yang lebih banyak

Dengan mempelajari Digital marketing, kita akan memiliki lebih banyak strategi pemasaran dibandingkan dengan metode tradisional.

Misalnya, kita bisa melakukan Pemasaran dengan menggunakan konten digital seperti artikel hingga video berbasis SEO, beriklan di mesin pencarian, beriklan di sosial media, terlibat di forum, email, dan lain sebagainya.

6. Lebih mudah mengetahui konten yang sesuai dengan kebutuhan

Banyak konten yang bisa kita manfaatkan untuk memasarkan produk atau jasa dengan metode pemasaran digital (digital marketing). Mulai dari, konten blog berupa artikel, video podcast, email, ebooks, konten visual, infografik, kuis, webinar, postingan di sosial media, dan masih banyak yang lainnya.

Dengan mempelajari digital marketing, kita akan lebih mudah mengetahui mana saja kah konten yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

7. Bisa menganalisa dengan cara yang lebih mudah

Keuntungan lain mempelajari digital marketing adalah, kita akan lebih mudah menganalisa hasil dari kampanye pemasaran digital yang kita terapkan. Bahkan, hasilnya bisa kita peroleh secara real time (dalam waktu singkat).

Dengan begitu, kita akan lebih mudah memperbaiki kesalahan-kesalahan dan lebih cepat dalam meningkatkan progres.

Digital Marketing Tools

Contoh Google Ads Hasil Digital Maketing Tools

Dalam dunia digital marketing, ada banyak tools yang bisa digunakan untuk menganalisa ataupun untuk membuat campaign. Mulai dari, Google Ads, Google Analytic, Facebook Ads, Twitter Ads, Tik Tok Ads, dan lain sebagainya.

Digital marketing tools tersebut telah dibahas secara lengkap dan menyeluruh di website jayjay yang dikenal sebagai salah satu tempat belajar Digital marketing paling populer saat ini.

Jadi, buat kamu yang tertarik untuk mempelajari dan mengetahui apa saja manfaat maupun keunggulan berbagai tools digital marketing tersebut, langsung saja klik link yang telah saya berikan di atas.

Tempat Belajar Digital marketing

Digital marketing termasuk bidang yang sangat mudah dipelajari. Meski demikian, ada banyak aspek pemasaran digital yang perlu dipelajari.

Kalau kamu tertarik untuk belajar digital marketing, saran saya, cobalah untuk belajar di Institut pendidikan paling inovatif yang menyediakan kursus online sekaligus program karir lengkap di bidang IT seperti, JayJay Creative and Tech Digital School.

jayjay.co dikenal sebagai salah satu tempat belajar digital marketing karena instruktur atau pengajarnya adalah orang-orang yang memang ahli dan sudah lama berkecimpung di dunia bisnis marketing.

Violita Febriana Social Media Specialist di Traveloka, Astri Soeparyono Content Marketing Lead di Lummo, Abhyani Prastika Perencana Media Digital di M&C Saatchi Performance, hingga Andhitta A. Dhewidiningrat Social Media Specialist, adalah sejumlah nama instruktur digital marketing di jayjay.

Tak hanya bisa belajar dari instruktur profesional, belajar digital marketing di jayjay juga digaransi dapat kerja, bisa belajar dari 0 hingga menjadi spesialis, dan dapat sertifikat serta Final Project yang bisa dijadikan sebagai portofolio.

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "9 Keuntungan Mempelajari Digital Marketing"