10 Manfaat Teh Kembang Sepatu (Hibiscus Flower) untuk Kesehatan

Pagi ini, setelah membaca dan menulis artikel seputar penyakit asam urat saya tertarik dengan cara membuat teh kembang sepatu dan berbagai manfaatnya. Pasalnya, beberapa waktu yang lalu saya pernah membaca sepintas mengenai manfaat teh ini untuk kesehatan, terutama untuk penderita asam urat (uric acid).

Sejauh yang saya ingat, diantara manfaat teh kembang sepatu adalah: menurunkan kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah menurunkan berat badan, dan bisa berfungsi sebagai properti anti-kanker.

Dari hasil membaca di sana-sini, ternyata manfaat kesehatan teh kembang sepatu memang nyata adanya. Manfaat-manfaat tersebut diketahui dari hasil berbagai penelitian.

Bahkan, teh ini ternyata juga bisa membantu mengurangi masalah peradangan, membantu meringankan gangguan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit hati serta kanker.

Disamping manfaat tersebut, teh kembang sepatu yang cara pembuatannya dapat kamu lihat pada bagian akhir artikel ini juga berhasiat untuk mempercepat metabolisme sehingga sangat efektif apabila digunakan untuk membantu menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan ideal.

Teh Kembang Sepatu


Teh ini juga dikaitkan dengan kesehatan mental yang lebih baik apabila dikonsumsi secara rutin secara moderat atau tidak berlebihan karena kaya akan vitamin C, mengandung antioksidan, serta sejumlah mineral.

Sebelum kita berbicara soal berbagai manfaat teh hijau atau teh kembang sepatu sama ada baiknya kamu mengetahui beberapa fakta mengenai nutrisi atau kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan nutrisi atau gizi pada hibiscus flower tea atau teh kembang sepatu

Nilai Gizi Kembang Sepatu


  • Air [g] 99,58

  • Energi [kkal] 0

  • Protein [g] 0

  • Total lipid (lemak) [g] 0

  • Karbohidrat, berdasarkan perbedaan [g] 0

  • Serat, makanan total [g] 0

  • Gula, total [g] 0

  • Kalsium, Ca [mg] 8

  • Besi, Fe [mg] 0,08

  • Magnesium, Mg [mg] 3

  • Fosfor, P [mg] 1

  • Kalium, K [mg] 20

  • Sodium, Na [mg] 4

  • Seng, Zn [mg] 0,04

  • Vitamin C, asam askorbat total [mg] 0

  • Tiamin [mg] 0

  • Riboflavin [mg] 0

  • Niasin [mg] 0,04

  • Vitamin B-6 [mg] 0

  • Folat, DFE [μg] 1

  • Vitamin B-12 [μg] 0

  • Vitamin A, RAE [μg] 0

  • Vitamin A, IU [IU] 0

  • Vitamin E (alfa-tokoferol) [mg] 0

  • Vitamin D (D2 + D3) [μg] 0

  • Vitamin D [IU] 0

  • Vitamin K (phylloquinone) [μg] 0

  • Asam lemak, total jenuh [g] 0

  • Asam lemak, total tak jenuh tunggal [g] 0

  • Asam lemak, total tak jenuh ganda [g] 0

  • Asam lemak, total trans [g] 0

  • Kolesterol [mg] 0

  • Kafein [mg] 0

Sumber: USDA (United States Department of Agriculture)

Manfaat kesehatan minum teh kembang sepatu

Rasa teh herbal yang terbuat dari kembang sepatu ini sedikit asam, mirip-mirip dengan rasa jus cranberry. Selain disajikan begitu saja seperti teh biasa kamu sebenarnya teh ini juga bisa dikombinasikan dengan beberapa bahan alami lainnya seperti arti jeruk lemon hingga madu untuk menambah cita rasa dan juga khasiatnya.

Berbagai manfaat teh kembang sepatu yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh manusia bisa kamu lihat pada beberapa poin di bawah ini.

Mengelola tekanan darah


Khasiat teh kembang sepatu yang pertama adalah mengelola tekanan darah. Menurut American Heart Association, mengkonsumsi teh ini bisa menurunkan tekanan darah pada orang dewasa yang mengalami hipertensi atau memiliki penyakit tekanan darah tinggi yang tidak terlalu parah.

Sebuah studi yang diterbitkan di dalam Journal of Ethnopharmacology jam menunjukkan bahwa kembang sepatu memiliki sifat antihipertensi dan kardioprotektif yang sangat bermanfaat bagi penderita tekanan darah tinggi dan mereka-mereka yang beresiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, teh ini juga bisa membantu mengurangi tekanan darah hingga 10 poin. Berdasarkan penelitian tahun 2010 yang dilakukan di Tufts University di Boston di menunjukkan bahwa, orang yang rutin mengonsumsi 3 cangkir teh setiap hari selama beberapa minggu mengalami penurunan tekanan darah yang cukup drastis sekaligus membuat buang air kecil mereka jadi lebih lancar.

Hibiscus flower tea bermanfaat untuk menurunkan berat badan


Bagi kamu yang kesulitan menurunkan berat badan atau saat ini mungkin dinyatakan kelebihan berat badan (obesitas), kamu mungkin tertarik untuk memanfaatkan teh herbal ini untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus menurunkan berat badan.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu dapat membantu menurunkan tingkat penyerapan pati dan glukosa oleh tubuh. Baik pati dan glukosa, adalah komponen makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Teh kembang sepatu apabila dikonsumsi dapat membantu menghambat produksi amilase yang membantu penyerapan karbohidrat dan pati oleh tubuh. Karena itulah tidak mengherankan apabila ekstrak kembang sepatu banyak kita temukan pada produk obat penurun berat badan.

Menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL


Manfaat lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dari tubuh. Penurunan kadar kolesterol jahat akan sangat bermanfaat untuk melindungi jantung dan melindungi pembuluh darah dari kerusakan.

Teh kembang sepatu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat karena memiliki sifat hypolipidemic dan hippoglikemik. Karena kandungan ini pulalah maka teh ini sangat bermanfaat juga bagi penderita diabetes yang kerap mengalami gangguan gula darah.

Penelitian yang dilakukan pada pasien diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa, mengkonsumsi kembang sepatu bisa membantu menurunkan trigliserida kolesterol, meningkatkan kolesterol baik, dan membantu mencegah beberapa penyakit.

Melindungi hati


Hati adalah organ penting yang ada di dalam tubuh kita. Organ vital ini berfungsi menetralisir atau menawar racun, mengatur sirkulasi hormon, menyimpan kadar gula darah ke masa resi birubilin, menyimpan vitamin dan mineral, pembentukan sel darah merah, sistem antibodi, mengontrol sirkulasi tubuh, menyimpan glikogen, menghasilkan cairan empedu, menghindari penggumpalan darah, dan masih banyak yang lainnya tidak

Melihat fakta di atas, maka tidak mengherankan apabila hati perlu dijaga dan dilindungi dari berbagai penyebab kerusakan teknik diantara salah satu minuman kesehatan alami yang dapat dimanfaatkan untuk melindungi hati adalah hibiscus flower tea.

Teh ini menurut studi tahun 2014 yang diterbitkan pada jurnal Food & Function menunjukkan bahwa sifat antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengobati penyakit hati. Teh ini juga secara signifikan dapat membantu mengatasi steatosis hati, yaitu penyakit yang disebabkan karena penumpukan lemak di hati dan dapat menyebabkan gagal hati.

Bisa mencegah dan mengatasi beberapa jenis kanker kandungan asam hibiscus protocatechuic yang memiliki sifat antioksidan dan anti-tumor dapat dimanfaatkan untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker khususnya sel leukemia yang mengandung apoptosis.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen dan Institut Biokimia di Chung Shan Medical and Dental College, di Taichung, Taiwan, menunjukkan bukti bahwa kembang sepatu dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Studi lain yang dilakukan oleh Karina H. Goldberg dan sejumlah tim peneliti menunjukkan bahwa ekstrak kembang sepatu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker kulit. Dalam penelitian lain ditemukan bahwa ekstrak kembang sepatu juga dapat membantu mencegah dan mematikan sel kanker lambung.

Bisa dimanfaatkan sebagai agen antidepresan


Stres atau depresi adalah kondisi yang tidak baik untuk kesehatan. Stres dapat menyebabkan berbagai dampak tak terduga yang berbahaya dan bahkan bisa mengancam jiwa.

Menurut ahli kesehatan, stres dapat menyebabkan penurunan imun tubuh, dikaitkan dengan penyakit kanker, peningkatan berat badan, sakit jantung, mempercepat penuaan, menyebabkan sulit berkonsentrasi, dan lain sebagainya.

Jika kamu ingin mendapatkan perasaan yang lebih tenang dan terhindar dari depresi atau stres selain minum teh atau minum kopi, kamu juga bisa mencoba minum ekstrak kembang sepatu.

Karena menurut penelitian, mengkonsumsi teh kembang sepatu dapat membantu menenangkan sistem saraf, mengurangi kecemasan dan depresi, serta menciptakan sensasi rileks pada pikiran dan tubuh.

Fakta tersebut didapatkan dari penelitian yang dapat kamu lihat pada ada Indian Journal of Pharmacology.

Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan


Bagi mereka yang terbiasa minum teh kembang sepatu, mereka akan mengalami peningkatan kesehatan sistem pencernaan dan lebih lancar saat buang air kecil serta buang air besar. Hal tersebut bisa terjadi karena teh ini memiliki sifat diuretik dan juga bisa mengobati sembelit.

Disamping itu, rutin mengkonsumsi teh ini juga bisa membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mengurangi risiko kanker kolorektal. Bukti bahwa teh herbal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dapat kamu lihat pada ada IOSR Journal of Biotechnology and Biochemistry.

Bisa membantu mencegah ngidam sesuatu yang manis


Mengidam-idamkan makanan atau minuman yang manis tentu sangat merugikan. Pasalnya, minuman atau makanan seperti ini merupakan salah satu pemicu kenaikan berat badan dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Menurut salah seorang pakar kesehatan, teh herbal beraroma enak dari teh kembang sepatu bisa membantu membuang keinginan atau perasaan ngidam minuman dan makanan manis apabila teh tersebut dikombinasikan dengan madu.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Sistem kekebalan tubuh yang tinggi dapat membantu kita terhindar dari berbagai macam penyakit terutama flu dan pilek di musim hujan. Minum secara rutin teh dari bunga berwarna merah muda ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh karena banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat kuat.

Selain itu, teh ini juga mengandung mineral seperti zat besi yang berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan mempertahankan sel darah merah.

Cara membuat teh kembang sepatu

Bahan yang perlu dipersiapkan


  • 2 sendok teh bunga kembang sepatu kering

  • Air mendidih

  • Untuk menambah cita rasa minuman teh ini, kamu bisa menambahkan sedikit kayu manis

  • Cengkeh

  • Teh biasa

  • Irisan jeruk nipis dan jahe

  • Daun mint

Cara membuat teh kembang sepatu


  • Didihkan air kurang lebih 10 ml

  • Masukan 2 sendok teh bunga kembang sepatu kering

  • Diamkan selama 5 menit

  • Pindahkan ke dalam gelas atau teko dengan menyaring agar ikut serpihan kembang sepatu tidak ikut

  • Tambahkan pemanis seperti madu jika kamu menyukainya atau bisa juga menambahkan gula atau stevia tergantung dari pilihan

Efek samping mengkonsumsi teh kembang sepatu

Meskipun ini adalah obat herbal, tentu ada efek samping tertentu yang dapat ditimbulkannya. Oleh sebab itu sebelum kamu memutuskan untuk mengkonsumsi secara rutin teh herbal ini ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu efek samping apa saja yang diakibatkan oleh teh ini.

Tekanan darah

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa salah satu manfaat teh ini adalah untuk menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat anti hipertensi. Oleh karena itu, teh ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi.

Diantara akibatnya apabila dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita tekanan darah rendah adalah,

  • Dapat menyebabkan pingsan Apakah fungsi utama atau menyebabkan kerusakan pada jantung serta otak

  • Mengganggu kehamilan dan kesuburan. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada An International Journal of Obstetrics and Gynaecology teh Hibiscus sangat tidak direkomendasikan wanita hamil terutama karena memiliki efek emenagog. Yaitu, efek yang dapat merangsang terjadinya menstruasi atau aliran darah di rahim dan daerah panggul. Menurut MedlinePlus, kembang sepatu dapat menyebabkan constipation dan perasaan tidak nyaman pada perut

  • Penderita diabetes atau orang yang akan dioperasi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum minum teh Hibiscus

  • Dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Beberapa orang yang memiliki reaksi alergi seperti mata merah dan gatal, sinus, atau demam setelah mengkonsumsi teh Hibiscus

  • Hindari mengendarai mobil atau kendaraan serta mengoperasikan mesin (termasuk alat berat) setelah minum teh Hibiscus karena dapat menimbulkan efek halusinasi

Komentar