Blog Kesehatan, Teknologi, dan Lifestyle

Sabtu, 09 Desember 2017

Cara Mengetahui Tubuhmu Kekurangan Vitamin dan Mineral Tertentu

Meskipun sudah berusaha mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi, tapi kadang-kadang, tubuh kita masih kekurangan satu atau dua zat penting, baik itu vitamin maupun mineral (nutrisi). Atau, bagi kamu yang jarang memvariasikan menu makanan (setiap harinya makan yang itu-itu aja), tubuhmu sudah pasti kekurangan berbagai vitamin dan mineral. Bagaimana cara mendeteksi atau mengetahui bahwa tubuh kita kekurangan mineral atau jenis vitamin tertentu?

Kekurangan gizi
Tanda tubuh kekurangan gizi via Republika
Menurut buku berjudul Kecukupan Gizi yang Dianjurkan yang ditulis oleh Prof. Dr Darwin Karyadi dan Dr Muhilal, tubuh kita membutuhkan kurang lebih 50 macam senyawa dan unsur dalam jumlah tertentu. Berbagai senyawa dan unsur tersebut bisa diperoleh dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Manfaatnya adalah untuk membantu memaksimalkan fungsi tubuh sehingga berjalan sebagaimana mestinya.

Bila jumlah senyawa dan unsur tersebut tidak terpenuhi atau jika kelebihan, maka kesehatan tubuh bisa terganggu.

Jika orang-orang yang selalu berusaha menyantap makanan bergizi (diet seimbang) saja masih sering kekurangan vitamin atau mineral, lalu bagaimana dengan orang-orang yang jarang makan buah, tidak suka makan sayur, atau enggan makan daging dan ikan? Atau mungkin sering makan sayur dan buah tapi jenisnya yang itu-itu saja? Sudah pasti, tubuh mereka kekurangan banyak zat-zat penting yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit.

Bagi kamu yang merasa sudah berusaha untuk memenuhi kebutuhan gizi dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya gizi dan mineral, mulai dari buah-buahan, berbagai jenis sayuran aneka rupa dan warna, biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, dan lain-lain, kamu sebenarnya tetap bisa mengalami kurang gizi karena:
  • Makanan yang kamu santap sudah kehilangan banyak gizi ketika di olah. Jadi, biasakan mengkonsumsi makanan utuh atau yang tidak diproses secara berlebihan
  • Memasak terlalu lama juga dapat menyebabkan gizi pada makanan hilang
  • Makanan yang disimpan terlalu lama juga bisa kehilangan zat gizi
  • Proses pengolahan yang tidak tepat juga dapat menyebabkan zat gizi rusak dan hilang
  • Ada banyak jenis buah-buahan yang dapat kehilangan gizi apabila dikupas dan tidak segera dimakan
  • Proses mencuci makanan juga dapat menyebabkan gizi yang terkandung di dalamnya luruh. Misalnya saat kita mencuci beras hingga berkali-kali
  • Tidak hanya berlaku pada beras, proses mencuci juga dapat menyebabkan buah maupun sayuran kehilangan beberapa zat penting, terutama apabila sudah dikupas
Mengolah makanan
Mengolah makanan via Sajian Sedap
Lalu, bagaimana cara mempertahankan agar buah dan sayuran yang kita konsumsi tidak terlalu banyak kehilangan gizi?


Makanan yang direbus

Merebus sayur
Merebus sayur via nanangkhosem[dot]blogspot[dot]co[dot]id
Merebus sayuran sebaiknya jangan hingga terlalu matang, agar vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya tidak larut bersama air. Membuat "sayur bening" adalah salah satu metode merebus sayur agar gizinya bisa dipertahankan. Baik melalui sayur itu sendiri maupun kuahnya. Jadi, apabila kamu sering merebus sayuran, sebisa mungkin jangan buang kuahnya. Tapi, konsumsilah sayuran tersebut bersama kuahnya.

Kalau yang kamu masak (rebus) daging atau ikan, sebaiknya kuahnya juga dimanfaatkan untuk kaldu agar gizi yang larut pada kuah tidak sia-sia.


Makanan yang digoreng

Menggoreng makanan (ikan)
Menggoreng makanan (ikan) via Youtube
Salah satu cara mempertahankan agar protein atau gizi yang terkandung di dalam makanan-makanan yang digoreng tidak hilang adalah dengan menggoreng menggunakan suhu antara 110-160 derajat Celcius. Namun, metode menggoreng sangat bergantung pada jenis minyak yang kamu gunakan.

Beberapa pilihan minyak terbaik untuk menggoreng di antaranya adalah:
  • Minyak zaitun
  • Minyak kanola
  • Minyak biji anggur (grapeseed)
  • Minyak kacang
  • Minyak wijen
Suhu minyak goreng yang terlalu panas, misalnya yang melewati titik asap, dapat menyebabkan protein yang terkandung di dalam makanan yang kita goreng menjadi rusak. Jadi, hindari menggoreng hingga terlalu matang atau hingga gosong.


Tips mengukus agar gizi dari makanan tidak hilang


Sama seperti proses merebus, ketika mengukus makanan seperti sayuran misalnya, sebaiknya jangan hingga terlalu matang. Kukus sehingga makanan tersebut masih renyah untuk dikunyah.


Cara memanggang daging agar tidak berbahaya


Teknik memanggang daging yang benar agar tidak berbahaya bagi kesehatan adalah dengan:

Masukkan daging tersebut ke dalam microwave terlebih dahulu selama kurang lebih 2 menit agar daging matang. Setelah itu, barulah daging dipanggang. Manfaatnya adalah agar proses memanggang tidak memakan waktu terlalu lama.

Karena memanggang daging terlalu lama bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah amina heterosiklik.


Tips mempertahankan gizi pada makanan saat direbus atau digoreng

  • Gunakan minyak yang sedikit, atau jika perlu tidak menggunakan minyak. Misalnya saat menggoreng kacang, gorenglah tanpa menggunakan minyak
  • Memasaklah dengan api sedang dan aduk terus-menerus
  • Saat memanggang dengan menggunakan oven, memanfaatkan kertas roti untuk menutupi loyang. Ini bisa berfungsi sebagai pengganti mentega. Cara ini bisa membantu meminimalisir penggunaan lemak sehingga hasilnya adalah makanan yang sehat
  • Mengkombinasikan antara memasak menggunakan metode panas kering dan menggunakan sedikit air bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan gizi makanan. Caranya adalah, makanan dibakar terlebih dahulu dengan menggunakan suhu tinggi, lalu kemudian dimasukkan ke dalam panci yang sudah berisi air dan tertutup
  • Biasakan memasak dengan panci tertutup
  • Potong kecil-kecil sayuran agar lebih mudah matang
  • Gunakan api besar di atas wajan anti lengket untuk mempercepat proses pematangan
  • Masukkan rempah-rempah yang segar pada tahap akhir memasak
  • Rempah-rempah yang kering sebaiknya ditambahkan sebelum memasukkan bahan makanan


Bagaimana cara mengetahui tubuh kekurangan vitamin atau mineral tertentu?

Tanda tubuh kekurangan vitamin dan mineral
Tanda tubuh kekurangan vitamin dan mineral sehatgaksih[dot]blogspot[dot]co[dot]id
Menurut seorang ahli gizi asal Amerika, untuk mengetahui bahwa tubuh kita mengalami kekurangan vitamin atau mineral tertentu adalah dengan melihat warna urine. Warna urine yang cenderung jernih menandakan bahwa tubuh kita kekurangan vitamin B. Karena vitamin B larut di dalam air. Ketika buang air kecil, vitamin B yang larut akan menyebabkan urine terlihat sedikit keruh.

Jadi, apabila warna urine terlihat agak gelap, itu mengindikasikan bahwa tubuh kita sudah mendapatkan cukup vitamin B. Atau dengan kata lain, tubuh kita tidak kekurangan vitamin B.

Cara lain untuk mengetahui jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah dengan melakukan cek darah. kamu bisa datang ke ahli gizi atau dokter untuk menjalani tes darah. Hasil tes darah akan memberitahukan kamu jenis vitamin atau mineral apa yang dibutuhkan oleh tubuhmu.

Namun cara ini tentu saja repot dan ribet serta makan biaya terlalu banyak bukan?

Selain cara di atas adakah cara lain mengetahui tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin?

Tentu! cara paling mudah dan paling sederhana untuk mengetahui bahwa tubuh kita membutuhkan vitamin atau mineral tertentu adalah dengan mendengarkan sinyal-sinyal yang dikirimkan oleh tubuh kita melalui “keinginan” atau proses “ngidam.”

Mungkin kamu sering merasa, ingin makan buah tertentu, misalnya buah mangga. Di lain waktu, kamu merasa benar-benar mengidam-idamkan roti atau makanan-makanan berkarbohidrat tinggi. Menurut ahli, dorongan yang timbul tersebut adalah indikasi bahwa tubuh kita sangat membutuhkan kandungan zat dari makanan-makanan tersebut.

Misalnya, jika kita mengidam-idamkan buah mangga atau buah jeruk, bisa jadi itu menandakan bahwa tubuh kita sedang membutuhkan vitamin C (karena kekurangan vitamin C).


Tanda-tanda tubuh kekurangan gizi


Mengidam-idamkan apel


Apel banyak mengandung kalsium, fosfor, magnesium, dan kalium. Manfaat mengkonsumsi apel adalah sebagai sumber pektin yang fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol. Jika suatu saat kamu merasa pengen banget makan apel, mungkin itu menandakan bahwa kamu selama ini terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh.


Kacang-kacangan


Jika mengidam-idamkan kacang-kacangan, mungkin saja tubuh sedang membutuhkan protein, vitamin B, atau lemak. Namun jika kamu lebih suka dengan kacang-kacangan yang asin, mungkin itu mengindikasikan bahwa kamu sedang kekurangan natrium.


Keju atau produk susu


Keju adalah produk susu. Di dalamnya terkandung fosfor dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Jika suatu saat kamu mengidam-idamkan makanan atau minuman yang terbuat dari susu atau produk susu, seperti keju misalnya, mungkin saja itu menandakan bahwa tubuhmu sedang membutuhkan fosfor dan kalsium.

Selain susu dan produk susu, sebenarnya kamu juga bisa mengkonsumsi makanan lain seperti brokoli untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan fosfor harian. Hanya saja, jumlah kalori pada brokoli sedikit lebih rendah dibandingkan keju.


Mentega


Takut gemuk adalah alasan mengapa kita sering menghindari makanan-makanan berlemak. Apalagi jika makanan tersebut mengandung lemak jenuh--yang dianggap tidak sehat bagi tubuh. Menurut ahli kesehatan, kekurangan lemak jenuh bisa menciptakan dorongan untuk ngemil makanan-makanan yang banyak mengandung mentega.


Soft drink atau minuman manis


Kita semua tahu bahwa soft drink (minuman ringan) merupakan salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan karena dianggap tidak sehat. Tidak ada kandungan (nutrisi) di dalam soft drink yang baik untuk kesehatan. Namun jika suatu saat kamu mengidam-idamkan minuman ringan, mungkin itu menandakan bahwa tubuhmu sedang kekurangan gula atau sebaliknya, kecanduan kafein.


Pengen makan telur


Sebagian orang ada yang tidak suka makan telur. Namun sebagian orang ada yang memang hobi banget makan telur. Tapi kalau tiba-tiba kamu merasa mengidam-idamkan telur, mungkin itu tandanya tubuhmu kekurangan zat-zat berikut ini:
  • Protein
  • Belerang
  • Asam amino
  • Selenium
Selain kekurangan zat tersebut, mengidam-idamkan telur juga bisa mengindikasikan bahwa tubuh membutuhkan lemak, karena bagian kuning telur banyak mengandung lemak.


Makanan asin


Sebelumnya telah disebutkan jika kita mengidam-idamkan makanan asin misalnya kacang asin, itu menandakan bahwa tubuh kekurangan natrium. Orang yang doyan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung garam bisa mengindikasikan masalah kesehatan tertentu, misal, tubuhnya mengalami gangguan kelenjar tiroid.


Pisang


Kalau kamu terus menerus ingin menyantap buah pisang, kemungkinan tubuhmu sangat membutuhkan mineral yang terkandung di dalamnya, bisa saja salah satunya adalah kalium.


Ngidam es krim


kalo kamu terus-terusan ingin merasakan nikmatnya es krim, atau sedang merasa kepingin lebih dari biasanya, mungkin itu tandanya tubuhmu sangat membutuhkan gula.

Karena selain mengandung susu, ice cream juga banyak mengandung gula. Mengapa tubuh kita membutuhkan gula? Salah satu alasannya adalah karena kadar gula darah yang rendah.

Es krim sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena dapat membahayakan atau memperburuk kondisi kesehatan mereka.


Coklat


Cara mendeteksi kekurangan vitamin dan mineral pada tubuh selanjutnya adalah apabila kita ngidam coklat. Coklat adalah salah satu jenis cemilan yang paling banyak dipilih untuk ngemil di saat-saat senggang. Jika ada dorongan untuk ngemil coklat, atau jika dorongan tersebut terus-menerus muncul, mungkin kamu mengalami kecanduan kafein atau kecanduan gula.


Beberapa gejala yang mungkin muncul apabila tubuh membutuhkan vitamin atau zat tertentu

Gejala tubuh kekurangan vitamin dan mineral
Gejala tubuh kekurangan vitamin dan mineral via cakapsehat[dot]com
  1. Sering merasa pusing. Ini menandakan bahwa kamu membutuhkan zat mangan yang bersumber dari: sayuran berdaun hijau tua, kuning telur, buah bit, polong-polongan, atau kacang-kacangan.
  2. Bau mulut tidak sedap. Mengindikasikan bahwa kamu kekurangan zat niasin. Zat ini bisa didapatkan dari makanan seperti: polong-polongan, gandum utuh, ikan, daging, atau hati.
  3. Rambut berketombe adalah tanda bahwa kamu kekurangan vitamin B12. Vitamin B12 bisa kamu dapatkan apabila mengkonsumsi daging sapi atau daging merah, ragi, dan hati
  4. Sering mengalami sariawan atau mudah sariawan. Ini menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin B2. Jadi, untuk mengatasi sariawan, selain dengan mengkonsumsi vitamin C untuk mempercepat proses penyembuhan, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan vitamin B2. Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B2 adalah, susu, hati, keju, dan, telur dan ragi
  5. Sering gemetaran (tremor). Kalau tubuhmu atau tanganmu sering gemetaran, itu tandanya kamu membutuhkan magnesium dalam jumlah yang cukup. Beberapa makanan yang banyak mengandung zat magnesium di antaranya adalah: buah apel, kuning telur, susu, kacang mete, jagung, sayuran berdaun hijau tua, sereal, tiram, atau seafood, dan kacang-kacangan
  6. Sering kram menandakan bahwa tubuhmu kekurangan vitamin B1. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1, jangan lupa mengkonsumsi kacang-kacangan, polong-polongan, kentang, atau daging
  7. Bintik putih di kuku menandakan bahwa kamu kekurangan mineral seng. Beberapa sumber makanan yang banyak mengandung seng antara lain: kerang, lobster, ikan salmon, rajungan, hati, daging ayam, beras, susu, telur, biji bunga matahari, dan sayur-sayuran
  8. Kehilangan nafsu makan menandakan bahwa tubuhmu kekurangan protein. Agar nafsu makanmu bisa kembali, cobalah mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini: Ikan, telur, susu, kedelai atau hasil olahan kedelai seperti tahu dan tempe, serta kacang tanah.
  9. Kolesterol tinggi. Apabila kamu teridentifikasi mengalami kolesterol tinggi, itu menandakan bahwa tubuhmu kekurangan vitamin B Kompleks. Apa saja sumber vitamin B Kompleks? Makanan-makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks antara lain:
    • Makanan yang terbuat dari tepung terigu seperti roti sereal, atau pasta.
    • Sayuran berdaun hijau
    • Kacang kedelai dan olahannya seperti tempe maupun tahu
    • Kentang
    • Kacang merah
    • Kacang hijau
    • Kerang-kerangan
    • Ikan
    • Hati
    • Daging ayam atau daging unggas
    • Daging merah seperti: daging sapi, daging kerbau, daging kambing, atau yang lainnya
    • Telur
    • Susu dan produk susu
  10. Tubuh mudah mengalami memar menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin C juga dapat menyebabkan tubuh sulit sembuh apabila terkena infeksi atau luka. Beberapa sumber vitamin C di antaranya adalah: buah-buahan segar seperti buah jeruk (sitrus), atau buah musiman seperti buah (mangga, durian, duku, alpukat, langsat, rambutan, dll); jambu biji, belimbing, hingga apel
  11. Apabila kamu sangat mudah terkena berbagai penyakit infeksi, itu tandanya tubuhmu kekurangan vitamin A. Agar tidak mudah terkena penyakit infeksi, kamu harus banyak mengkonsumsi: ikan, kuning telur, ubi (jalar) merah, sayuran berdaun hijau tua, pepaya, mangga, labu kuning, wortel, dan hati
  12. Hidung mimisan menandakan bahwa kamu kekurangan vitamin C. Sumber-sumber vitamin C bisa kamu lihat pada point sebelumnya
  13. Kesulitan tidur atau insomnia adalah tanda bahwa tubuhmu kekurangan kalium. Jika ingin tidur lebih nyenyak dan lebih mudah, kamu harus banyak mengkonsumsi: biji bunga matahari, buah jeruk, atau buah pisang. Karena buah-buahan tersebut banyak mengandung kalium.
  14. Gatal-gatal di vagina atau di sekitar vagina adalah tanda bahwa kamu kekurangan vitamin B2. Vitamin B2 bisa bersumber dari berbagai jenis makanan yang telah disebutkan sebelumnya pada poin Sariawan

Senin, 30 Oktober 2017

Penyebab dan Gejala Sariawan serta Obat Alami yang Manjur untuk Mengatasinya

Image result for ulkus aphthous


"Apa obat sariawan yang manjur?" Dan "bagaimana cara mengatasi sariawan?" Adalah dua kata kunci yang sering saya ketikkan di mesin pencarian Google untuk mencari solusi mengatasi sariawan yang sering saya alami. Dari dua kata kunci tersebut, biasanya saya akan terdampar di beberapa website atau blog yang menawarkan beberapa cara ampuh mengatasi sariawan. Beberapa obat alami untuk sariawan yang terdapat di website-website yang saya kunjungi tersebut kadang-kadang ada yang saya coba. Tapi kebanyakan saya indahkan karena selain bahan-bahannya yang tidak saya miliki dan sulit dicari, saya kadang merasa terlalu malas untuk mencobanya satu persatu.
Image result for ulkus aphthous
Mencegah Sariawan

Saya sendiri lebih suka melakukan hal-hal sederhana untuk mengatasi sariawan, tapi emang sih... kadang cara-cara tersebut kurang manjur bahkan terkesan tidak berhasil sama sekali. Apalagi kalau sariawan lagi parah, bisa-bisa sariawan bertahan sampai berminggu-minggu bikin susah makan dan ngomong, apalagi kalau sariawannya di lidah. Bener-bener dah...

Tapi akhir-akhir ini saya semakin jarang mengalami sariawan. Ada beberapa metode yang saya terapkan untuk mencegah agar tidak terkena sariawan lagi.

Tapi sebelum ngomongin panjang lebar tentang cara-cara yang saya terapkan untuk mencegah sariawan, ada baiknya kita mengenal penyakit ini terlebih dahulu, apa saja gejalanya, dll.


Apa itu sariawan?


Seperti yang kita tahu, sariawan adalah semacam luka atau borok yang muncul di sekitar mulut dan lidah serta dinding pipi.

Dalam istilah asing (bahasa Inggris) sariawan dikenal dengan nama ulkus aphthous. Terasa sangat menyakitkan ketika kita makan, minum, menyikat gigi, terlebih jika yang diserang adalah lidah dan bagian bibir, rasa sakit ketika berbicara atau menggerakkan lidah sangat terasa.
Image result for ulkus aphthous
Obat Sariawan

Sariawan sebenarnya tidak terlalu berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya. Walau demikian, biasanya ahli kesehatan menganjurkan kita untuk meminta saran medis agar proses penyembuhannya lebih cepat. Sariawan bisa bertahan lebih dari 3 minggu jika tidak diobati, namun tidak menular dan tidak bisa kita dapatkan dari orang lain, misalnya dari aktivitas ciuman dengan orang yang mengalaminya.

Menurut penelitian, 1 dari 5 orang sering mengalami sariawan berulang-ulang kali.


Jenis sariawan


Ada 3 jenis sariawan yang dikenal yaitu:
  1. Minor ulcers. Adalah sariawan berukuran kecil dengan diameter sekitar 2-8 mm yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.
  2. Major ulcers. Adalah sariawan berukuran lebih besar dan lebih dalam. Jenis sariawan yang satu ini penyembuhannya bisa memakan waktu hingga beberapa minggu dan kadang-kadang dapat meninggalkan bekas luka di mulut.
  3. Herpetiform ulcers. Adalah jenis sariawan yang jumlahnya bisa mencapai puluhan, tapi ukurannya kecil-kecil.


Apa penyebab sariawan?


Penyebab sariawan yang pasti tidak diketahui secara jelas. Menurut ahli kesehatan, mereka percaya bahwa sariawan sebagian besar diakibatkan oleh stres atau karena adanya jaringan yang cedera.

Mengkonsumsi makanan/buah tertentu juga dapat memicu sariawan seperti mengkonsumsi jeruk, nanas, tomat, strawberry, lemon, dan bahkan mengkonsumsi buah apel juga bisa memicu. Tidak hanya menyebabkan memicu, beberapa buah yang telah disebutkan di atas sebenarnya bisa memperburuk kondisi sariawan jika dikonsumsi ketika mengalaminya.

Permukaan gigi yang tajam atau karena menggunakan peralatan tertentu seperti kawat gigi yang tidak pas atau palsu juga bisa memicu sariawan.

Dalam kasus yang sering saya alami sendiri, saya rasa saya lebih sering mengalami sariawan ketika stres atau ketika mengalami beban pikiran yang cukup berat. Selain itu, saya juga sering mengalami sariawan ketika mengkonsumsi buah-buahan seperti buah jeruk, rambutan, dan salak dalam jumlah terlalu banyak. Selain itu, kalau terlalu banyak makan kerupuk saya juga sering mudah mengalami sariawan.

Walau demikian, beberapa kasus juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan seperti:
  • Menurunnya sistem kekebalan tubuh
  • Masalah gizi
  • Kekurangan vitamin B12
  • Kekurangan seng
  • Kekurangan asam folat
  • Kekurangan zat besi
  • Bisa juga diakibatkan oleh penyakit saluran pencernaan seperti penyakit crohn dan penyakit celiac.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang berhenti merokok juga biasanya lebih mudah terkena sariawan, namun umumnya hanya sementara saja. Selain itu, beberapa obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit (beta-blockers) dan beberapa obat nyeri dada dapat menyebabkan reaksi yang mengarah ke sariawan.


Apa saja gejala sariawan?


Berikut adalah beberapa gejala sariawan, yaitu:
  • Luka di mulut, lidah, langit-langit mulut, atau di dinding pipi.
  • Luka di mulut berwarna abu atau putih dengan tepi merah, umumnya berbentuk bulat.
  • Apabila sangat parah, sariawan dapat menyebabkan demam, fisik lesu, serta menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.


Apa yang harus dilakukan saat terkena sariawan?


Nyeri akibat sariawan bisa berkurang atau hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tanpa diobati. Namun jika luka sariawan cukup lebar, terasa menyakitkan dan persistent, kamu bisa mendatangi dokter untuk meminta obat seperti salep (kortikosteroid), atau resep-resep lainnya yang bisa mengurangi rasa sakit dan iritasi.


Bagaimana cara mencegah sariawan?


Meskipun sariawan sebenarnya tidak memiliki obat khusus, dan sering terulang kembali, kamu tetap bisa mengurangi frekuensinya dengan menjaga kesehatan mulut.
  • Saya pribadi cukup merasakan dampaknya. Menjaga kebersihan mulut dengan rajin gosok gigi, terutama setelah mengkonsumsi makanan pedas dan berminyak sangat membantu. Saya jadi makin jarang sariawan.
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan mulut teriritasi seperti asam atau makanan pedas
  • Hindari juga permen karet yang dapat menyebabkan iritasi, misalnya permen karet untuk membersihkan gigi.
  • Sikatlah gigi dengan sikat yang bulunya lembut, terutama setelah makan. Sehingga, mulut bebas dari pemicu sariawan.


Kapan sebaiknya kita meminta bantuan medis jika sariawan?


Apabila gejala-gejala berikut ini kamu alami, segeralah meminta bantuan medis.
  • Luka cukup besar dan dalam
  • Apabila lukanya menyebar di beberapa tempat
  • Kalau berlangsung lebih dari 3 minggu
  • Apabila kamu tetap merasakan nyeri padahal sudah menggunakan obat over-the-counter, yang seharusnya bisa mengurangi rasa nyeri
  • Jika kamu kesulitan mengkonsumsi cairan atau minum air putih
  • Apabila tubuh mengalami demam tinggi


Apa obat yang efektif dan ampuh untuk sariawan?


Biasanya obat kumur anti-mikroba bisa membantu membunuh mikro organisme penyebab infeksi mulut. Jika sariawan tidak bisa diatasi dengan obat over-the-counter, mintalah resep dokter agar mereka mau memberikan obat topikal yang mengandung steroid untuk mengatasi peradangan. Selain meminta bantuan dokter, kamu juga bisa mencoba beberapa obat alami untuk mengatasi sariawan berikut ini.


Obat alami untuk mengatasi sariawan


Sariawan pada orang dewasa atau pada anak-anak bisa diobati dengan cara atau bahan alami. Di antara beberapa obat ampuh untuk mengobati sariawan adalah:


1. Air garam

Image result for salt water
Air Garam

Air garam adalah obat tradisional yang ampuh mengatasi sariawan pada mulut karena mengandung anti-bakteri. Kamu bisa menggunakan air garam untuk berkumur-kumur beberapa kali dalam sehari agar lebih cepat sembuh.

Saya juga sering menggunakan air garam untuk mengatasi sariawan maupun radang tenggorokan. Walaupun terasa sedikit agak perih ketika terkena air garam, namun setelah itu cukup nyaman digunakan untuk makan atau untuk berbicara.


2. Minyak kelapa

Image result for coconut oil
Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa dimanfaatkan untuk mengurangi gejala-gejala pada sariawan dan bisa juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan karena minyak kelapa yang murni juga mengandung anti bakteri.


3. Madu

Image result for honey
Madu murni

Saat ini memang sangat sulit menemukan madu murni. Tapi kalo kamu kebetulan punya stock di rumah, tidak ada salahnya apabila digunakan untuk mengolesi luka sariawan. Madu adalah obat alami terbaik dan ampuh untuk sariawan karena madu mengandung anti bakteri dan memiliki kandungan-kandungan lain yang bisa melindungi sariawan agar tidak bertambah parah.


4. Vitamin C

Image result for you c 1000
You C 1000 Sumber vitamin C

Saya sering mengkonsumsi You C 1000 apabila terkena sariawan atau radang tenggorokan. Manfaat vitamin C adalah untuk mempercepat proses penyembuhan pada tubuh kita apabila terluka atau mengalami peradangan.

Saya cukup sering mengandalkan You C 1000 botol kecil, karena merasa cukup terbantu dalam proses penyembuhan sariawan.

Sebaliknya, walaupun banyak mengandung vitamin C, namun saya lebih sering menghindari makanan-makanan seperti jeruk atau buah-buahan yang asam, termasuk cabe karena justru dapat memicu luka bertambah lebar seperti yang telah disebutkan di atas. Walaupun sejatinya buah-buahan dan cabe banyak mengandung vitamin C.


5. Yogurt

Image result for plain yogurt
Plain Yogurt

Yogurt banyak mengandung bakteri baik yang sebenarnya lebih dikhususkan untuk kesehatan usus. Walau demikian, yogurt juga bisa dimanfaatkan untuk mempercepat proses penyembuhan luka di mulut.


6. Bersihkan area luka

Image result for ulkus aphthous
Sikat gigi dan floshing

Apabila ada luka di area tertentu yang kira-kira bisa dibersihkan dengan sikat gigi, biasanya setelah sikat gigi saya akan dengan sengaja menyikat atau menggosokkan luka sariawan secara lembut untuk membersihkannya. Memang, rasanya sangat sakit serta perih. Akan tetapi, luka sariawan biasanya lebih cepat sembuh apabila sering dibersihkan.

Senin, 04 September 2017

Ditawari Asuransi? Jangan Mudah Tergoda

Asuransi, sejak dulu memang salah satu layanan ini masih sering menjadi perdebatan. Masih banyak yang meragukan bagaimana kehalalan menggunakan asuransi atau hukum haram menggunakan asuransi. Saya sendiri adalah orang yang termasuk kontra Asuransi karena berbagai macam sebab. Menimbang baik buruknya.. memang bagi orang yang memiliki keuangan lebih, akan memilih Asuransi untuk membuat hidupnya mungkin jauh lebih tenang.



Belajar dari pengalaman beberapa teman, dulu memang saya pernah tergiur untuk menggunakan asuransi karena banyak keuntungan yang ditawarkan. Dari penyakit yang ketika kita berobat akan digantikan uangnya sampai saat kita kemungkinan menemui ajalpun, asuransi akan memberikan sesuatu yang berharga untuk keluarga yang ditinggalkan. Tapi benarkah Asuransi semudah itu? Mari kita koreksi.


Harus membayar premi dalam waktu tertentu


Untuk mendapatkan keuntungan dari mengikuti asuransi, kita diwajibkan untuk membayar sejumlah besaran premi yang sudah ditentukan. Ada yang nominalnya kecil sampai yang lumayan menggerogoti kantong. Dan premi itu harus dibayarkan setiap bulan sampai jangka waktu tertentu. Namun, kebanyakan perusahaan asuransi mewajibkan nasabahnya untuk mau membayar premi selama 10 tahun.

Ya.. dulu sih saya mikirnya, 10 tahun itu dikalikan saja misalnya 500 ribu setiap bulannya, lumayan juga jumlah yang akan kita dapatkan. Namun jika belumlah mencapai 10 tahun kita sudah berhenti karena lelah membayar premi, uang yang udah kita setorkan hilang begitu saja. Dan tentu saja dibagian ini para agen asuransi gak akan membahasnya secara panjang lebar.

Agen hanya akan membahas apa yang akan kita dapatkan saat kita terkena penyakit atupun mendapatkan kecelakaan dan lain sebagainya.

Asuransi juga memiliki aturan


Dulu, saat saya pernah bertemu dengan salah satu agen asuransi P yang sudah cukup memiliki banyak nasabah. Beliau dengan getol mempromosikan asuransi kepada saya.

"Rugi Joo.. kalau kamu gak ikut"

Begitu katanya kepada saya.

"Mumpung kamu masih muda, masih banyak kesempatan untuk mencari uang. Nanti 10 tahun lagi kamu hanya menikmati hasilnya.. umurmu baru sekitar 39 tahun, udah tenang aja hidup karena ada asuransi"

Begitu tambahnya kepada saya.

"Terus kalau saya udah meninggal sebelum umur segitu, gimama?" Ucap saya kepada agen tersebut!

"Kan udah ada asuransi, kamu masih bisa bahagiain keluargamu"

Ah.. memang dasarnya agen, mereka udah terlatih dan udah dikasih kata-kata andalan buat nakhlukin calon nasabahnya.

Jangan mudah tergoda, pikirkan jangka panjang


Bukan hanya itu saja, agen asuransi akan sangat getol untuk menghubungi kita. Baik melalui line telepon ataupun diundangnya ke restoran ternama untuk kembali "dibujuk" ikut produknya. Dan disini.. saran dari saya jangan mudah-mudah terbujuk oleh rayuan agen. Kita perlu mempertimbangkan apakah asuransi ini benar-benar akan memberi manfaat untuk saya atau akan memberikan keuntungan untuk saya.

Pasalnya, selain pengalaman menarik dan berhasil menggunakan asuransi dari temen terdekat. Ada juga salah seorang teman yang berhenti menggunakan asuransi setelah dia membayar beberapa bulan premi yang ia ambil. Dari pengalaman tersebutlah kita harus belajar.

"Saya ngerasa kok kayak gak percaya sama Tuhan kalau nerusin asuransi ya.. kayak nggantungin hidup sama asuransi. Padahal saya juga gak mau tiba-tiba terkena penyakit atau kecelakaan misalnya"

Begitulah kira-kira pernyataanya kepada saya. Saya sendiri merasa beruntung mendengar ceritanya karena saya gak jadi ambil asuransi yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan asuransi besar di Indonesia ini.

Dan semoga.. teman-teman semua bisa menimbang dan memilih apa yang paling bermanfaat untuk kehidupan ini. Termasuk untuk menggunakan atau tidaknya sebuah produk asuransi.

Apa pengalamanmu tentang asuransi? Share yuk.. 

Minggu, 06 Agustus 2017

Glumory Collagen Booster Serum Cara Alami Mengencangkan Kulit

Punya kulit kencang dan sehat pasti menyenangkan. Kita bisa punya kulit yang sehat kalau mau rutin berolahraga, rajin minum air putih minimal 2 liter per hari atau sesuai dengan kebutuhan tergantung aktivitas. Kemudian, kita juga perlu mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang banyak mengandung nutrisi sekaligus menghindari makanan yang tidak sehat yang hanya tinggi kalori namun rendah serat dan gizi seperti makanan-makanan olahan (keripik, roti, sosis, bakso, dan lain-lain).

Collagen Serum (Glumory)

Kulit yang sehat dan kencang akan membuat kita tampil awet muda. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit kita akan mulai kendor sehingga muncullah kerutan-kerutan dan garis-garis halus (keriput). Tahukah kamu apa penyebabnya?

Di antara penyebab mengapa kita mengalami tanda-tanda penuaan (keriput) adalah karena tubuh kita mengalami penurunan kemampuan dalam memproduksi kolagen. Kolagen sendiri adalah bagian penting dari sel kulit yang memicu produksi sel-sel baru untuk menggantikan sel-sel yang sudah mati.

Jadi apabila produksi kolagen menurun, maka sel-sel yang sudah tua dan mati tidak akan segera digantikan oleh yang mudah dan baru sehingga kulit mulai kendor, kehilangan elastisitas, tampak kering, dan keriput.


Penyebab menurunnya produksi kolagen di tubuh


Di antara beberapa penyebab mengapa produksi kolagen di tubuh kita menurut, selain karena usia adalah karena:
  1. Kebiasaan merokok. Menjadi perokok aktif atau menjadi perokok pasif, kedua-duanya yang dapat menyebabkan produksi kolagen di tubuh menurun
  2. Karena sering terpapar sinar matahari antara 10.00-15.00. Karena pada saat itu, sinar matahari mengandung sinar ultraviolet (UVA, UVB, dan UVC) yang dapat menembus kulit dan menyebabkan berbagai masalah mulai dari dehidrasi, sunburn, dan lain-lain. Namun, khusus untuk UVC, sinar ini tidak bisa menembus lapisan atmosfer. Sehingga yang sampai di permukaan bumi dan bisa menembus kulit hanyalah UVA dan UVB


Bagaimana cara mengencangkan kulit


Selain dengan beberapa anjuran di atas, seperti berolahraga dan rajin minum air putih, dll, sebenarnya kita juga bisa mengencangkan kulit dengan menggunakan serum yang mengandung kolagen. Salah satu produk yang bisa Anda coba adalah "Glumory Collagen Booster Serum."

Dalam dunia kecantikan dan dunia kesehatan, serum collagen bukan lagi hal yang aneh. Bahkan, saat ini sudah jamak digunakan untuk mengencangkan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus maupun kerutan.

Di dalam serum ini terkandung :
  • Kolagen murni
  • Stemcell Apple
  • Hyaluronic acid
  • Vitamin dan mineral


Apa manfaatnya?


Manfaat utama serum ini adalah:
  • Collagen. Berfungsi untuk memicu pertumbuhan sel kulit dan membantu meregenerasi sel. Sehingga proses peremajaan kulit bisa terus berlangsung. Apabila sel-sel kulit yang mudah dan baru mengganti sel-sel yang sudah lama, maka kulit pun akan menjadi lebih putih atau terlihat lebih cerah, lebih segar, lebih kencang, elastis, dan halus.
  • Stemcell apel berfungsi untuk memperpanjang umur sel, melindungi sel dari kerusakan, memperlambat proses penuaan sel, apabila collagen dan stemcell apple digabungkan, keduanya bisa membuat kulit menjadi lebih elastis. Dan, fungsi yang lainnya adalah sebagai anti kerut.
  • Hyaluronic acid. Sebenarnya hyaluronic acid diproduksi oleh tubuh kita. Tapi sama seperti kolagen, kemampuan tubuh dalam memproduksi hyaluronic acid akan menurun seiring dengan bertambahnya usia.
    Apa sih sebenarnya manfaatnya? Hyaluronic acid berfungsi untuk meningkatkan kadar air pada kulit sehingga menjadi lebih lembab dan lebih segar
  • Nutrisi berupa vitamin dan mineral. Yang pasti akan memiliki banyak manfaat untuk tubuh terutama untuk kulit. Vitamin C misalnya, yang terkandung di dalam serum collagen ini berfungsi untuk mencerahkan kulit, mempercepat proses penyembuhan, mengatasi peradangan, mengatasi radikal bebas penyebab berbagai penyakit seperti kanker, mencegah kerusakan kulit, melindungi kita dari radiasi matahari, dan lain-lain
Melihat berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh serum ini, rasanya wajar apabila kita tertarik untuk menggunakannya. Apalagi, dunia kesehatan dan dunia kecantikan modern sudah banyak yang memanfaatkan serum kolagen untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dan untuk membuat kulit wajah terlihat lebih cantik.

Sebenarnya tidak hanya itu manfaat serum collagen, melainkan, serum ini juga berfungsi untuk menyamarkan noda hitam di wajah atau flek hitam serta membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak.


Beli Glumory Collagen Booster Serum


Harga serum Glumory Collagen Booster rasanya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan biaya perawatan spa. Apalagi jika mempertimbangkan manfaat yang bisa diberikan, serum collagen ini tergolong ramah kantong. Dimana kita bisa membeli Glumory Collagen Booster Serum?

Jika tertarik, anda bisa menghubungi kontak agen resminya di Indonesia berikut ini.
  • BBM: 5B6F81B9
  • WA: 081224517517
  • Line: Hafara.id
Jika ingin mendapatkan harga lebih murah (promo) sebaiknya kamu like Fanspage Facebook mereka dan Instagram mereka.

Rabu, 14 Juni 2017

Rahasia Menghilangkan Lemak Perut yang Bandel

Alasan utama mengapa saya rajin berolahraga akhir-akhir ini adalah untuk menjaga kebugaran. Tapi selain itu, alasan lainnya adalah karena lemak di tubuh semakin bertambah, terutama di area perut. Perut yang berlemak dan terlihat gendut membuat saya seringkali merasa tidak nyaman saat bergerak. Apalagi ketika menggunakan celana-celana yang di area pinggangnya tidak bisa melar, seperti celana jeans atau celana kain. Whoa..h menyiksa banget!

Rahasia Menghilangkan Lemak Perut yang Bandel
Rahasia Menghilangkan Lemak Perut yang Bandel

Karena alasan itu, akhirnya saya rutin berolahraga. Berbagai jenis olahraga yang saya pilih diantaranya adalah:

  • Berlari (sprint)
  • Senam Tabata
  • Sit up
  • Squat jamp
  • Push up
  • Lompat tali, hingga
  • Angkat beban

Berbagai jenis olahraga tersebut saya pilih karena menurut hasil penelitian saya, olahraga-olahraga tersebut adalah yang paling bisa membuat lemak di tubuh berkurang dalam waktu cepat karena sebagian besar jenis olahraga di atas adalah olahraga intensitas tinggi.

Sprint

Memilih olahraga intensitas tinggi bagi saya lebih efektif karena lebih hemat waktu. Karena melakukan olahraga intensitas tinggi selama 5 menit saja hasilnya hampir sama dengan senam atau jogging selama 40 menit plus melibatkan pemanasan dan pendinginan 10 menit.

Ngomong-ngomong soal penyebab perut berlemak, dari hasil baca-baca saya menemukan bahwa setidaknya ada beberapa hal yang paling berpotensi menyebabkan perut berlemak dan gendut.


1. Jarang beraktifitas


Pekerjaan menuntut saya untuk tidak banyak bergerak karena pekerjaan saya di depan laptop untuk menulis artikel. Hal tersebut semakin diperparah karena saya juga malas untuk jalan kaki ke tempat-tempat tertentu, bahkan ketika saya ingin pergi ke tempat-tempat yang jaraknya tidak terlalu jauh, saya pun lebih sering mengandalkan sepeda motor.

Bekerja di Kantor

Akibatnya, jarang bergerak membuat metabolisme tubuh rendah, tubuh tidak banyak membakar kalori yang kita konsumsi terutama dari nasi dan minuman serta makanan manis lainnya. Yang tidak kalah mengkhawatirkan, tidak ada lemak yang dibakar oleh tubuh sehingga lemah terakumulasi dari waktu ke waktu.


2. Suka makanan dan minuman manis


Banyak orang yang lebih suka mengkonsumsi makanan maupun minuman-minuman manis. Apalagi bagi yang tinggal di Jawa seperti saya, cenderung sulit menghindari makanan-makanan manis karena sebagian besar masakan Jawa di campurkan dengan gula pasir untuk menambah cita rasa (agar gurih).

Minuman bersoda

Kebiasaan menambahkan terlalu banyak gula ke dalam teh dan kopi juga merupakan pemicu kegemukan yang seringkali tidak kita sadari.

Tidak hanya itu, ternyata buah-buahan yang kita jadikan sebagai jus akan berubah lebih manis sehingga berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan. Jus buah tersebut akan menjadi lebih berbahaya jika ditambahkan terlalu banyak gula dan susu yang sudah mengandung gula.

Ada banyak jenis makanan dan minuman manis yang mudah kita temukan serta sering kita konsumsi diantaranya adalah:

  • Kopi manis
  • Teh manis
  • Roti yang banyak mengandung gula
  • Kue-kue
  • Buah-buahan kering seperti kurma dan Kismis
  • Jus buah
  • Minuman bersoda atau minuman ringan
  • Berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

3. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans


Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali tidak bisa menghindari makanan-makanan yang berlemak dan tidak sehat, karena mungkin hanya itu makanan yang ada. Hal tersebut semakin diperparah karena makanan-makanan tidak sehat tersebut sering dihidangkan, bahkan mungkin setiap hari.

Sumber lemak trans

Beberapa sumber makanan yang mengandung lemak trans, yaitu sejenis lemak paling tidak sehat di planet ini, yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan akibat bertambahnya lemak di tubuh adalah:

  1. Semua jenis makanan yang digoreng menggunakan minyak goreng (minyak kelapa sawit)
  2. Daging berlemak termasuk kulit ayam
  3. Es krim
  4. Berbagai jenis makanan beku
  5. Biskuit
  6. Popcorn
  7. Margarin dan mentega
  8. Keripik, hingga gorengan.

Sumber lemak trans yang paling sering kita jumpai adalah makanan-makanan yang digoreng, entah itu berupa ayam goreng, kentang goreng, dan lain-lain. Sangat sulit dihindari karena mungkin makanan-makanan tersebut dihidangkan setiap hari di rumah.

Ketika saya menjalankan program menurunkan berat badan, saya mengurangi makan goreng-gorengan seperti bakwan maupun tahu isi, kemudian saya juga lebih sering memilih sayur-sayuran yang direbus dibandingkan dengan yang digoreng menggunakan minyak. Saya juga lebih memilih daging yang direbus daripada daging yang digoreng, apalagi jika ditambahkan tepung.

4. Takut mengkonsumsi makanan berprotein


Banyak orang tidak berani makan telur setiap hari karena menganggap bahwa telur mengandung kolesterol tinggi. Sehingga banyak orang yang menghindarinya. Padahal, dari apa yang saya baca dari berbagai sumber, sebenarnya telur walaupun mengandung kolesterol namun tidak begitu berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya, justru lebih banyak memberikan keuntungan daripada kerugian.

Menu sarapan sehat

Telur merupakan contoh makanan yang banyak mengandung protein yang bisa membantu mengeliminasi lemak di tubuh. Protein bisa mencegah kenaikan berat badan karena bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Dan yang paling penting, protein bisa membantu menambah massa otot ketika kita berolahraga.

Prinsipnya, apabila masa otot tidak telalu banyak, otomatis tubuh akan diambil alih oleh lemak.

Yang perlu kita lakukan hanyalah menghindari berbagai jenis protein yang banyak mengandung lemak atau daging olahan seperti bakso hingga sosis. Daging sapi misalnya, apabila banyak mengandung lemak perlu kita hindari. Sedangkan daging ayam, kita hanya perlu menghindari bagian kulitnya. Karena kulit ayam sangat banyak mengandung lemak.


5. Tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik


Ada banyak jenis makanan yang mengandung lemak baik (asam lemak omega 3). Makanan-makanan tersebut jarang kita konsumsi karena banyak diantara kita yang tidak tahu bahwa lemak baik seperti lemak tak jenuh sangat dibutuhkan oleh tubuh serta bisa membantu mengeliminasi lemak tidak sehat.

Makanan sumber lemak sehat

Beberapa sumber lemak baik adalah: ikan, terutama ikan salmon. Namun ikan-ikan lainnya seperti ikan tuna juga banyak mengandung asam lemak omega 3. Selain itu, kacang-kacangan serta buah alpukat banyak mengandung asam lemak omega 3.


6. Usia yang bertambah tua


Setelah melewati usia 30 tahun, perlahan kekuatan tubuh kita akan berkurang. Tidak hanya mengalami penurunan kekuatan dan energi, melainkan tubuh kita juga akan mengalami penurunan laju metabolisme, penurunan kekuatan dan massa otot, kemampuan pencernaan penurunan, hingga mengalami penurunan kemampuan membakar kalori dan lemak, dan lain-lain.

Penurunan kemampuan pada tubuh dalam membakar lemak dan kalori semakin diperparah karena kita jarang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung protein yang bisa meningkatkan metabolisme, jarang berolahraga, tidak aktif bergerak, dan banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat.

Pilih hanya makanan sehat di usia tua

Khusus untuk wanita, sejak mereka memasuki usia pubertas, normalnya tubuh mereka akan mulai menyimpan lebih banyak lemak di bagian pinggul dan paha untuk sebagai persiapan hamil dan persalinan.

Kondisi tersebut akan semakin sulit bagi wanita ketika mereka memasuki usia menopause. Karena menopause bisa menyebabkan tubuh menyimpan lebih banyak lemak, tidak hanya di pinggul dan paha melainkan juga di area perut.


7. Tidak menjaga keseimbangan bakteri di dalam usus


Yogurt untuk usus yang sehat
Orang Indonesia masih jarang mengkonsumsi makanan maupun minuman probiotik seperti Yakult dan yogurt. Padahal, menurut apa yang saya baca, makanan dan minuman probiotik sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga:

  • BAB jadi lebih lancar.
  • Bakteri baik bisa membantu menjaga kesehatan usus.
  • Menghindari berbagai kanker usus.
  • Menghindari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan lain-lain. Serta,
  • Mempengaruhi penyerapan kalori dari makanan.

8. Stress


Banyak orang tidak menyadari bahwa stres merupakan salah satu faktor penyebab kenaikan berat badan dan bertambahnya lemak di perut. Apabila terlalu sering stres, biasanya orang tersebut akan lebih banyak makan. Makan sering digunakan sebagai bentuk pelarian untuk mengurangi tekanan.

Hal tersebut memang dibenarkan oleh pakar kesehatan, karena ketika seseorang stres, maka hormon kortisol yang ada di tubuhnya akan meningkat. Hormon inilah yang memicu mengapa seseorang selalu ingin makan ketika stress.

Makan saat stress

Namun tidak hanya itu saja pengaruh yang disebabkan oleh hormon kortisol, melainkan, hormon ini juga akan membuat tubuh kita berpotensi menyimpan lebih banyak lemak di area perut sebagai energi cadangan.

9. Tidak mengkonsumsi makanan yang tinggi serat


Sebagian besar masyarakat Indonesia setiap kali makan pasti selalu menyertakan nasi. Tidak peduli ketika sarapan, makan siang, apalagi makan malam.

Nasi goreng

Nasi merupakan contoh sumber karbohidrat sederhana yang tidak banyak mengandung serat. Parahnya, sebagian besar orang kita cenderung makan lebih banyak nasi dibandingkan dengan sayur dan lauk-pauk.

Hal tersebut berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan serat setiap hari. Padahal, serat sebagian besar bisa kita dapatkan dari makanan berupa sayur dan buah-buahan.

Diet rendah serat akan menyebabkan perut mudah berlemak. Tidak hanya di area perut, melainkan juga di area tubuh yang lainnya. Beberapa contoh makanan rendah serat antara lain:

  • Daging olahan seperti sosis dan bakso
  • Nasi putih
  • Goreng-gorengan
  • Kerupuk
  • Kue basah maupun kering
  • Semua makanan yang terbuat dari tepung beras atau ketan
  • Mie instan
  • Tahu
  • Telur
  • Susu dan berbagai produk susu
  • Mentega
  • Margarin

Kamis, 18 Mei 2017

Cara Install Linux (Ubuntu, Linux Mint, dan Elementary OS)

Install Linux
Kalau kamu tertarik menggunakan sistem operasi berbasis Linux untuk menggantikan sistem operasi Windows yang kamu gunakan saat ini, kamu bisa mengikuti tutorial cara instal Linux berbasis Debian seperti Ubuntu, Elementary OS, Linux Mint dan berbagai turunan Ubuntu lainnya termasuk Kubuntu hingga Ubuntu Studio.


Cara install Linux


Backup semua datamu sebelum mulai menginstall. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan/kehilangan/error/kegagalan/tidak berhasil dalam setiap proses instalasi.


Download file ISO sistem operasi yang akan kamu install.


1. Download Ubuntu terbaru


  • Kunjungi halaman download di website Ubuntu.
  • Klik "Ubuntu Desktop"
  • Sebelum mengklik tombol "Download." Coba scroll ke bawah untuk melihat alternatif OS terbaru.
  • Setelah mengklik tombol "Download,” pada halaman selanjutnya, masukkan jumlah kontribusi jika kamu ingin menyumbang. Namun jika tidak, kamu bisa mengklik tombol "Not now, take me to the download ›" dibagian bawah.
  • Setelah itu, file Ubuntu terbaru akan ter-download secara otomatis dan tersimpan ke hard disk.
Pada umumnya file yang kamu download adalah versi 64-bit. Jika kamu tertarik untuk menggunakan versi 32-bit, kamu bisa mengunjungi halaman download Ubuntu 16.04. Atau download Ubuntu 17.04 untuk versi terbaru. Klik tombol "32-bit PC (i386) desktop image" untuk mendownload file ISO.


2. Cara download file ISO Linux Mint terbaru


Jika kamu lebih tertarik menggunakan Linux Mint untuk mencoba sistem operasi (open source) Linux, kamu bisa mengunjungi link berikut ini. Pada halaman ini, kamu bisa memilih edisi Linux Mint yang ingin kamu install. Sampai tulisan ini di publish, Linux Mint terbaru adalah versi 18.1 (Serena).

Untuk melihat link download, scroll halaman web sedikit ke bawah hingga sampai ke "Download links." Pada halaman ini kamu bisa memilih edisi Linux Mint yang tersedia mulai dari: Cinnamon, Mate, Xfce, dan KDE. Untuk pemula, saya menyarankan kamu mendownload edisi Cinnamon.
  • Klik pada pilihan 32bit atau 64bit. Jika kamu menggunakan komputer berbasis 64-bit (prosesor) maka kamu harus memilih yang 64-bit. Komputer-komputer terbaru biasanya sudah support versi 64-bit. Namun jika kamu menggunakan laptop atau komputer lama, versi 32 bit akan lebih ideal.
  • Setelah mengklik salah satunya, kamu akan dihadapkan pada halaman baru. Pada bagian "Download mirrors," pilihlah salah satu server tempat men-download. Jika kamu menggunakan internet berkecepatan tinggi, dan ingin mendownload lebih cepat, kamu bisa scroll ke bawah hingga menemukan bendera negara China. Kemudian klik tombol "TUNA."


3. Download Linux Elementary OS terbaru


Jika kamu lebih tertarik mencicipi Elementary OS, kamu bisa mengklik link berikut ini untuk mendownload sistem operasi Elementary OS terbaru.
  • Pada pilihan "Pay What You Want:" Pilihlah jumlah uang yang ingin kamu donasikan. Jika tidak ingin mendonasikan sejumlah uang, langsung klik tombol "Custom" kemudian masukkan angka "0" (tambah tanda petik).
  • Klik tombol "Purcashe Elementary OS"
  • Pada dialog "Choose a Download," Klik tombol "Download."
  • File ISO Elementary OS akan segera ter-download secara otomatis. Untuk sementara, Elementary OS hanya menyediakan versi 64-bit untuk sistem operasi terbaru (Elementary OS Loki).


Cara membuat USB bootable Linux


Setelah kamu mendownload file ISO dari sistem operasi yang kamu inginkan, langkah instalasi bisa dimulai dari:
  1. Sediakan USB berkapasitas minimal 4 GB.
  2. Colokan USB pada PC atau laptop.
  3. Install Lili


  • Jalankan Lili.
  • Pada jendela Linux Live USB Creator (Lili) klik:
    • Step 1: pilih USB yang kamu gunakan.
    • Step 2: klik pada "ISO/IMG/ZIP"
    • Cari dan klik file dengan ekstensi ISO yang sudah kamu download (Linux Mint, Ubuntu, atau Elementary OS).
    • Step 3: masukkan antara 16-512 MB.
    • Step 4: centang pada:
      • Centang “Hide created files on key” (Jika kamu ingin file ISO yang di-copy-kan ke USB tidak terlihat)
      • Centang pada “Format the key in FAT32” untuk memastikan USB menggunakan format FAT32.
      • Jangan centang "Enable launching LinuxLive in Windows" (Tapi kalo kamu mau, kamu boleh mencentangnya).
    • Step 5: Klik tombol bergambar petir berwarna kuning untuk memulai membuat bootable Linux USB.
    • Tunggu hingga proses selesai.
  • Restart komputer.


  • Cara Install Linux lewat USB


    Cara booting dari USB


    1. Untuk booting dari flash disk (USB). Saat komputer booting (hidup), tekan F12 (ketika muncul tulisan "Press F12 to Choose Boot Device" di layar komputer)
    2. Setelah itu, kamu akan melihat menu dengan beberapa pilihan. Pilihlah “USB Drive” dengan menggunakan keyboard lalu tekan Enter.
      • Jika komputer tidak support F12. Untuk "boot from USB" kamu bisa masuk Bios terlebih dahulu sesaat setelah komputer booting dengan menekan key "Delete," pada keyboard atau beberapa laptop menggunakan key “Esc” atau "F1" atau "F2."
      • Pada BIOS, masuklah ke "Advenced Bios Features"
      • Pilih "boot device select," lalu pilih "boot device"
      • Pada "Boot order" Pilihlah USB-HDD. Kemudian naikkan ke paling atas dengan menggunakan F5 atau F6 sesuai dengan perintah yang terdapat di sebelah kanan.
      • Tekan F10 untuk restart dan menyimpan settingan yang diubah.
    3. Setelah booting dari USB. Pada pilihan metode instalasi. Pilihlah:
      • Install Ubuntu/Linux Mint/Install Elementary OS. Kemudian tekan Enter.


    Langkah Instalasi Linux


    1. Pada menu dialog yang keluar (Welcome). Pilih bahasa yang ingin kamu gunakan (English) kemudian klik tombol "Continue."
    2. Pada jendela "Preparing to install Ubuntu/Linux Mint/Elementary OS. Centang "Download update while installing Ubuntu" kalo kamu ingin update dan kebetulan terhubung ke internet. Tidak usah di centang jika ingin proses install selesai lebih cepat.
    3. Centang pada "Install third party software for graphics and WiFi hardware, Flash, MP3 and other media." Kemudian klik tombol "Continue"
    4. Pada jendela "Installation type." Pilih "Install Ubuntu alongside Windows XP/7/8/10" Jika kamu ingin menggunakan 2 sistem operasi (Windows dan Linux) di satu komputer. File-file kamu yang ada di Windows tidak akan hilang dan bisa kamu buka dari Windows maupun dari Linux.
    5. Pilihan kedua. Kamu bisa mencentang pada "Replace Windows with Ubuntu." Jika memilih opsi ini, maka semua file mulai dari OS Windows dan semua data akan terhapus dan digantikan dengan Linux yang kamu install.
    6. Pilihan ketiga. Jika pilihan "Install Ubuntu alongside Windows X" tidak tersedia, kamu bisa memilih "Something else" di bagian paling bawah.
      1. Setelah memilih "Something else" untuk menginstal Linux. Lanjutkan dengan menekan tombol "Install now"
      2. Kemudian pilih lagi "Something else" lalu tekan tombol "Install now"
      3. Pada jendela selanjutnya, kita akan membuat beberapa partisi. Caranya:
        • Tekan tombol "+"
        • Kemudian pada jendela dialog yang keluar masukkan jumlah hardisk space yang ingin kamu alokasikan untuk Linux. Misalnya, Size: 20240 MB = 20GB.
        • Type of the new partition: Primery
        • Location for the new partition: Begining of this space.
        • Use as: Ext2 file system
        • Kemudian tekan tombol "OK"
        Pilih "Free space"
      4. Tekan tombol "+" Kemudian pada jendela dialog yang keluar:
        • Size: 2024 MB
        • Type for the new Partition: Logical
        • Location for the new partition: Beginning of this space
        • Use as: swap area
        • Klik tombol OK
      5. Pilih "Free space"
      6. Tekan tombol "+" Kemudian pada jendela dialog yang keluar:
        • Size: 30000 MB (30GB atau sesuaikan dengan jumlah HDD yang tersedia)
        • Type for the new partition: Logical
        • Location for the new partition: Beginning of this space
        • Use as: Ext4 journaling file system
        • Mount point: /
        • Klik tombol OK
      7. Klik tombol "Install now"
      8. Pada dialog yang keluar klik tombol "Continue"
      9. Kemudian klik tombol "Continue" sekali lagi


  • Pada jendela "Where are you" klik pada lokasi tempat kamu tinggal misalnya dengan memilih "Jakarta" untuk kamu yang tinggal di Indonesia bagian barat (WIB). Kemudian klik tombol "Continue."
  • Pada jendela "Keyboard layout" pilih "English." Kemudian Klik tombol "Continue"
  • Pada jendela "Who are you?" masukkan identitas diri kamu mulai dari namamu, nama komputer (sesuai keinginanmu), username, kemudian password (1-32 character), kemudian lanjutkan dengan memilih "Log in automaticly" kalo kamu tidak ingin memasukkan password ketika masuk ke dalam Linux setiap kali menyalakan komputer. Kemudian Klik tombol "Continue"
  • Proses instalasi sedang berjalan. Tunggulah sampai selesai (Installation Complete). Kemudian Klik tombol "Restart Now."


  • Finishing


    1. Biarkan komputermu restart. Sampai di sini proses install Linux Ubuntu/Linux Mint/Elementary OS sudah selesai.
    2. Saat komputer mati (restart). Cabut USB yang kamu pakai untuk menginstal. Atau langsung masuk ke dalam BIOS kalo sebelumnya kamu mengubah “First Boot” di Bios. Lalu Kembalikan ke posisi semula dengan menempatkan HDD sebagai boot utama (paling atas).
    3. Kalau kamu memilih menggunakan dual boot sistem operasi, yaitu Windows dan Linux, ketika menghidupkan komputer--kamu akan dihadapkan pada pilihan "Grub" apakah akan masuk ke Windows atau Linux. Pada umumnya posisi kursor (default) berada pada Linux yang kamu install terakhir, dengan "Countdown timer" mulai dari 10 detik.


    Cara instal software di Linux berbasis Debian (*.deb)


    Untuk proses instalasi software dan setting, bisa kamu lihat pada artikel Cara instal software di Linux berbasis Debian.

    Cara Install Software di Linux Berbasis Debian

    Blender (3D Software) di Linux

    Ada banyak Linux berbasis Debian yang cukup populer dan banyak digunakan sebagai sistem operasi utama di laptop atau komputer karena cukup aman, stabil, punya dukungan software yang lumayan banyak, dan tidak sedikit yang punya UI keren. Namun banyak orang yang malas menggunakan sistem operasi berbasis Linux karena menganggap proses instalasi software di Linux sulit.

    Bagi kamu yang ingin beralih menggunakan sistem operasi Linux yang gratis untuk menghindari penggunaan Windows bajakan atau berbagai software bajakan di Windows. kamu bisa mengikuti tutorial cara instal software di Linux berbasis Debian berikut ini.

    Lihat cara install Linux step by step.

    Linux berbasis Debian

    Berikut adalah beberapa distribusi (distro) OS Linux berbasis Debian yang bisa mengikuti tutorial di bawah.
    1. Ubuntu

      • Ubuntu
      • Ubuntu gnome
      • Ubuntu mate
      • Ubuntu budgie
      • Ubuntu Server
      • Ubuntu Studio
      • Ubuntu touch
      • Ubuntu TV
      • Ubuntu Kylin
      • Kubuntu
      • Edubuntu
      • Lubuntu
      • Xubuntu
      • Linux Mint
      • Elementary OS
      • Zorin OS
      • Linux Lite
      • Kde Neon
      • LXLE
      • Peppermint OS
      • Ultimate edition
      • Bodhy Linux
      • Black Lab Linux
      • WattOS
      • Ubuntu Studio
      • BlackBox Linux
      • Trisquel GNU
      • Voyager live
      • ChaletOS
      • Feren OS
      • Greenie Linux
      • Emmabuntus
      • APODIO
      • Pinguy OS
      • Pearl Linux OS
      • UTUTO
      • Swecha
      • Tuxtrans
      • Ulteo Open Virtual Desktop
      • NexentaStor
      • LliureX
      • REMnux
      • OpenLX
      • Karoshi
      • MAX: Madrid_Linux
      • Linuxfx
      • Linux Caixa Mágica
      • OSGeo-Live
      • Linux Mangaka
      • Kaiana
      • AbulÉdu
      • LuninuX OS
      • UberStudent
      • Leeenux
      • Bio-Linux
      • KXStudio
      • CAINE
      • MakuluLinux
      • Peach OSI
      • Runtu
      • Zentyal Server
      • DEFT Linux
      • Vinux
    2. Astra Linux
    3. Collax
    4. Damn Small Linux
    5. Finnix
    6. KNOPPIX
    7. Ordissimo
    8. Parsix GNU/Linux
    9. Debian JP
    10. Cumulus Linux, dan lain-lain

    Cara install software berbasis Debian

    Cara install software Linux secara online via terminal

    Bagi kamu yang sudah menginstal Linux berbasis Debian, kamu bisa mengikuti cara berikut ini untuk menginstal software secara online dengan menggunakan terminal (semacam DOS di Windows). Cara ini bisa kamu terapkan pada komputer atau laptop terhubung ke internet.

    1. Update dan upgrade

      • Hubungkan laptop atau komputermu ke internet menggunakan kabel LAN, WiFi, atau bisa juga menggunakan modem.
      • Buka aplikasi terminal/console/shell. Kemudian ketikan atau copy-paste commands yang akan dimasukkan sesuai dengan apa yang akan di install.

        Sebelum mulai menginstal software, pada umumnya kita diminta untuk update dan upgrade. Untuk update dan upgrade kamu bisa mengetikkan/copy-paste commands berikut di ikuti dengan menekan tombol ENTER dan mengetikkan password komputer setiap pertama kali kamu menggunakan perintah (commands) "sudo":
      • sudo apt-get update
      • sudo apt-get upgrade
      • Bisa juga ditulis langsung secara bersamaan:

        sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade
    2. Google Chrome 64-bit (browser)

      sudo apt-get install google-chrome-stable

      Atau

      sudo apt-get install google-chrome-beta
    3. Uninstall Google Chrome

      sudo apt-get purge google-chrome-stable

      Atau

      sudo apt-get autoremove
    4. VLC (Video player)

      sudo apt-get install vlc

      Atau

      sudo add-apt-repository ppa:djcj/vlc-stable

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install vlc
    5. Cara uninstall VLC lewat terminal

      sudo apt-get remove vlc
    6. Libreoffice (word processor, spreadsheet, presentation)

      sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa

      sudo apt update

      sudo apt install libreoffice-gtk2 libreoffice-gnome
    7. Cara uninstall libreoffice via terminal

      sudo apt install ppa-purge && sudo ppa-purge ppa:libreoffice/ppa
    8. Install OpenShot (video editing)

      sudo add-apt-repository ppa:openshot.developers/ppa

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install openshot-qt

      Atau

      sudo add-apt-repository ppa:openshot.developers/libopenshot-daily

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install openshot-qt
    9. Uninstall Openshot

      sudo apt-get remove openshot

      Atau

      sudo apt-get purge openshot
    10. Inscape (vector graphic)

      sudo apt install inkscape
    11. Uninstall inkscape

      sudo apt-get remove inkscape

      Atau

      sudo apt-get purge inkscape
    12. Kazam (screen recorder/screen capture)

      sudo apt-add-repository ppa:sylvain-pineau/kazam

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install kazam
    13. Uninstall Kazam

      sudo apt-get remove kazam

      Atau

      sudo apt-get purge --auto-remove kazam

      (Jika kamu ingin mendelet semua konfirgurasi dan data serta file Kazam. Bisa juga diterapkan pada software yang lainnya)
    14. GIMP image editor

      sudo add-apt-repository ppa:otto-kesselgulasch/gimp

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install gimp
    15. Uninstall GIMP

      sudo apt-get purge gimp
    16. Elementary OS Tweak

      sudo add-apt-repository ppa:mpstark/elementary-tweaks-daily

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install elementary-tweaks
    17. Skype

      sudo apt-get install skype
    18. Torrent client

      sudo apt-get install transmission
    19. Rar

      sudo apt-get install rar
    20. Java

      sudo apt-get install icedtea-7-plugin openjdk-7-jre
    21. Cara menghemat baterai dan mengurangi overheting pada laptop atau PC

      sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install tlp tlp-rdw

      sudo tlp start
    22. Audacity (Audio editing)

      sudo add-apt-repository ppa:ubuntuhandbook1/audacity

      sudo apt-get update

      sudo apt-get install audacity
    23. Brasero (CD dan DVD Burner)

      sudo apt-get install brasero 

    Cara install software di Linux (Debian) secara manual (offline)

    1. Opera (browser)

      • Kunjungi situs Opera
      • Klik tombol "Download now." Setelah proses download Opera selesai,
      • Klik Kanan file Opera.deb yang kamu download kemudian,
      • klik "Open in software Center"
      • Atau bisa juga di install dengan menggunakan terminal. Caranya,
      • Tempatkan file tersebut di folder "Downloads"
      • Buka jalankan Terminal. Lalu masukkan commads
      • cd Downloads (Enter)
      • sudo dpkg -i opera-stable_45.0.2552.812_i386.deb (Enter).

        ("opera-stable_45.0.2552.812_i386.deb" harus diketikkan sesuai dengan nama file yang kamu download)
      • Ketika Terminal meminta "[sudo] password for namamu:" masukkan password komputer
      • Apabila muncul dialog, kamu bisa memindahkan kursor dengan menggunakan Key "Tab" pada keyboard. Pilih Ok atau Yes. Lalu tekan enter. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
    2. WPS Office

      • Download WPS Office untuk Linux di sini pilih WPS Office yang akan di download sesuai dengan sistem operasi yang kamu install apakah itu 32bit atau 64bit. File yang paling atas adalah yang terbaru.
      • Jangan lupa mendownload Fonts.
      • Cara menginstal file WPS Office yang kamu download sama dengan cara menginstal Opera di atas.

    Cara instal software melalui software Center

    1. Ubuntu.

      • Jalankan Ubuntu software center dari dock di sisi sebelah kiri.
      • Gunakan fasilitas search untuk mencari software yang mau di-install.
      • Atau kamu juga bisa memilih berdasarkan kategori.
      • Setelah software yang kamu inginkan ketemu, klik tombol instal dan tunggu prosesnya hingga selesai. Atau kamu bisa memilih lagi software lainnya yang akan di install.
    2. Linux Mint

      • Klik start menu kemudian cari "Software Manager"
      • Pada software Manager, carilah aplikasi yang akan di install kemudian tekan tombol install
      • Tunggu hingga selesai
    3. Elementary OS

      • Klik "Application" launcher di pojok kiri atas.
      • Pilih "Software Center"
      • Cari aplikasi yang ingin kamu install. Klik. Kemudian tekan tombol "Install"
      • Tunggu proses hingga selesai
    Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menginstal software di sistem operasi berbasis Linux (Debian) seperti Elementary OS, Ubuntu, Linux Mint, Puppy Linux, dan lain-lain.

    Jangan Mengaku Orang Jujur Kalau Kamu Masih Suka Membajak

    Membajak berarti mencuri 

    Dalam kehidupan sehari-hari, banyak diantara kita yang suka mendengarkan musik, menonton film, dan menggunakan komputer untuk bekerja dan mencari uang. Tapi sayangnya, musik yang kita dengar, film yang kita tonton, hingga sistem operasi dan software yang kita gunakan di komputer (PC) sebagian besarnya adalah produk bajakan. Padahal, sudah ada undang-undang yang cukup jelas mengenai penggunaan produk bajakan dan ancamannya. Bahkan, hanya mengcopy atau menggunakannya tanpa izin dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

    Membajak berarti mencuri. Apapun agamamu, saya yakin bahwa agamamu pasti mengajarkan dan menganjurkan kamu untuk selalu jujur dalam setiap kesempatan. Sedangkan membajak adalah kegiatan yang sudah pasti tidak jujur, karena merugikan pemilik lisensi musik, film, hingga software, dll.

    Itu baru sebatas musik, film dan software. Belum lagi apabila kita menghitung (brand) baju-baju sepak bola (jersey), sepatu, dan berbagai benda KW lainnya. Yang sebagian besar dibuat tanpa izin dari pemilik lisensi. Apabila kamu tau dan sengaja membeli produk bajakan, atau sengaja menggunakan produk bajakan, itu sama aja kamu juga ikut mendukung kegiatan membajak.

    Karena kita hidup hanya sekali, maka kejujuran setidaknya harus ada di dalam diri kita. Tidak hanya untuk diajarkan kepada anak keturunan, melainkan harus dimulai dari diri pribadi.


    Cara agar terhindar dari kegiatan membajak


    Saya sendiri sudah mencoba melepaskan diri dari berbagai benda maupun hal-hal yang berbau bajakan. Mulai dari sistem operasi untuk laptop, saya tidak tidak lagi menyimpan MP3 bajakan, tidak menyewa/menonton film ilegal, dan sebisa mungkin menghindari berbagai produk KW.

    Untuk menghindari semua itu, berikut adalah cara yang saya terapkan.


    Mendengarkan musik

    Cara legal mendengarkan musik

    Sejak dahulu saya adalah salah satu penyuka musik. Dahulu saya sengaja menyimpan dan mengoleksi berbagai MP3 dalam jumlah yang sangat banyak. Bahkan kadang-kadang, berbagai lagu tersebut kebanyakan tidak sempat saya dengarkan karena jumlah koleksi yang enggak terhitung.

    Namun akhirnya saya memutuskan untuk menghapus semua file MP3 (lagu) yang saya miliki, dan kemudian beralih mendengarkan musik legal.
    • Langkah pertama yang saya lakukan adalah berlangganan internet berkecepatan tinggi agar bisa streaming. Namun saya tidak mendengarkan musik streaming dari sembarang tempat. Saya memilih hanya yang legal.
    • Website yang menyediakan musik legal untuk didengarkan diantaranya adalah:
      1. musicmp3.ru - ini adalah situs favorit saya karena menyediakan banyak sekali lagu yang bisa didengarkan secara gratis sebelum dibeli. Mulai dari yang jadul hingga yang terbaru. Yang membuat saya kerap mengunjungi situs ini adalah, kita tidak dibatasi dalam memutar musik. Bahkan musik yang sama bisa kita putar berkali-kali setiap hari. Kemudian, kita juga bisa skip sesuka hati tanpa ada batasan.
      2. jango.com - ini adalah situs lainnya yang sering saya kunjungi. Konsepnya sangat mirip dengan berbagai music streaming modern seperti Sportify.
      3. spotify.com. Selain punya web, musik di sportify juga bisa kamu dengarkan melalui gadget berbasis Android atau iOS. Namun sayangnya, kita hanya bisa mendengarkan musik secara acak. Jumlah "skip" yang diperbolehkan sangat terbatas untuk user non premium. Jadi jika kamu ingin bisa men-skip musik tanpa batas, kamu harus membayar.
      4. Joox. Adalah pilihan aplikasi lain yang sering digunakan untuk mendengarkan musik di gadget (smartphone). Tapi sayangnya, aplikasi ini butuh waktu loading yang sangat lama sehingga saya sering meninggalkannya sebelum musik diputar. Namun ini adalah salah satu tempat di mana kita bisa mendengar musik secara legal.
      5. Saya menghindari mendengarkan musik dari SoundCloud karena ada banyak musik ilegal yang di-upload oleh orang-orang tidak bertanggung jawab (pembajak).
      6. YouTube adalah tempat di mana kita bisa melihat video sekaligus mendengarkan audio (musik). Lagi-lagi, ketika memilih musik yang akan saya putar di Youtube, saya juga sangat pemilih. Saya hanya memutar musik-musik yang di-upload oleh penyedia resmi seperti:
        • Vevo, atau
        • Melalui official channel dari artis pemilik video
      Kalo enggak pengen streaming, sebenarnya kamu juga bisa membeli musik mp3 yang resmi untuk didengar secara offline, melalui:
      • musikkamu.com
      • Musiklegal.com
      • Langitmusik.com
      • Melon.co.id
      • Importmusik.com
      • Google Play


    Tempat nonton film yang legal

    Film ilegal

    Saat ini, website tempat menonton video ilegal (bajakan) tumbuh bak jamur di musim hujan, mulai dari Ganool, nontonfilm77, senimovie, filmbagus21, dan masih banyak yang lainnya. Namun tentu saja, film-film yang ada di sana adalah film bajakan yang seharusnya tidak kamu tonton.

    Kalo kamu tertarik untuk menonton film legal, sekarang kita sudah bisa menyewa atau membeli film legal melalui:
    • Google Play
    • Nonton di netflix
    • Hooq
    • Iflix, dll.
    Dari berbagai pilihan tersebut, menyewa film atau membeli film di Google Play adalah alternatif yang paling mudah. Karena kita bisa membayar dengan cara potong pulsa.


    Software dan sistem operasi

    Software bajakan

    Masih banyak diantara kita yang menggunakan sistem operasi Windows bajakan dan software-software bajakan seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, Microsoft Office, Cool Edit, Adobe After Effect, 3D Max, dan lain-lain.

    Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan OS dan software non bajakan, kamu bisa:
    • Membeli PC atau laptop yang sudah menyertakan sistem operasi Windows. Jika membeli PC atau laptop tanpa sistem operasi, ada baiknya kamu menggunakan Linux. Karena membeli sistem operasi Windows secara terpisah biasanya sangat mahal.
    • Ganti software bajakan dengan yang gratisan. kamu bisa melihat beberapa alternatif software pengganti di sini.


    Menghindari barang KW

    Jersey Asli vs KW

    Bagi yang suka bola (biasanya sih cowok-cowok neh), memakai jersey klub bola favorite bisa jadi sebuah kebanggaan. Tapi sayangnya, banyak pencinta bola yang enggak paham kalau sebenarnya, jersey bola punya lisensi, sehingga tidak boleh di buat sembarangan (tanpa izin). Tapi di Indonesia, kita masih sering ngeliat orang-orang yang berusaha untuk mengais rupiah dengan membuat Jersey KW (bajakan).

    Emang sih, yang asli harganya lumayan mahal. Tapi kita kudu inget, "jujur itu memang mahal bro." Kalau saya pribadi, saya lebih suka enggak pake jersey KW saat dukung team kesayangan dan lebih milih pake kaos yang biasa-biasa aja asal penampilan tetap oke, rapi, sopan, tapi pastinya TETEP SEMANGAT.

    Karena menurut saya, mendukung tim favorit enggak harus sampai menjerumuskan kita melakukan hal-hal yang ilegal. Yang justru sebenarnya merugikan team tersebut. Karena biasanya (team sepakbola) salah satu sumber pemasukannya adalah melalui jualan jersey. Jadi, sebagai pencinta klub, jangan sampe kamu beli jersey KW, termasuk KW super! karena sama aja kamu ngarep klub favoritmu merugi/bangkrut.

    Sebenarnya enggak hanya terbatas pada jersey, kita juga harus teliti ketika membeli boneka, sepatu, jam tangan, dan berbagai aksesoris lainnya. Karena enggak sedikit di antara benda-benda tersebut sebenarnya berlisensi namun dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    Remember...

    "Lebih baik susah di dunia daripada susah di akherat! Ya gag bro?"

    Cara Migrasi dari Windows ke Linux

    Beberapa tahun belakangan ini saya menggunakan Linux sebagai sistem operasi di laptop. Banyak alasan mengapa saya memilih Linux sebagai sistem operasi di laptop (PC), mulai dari gratisan hingga menghindari bajakan. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat sedikit cerita saya di sini mengenai alasan saya memilih Linux dan meninggalkan berbagai produk bajakan mulai dari lagu, film, software, aplikasi, hingga sistem operasi.

    Sebenarnya saya sudah pernah belajar sedikit mengenai Linux ketika berada di bangku kuliah. Namun pada saat itu, saya sama sekali tidak tertarik untuk menggunakannya karena sudah asik menggunakan Windows. Saya secara pribadi memang mengakui bahwa Windows maupun sistem operasi Macintosh jauh lebih unggul dibandingkan dengan Linux dalam hal kemudahan dan dukungan software.

    Walau demikian, di Linux kita tetap bisa menggunakan berbagai free software maupun software berbayar untuk menggantikan beberapa software versi Windows atau Mac. Yang tentu saja terdapat banyak perbedaan. Mulai dari antarmuka, stabilitas, shortcut, dan lain-lain.

    Walau demikian, hanya butuh sedikit waktu untuk belajar hingga terbiasa menggunakan sistem operasi baru dan software-softwarenya. Sama seperti ketika kita menggunakan fiturphone dan kemudian beralih ke smartphone, atau sebaliknya.

    Disini saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai berbagai keunggulan dan kekurangan Linux dibandingkan Windows maupun Mac. Namun, saya akan mencoba sedikit membahas pengalaman saya bermigrasi dari Windows ke Linux; termasuk pilihan software yang saya gunakan untuk menggantikan software yang sudah terbiasa saya gunakan di Windows dahulu.

    Cara bermigrasi dari OS Windows ke Linux

    Memilih Distro Linux yang paling tepat


    Tidak seperti sistem operasi lainnya, Linux memiliki banyak varian dan distro (varian turunan). Macam-macam Linux yang sangat terkenal di antaranya adalah:
    • RedHat
    • Debian
    • Mandrake/mandriva, dan
    • SuSe
    Macam-macam Linux tersebut memiliki beberapa turunan yang disebut dengan “distro.” Diantara yang cukup terkenal adalah:
    1. Debian
      • Ubuntu
        • Linux mint
        • Kubuntu
        • Ubuntu Studio
        • BlankOn Linux
        • Elementary OS, dan lain-lain.
      • Knoppix
    2. RedHat
      • CentOS
      • Fedora
      • Mandriva
      • PC Linux OS
    3. Suse (opensuse)
      • Suse Linux enterprise server
      • Suse Linux enterprise desktop
    Sebenarnya ada puluhan bahkan mungkin mencapai ratusan distro yang dikembangkan oleh berbagai orang dari berbagai komunitas. Namun saya pribadi lebih suka menggunakan sistem operasi Linux berbasis Debian karena dukungan softwarenya yang lumayan banyak dan mudah ditemukan.


    Linux yang saya pilih

    Elementary OS Desktop
    Elementary OS

    Distro linux yang saya gunakan untuk bekerja sehari-hari adalah Elementary OS. Saat ini Elementary OS sudah mencapai versi 0.4 (Elementary OS "Loki"). Ini adalah distro turunan dari Ubuntu. Saya pribadi sebenarnya sangat menyukai Ubuntu karena:
    • Stabil
    • Aman
    • Punya antarmuka yang cantik
    • Terlihat unik
    • Dukungan software yang berlimpah.
    Namun Ubuntu kurang cocok untuk pemula. Karena antarmukanya yang sangat berbeda dengan Windows.
    Ubuntu Linux

    Tapi mengapa saya lebih memilih Elementary OS sebagai sistem operasi utama dibandingkan UBUNTU? Alasannya:
    • Antarmuka yang sederhana (clean) dan mirip Mac OS (Saya salah satu penyuka antar muka Mac OS).
    • Daya tahan baterai laptop yang lebih panjang dibandingkan dengan Ubuntu.
    Berbeda dengan saya, istri lebih suka menggunakan Linux Mint (Cinnamon) Alasan ia memilih Linux mint adalah karena:
    • Antarmuka yang sangat mirip dengan Windows; sehingga ketika bermigrasi dari Windows, ia sama sekali tidak kesulitan.
    • Linux mint juga merupakan turunan dari Ubuntu sehingga dukungan softwarenya juga banyak.
    • Tampilannya sederhana dan mudah digunakan.

    Rekomendasi distro Linux untuk pemula

    Linux Mint
    Linux Mint Cinnamon

    Bagi pemula, saya pribadi sangat merekomendasikan:
    1. Linux mint. Tampilannya sangat mirip dengan Windows XP/7
    2. Ubuntu. Jika kamu ingin dukungan software yang lengkap dan sistem operasi yang stabil.
    3. Elementary OS, adalah pilihan lain jika kamu ingin tampilan yang bersih dan unik, sangat mirip dengan Mac OS.

    Cara menginstal Linux di komputer

    Ada dua pilihan hasil install yang bisa dicoba yaitu,
    • Install alongside Windows. Jika memilih metode ini, kamu akan menggunakan dua sistem operasi yaitu, sistem operasi Windows dan sistem operasi Linux. Pilihan apakah kamu akan masuk ke Windows atau ke Linux akan muncul sesaat setelah kamu menekan tombol power on.
    • Erase disk and install Linux. Pilihan ini bisa digunakan untuk me-replace sistem operasi Windows. Jika kamu memilih metode ini, maka sistem operasi Windows termasuk data dan file file akan terhapus.
    Untuk pemula, ada baiknya kamu memilih menggunakan dual boot sistem operasi (Install alongside Windows).

    Lihat disini cara menginstal Ubuntu, Linux mint, atau Elementary OS dengan menggunakan flashdisk (USB)

    Selain memilih jenis distro, ketika mendownload file ISO untuk sistem operasi yang kamu inginkan, biasanya akan ada pilihan, apakah kamu ingin mendownload sistem operasi versi 32bit atau 64bit. Apa perbedaanya?

    Sistem operasi 32bit dan 64bit

    Ini harus menjadi pertimbangan. Pada umumnya, komputer yang dilengkapi dengan prosesor generasi baru yang support 64-bit dan didukung RAM 2GB akan disarankan menggunakan sistem operasi berbasis 64-bit. Beberapa perbedaannya adalah:
    • Sistem 64-bit mendukung RAM lebih dari 4 GB.
    • Sistem 32 bit kesulitan memetakan RAM lebih dari 4 GB (tidak maksimal).
    • Sistem operasi 64 GB didukung oleh Google Chrome. Jadi jika kamu memilih menginstall versi 32GB, kamu tidak akan bisa menginstal browser Google Chrome di Linux. Jikalau pun bisa, kamu harus menginstalnya secara manual dan mencari file *.deb/*rpm sendiri karena Google versi 32 bit untuk Linux sudah tidak lagi dilanjutkan pengembangannya.
    Tentu saja masih ada banyak perbedaan antara sistem 32 bit dan 64bit. Namun komputer jadul sangat cocok menggunakan sistem operasi berbasis 32bit.

    Pilihan software pengganti

    Salah satu alasan saya menggunakan Linux adalah karena sebagian besar software yang ada di Windows adalah software berbayar. Bahkan, Windows itu sendiri tentu saja harus kita beli jika tidak terintegrasi dengan laptop atau pc yang kita beli.

    Harga software yang mahal membuat banyak orang memilih menggunakan software bajakan. Padahal, membajak sama dengan mencuri. Jadi jika kamu menggunakan Windows dan berbagai software bajakan lainnya untuk bekerja sehari-hari, kamu perlu mengintrospeksi diri.

    Untuk mengganti beberapa software yang biasa kamu gunakan di Windows seperti Microsoft Word, Excel, Photoshop, CorelDRAW, dan lain-lain; saat menggunakan Linux beberapa pilihan yang tersedia adalah:
    1. Microsof office:
      • WPS Office
      • Libreoffice
      • Open Office
      Saya sendiri memilih menggunakan WPS Office karena tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Office. Kamu bisa membaca beberapa tips menggunakan WPS Office untuk Linux disini.
    2. CorelDRAW dan Adobe Illustrator:
      • Inkscape
    3. Adobe Photoshop:
      • Gimp image editor
    4. Browser:
      • Firefox
      • Google Chrome (64bit only)
      • Opera Stable
      • Opera beta
      • Opera Developer
      • Chromium web browser (32 bit & 64 bit), dll.
    5. Adobe Audition dan Cool Edit Pro:
      • Audacity
    6. CD dan DVD burner:
      • Brasero disk burner
      • K3b
    7. Video player:
      • VLC
      • Video
    8. Audio player:
      • Music
      • Banshee
      • MPlayer
      • MPV
      • Audacious
    9. Video editor:
      • Openshot video editor
      • Pitivi
      • Blender
      • Kdenlive
      • Avidemux
    10. 3D Max dan Maya (3D software):
      • Blender
    11. Video editor
      • Pitivi 
      • Blender
      • Kdenlive
      • Avidemux
    12. 3D Max dan Maya (3D software):
      • Blender
    Jika kamu punya pertanyaan tentang beberapa software terbaik untuk me-replace software yang kamu gunakan di Windows, jangan ragu-ragu untuk menuliskan pertanyaan kamu pada kolom komentar di bawah.