Laki-Laki Masak dan Bikin Camilan? Kenapa Nggak!

Laki-Laki Masak dan Bikin Camilan? Kenapa Nggak!

Meski istri lebih sering masak dibandingkan dengan saya sebagai suami, tapi saya sebenarnya tidak begitu canggung untuk memasak.

Bahkan, saya juga sering meluangkan waktu untuk membuat berbagai macam cemilan. Entah itu untuk saya makan sendiri, ataupun untuk keluarga.

Karena menurut saya, laki-laki itu juga perlu bisa masak. Baik masak sayur, berbagai lauk-pauk, hingga camilan.

Memasak memang bukanlah hal asing buat saya. Karena sejak masih di pondok pesantren, saya sudah terbiasa memasak sendiri.

Dan, sekarang, setelah menikah, meski kegiatan masak-memasak lebih banyak diambil alih oleh istri, tapi saya juga tidak ragu untuk membantu.

Masak Lebih Mudah Berkat Bumbu Praktis

Di era modern ini, orang-orang ingin serba instan. Karena itu, tidak mengherankan apabila kita bisa dengan mudah menjumpai berbagai macam bumbu siap pakai di pasar hingga di minimarket.

Berkat keberadaan bumbu inilah, orang yang tidak jago masak pun jadi bisa dengan mudah memasak berbagai masakan dengan cita rasa yang tidak kalah enak dibandingkan dengan mereka-mereka yang sudah biasa masak.

Dari sekian banyak bumbu yang ada di pasaran, tepung bumbu dari Kobe adalah salah satu yang menurut saya cukup enak dan sangat membantu, ketika ingin membuat berbagai macam makanan, terutama goreng-gorengan.

Kobe yang dikenal sebagai “ahlinya tepung bumbu” banyak menawarkan tepung bumbu yang bisa langsung diolah dengan berbagai jenis makanan dan menghasilkan cita rasa yang benar-benar profesional.

Sebut saja, Kobe Tepung Tempe Kriuk yang bisa bikin tempe jadi gorengan yang super enak, Kobe Tepung Kentucky Super Crispy untuk menggoreng ayam, lalu ada juga Kobe Tepung Pisang Goreng, hingga Kobe Tepung Bakwan Kress yang akan saya ulas pada artikel kali ini.

Saya sendiri adalah seorang penggemar bakwan. Tidak terkecuali dengan keluarga saya yang memang rata-rata menyukai goreng-gorengan.

Dari sekian banyak gorengan khas Indonesia yang saya sukai, bakwan adalah salah satunya.

Kalau ngomongin soal bakwan, gorengan yang satu ini memang tidak terpisahkan dari masyarakat Indonesia. Karena memang, masyarakat Indonesia rata-rata gemar mengkonsumsi gorengan yang berisi sayur-mayur ini.

Di tempat tinggal saya, di Jawa Timur, bakwan lebih dikenal dengan sebutan ote-ote. Jenisnya bermacam-macam. Tapi yang paling populer adalah ote-ote atau bakwan yang isiannya terdiri atas wortel yang dipotong korek api, kecambah, serta cincangan sayur kol atau kubis.

Untuk menambah cita rasanya, biasanya bakwan atau ote-ote di Jawa Timur ditambahkan dengan beberapa jenis lauk favorit seperti udang misalnya.

Resep Bakwan Next Level

Untuk membuat bakwan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Dan, seperti yang saya bilang di atas, kehadiran berbagai macam bumbu siap guna, termasuk tepung bumbu seperti yang ditawarkan oleh Kobe, membuat proses bikin cemilan jadi lebih gampang.

Dan, bikin cemilan bakwan tidak hanya gampang kalau kita mengandalkan tepung bumbu Kobe tapi, bakwan kita bahkan akan terasa jadi jauh lebih enak. Nggak percaya? Saya sendiri sudah membuktikannya.

Baru-baru ini, saya bahkan mencoba membuat bakwan caisim. Tau kan… caisim ini nama lainnya adalah sawi hijau.

Meski hanya dengan mengandalkan dua bahan saja, yaitu Kobe Tepung Bakwan Kress dan caisim, kedua kombinasi bahan ini nyatanya bisa menghasilkan cemilan yang enak loh…

Bagaimana cara membuat bakwan caisim Kobe yang enak?

  • Pertama, tentu kita harus membeli Tepung Bakwan Kress Kobe. Lalu ambil sebanyak kurang lebih 70 gram. Saya sendir kemarin membeli kemasan 210 gr yang dijual dengan harga kurleb Rp 6500 di minimarket
  • Sediakan juga caisim sebanyak kurang lebih 90 gram
  • Lalu, sediakan air kurang lebih 80 ml, serta
  • Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan-bahan siap, selanjutnya kita bisa mulai mengolah camilan dengan terlebih dahulu,

  1. Mencampurkan tepung bakwan dengan air lalu diaduk hingga rata
  2. Potong kecil-kecil caisim kemudian masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk kembali
  3. Setelah tercampur rata, selanjutnya siapkan penggorengan berisi minyak yang dipanaskan dengan api sedang
  4. Jika minyak sudah cukup panas, selanjutnya kita bisa menggoreng bakwan sayur sesuai dengan selera. Buat saya, menggoreng bakwan tidak perlu ribet-ribet. Cukup dengan membuat gumpalan-gumpalan bakwan menggunakan sendok makan sudah cukup
  5. Kalau bakwan sudah mulai berwarna kecoklatan, itu tandanya sudah matang
  6. Setelah matang, angkat dan tiriskan minyaknya.
  7. Lalu, sajikan dengan cocolan seperti saus sambal, saus kacang, atau berbagai macam cocolan favorit masing-masing

Saya menyebut bakwan yang menggunakan Kobe Tepung Bakwan Kress sebagai “bakwan next level” karena hasil tepung ini benar-benar renyah.

Trus... renyahnya itu nggak hanya sebentar guys. Tapi bisa bertahan selama 1 hingga 2 jam lho…

Saya juga memilih Tepung Bakwan Kress Kobe karena tepung ini dibuat tanpa pengawet dan tanpa pewarna serta diracik dengan bumbu yang berasal dari rempah-rempah alami.

Selain bisa diolah jadi camilan bakwan, sebenarnya Tepung Bakwan Kress Kobe ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam goreng-gorengan yang hasilnya akan terasa empuk di dalam dan renyah di luar.

Tuh, benar kan apa yang saya bilang? Masak dan bikin cemilan itu sebenarnya mudah banget.

Bahkan, bagi kita yang laki-laki sekalipun, dengan berbagai macam tepung bumbu yang disediakan oleh Kobe, kita bisa mengolah berbagai lauk-pauk ataupun camilan menjadi makanan yang enak dan lezat tanpa ribet.

Kalau kalian penasaran dengan berbagai macam tepung bumbu Kobe dan ingin tahu lebih banyak mengenai resep apa saja yang gampang dieksekusi, teman-teman bisa berkunjung langsung ke website www.dapurkobe.co.id atau berkunjung ke sosial media @dapurkobe di Instagram, Facebook, Twitter, atau TikTok.