Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menanti Rilis Ubuntu 23.04 “Lunar Lobster” 20 April 2023

Sebagai pengguna Ubuntu, saya tidak sabar untuk mencoba rilis terbaru mereka dan melihat apa yang ditawarkan oleh Canonical pada Ubuntu 23.04 "Lunar Lobster".

Tampilan Wallpaper dan Desktop Ubuntu 23.04 Lunar Lobster

Saya yakin, rilis terbaru ini akan memberikan user experience yang lebih baik berdasarkan berbagai info yang berseliweran di internet.

Rilis Resmi Ubuntu 23.04 “Lunar Lobster”

Ubuntu 23.04 "Lunar Lobster"adalah rilis Ubuntu ke-38 yang dijadwalkan akan dirilis pada 20 April 2023.

Saat ini, saya sendiri masih menggunakan Ubuntu 22.04 (versi lama) yang menurut saya masih cukup bisa diandalkan dan sangat stabil.

Sebelumnya, saya pernah mencoba upgrade ke versi Ubuntu 22.10, tapi Bluetooth sama sekali nggak bisa disetting. Tanpa bluetooth saya agak kesulitan, pasalnya banyak keyboard hingga audio saya semuanya menggunakan teknologi Bluetooth.

Jadi, saya telah mencoba mencari solusi bluetooth yang tanpa hasil, saya pun memutuskan untuk downgraded ke Ubuntu 22.04 lagi, yang sudah terbukti bisa berjalan lancar di komputer Intel NUC yang saya pakai.

Tapi, saya tetap antusias untuk mencoba Ubuntu 23.04 "Lunar Lobster" dan berharap masalah bluetooth seperti di versi sebelumnya sudah diperbaiki pada rilis terbaru.

Selain itu, saya juga berharap untuk melihat peningkatan dalam kinerja dan keamanan, serta fitur baru yang menarik untuk meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penggunaan.

Versi Beta Ubuntu 23.04

Saat saya menulis artikel ini, saya sedang download Ubuntu 23.04 Versi Beta (ISO image) dari build daily-canary Ubuntu. Saya berharap bisa mencobanya dalam waktu dekat.

Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba versi beta Ubuntu 23.04, kamu bisa langsung mengklik link di atas

Rilis resmi Ubuntu 23.04 "Lunar Lobster" sebenarnya masih sekitar 1 bulan lagi, tapi spekulasi tentang fitur-fitur baru yang akan hadir di dalamnya sudah cukup menarik perhatian para penggemar Linux dan pengguna Ubuntu di seluruh dunia, termasuk saya.

Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah dukungan lingkungan desktop GNOME 44. GNOME 44 memang diharapkan akan menghadirkan peningkatan kinerja dan stabilitas yang signifikan, serta menghadirkan tampilan yang lebih modern dan bersih.

Tapi, selain lingkungan desktop, kernel Linux yang mendukung Ubuntu 23.04 juga menjadi sorotan. Diperkirakan bahwa Ubuntu 23.04 akan didukung oleh kernel Linux 6.2.

Banyak yang berharap kalau Kernel baru ini akan membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan performa pada sistem Ubuntu, termasuk dukungan untuk hardware baru dan peningkatan stabilitas sistem.

Tapi seperti biasa, spekulasi tentang fitur-fitur baru di Ubuntu 23.04 tetap harus disikapi dengan bijak pasalnya banyak hal mungkin masih bisa berubah selama masa pengembangan dan penyesuaian fitur.

Tapi kalau saya melihat perkembangan terbaru, Ubuntu 23.04 99% sudah pasti akan menggunakan desktop GNOME 44 dan kernel 6.2. Mungkin, ini akan menjadi rilis Ubuntu terbaik dari Canonical sejak versi 20.04.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Menanti Rilis Ubuntu 23.04 “Lunar Lobster” 20 April 2023"