Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengungkap Keindahan Tersembunyi Kota Kembang, Ini 7 Hidden Gem di Bandung yang Perlu Kamu Tau

Terletak di tengah-tengah pemandangan alam yang asri di Jawa Barat, Bandung adalah kota yang tak pernah gagal memikat hati para wisatawan dengan perpaduan unik dari keindahan alam, kekayaan budaya, dan modernitasnya. Meskipun Bandung dikenal dengan pusat perbelanjaan dan tempat wisata yang populer, ada hidden gem yang menanti untuk ditemukan oleh para traveler yang mencari pengalaman yang lebih otentik. 

Untuk mencapai Bandung, kamu bisa naik bus, mobil pribadi, pesawat hingga kereta api Argo Parahyangan. Ingin tau apa saja permata tersembunyi di Bandung? Berikut destinasi wisata istimewa yang perlu kamu tau.

  1. Air Terjun dan Air Panas Maribaya

Bandung menyimpan banyak hidden gem yang siap dieksplorasi. Jika kamu ingin lari dari hiruk pikuk keramaian kota, kamu bisa mengunjungi Maribaya. Disini kamu akan menemukan air terjun yang indah dan sumber mata air panas yang menyegarkan.

 Air Terjun Maribaya mengalir turun melalui lanskap yang indah dan menawarkan relaksasi menyegarkan dari mata air panas. Mata air panas alami memberikan kesempatan buat kamu untuk bersantai sambil berendam dengan rileks di tengah pemandangan yang hijau.

  1. Tebing Keraton

Ingin menikmati pemandangan panorama Bandung yang memukau? Kunjungilah Tebing Keraton yang terletak di kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Hidden gem yang berada di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial ini menawarkan view point untuk melihat pemandangan kota dari atas ketinggian. 

Kamu bisa menikmati pemandangan yang mengagumkan, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Karena lokasinya berada di tebing, suasananya cukup tenang dan bisa menjadi tempat yang sempurna untuk mengabadikan momen liburan tak terlupakan. Kamu bisa mengambil foto yang dengan view yang indah dan menakjubkan.

  1. Kampung Daun Culture Village

Jika kamu menyukai budaya tradisional Indonesia, kamu bisa mengunjungi Kampung Daun Culture Village. Hidden gem satu ini menawarkan keindahan arsitektur Sunda yang otentik dan memberikan para pengunjung kesempatan untuk merasakan hidangan tradisional Indonesia yang disajikan di pondok-pondok yang dikelilingi oleh taman yang asri dan hijau. 

Disini kamu bisa mencicipi kuliner tradisi lokal sambil nikmati pertunjukan musik live. Kamu bisa menikmati hidangan lokal yang lezat dalam suasana yang tenang dan dimanjakan dengan view yang indah.

  1. Curug Cimahi

Curug Cimahi, merupakan salah satu harta karun tersembunyi yang terletak di dalam area hutan yang lebat di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Pemandangan air terjun yang mengalir dengan latar belakang pepohonan dan hutan yang hijau menciptakan pemandangan spektakuler dan memukau.

 Dengan ketinggian air terjun sekitar 87 meter, curug ini menjadi salah air terjun tertinggi di wilayah Bandung dan sekitarnya. Untuk mencapai air terjun yang indah ini, kamu bisa melakukan pendakian dan dijamin para pecinta alam akan tertarik dengan petualangan ini.

  1. Situ Patenggang

Berikutnya, ada Situ Patenggang yang merupakan sebuah danau tersembunyi di Ciwidey, Bandung Selatan. Danau ini punya pemandangan yang eksotik karena dikelilingi oleh bukit-bukit dan perkebunan the yang hijau.

 Iklim sejuk dan pemandangan indah inilah yang menjadikannya Situ Patenggang sebaga tempat yang sempurna untuk piknik dan bersantai. Kamu juga bisa naik perahu dan menikmati pemandangan danau ini dari atas air yang tenang. 

  1. Hutan Pinus Cikole Lembang

Bergeser ke Lembang, Bandung Barat, kamu bisa menikmati keindahan alam yang memukau di Hutan Pinus Cikole. Hidden gem yang satu ini menawarkan suasana yang tenang dengan deretan pohon pinus tinggi yang indah. 

Hutan ini bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman dan tenang dari keramaian kota. Hutan yang juga memiliki fasilitas wisata outbond ini adalah lokasi yang ideal untuk bersantai, berfoto, ataupun berkemah di bawah langit malam yang penuh bintang.

  1. Kampoeng Tulip

Ingin merasakan sensasi berada di Belanda? Kamu bisa pergi ke ‘Belanda’ yang ada di tengah kota Bandung. Kamu bisa mengunjungi Kampoeng Tulip di Kecamatan Rancasari Kota Bandung yang memiliki ladang bunga tulip warna warni, bunga cantik yang identik dengan Belanda. Di tempat ini kamu juga bisa melihat kincir angin ala Belanda, lengkap dengan arsitektur Belanda tradisional. 

Kamu bisa berjalan-jalan di tengah ladang yang penuh tulip aneka warna dan mengabadikan foto-foto atau selfie. Kini, tak perlu jauh-jauh pergi ke negeri kincir angin karena Kampoeng Tulip memberikan pengalaman seperti sedang berada di Belanda.

Itulah 7 Hidden Gem di Bandung yang perlu kamu tau. Meski objek wisata ini kurang dikenal tapi sangat worth it untuk dikunjungi. Mulai dari air terjun hingga hutan yang hijau, hidden gem Bandung ini menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi traveler yang ingin menjelajahi wisata antimainstream. Tertarik untuk mengunjungi hidden gem di Bandung? 

Kamu bisa memesan tiket kereta api dan akomodasi di Traveloka. Platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara ini tidak hanya menyediakan layanan penerbangan dan akomodasi. Kamu juga bisa memesan tiket atraksi, kereta api, bus, rental mobil dan lainnya!

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Mengungkap Keindahan Tersembunyi Kota Kembang, Ini 7 Hidden Gem di Bandung yang Perlu Kamu Tau"