Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru Bakal Bikin Kamu Lebih Siap Hadapi Ujian PTN

 “Kamu udah siap belum?” Eh, pertanyaan itu lagi…pertanyaan itu lagi. Yup, itu adalah salah satu pertanyaan yang bakal selalu ditanyain ke kita kalau kita mau menghadapi ujian atau test. Dan, jangan heran kalau pertanyaan ini jugalah yang akan aku tanyakan ke kamu-kamu yang punya niatan buat ikutan tes masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun 2024 ini. “Apakah kamu sudah siap?” Hehehe…

Kok nanyanya sekarang? Bukannya pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 itu masih lama ya? Emang sih! Tapi percaya deh, untuk bisa lolos ujian masuk PTN kayak gini tuh, nggak segampang lulus ujian akhir semester di sekolah.

Bayangkan aja, setiap tahun jumlah peserta UTBK terus bertambah. Tahun 2023 lalu contohnya, jumlah siswa yang ikutan UTBK, kalau nggak salah, sampai 803.852 siswa. Dan, yang keterima cuma 223.217. Itu artinya, 1 orang akan bersaing langsung dengan 3-4 orang untuk memperebutkan jatah lolos masuk PTN.

Kalau kamu nggak yakin, apakah kamu sudah siap atau belum, coba deh ukur kemampuanmu dengan mengikuti Tryout SNBT dari Ruangguru. Selain bisa dipakai buat mengukur kemampuan, try out ini juga bisa dipakai buat ningkatin kemampuan serta pengetahuan kalian lho. Nggak hanya itu, kalau kamu ikutan Tryout SNBT Series di Ruangguru kamu juga bakal punya kesempatan besar memboyong hadiah yang totalnya mencapai ratusan juta. Wow banget kan?

Mengenal Tryout SNBT Series dari Ruangguru

Bagi kamu yang ingin mengasah kemampuan, atau ingin meningkatkan pengetahuan, dan ingin mengetahui bidang-bidang apa saja yang masih belum kamu kuasai, kamu wajib ikutan Tryout SNBT Series yang diselenggarakan oleh Ruangguru.

Tryout SNBT Ruangguru ini sendiri adalah sebuah proses uji coba yang dilaksanakan sebelum melaksanakan ujian masuk PTN. Kalau kamu perhatikan, try out yang diadakan oleh Ruangguru ini punya embel-embel “Series” karena berbentuk episode. Totalnya ada 30 episode. Semua episode tersebut dirancang khusus untuk siswa-siswi kelas 12, serta diselenggarakan setiap pekan.

Selain menyediakan try out premium, Ruangguru juga menyediakan try out gratis yang bisa kamu ikuti dengan memenuhi beberapa syarat mudah. Seperti, follow akun Instagram, repost postingan, dll. Syarat-syaratnya bisa kamu lihat di bawah ini.

Bagaimana Caranya Mengikuti Tryout SNBT Series

Mengikuti Tryout SNBT Series di Ruangguru caranya sangat mudah. Buat kamu yang tertarik untuk ikut kategori gratis, terlebih dahulu kamu harus memenuhi 5 syarat berikut.

  1. Kamu wajib follow akun Instagram @ruangguru & @ruangguruutbk
  2. Like posting-an Tryout SNBT di akun IG Ruangguru
  3. Tinggalkan komentar posting-an Tryout SNBT dengan mention 5 teman kalian dan sertakan hashtag #TOSNBTRuangguru2024
  4. Repost posting-an Tryout SNBT ke Instagram Story dan mention juga @ruangguru serta @ruangguruutbk
  5. Screenshot keempat syarat di atas. Bukti screenshot tersebut nanti akan diminta kalau kamu mau mengerjakan Tryout

Tapi buat kamu yang pakai kategori premium, kamu tidak membutuhkan syarat-syarat di atas. Satu-satunya syarat mengikuti Tryout SNBT 2024 Series Premium adalah dengan, membeli kuota di bayar.ruangguru.com.

Apakah harga kuotanya mahal? Sebenarnya enggak juga sih. Apalagi kalau kamu membeli kuota yang bundelan, dijamin harganya pasti jauh lebih murah. Berikut adalah harga kuota Tryout SNBT 2024 Series Premium.

  • 1 Episode Tryout Premium Rp45.000
  • 10 Episode Tryout Premium Rp175.000
  • 20 Episode Tryout Premium Rp200.000
  • 30 Episode Tryout Premium Rp375.000

Seperti yang aku katakan tadi. Semakin banyak jumlah kuota try out yang kamu beli, akan semakin murah harganya. Sebagai perbandingan, kalau kamu membeli bundel 30 tryout premium maka, jika di rata-rata harganya jadi Rp12.500 per episode.

By the way, Tryout SNBT Series 2024 di Ruangguru ini totalnya ada 30 episode. Semuanya bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan pengetahuan untuk memuluskan langkahmu masuk ke PTN impianmu.

Kalau kamu membeli kuota premium atau kalau kamu sudah memenuhi syarat mengikuti tryout gratis, selanjutnya kamu bisa mengakses Tryout SNBT 2024 Series di aplikasi Ruangguru. Adapun caranya, adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Ruangguru
  2. Silakan mendaftar terlebih dahulu kalau kamu belum punya akun
  3. Bagi kamu yang sudah daftar kamu, kamu bisa langsung login
  4. Setelah berhasil login, pilih tombol “Tryout” di bagian “Wajib Kamu Coba.” Setelah itu pilih
  5. Jenjang SMA. Lalu,
  6. Masuk ke kategori Tryout SNBT 2024
  7. Pilih salah satu episode Tryout UTBK-SNBT yang mau kamu kerjakan
  8. Kalau kamu memilih kategori gratis, terlebih dahulu upload bukti screenshot syarat-syaratnya. Kemudian tekan tombol “Kirim Bukti.” Bukti screenshot yang kamu kirim akan segera diverifikasi terlebih dahulu (maksimal 2 x 24 jam)
  9. Tapi bagi kamu yang memilih kategori tryout premium, kamu tidak perlu melalui proses pada point No 8. Jadi, kamu bisa langsung mengerjakan tryout-nya. Sedangkan untuk yang gratis, kamu harus menunggu sampai verifikasi data berhasil

Kenapa Kamu Harus Ikut Tryout SNBT Series 2024?

Tentu saja ada banyak alasan kenapa kamu harus ikut Tryout SNBT Series 2024 untuk meningkatkan peluang lolos ujian masuk PTN. Tapi yang jelas, berikut adalah beberapa alasan utama kenapa kamu harus ikut Tryout SNBT Series 2024 di Ruangguru.

  • Format dan sistem ujiannya nyaris sama dengan UTBK 2023
  • Presentase materi yang diajukan dalam Tes Potensi Skolastik di UTBK 2023 di Tryout SNBT Series mencapai 90%
  • Begitu juga dengan materi yang diajukan dalam Tes Literasi di UTBK 2023. Presentasenya di Tryout SNBT Series sekitar 80%
  • Materi Pemahaman Bacaan & Menulis dalam Tryout SNBT Series 2024 dibuat sangat mirip dengan UTBK 2023
  • Berdasarkan jejak pendapat 7 dari 10 siswa mengakui bahwa, tingkat kesulitan soal-soal yang ada di Tryout SNBT Series berperan besar dalam membantu mereka menghadapi UTBK 2023

Itulah berbagai kelebihan atau keunggulan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti Try Out UTBK-SNBT 2024 di Ruangguru. Jangan ditunda, daftar sekarang juga atau beli kuota premium supaya persiapanmu lebih matang dan supaya kemampuanmu lebih terasah. Dan, seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya di atas tadi, selain bisa dapat banyak materi yang akan membantumu menghadapi UTBK 2024, kamu juga punya kesempatan besar memenangkan hadiah ratusan juta dari Ruangguru. Yuk Gaasss…!

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Tryout UTBK SNBT 2024 Ruangguru Bakal Bikin Kamu Lebih Siap Hadapi Ujian PTN"