Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Membuat Motor Tampil Lebih Keren Tanpa Bikin Kantong Bolong

Punya motor yang terlihat keren itu pasti menyenangkan dan menjadi impian setiap orang, tidak terkecuali saya.

Saya sendiri sebuah punya motor matic yang sudah saya miliki sejak tahun 2012.

Selama beberapa tahun memiliki motor ini, saya lebih fokus menjaga kondisi mesin dengan rajin melakukan servis agar performanya tetap bagus.

Karena terlalu konsentrasi pada mesin, saya jadi kurang perhatian sama eksteriornya.

Setelah eksteriornya mulai kelihatan usang, barulah timbul rasa penyesalan dalam diri saya.

Siapapun kita, pasti pengen motor kita kelihatan selalu tampil seperti baru. Ya kan?

Tapi, mewujudkannya tentu saja itu tidak mudah, terlebih jika kita kurang perhatian dan tidak merawat dengan benar.

Semakin lama motor saya terlihat semakin tidak menarik akibat kondisinya yang sudah mulai usang.

Saya pun mencoba mencari cara untuk membuat motor kesayangan saya ini kembali tampil keren, tapi tentu saja tanpa bikin kantong bolong.

Cara Bikin Motor Tampil Lebih Keren

Motor Yamaha Tampil Lebih Keren Modif Simpel

Setelah saya melakukan sedikit riset dengan memperhatikan beberapa motor-motor yang menurut saya keren, ada 7 poin yang menurut saya penting banget buat diubah kalau kita mau bikin motor tampil.

Beberapa ubahan berikut ini sebenarnya bisa kalian terapkan ke motor baru ataupun lawas kalian agar tampil keren.

1. Motor wajib terlihat bersih dan rutin dicuci pakai shampoo motor


Sekeren apapun tampilan motor kita kalau dibiarkan kotor pasti bakal kelihatan jorok.

Enggak cuma kelihatan jorok, motor yang kotor juga akan membuat penilaian orang terhadap pribadi kita sebagai pemiliknya jadi ikutan negatif.

Hanya dengan menjaga kebersihan motor, tampang motor akan otomatis naik level. Beneran lho… Aku udah buktikan sendiri.

Bahkan jika motor kita adalah sebuah motor tua, kalau kebersihannya terjaga, motor tersebut otomatis akan kelihatan lebih cakep.

Tapi cuci motor juga nggak boleh sembarangan. Kita harus menggunakan sabun/shampoo khusus supaya cat body motor kita nggak gampang kusam.

Kit Shampoo Motor adalah salah satu pilihan sabun cuci motor yang bagus di samping merk Carrera Shampoo Motor.

2. Poles body agar kinclong dan simpan ditempat teduh

Kit body motor terbaik

Memoles body motor bisa membuatnya terlihat lebih kinclong alias mengkilap.

Nggak cuma bisa memberikan efek mengkilap yang menyerupai body motor baru, memoles body motor juga bermanfaat untuk menghilangkan goresan-goresan halus pada permukaan body motor.

Body motor yang kusam biasanya disebabkan oleh penggunaan sabun cuci motor yang kurang berkualitas. Selain, bisa juga disebabkan karena paparan sinar matahari.

Supaya body motor nggak gampang kusam, sebaiknya tempatkan motor di tempat-tempat yang teduh pada siang hari agar terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

Karena sinar matahari langsung bisa mempercepat proses perubahan warna pada komponen plastik atau karet.

Tapi kalau kalian kesulitan untuk menempatkan motor di tempat-tempat yang teduh, sebaiknya beli cover motor untuk melindunginya dari sinar ultraviolet dan debu.

3. Rapikan stiker motor supaya nggak kelihatan norak

Desain motor simpel

Ada beberapa produsen motor yang masih menggunakan stiker dengan warna-warna yang sangat mencolok hingga membuat motor kita terlihat norak.

Coba deh perhatikan motor-motor modern sekarang. Rata-rata, motor-motor keluaran terbaru kelihatan lebih keren dibandingkan dengan motor-motor lama.

Kalau kita perhatikan secara detail, perbedaannya tidak hanya pada (bentuk) desain, tapi juga ada di bagian sticker body.

Pada motor-motor modern, stiker bodinya didesain lebih simple. Bahkan, ada beberapa motor modern yang hadir tanpa stiker body.

Coba saja lihat pada motor-motor matic Honda. Mulai dari Vario 125, Vario 150, Vario 160, PCX, hingga Honda ADV. Rata-rata body-nya tidak ditempeli stiker sama sekali, khususnya untuk varian tertinggi.

4. Pakai Framelessplate supaya motor tampil lebih elegan

Faktor lain yang bisa mempengaruhi penampilan motor adalah cara kita memasang plat nomor.

Kalau kalian masih memasang plat nomor dengan cara dilubangi atau dengan menggunakan tatakan konvensional, coba deh ganti pakai dudukan plat motor tanpa bingkai (Framelessplate).

Dudukan Plat Motor Framelessplate pada Honda Vario

Hanya dengan mengganti dudukan plat nomor dari model lama ke framelessplate, dijaim motor kalian bakal langsung kelihatan lebih mewah dan berkelas.

Dudukan Plat Simpel FramelessPlate Honda Vario

Motor yang pakai framelessplate bisa langsung kelihatan keren karena,

  • Tampilannya lebih rapi dan tidak ada baut yang mengganggu pemandangan
  • Tanpa bingkai, membuat tampang motor jadi lebih bersih
  • Tampilan lebih tipis memberi kesan simple dan modern

Pakai dudukan plat model framelessplate juga punya banyak keuntungan lho, seperti misalnya:

  • Tidak membekas pada plat
  • Mudah dibongkar/pasang
  • Tampilan terlihat lebih menarik

Framelessplate adalah inovasi dudukan plat nomor baru yang bikin motor kelihatan lebih simple, modern, bersih, dan keren.

Kalian nggak perlu khawatir karena Framelessplate ini tahan air dan daya rekatnya menurut saya kuat banget.

Jadi, kita nggak perlu khawatir plat akan lepas saat dicuci atau jatuh ketika kita melewati jalan-jalan yang nggak rata.

5. Pakai ban tubeless berpola agresif dan sporty

Sebagian besar motor-motor keluaran terbaru sudah menggunakan ban tipe tubeless.

Selain dianggap lebih aman, ban tipe tubeless juga punya desain yang agak sedikit berbeda dibandingkan dengan ban konvensional.

Desain ban tubeless menurut pandangan saya lebih modern. Ini secara otomatis akan membuat level tampilan motor kita langsung nge-up.

Apalagi kalau kita memilih ban tubeless dengan pola yang agresif dan sporty. Dijamin, motor akan langsung terlihat lebih gagah dan gaya.

Tapi ingat! Kita tetap harus memilih ban tubeless yang sesuai dengan ukuran atau spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen motor.

Karena ban punya pengaruh yang sangat besar terhadap keamanan dan juga kenyamanan berkendara.

Kalau kalian mau cari aman, pilih aja ban tubeless buatan brand terkenal yang punya reputasi bagus.

Meskipun harganya mungkin sedikit agak mahal dibandingkan dengan ban tubeless dari merek yang tidak terkenal, tapi saya sendiri sudah merasakan bagaimana perbedaanya.

Ban tubeless dari merek-merek yang terkenal dan punya reputasi bagus, jauh lebih nyaman dan aman saat dipakai di berbagai situasi dan tipe jalan.

6. Gunakan velg custom yang senada dengan tema motor

Ban Tubeless untuk Motor Vario 150

Waktu saya melakukan riset kecil-kecilan untuk melihat perbedaan apa saja yang bisa membuat motor kelihatan tampil lebih keren, saya menemukan sebagian besar motor-motor yang saya anggap “keren,” semuanya pakai velg custom.

Dari penilaian saya pribadi, motor-motor yang pakai pelek customer itu tampil lebih personal dan punya vibes yang cukup kuat ke tampilan motor.

Apalagi kalau velg custom yang kita pilih sesuai dengan tema motor. Ini juga bisa menciptakan harmoni dan konsistensi dalam desain yang membuat motor tampil lebih estetik.

Ada 3 poin yang saya anggap paling penting dalam memilih velg custom untuk membuat tampilan motor terlihat lebih keren yaitu,

  • Pilihan warna
  • Pola, dan
  • Desain

7. Pasang box motor untuk membuat tampilan motormu jadi makin gagah

Box Motor Simpel dan Keren

Cara membuat motor tampil lebih keren tanpa bikin kantong bolong yang terakhir adalah dengan memasang box motor.

Ngomong-ngomong soal box motor, tips ini lebih cocok buat kalian yang sering bawa banyak barang, seperti perlengkapan kerja atau perlengkapan buat touring.

Selain lebih fungsional dan membuat tempat penyimpanan motor jadi lebih luas, box motor yang juga bisa bikin tampilan motor kita jadi lebih gagah.

Manfaat kehadiran box motor ini sangat saya rasakan ketika mudik lebaran. Barang-bawang bawaan yang tadinya mengganggu, bisa disimpan di box motor.

Jadi, selain bisa membantu menjaga keseimbangan motor, tanpa barang yang mengganggu, kita juga bisa lebih nyaman bermanuver dan lebih mudah berbelok.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "7 Cara Membuat Motor Tampil Lebih Keren Tanpa Bikin Kantong Bolong"