Tablet Samsung Galaxy Tab S2 atau iPad Mini 4? Mana yang Saya Pilih?

Sehari-hari, saya memang sering banget bersinggungan sama yang namanya gadget. Gadget hampir tidak pernah lepas dari kehidupan, walaupun kadang-kadang tidak bekerja, gadget tetap saya jadikan sebagai salah satu media menghibur diri, mencari ketenangan, kesenangan, dan seringkali digunakan untuk mengupdate informasi.

Tablet untuk membaca


Itu artinya gadget bagi saya adalah sesuatu yang akan membuat mata saya mudah lelah dan mungkin akan cepet rabun jauh (minus). Itulah sebabnya kenapa saya sering mengidam-idamkan sebuah tablet yang benar-benar bisa mengakomodasi kebutuhan saya.


Mengapa saya merasa membutuhkan sebuah tablet?


  • Alasan utama kenapa saya pengen punya tablet adalah karena, saya ingin punya alat membaca yang punya tampilan luas sehingga huruf (font) yang ditampilkan tidak terlalu kecil seperti pada smartphone berlayar 5 inci atau 5,5 inci yang saya gunakan saat ini.
  • Saya sering mengedit artikel (membaca ulang) sebelum saya publish atau sebelum dijual dengan menggunakan laptop atau smartphone. Layar laptop terasa kurang nyaman dan mudah membuat mata lelah, sebaliknya membaca di smartphone terasa terlalu sempit karena hanya mampu menampung satu paragraf atau kurang ketika membaca sambil mengedit dengan menggunakan aplikasi seperti Microsoft Word, WPS Office, Google Docs, atau yang lainnya.
  • Saya membutuhkan sebuah Tablet dengan layar yang bening, yang bisa meredam refleksi, dan tidak membuat mata cepat lelah.
  • Saya sering membaca berita-berita dan kadang-kadang juga blogwalking. Jadi, saya benar-benar membutuhkan sesuatu (tablet) yang punya layar lebar dan cukup bertenaga untuk browsing.

    Kenapa saya butuh tablet yang bertenaga? Karena kadang-kadang saya membuka banyak tab di browser dalam satu waktu. Saya juga sering melakukan multitasking sehingga membutuhkan perangkat yang didesain dengan RAM besar.


Tablet apa yang paling saya inginkan?


Dari sekian jenis tablet, tablet yang paling saya inginkan adalah Apple iPad Mini 4. Selain karena alasan prestise, sebenarnya saya sangat menginginkan tablet ini karena layarnya bener-bener mampu meminimalisir refleksi dan bobotnya ringan.

Apple iPad Mini 4

Setelah saya banding-bandingkan, jika melihat beberapa review di Youtube dan web, dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab S2 8.0, layar tablet Apple ini masih di atas tablet Samsung tersebut. Mungkin itu disebabkan karena adanya fully laminated display yang bekerja sangat baik dalam meredam refleksi.

Tapi mempertimbangkan harganya yang minimal 6 jutaan, saya akhirnya mengalihkan pilihan ke Galaxy tab S2 8.0.


Alasan mengapa saya lebih memilih Galaxy Tab S2 dibandingkan iPad mini

Samsung Galaxy Tab S2 vs iPad Mini 4

  • Harga Galaxy Tab S2 8.0 lebih murah dibandingkan dengan iPad Mini 4
  • Dengan harga yang lebih murah, Samsung menawarkan memori internal (storage) 32GB dan RAM 3 GB, lebih besar dibandingkan dengan tablet Apple yang paling murah (6 jutaan) menawarkan hanya 16GB.
  • Galaxy Tab punya layar yang cemerlang (Super AMOLED) yang walaupun berada sedikit di bawah layar iPad Mini dalam hal refleksi, namun terasa cukup mumpuni. Jauh lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy Tab A.
  • Baik Apple iPad Mini maupun Samsung Galaxy Tab S2 sebenarnya punya bobot yang tidak jauh berbeda. Namun tetap saja tablet besutan Samsung lebih ringan karena tidak menggunakan body berbahan metal (aluminium).
  • Jika menggunakan dan memilih iPad, beberapa kebutuhan untuk pekerjaan seperti Microsoft Word sudah pasti harus beli (bayar). Sedangkan dengan menggunakan Tab S2 8.0 saya akan dapat gratis, karena disana sudah ada Microsoft Office yang terintegrasi (bawaan). Tidak hanya Microsoft Word saja, melainkan ada juga Excel, dkk.

    Kalaupun tidak terintegrasi saya masih bisa download MS Word secara gratis dari Google Play.
Ups... keinginan yang masih belum kesampaian.

Komentar