Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Saya Mencegah Mata Kering Meski Aktif Pakai Komputer

Saya mulai aktif ngeblog sejak tahun 2009. Tapi jauh sebelum itu, saya sudah aktif menggunakan komputer. Mengingat, saya memang kuliah di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer.

Dan, hingga saat ini (2024) saya masih aktif menggunakan komputer untuk menulis artikel maupun untuk ngeblok dan membuat berbagai macam konten termasuk video serta animasi.

Sejak mulai mengenal komputer pada tahun 2004 hingga saat ini, saya jarang sekali mengalami sindrom mata kering yang parah. Kalaupun pernah mengalami mata kering parah, seingat saya, seumur-umur saya hanya mengalaminya 2 kali saja.

Tapi pengalaman tersebut justru membuat saya menyadari bahwa aktif di depan layar komputer akan meningkatkan risiko mengalami mata kering. Terlebih, jika kita tidak tahu bagaimana cara mencegah mata kering selama menatap layar monitor ataupun hp.

Ya, tidak hanya layar (monitor) komputer atau laptop saja yang bisa membuat mata kita menjadi kering, melainkan layar hp juga bisa membuat mata kita jadi kering. Terutama, jika kita tidak hati-hati atau waspada, atau tidak mengikuti tips dan trik yang direkomendasikan oleh para ahli.

Pengalaman Mengalami Mata Kering

Ketika dulu mengalami mata kering, awalnya saya tidak mengetahui bahwa itu adalah sindrom mata kering. Karena saya tidak memiliki pengetahuan mengenai gejala mata kering. Sehingga, saya menganggap kejadian yang menimpa saya tersebut sebagai akibat dari kurang tidur atau karena bekerja terlalu lama.

Namun belakangan saya mengetahui bahwa yang saya alami itu adalah sindrom mata kering. Pasalnya, dari berbagai gejala yang saya rasakan semuanya cocok dengan berbagai gejala mata kering yang terdapat di sejumlah artikel terpercaya seperti di blog Insto.co.id misalnya.

Gejala yang saya rasakan saat mengalami mata kering diantaranya adalah,

  • Mata terasa kasar
  • Mata terasa seperti kemasukan pasir
  • Mata berwarna merah
  • Karena kering, produksi air mata jadi lebih banyak dibandingkan biasanya
  • Berbagi gejala tersebut membuat penglihatan saya agak kabur

Saat mengalaminya, saya nyaris tidak bisa beraktivitas. Karena penglihatan yang terganggu dan karena ada rasa tidak nyaman yang sangat mengganggu ketika mata digerak-gerakkan.

Di lain waktu, saya juga pernah mengalami mata kering dengan gejala yang agak sedikit berbeda. Seperti mata terasa sepet dan pegel atau sakit saat digerak-gerakkan untuk sekedar berkedip atau untuk melirik ke kiri dan ke kanan.

Mengapa Saya Bisa Mengalami Mata Kering?

Ketika dulu mengalami mata kering, saya menyangka bahwa itu adalah akibat dari kurang tidur. Karena sebelum mengalami mata kering, saya bekerja di depan layar sejak pagi hingga larut malam.

Itulah yang bikin menduga bahwa pada mata saya ketidaknyamanan pada penglihatan saya ini disebabkan karena terlalu sering begadang dan kurang tidur. Tidak sedikitpun saya menduga bahwa yang saya alami ini adalah sindrom mata kering.

Setelah membaca beberapa artikel yang membahas tentang mata kering dan penyebabnya, saya pun mulai berpikir ulang tentang pengalaman yang saya alami dulu.

Setelah saya ingat-ingat kembali, saya percaya bahwa, penyebab mata kering yang saya alami waktu itu adalah akibat,

  • Terlalu lama menatap layar komputer
  • Jarang berkedip
  • Bekerja di lingkungan yang minim cahaya
  • Menatap layar terlalu dekat
  • Udara kering di ruangan ber-AC

Ya, penyebab mata kering di atas adalah 5 diantara sekian banyak penyebab mata kering. Menurut saya, 5 penyebab ini adalah yang paling berpotensi bikin mata jadi kering.

Setelah mengetahui bahwa mata kering bisa disebabkan karena 5 faktor tersebut saya pun jadi lebih waspada. Dan, berusaha untuk lebih sering berkedip ketika serta tidak terlalu dekat saat menatap layar komputer agar tidak mudah mengalami mata kering meski bekerja di ruangan ber-AC atau ketika bekerja di ruangan dengan pencahayaan yang agak redup.

Tapi, meskipun saya sudah berusaha untuk mengingat-ingat untuk rajin berkedip dan tidak terlalu dekat saat menatap layar, tapi tetap saja masih sering lupa ketika asyik bekerja.

Karena sudah tahu apa yang saya alami ini adalah sindrom mata kering akibat terlalu lama menatap layar, atau karena jarang berkedip, dan karena berbagai faktor lainnya seperti yang saya sebutkan di atas, saya pun berusaha untuk mengurangi gejalanya agar tidak terlalu parah pakai obat tetes mata.

Insto Dry Eyes untuk Mengatasi Gejala Mata Kering

Kapanpun saya mengalami gejala mata kering, saya akan cepat-cepat meneteskan Insto Dry Eyes supaya nggak parah dan supaya mata mendapatkan pelumas yang tepat.

#InstoDryEyes berdasarkan pengalaman saya, merupakan salah satu solusi mata kering yang efektif serta harganya murah.

Obat mata kering ini bisa membantu meredakan gejala mata kering dengan cepat tanpa drama. Jadi, sekarang saya enggak lagi terlalu khawatir kalau harus bekerja seharian di depan layar.

Bahaya Mata Kering Jika Diabaikan

Gejala mata kering meskipun kebanyakan gejalanya hanya sebatas mengganggu aktivitas, namun bisa juga menjadi sangat berbahaya apabila diabaikan atau tidak segera diatasi.

Bahaya yang bisa ditimbulkan oleh mata kering diantaranya adalah, bisa menyebabkan infeksi mata, menyebabkan permukaan mata rusak, dan bisa menyebabkan penglihatan jadi kabur. Tapi yang jelas, ketika mengalami mata kering, aktivitas kita pasti akan terganggu. Hingga membuat kita kesulitan untuk berkendara, membaca, menonton, atau melakukan berbagai aktivitas sehari-hari yang melibatkan indera penglihatan.

Kesimpulan

Di era modern ini, menggunakan berbagai macam produk digital seperti smartphone dan juga komputer untuk bekerja atau mendukung berbagai macam aktivitas sehari-hari adalah sebuah keniscayaan.

Akan tetapi, meskipun punya banyak manfaat, berbagai perangkat digital seperti smartphone dan juga komputer menyimpan dampak yang dapat membahayakan mata kita. Salah satu efek yang bisa ditimbulkan oleh smartphone dan komputer adalah mata kering.

Mata kering ini sendiri biasanya disebabkan karena kita menatap layar terlalu lama tanpa berkedip, karena menatap layar terlalu dekat, bekerja di ruangan yang udaranya kering, dan bisa juga karena faktor-faktor lainnya seperti usia.

Mengalami mata kering sudah pasti akan sangat mengganggu dan membuat kita merasa tidak nyaman. Untuk mengatasi berbagai gejala mata kering, sebaiknya sediakan Insto Dry Eyes di rumah.

Menurut saya, #SolusiMataKering sangat efektif untuk mengatasi gejala mata kering dan untuk menjaga agar sindrom mata kering tidak jadi parah.

Sebelum mata kering bikin drama, saran saya, pastikan kamu mengikuti berbagai tips dan trik yang bisa membantu mencegah mata kering selama menggunakan perangkat digital. Serta, jangan lupa sediakan selalu obat mata kering Insto Dry Eyes di rumah.

Insto Dry Eyes bisa dibeli di berbagai tempat seperti di apotek, toko obat, toko online, dan ada juga di minimarket. Harganya berkisar antara 17 hingga 18 ribu rupiah. Menurut saya harga ini cukup terjangkau untuk sebuah must have item bagi kita yang digital savvy.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Cara Saya Mencegah Mata Kering Meski Aktif Pakai Komputer"