6 Cara Menurunkan Berat Badan yang Berbahaya untuk Kesehatan

Benarkah ada cara menurunkan berat badan yang berbahaya untuk kesehatan? Tentu saja! Kadang-kadang, untuk mendapatkan hasil yang cepat banyak orang mencoba cara-cara tertentu yang efek sampingnya justru mengakibatkan berbagai penyakit lain muncul. Bahkan kamu tidak sedikit orang yang berusaha menurunkan berat badan dengan berbagai jenis obat obatan penahan rasa lapar.

6 Cara Menurunkan Berat Badan yang Berbahaya untuk Kesehatan
Obat penurun berat badan

Menggunakan obat-obatan sebenarnya bukan masalah besar jika dilakukan dengan cara yang tepat. Bahkan bahan-bahan alami penahan rasa lapar juga cukup banyak beredar di pasaran seperti kopi hijau (Green Coffee) misalnya. Namun masalahnya, apabila seseorang melakukannya dengan cara berlebihan, maka hal tersebutlah yang dianggap berbahaya.

Bagaimana saja cara-cara berbahaya menurunkan berat badan yang perlu dihindari?


Menurunkan berat badan dengan menggunakan cacing pita


Cacing pita sudah digunakan untuk menurunkan berat badan sejak awal abad ke-20. Mereka yang cukup berani akan mencoba menelan pil cacing pita yang kemudian akan hidup dan matang di dalam usus. Cacing tersebut akan mengkonsumsi makanan apapun yang kita konsumsi. Akibatnya, tubuh pasti akan menjadi langsing.

Tapi tahukah Anda? Bahwa cacing pita sebenarnya bisa tumbuh cukup besar hingga mencapai 9 meter loh. Bisa menyebabkan berbagai kekacauan di dalam tubuh kita mulai dari menyebabkan berbagai masalah kesehatan, diare, muntah-muntah, sakit kepala, hingga epilepsi.

Biasanya, setelah menelan cacing pita, dan setelah diet yang diinginkan tercapai, cacing tersebut akan diekstraksi dengan menggunakan pil anti parasit.


Diet dengan makanan bayi


Ide ini awalnya dikembangkan oleh seorang selebriti kebugaran bernama Tracy Anderson. Pada awalnya ia mencoba mengganti makan siang dan sarapannya dengan menggunakan makanan bayi yang rendah kalori. Begitu juga dengan jumlahnya yang sangat sedikit.

Mengkonsumsi makanan bayi memang bisa menguruskan badan karena jumlahnya yang sedikit. Akan tetapi, bagi orang dewasa, hanya mengkonsumsi makanan bayi membuat mereka tidak bisa lagi menikmati makanan-makanan yang enak yang sebenarnya juga menyehatkan. Akibatnya, banyak orang dewasa yang kekurangan vitamin dan mineral dari sayuran maupun buah-buahan.


Menggunakan diet lemon


Diet minuman lemon
Diet lemon

Ada banyak orang yang berusaha dengan menggunakan beberapa bahan alami seperti jus lemon, cabe rawit, hingga sirup mapel. Tentu saja beberapa metode diet tersebut digolongkan sebagai diet alami yang sehat. Hanya saja, akan bermasalah apabila dilakukan secara berlebihan.

Menurut ahli gizi dari Los Angeles bernama Alyse Levine M.S., RD. Diet seperti ini tidak efektif karena apabila kita kembali mengkonsumsi makanan-makanan padat, maka tubuh juga akan kembali melalui. Yang lebih bermasalah lagi, melakukan diet ketat rendah kalori menyebabkan kita banyak kehilangan massa otot dan mengalami penurunan metabolisme tubuh.


Diet dengan metode sleeping beauty


Tahukah kamu sleeping beauty adalah salah satu metode diet yang populer pada tahun 60an. Bahkan artis sekelas Elvis Presley dikabarkan juga mencoba diet ini.

Diet ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatan tertentu yang menyebabkan Peminumnya tidak sadar dan tidur dalam waktu yang lama. Akibatnya, mereka akan lebih mudah kurus karena jarang makan. Tapi masalahnya, apabila dilakukan berhari-hari, tidak makan dan minum akan menyebabkan metabolisme melambat, dehidrasi, otot-otot akan tergerus, dan dapat berakibat fatal.


Diet sup kubis


Ini adalah metode diet kuno yang sebenarnya cukup sederhana namun bisa jadi ekstrim. Mengapa diet ini bisa disebut Extreme?

Jika hanya mengkonsumsi kubis saja, tubuh akan mendapatkan kalori kurang dari 1000 per hari. Membatasi diet dengan makan kubis saja menurut Erin Palinski-Wade, RD, CDE, selama beberapa periode dapat menyebabkan kekurangan gizi. Dan apabila dilakukan dalam jangka panjang dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan protein hingga asam lemak esensial.


Hanya dengan mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan saja


Diet ini cukup populer pada tahun 1930-an. Banyak orang yang menurunkan berat badan hanya dengan mengkonsumsi air putih dan makan buah-buahan. Mereka menghindari berbagai jenis biji-bijian termasuk kacang-kacangan.

Menurut mereka yang pernah mencoba, diet buah bisa membantu kita kehilangan bobot hingga 4,5 kg hanya dalam waktu 10 hari.

Masalah diet dengan buah-buahan akan muncul apabila, seseorang hanya mengkonsumsi beberapa jenis buah-buahan tertentu. Misal, hanya mengkonsumsi jeruk saja selama beberapa hari.

Komentar