Kaldu Bubuk Non MSG, Solusi Sehat Masakan Rumah

Sebagai seorang ibu yang menjalani keseharian berada di rumah khususnya dapur untuk membuat masakan untuk keluarga. Saya secara tidak langsung memiliki tugas yang bisa dibilang berat. Membuat keluarga tetap sehat dan terjaga dengan makanan bergizi adalah salah satu tugas ibu yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Oleh karenanya, keharusan memilih makanan yang sehat dan tepat untuk mereka konsumsi setiap hari tentunya menjadi sebuah prioritas.



Dan setelah mempelajari banyak hal tentang masakan rumahan yang benar-benar sehat, saya memiliki beberapa kiat membuat masakan rumahan yang benar-benar terjamin kesehatannya.

Hindari MSG

Kaldu bubuk non MSG bisa menjadi alternatif lain dalam mengurangi atau menghilangkan bumbu MSG. Memang sih.. Siapa yang tidak ingin membuat masakan yang enak untuk keluarga. Para ibu sering menggunakan msg saat membuat masakan agar lebih enak. Padahal, penggunaan msg pada makanan ini sebenarnya bisa disiasati dengan bahan makanan yang lain. Misalnya saat membuat sop sayur, kita bisa menambahkan beberapa tomat untuk menetralisir rasa agar ada unsur gurihnya.

Penggunaan alat masak yang aman

Alat masak merupakan hal pertama yang penting untuk diperhatikan saat kita akan memasak masakan keluarga di rumah. Seperti yang kita tahu, ada banyak sekali jenis bahan alat masak yang sudah ada dipasaran. Bermacam-macam, dari bahan besi, anti lengket, keramik, enamel, stainless steel dan banyak lagi lainnya.  Dalam hal pemilihan alat masak ini, beberapa kali saya mencoba mencari informasi tentang alat masak yang paling aman digunakan. Dan ternyata, alat masak yang terbuat dari stainless steel adalah bahan alat masak yang paling direkomendasikan.

Meskipun alat masak yang terbuat dari stainless steel ini lebih mahal dari alat masak lainnya, tetap saja kualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

Hindari banyak garam

Penggunakan banyak garam pada masakan akan membuat kita jauh dari berbagai macam penyakit seperti darah tinggi. Selain itu, kita juga isa menggunakan garam yang beryodium untuk bumbu masakan.

Kurangi gorengan

Ketika memasak dirumah, kita bisa mengontrol apa yang akan kita masak dan diolah bagaimana. Mengurangi gorengan akan membuat masakan rumah jauh lebih sehat. Selain itu, meminimalisir minyak goreng juga bisa menjadi alternatif lainnya.


Sering memasak Sayuran

Memasak sayuran tentu saja lebih memberikan banyak manfaat kesehatan daripada memasak masakan yang siap saji yang banyak dijual di minimarket. Anda bisa mengutamakan sayuran organik tanpa kandungan obat ataupun pestisida sayuran serta lilin atau bahan kimia lainnya yang berlebihan.

 Kurangi gula

Kelebihan kadar gula didalam darah akan membuat kita terkena penyakit diabet yang sangat berbahaya bagi kesehatan.  Sebagai gantinya, rasa manis bisa digantikan dengan  beberapa bahan alami seperti buah-buahan yang mengandung gula.

Kurangi santan


Membuat masakan sehat dirumah memang harus selalu dijaga dengan baik dengan cara-cara tertentu salah satunya adalah konsisten. Salah satu contohnya adalah, mengurangi masakan dengan bahan santa. Memang tidak bisa dipungkiri, cita rasa santan yang gurih dan enak sering membuat kita lupa akan kesehatan. Santan kurang baik jika dikonsumsi setiap hari, Kalaupun menggunakan santan, sebaiknya kita memilih membuat dari kelapa langsung dari pada santan instant yang banyak dijual.


Komentar