Tips Memilih Keyboard Gaming Terbaik

Bermain game adalah salah satu aktivitas yang hampir tak pernah terlewatkan apabila kita punya laptop ataupun komputer. Banyak game PC yang menawarkan keseruan, tantangan, hingga kesenangan tersendiri. Sehingga tak mengherankan apabila game kerap diandalkan untuk mengurangi stres, membunuh sepi, bersenang-senang, hingga menyalurkan hobi.



Beberapa game sangat nyaman apabila dimainkan dengan menggunakan keyboard dan mouse. Namun sayang, keyboard dan mouse biasa apabila digunakan untuk bermain game umumnya akan sangat cepat rusak. Umumnya, keyboard tidak dirancang secara khusus untuk bermain game sehingga, tidak dapat memberikan performa maksimal dan tidak membantu kita dalam memenangkan atau melewati setiap level permainan.

Gaming keyboard yang diformulasikan secara khusus untuk mendukung kegiatan gaming umumnya memiliki kinerja dan keandalan yang tinggi serta bisa bertahan bertahun-tahun bahkan ketika digunakan dan diperlakukan secara kasar sekalipun.

Harga gaming keyboard jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan keyboard komputer biasa. Selain karena tingkat durabilitasnya, keyboard gaming juga umumnya dibuat agar bisa memberikan respon yang baik dan cepat. Itulah sebabnya mengapa gaming keyboard selalu dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan dibekali fitur termutakhir.

Layaknya keyboard komputer pada umumnya, gaming keyboard juga ditawarkan dengan berbagai bentuk (desain), bahan, ukuran, dan lain-lain. Beberapa diantaranya ada yang dibuat sangat menarik dengan lampu warna-warni yang terlihat futuristik.

Tidak semua keyboard gaming mampu memberikan pengaruh (peningkatan) yang signifikan saat bermain game. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips memilih keyboard gaming terbaik berikut ini, agar kegiatan bermain game jadi lebih menyenangkan dan seru.

Tips Memilih Keyboard Gaming


1.Perhatikan Key Rollover dan Anti-Ghosting yang Ditawarkan
Dalam istilah awam, key rollover berarti, seberapa banyak tombol pada keyboard yang bisa ditekan secara bersamaan. Beberapa keyboard biasanya hanya menawarkan rollover antara 1-2 keys saja. Padahal, sejumlah game ada yang menuntut kita untuk menekan lebih dari 2 buah keys pada keyboard.

Sebaliknya, beberapa keyboard ada yang memberikan respon padahal belum ditekan. Dalam istilah asing, kasus seperti ini dikenal dengan sebutan "ghosting." Untuk menghindari ghosting biasanya sebuah keyboard gaming akan dilengkapi dengan minimal rollover hingga 6 keys.

2.Switch Types


Di bawah setiap tombol keyboard pasti terdapat switch types. Umumnya, switch types berbentuk membran atau mekanik. Keyboard dengan switch types membran umumnya bisa bertahan apabila ditekan antara 1-5 juta kali.  Sedangkan keyboard yang dilengkapi dengan switch types mekanik umumnya bisa bertahan terhadap 50 juta tekanan atau lebih. Tipe mekanik juga biasanya menawarkan sensasi tekanan yang lunak dan suara yang beragam dari mulai halus hingga kasar.

3.Kualitas Bahan


Pada saat kita bermain game, seringkali tanpa sadar kita menekan keyboard dengan sangat kuat. Atau mengekspresikan diri dengan cara yang kasar. Sehingga tak mengherankan apabila keyboard dan mouse sering menjadi sasaran kemarahan pada saat kalah. Bermain game menggunakan gaming keyboard yang memiliki built in quality terbaik akan membantu kamu menghemat lebih banyak uang. Karena keyboard dengan kualitas bahan pembuatan yang baik umumnya lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

Sebagian besar as dibuat dengan plat logam yang tidak mudah rusak dan patah atau bengkok. Tidak seperti keyboard pada umumnya yang berharga murah, yang terbuat dari bahan PVC atau bahan ABS (plastik).

4.Fitur Tambahan


Beberapa keyboard gaming ada yang dilengkapi dengan fitur customization macro dan software sehingga tombol-tombolnya bisa diprogram sedemikian rupa untuk memberikan respon yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tombol bisa ditekan sedemikian rupa untuk menghasilkan efek combo yang kompleks. Atau bisa juga diprogram untuk fungsi-fungsi tertentu yang dibutuhkan selama bermain game.

5.Harga


Tidak bisa dipungkiri apabila harga keyboard gaming lumayan mahal. Terlebih jika keyboard tersebut dibuat dari bahan-bahan berkualitas (terbaik), menawarkan fitur yang lengkap, hingga full RGB backlighting .  Kalau kamu ingin dapat harga keyboard gaming murah, sebaiknya belilah di toko online yang banyak menawarkan diskon dan cashback serta gratis ongkos kirim. Dari sekian banyak toko online, saya pribadi merekomendasikan kamu untuk membeli keyboard gaming terbaik di Blibli. Selain bisa dapat harga lebih murah, belanja di Blibli juga sangat menyenangkan karena banyak diskon, lebih mudah dapat free ongkir, waktu pengiriman yang lebih cepat/singkat, dan pilihan model gaming keyboard yang lengkap.

Komentar