Honda Genio 2019 Keren Sih, Tapi

Honda sudah kita kenal sebagai salah satu merek motor dan mobil yang sangat populer di Indonesia. Untuk sepeda motor saja, Honda bisa dibilang adalah salah satu rajanya. Hampir setiap model yang mereka keluarkan sangat laris di pasaran. Termasuk saya, saya adalah salah satu pengguna motor Honda.

Harga Honda Genio 2019
Honda Genio


Terbaru, Honda mengeluarkan model skutik terbaru yang diberi nama Honda Genio dengan mesin berkapasitas 110 cc. Kapasitas mesin yang ternyata tidak terlalu besar ini membuat Honda Genio sering mendapatkan komentar miring.

Honda Genio dengan kapasitas mesin yang sangat kecil memang tidak cocok untuk mereka mereka yang bertubuh besar dan berbobot. Mesin kecil ini juga tentu akan membuat motor kesulitan dipacu apabila dibawa berboncengan. Lebih-lebih, jika motor ini sering digunakan di daerah yang berbukit atau bergunung.

Dengan mesin berkapasitas 110 cc SOHC 4 langkah, motor ini bisa menghasilkan tenaga hingga 6,6 kW (9.0 PS) / 7500 rpm dan torsinya bisa mencapai 9,3 Nm (0.95 kgf.m) / 5500 rpm.

Honda Genio sebenarnya merupakan Project G yang berarti bahwa skutik ini ditujukan untuk entry level. Jadi wajar apabila Mesinnya tidak terlalu besar dan harganya pun masih sangat terjangkau.

Kekurangan Honda Genio tersebut masih bisa ditutupi dengan harganya yang relatif murah. Selain harga, motor ini juga memiliki kelebihan lain yaitu pada sasisnya yang menggunakan konstruksi atau rangka model eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Rangka motor seperti ini ni terkenal lebih ringan tapi juga kuat serta gesit apabila diajak bermanuver. Jadi, sangat cocok apabila dijadikan sebagai city bike. Berkendara di kota-kota besar menggunakan motor yang gesit dan lincah tentu akan sangat memudahkan. Apalagi, saat ini kemacetan sudah semakin parah.

Desain Motor Honda Genio


Menurut saya pribadi, Desain motor ini terlihat lumayan cantik walaupun bagian-bagian tertentu pada bodi motor ini terlihat sebagian agak tajam jika dibandingkan dengan Honda Scoopy. Lekukan-lekukan bodynya memang tidak sehalus Honda Scoopy sehingga motor ini terlihat semi retro.

Tapi secara keseluruhan, motor Honda Genio ini tetap terlihat cantik begitu juga dengan speedometernya yang terlihat sangat minimalis. Beberapa orang mengeluhkan speedometer monokrom yang terlalu kecil, namun bagi saya pribadi spedometer ini sudah lebih dari cukup.

Speedometer Honda Genio
Speedometer Honda Genio


Pilihan warna untuk Honda Genio juga relatif kaya. Setidaknya ada 5 pilihan warna yang sudah pasti bisa kita temui di dealer-dealer diantaranya adalah: Fabulous Matte Black, smart black, smart black red, smart red, dan smart silver.

Bagaimana dengan bahan bakarnya?


Konsumsi bahan bakar Honda Genio terkenal irit. Hal tersebut sebenarnya tidak terlalu mengherankan mengingat motor ini membawa mesin racikan baru yang tentu saja jauh lebih baik dalam hal teknologi dan jauh lebih irit jika dibandingkan dengan model-model lama.

Harga Honda Genio 2019 OTR


Harga Honda Genio OTR di Jakarta Selatan berkisar antara Rp 17,2 s/d 17,7 jutaan untuk tipe tertinggi CBS-ISS. Sebuah harga yang relatif terjangkau dan bisa dijadikan sebagai opsi terbaik apabila anda tidak menginginkan Honda Beat.

Sama-sama ber-body kecil, motor Honda Genio bisa jadi pilihan tepat untuk dibeli Jika anda menginginkan sebuah motor yang lincah dan gesit serta bisa diajak bermanuver di tempat-tempat sempit.

Sebagai informasi tambahan, sepeda motor ini sudah dilengkapi dengan pelek alloy berukuran 14 inci yang dipadukan dengan ban tipe tubeless sehingga lebih aman digunakan dan tidak terlalu mengkhawatirkan apabila mengalami kebocoran.

Agar berkendara dijalan lebih nyaman, anda wajib membekali diri dengan peralatan yang bisa membantu mengatasi kebocoran termasuk pompa tangan.

Motor ini juga telah dilengkapi dengan rem cakram hidrolik piston tunggal di bagian depan dan rem tipe tromol di bagian belakang. Pada dasarnya, kombinasi rem depan dan belakang ini sudah sering kita temukan pada motor motor Honda lainnya sehingga tentu sudah tidak asing lagi bagaimana cara kerjanya.


Bagaimana? Apakah motor ini cukup menarik? Bagi saya pribadi mungkin Honda Genio bisa jadi alternatif terbaik di samping Honda Beat yang memang sudah teruji dan terkenal handal.

Komentar