Lifestyle & Tech

Rabu, 27 November 2019

Apakah Terus-menerus Minum Air Mineral Baik untuk Kesehatan?

Air adalah kebutuhan primer dalam kehidupan kita. Tidak mengherankan apabila, dimana ada sumber air di situ pasti ramai dihuni oleh manusia atau binatang. Selain karena mudah memperoleh air, di sekitar sumber air juga biasanya sangat subur sehingga menanam sayur-mayur hingga tumbuhan lainnya jadi lebih mudah.



Berbicara soal air, para ahli kesehatan sangat menyarankan kita agar mengkonsumsi air yang sehat, yang banyak mengandung mineral. Karena mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk memelihara kesehatan dan untuk menghindari berbagai macam penyakit yang diakibatkan karena kekurangan mineral.

Dari sekian banyak jenis air minum yang bisa kita konsumsi sehari-hari, air mineral adalah salah satunya. Ada banyak merek air mineral populer di luar sana yang bisa kita beli dengan mudah di minimarket hingga toko-toko kaki lima. Salah satu merek yang cukup populer adalah Le Minerale.

Pertanyaannya, “apakah terus-menerus minum air mineral berdampak bagi kesehatan?”


Le Minerale sejauh yang saya tahu menggunakan air yang bersumber dari pegunungan dan diambil dari kedalaman 100 meter di bawah tanah. Mengapa kebanyakan air mineral diambil dari sumber mata air pegunungan? Padahal, banyak juga sumber mata air yang bisa kita jumpai di dataran rendah, yang airnya melimpah dan tak pernah kering sekalipun kemarau panjang melanda.

Pemilihan mata air pegunungan sebenarnya sangat beralasan. Selain terkandung banyak mineral alami seperti magnesium, kalsium, potasium, bikarbonat, hingga sodium, mata air pegunungan juga umumnya mengandung oksigen yang bersih sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Perusahaan air minum dengan merk dagang seperti Le Minerale langsung mengemas air langsung di mata air, sehingga keasliannya dan kandungannya terjaga. Di samping itu, air pegunungan juga biasanya terkena sinar matahari langsung yang akan menambah kandungan ultraviolet. Kandungan ini sendiri sangat bermanfaat untuk tubuh.

Dari keterangan di atas, kita bisa menyimpulkan jika terus-menerus minum air mineral tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, justru dianggap lebih baik dan lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan air minum biasa. Yang kadang-kadang jarang terkena sinar matahari sehingga tidak mengandung ultraviolet, mengandung oksigen yang tidak sehat, dan tidak banyak mengandung mineral.

Hanya saja, kita juga harus jeli saat membeli air mineral kemasan. Pasalnya, sesuai dengan peringatan yang tertera pada setiap kemasan air minum. Sebaiknya hindari air minum kemasan yang kerap terpapar sinar matahari langsung. Karena kemasan plastik yang digunakan mengemas air dapat melepas zat berbahaya yang dapat tercampur dengan air di dalam kemasan apabila air kemasan terkena sinar matahari langsung atau suhu di atas 25 derajat C.

Cara menjaga kesehatan selain dengan minum air yang banyak mengandung mineral
Minum air yang banyak mengandung mineral adalah salah satu cara memelihara kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun selain minum air yang sehat, kita juga perlu menerapkan gaya hidup sehat lainnya.

Dalam kehidupan sehari-hari, saya mulai menyadari bahwa saya dan keluarga semakin jarang bergerak disebabkan oleh kehadiran teknologi seperti smartphone, internet, tablet, hingga TV pintar.

Tidak seperti dulu ketika masih sering berbelanja di pasar atau sering silaturahim dengan mengunjungi tetangga atau saudara-saudara. Saat ini, kegiatan silaturahim hingga membeli kebutuhan sehari-hari lebih sering kami lakukan secara online. Gaya hidup ini tentu saja membuat kami semakin jarang bergerak.

Bukannya tidak menyadari, kami tahu bahwa semakin jarang bergerak tentu akan semakin merugikan kesehatan. Karena kurang bergerak akan membuat lemak lebih mudah menumpuk, sehingga memicu berbagai macam penyakit.

Tidak hanya mengkhawatirkan diri sendiri, kondisi ini tentu saja membuat kami sangat mengkhawatirkan anak-anak yang juga semakin jarang bergerak atau keluar rumah karena lebih suka duduk di depan TV atau bermain gadget.

Untuk mengurangi ketergantungan pada gadget dan televisi, kami mencoba meluangkan waktu setiap hari untuk jalan-jalan bersama atau melakukan permainan-permainan seru sambil belajar.

Bulu tangkis, bermain bola, ikut lomba, atau bermain dengan teman-teman adalah contoh kegiatan yang sangat kami dukung. Pasalnya, kegiatan outdoor seperti ini bisa membuat anak-anak termotivasi untuk terus hidup sehat dengan rajin bergerak.

Menyajikan makanan sehat dan diet seimbang setiap hari

Cara menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga lainnya yang kami terapkan adalah, kami berusaha untuk menyajikan makanan-makanan sehat dan diet seimbang setiap hari. Sebisa mungkin, setiap hari anak-anak harus makan sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, produk susu, ikan atau daging, serta biji-bijian.

Disamping itu, kami berusaha untuk mengurangi konsumsi makanan makanan olahan, makanan-makanan yang digoreng, dan berbagai pilihan makanan yang kosong kalori lainnya.

Untuk anak-anak, kami selalu mencoba memberikan mereka contoh cara makan yang sehat. Mulai dari, selalu menyertakan sayur setiap kali makan; selalu berusaha untuk sarapan setiap pagi agar anak lebih bersemangat dan berkonsentrasi saat sekolah selain agar anak tidak akan terlalu sering jajanan; hingga, kami juga berusaha untuk menghindari makan di luar rumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar