Jaga Asupan Nutrisi Saat Menyusui

Kehadiran sang buah hati adalah sebuah anugerah bagi para orang tua di seluruh dunia. Selama 9 bulan lamanya sang ibu mengandung, merawat si kecil di dalam janin dengan tidak berhenti memberikan semua nutrisi yang diperlukannya hingga akhirnya tibalah waktunya untuk mencicipi kehidupan dunia. Namun itu semua bukanlah usai, melainkan Anda sebagai seorang ibu memasuki tahap berikutnya, yaitu fase menyusui. Akan tetapi, bagi beberapa ibu masa menyusui bisa saja terasa menakutkan. Mungkin Anda cemas bayi tidak bisa menyusui dengan lancar, atau khawatir bila jumlah air susu ibu (ASI) tidak begitu banyak.



Ibu menyusui biasanya tidak perlu melakukan perubahan jadwal atau jumlah gizi makanan ketika sedang menyusui. Namun hal yang penting, makanan ibu menyusui harus mampu memberikan nutrisi yang cukup, baik untuk ibu sendiri maupun untuk bayinya. Untuk mencukupi kebutuhan ibu dan bayi, ada beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan ideal bagi Anda yang saat ini memasuki tahap menyusui. Salah satu hal yang wajib terpenuhi ialah karbohidrat. Kebutuhan karbohidrat bisa didapat dari nasi dan roti, namun agar tidak semata-mata hanya karbohidrat saja yang masuk, sesekali gantilah menu ini dengan gandum utuh yang lebih kaya akan serat. Gandum utuh juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan si kecil karena kaya akan asam folat.

Ibu menyusui juga butuh protein yang cukup, salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi telur dan ikan. Buah dan sayuran juga harus dikonsumsi karena terdapat banyak sekali vitamin yang terkadung di dalamnya. Tambahan lainnya adalah dengan mengonsumsi susu, yoghurt, dan keju. Karena itu semua menjadi sumber vitamin D yang dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi.

Selain itu, ibu menyusui juga membutuhkan berbagai macam vitamin yang bisa didapat dari suplemen makanan. Saat ini, mungkin akan menyusahkan bila Anda harus keluar rumah terlebih dahulu  untuk pergi ke apotik mencari suplemen atau susu khusus menyusui. Sekarang sudah zamannya serba online, dan Anda dapat mendapatkan semua itu lewat online tanpa ribet harus keluar rumah, tinggal beli saja di goapotik. Goapotik merupakan apotik online terlengkap dan terpercaya yang dapat menjadi andalan Anda saat ini. Agar fase menyusui Anda berjalan dengan lancar, alangkah baiknya Anda membaca referensi artikel : https://www.guesehat.com/petunjuk-pola-makan-untuk-ibu-menyusui

Komentar