Cari Pabrik Tas Murah yang Terpercaya dan Berkualitas? Ini Tipsnya

Dulu, antara tahun 2010-2012, saya pernah bekerja di perusahaan garmen yang menjadi pusat riset dan produksi salah satu merek fashion internasional yang menjual berbagai model pakaian, aksesoris, ataupun perlengkapan fashion, termasuk tas.

Saat bekerja di sana, saya kerap mendapati perusahaan ini kesulitan untuk membuat sampel tepat waktu, begitu juga saat memasuki musim produksi. Salah satu kendala yang paling sering mereka hadapi adalah, produsen tas yang sering kali tidak bisa memenuhi tenggat waktu yang diberikan, atau tidak bisa memberikan hasil seperti apa yang diinginkan oleh desainer.



Hasil yang belum memenuhi keinginan desainer, membuat tas terpaksa harus di revisi. Merevisi tentu saja membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi jika pesanan tidak hanya datang dari perusahaan garmen tempat saya bekerja.

Belajar dari pengalaman tersebut, saya ingin berbagi dengan  beberapa tips atau cara menemukan pabrik tas terpercaya yang punya legalitas bagus dan menghasilkan produk yang berkualitas.

Cari tahu kapasitas produksi mereka

Apabila kamu ingin memperoleh tas dalam jumlah banyak, kamu tentu harus mencari produsen tas yang dapat memenuhi kuota yang kamu butuhkan, bukan? Mencari produsen tas yang kapasitas produksinya cukup besar tidaklah sulit. Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan pabrik-pabrik tas berkualitas.

Pabrik Tas Murah asuhan PT. Panji Usaha Mulia, adalah salah satu contoh rekomendasi pabrik yang bisa memproduksi tas dalam jumlah besar. Tidak hanya bisa memenuhi kuota yang kamu inginkan, tapi juga menawarkan hasil produksi yang memuaskan. Karena mereka, memiliki tenaga kerja yang berpengalaman dan kawakan di bidang jahit-menjahit tas.

Perhatikan portofolio mereka

Portofolio adalah salah satu tolak ukur yang bisa kita gunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan sebuah pabrik dalam membuat berbagai jenis tas.

Jika pada portofolio tidak terdapat desain tas yang kamu inginkan, gali informasi lebih dalam apakah mereka menyediakan atau menawarkan tas custom yang dapat dibuat sesuai order dari klien.

Mintalah informasi mengenai lama waktu pengerjaan
Pabrik tas yang besar dan terpercaya, biasanya memiliki website yang dapat di manfaatkan sebagai sumber informasi portofolio, data, hingga kontak.

Setelah mengetahui kontak yang bisa kamu hubungi, segera hubungi mereka untuk meminta informasi mengenai lama waktu pengerjaan tak sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Jika, produsen tas sanggup memenuhi kriteria yang kamu butuhkan, kamu bisa melanjutkan kerjasama. Sebaliknya, jika jawaban yang kamu dapatkan masih terkesan ragu-ragu, sebaiknya cobalah untuk mencari produsen tas yang lebih meyakinkan.

Selalu follow-up progress tas yang kamu pesan

Berdasarkan pengalaman ketika bekerja di garmen dulu, pesanan kami kerapkali terlambat (tidak jadi sesuai schedule) karena terlupakan. Entah itu karena konsentrasi produsen teralihkan oleh pesanan lain atau karena produsen tidak serius menggarap tas yang kita pesan.

Nah, agar pengalaman tersebut tidak kamu alami. Jangan ragu-ragu untuk follow-up progress pesanan setiap hari atau secara rutin misal, tiga kali seminggu.

Saya tahu! kita sebagai masyarakat Indonesia kerap kali merasa tidak enakan. Atau tidak malu apabila terus-menerus menanyakan produk yang kita pesan. Akan tetapi, sebagai seorang konsumen, tentu kita ingin meyakinkan diri kita bahwa produsen bekerja sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Agar tak menjadi gangguan, pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan follow-up. Dan hindari menanyakan terlalu banyak hal atau berbasa-basi.

Sebaliknya, tanyalah poin-poinnya saja. Setelah kamu mendapatkan jawaban, segera akhiri follow up agar tidak menjadi gangguan bagi produsen.

Jangan lupa baca testimoni dari para pemesan

Testimoni bisa kita peroleh dari website ataupun dari sumber-sumber tertentu seperti Google Maps misalnya. Jika ingin membaca testimoni yang lebih terpercaya, cobalah untuk mencari di Google Maps atau di blog maupun sosial media orang-orang yang pernah memesan.

Fokuslah pada review orang-orang yang memberikan testimoni negatif untuk mengetahui sejauh mana kinerja produsen tas.

Pastikan kamu mengenali bahan-bahan yang digunakan

Minimnya pengetahuan mengenai bahan bahan pembuatan tas kerap kali membuat konsumen merasa dikecewakan. Padahal, apa yang diberikan oleh produsen sudah sesuai dengan apa yang diminta oleh konsumen.

Agar tak terjadi kesalahan-kesalahan seperti ini, sebagai produsen kamu harus cerdas dan perlu mengetahui secara pasti, jenis ataupun nama-nama bahan yang akan digunakan. Sehingga, hasilnya kelak sesuai dengan apa yang kamu bayangkan dan harapkan.

Selain mempelajari sendiri nama-nama bahan untuk tas, mulai dari bahan kulit (leather), semi sintetis (fake leather), parasut, canvas, hingga denim. Kamu juga harus pro aktif bertanya jika produsen menawarkan bahan yang belum kamu kenali.

Temukan pabrik tas murah yang menyediakan data lengkap

Pada saat melakukan pemesanan, tentu ada banyak tahapan yang akan kamu lalui sebelum kemudian tas tersebut diproduksi. Salah satu tahapan yang biasanya akan kamu lalui adalah, kamu akan disajikan atau ditawarkan data lengkap mengenai tas yang akan kamu pesan. Mulai dari ukurannya, warnanya, metode jahitan yang digunakan, merek atau nama bahan yang akan digunakan, hingga aksesorisnya.

Apabila produsen tas menyediakan berbagai data tersebut, ini menandakan bahwa produsen tersebut cukup berpengalaman dan terpercaya. Ketika tas sudah jadi, data tersebut juga akan memudahkan kamu untuk melakukan checking dan mencocokkannya dengan apa yang menjadi kesepakatan di awal pemesanan.

Kesimpulan

Cari pabrik tas murah yang terpercaya dan berkualitas sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Hindari mencari produsen tas secara buru-buru. Cobalah untuk meluangkan lebih banyak waktu agar kamu bisa riset lebih maksimal dan bisa menemukan pabrik tas yang dapat memenuhi kriteria yang kamu butuhkan. Selain itu, meskipun ‘harga tas’ kerap menjadi pertimbangan utama, pastikan kamu tidak menjadikannya sebagai prioritas utama. Melainkan, prioritaskan ketepatan waktu (sesuai dengan schedule), kualitas jahitan, dan pilihan bahan-bahan-nya.

Komentar