7 Hal Ini Sering Dilupakan saat Beli Komputer Baru

7 Hal Ini Sering Dilupakan saat Beli Komputer Baru

Ketika memutuskan untuk membeli atau merakit sebuah komputer, ada banyak hal yang kerap kita lupakan. Padahal, beberapa hal tersebut kadangkala cukup penting dan bisa membantu meningkatkan akselerasi kerja, produktivitas, atau kepuasan dalam menikmati hiburan dari PC. Nah, bagi kamu yang berencana untuk beli komputer baru, 7 hal berikut ini sebaiknya tidak kamu lupakan.

1. Mousepad


Mousepad terbaik untuk laptop
Mousepad (tomsguide.com)


Fakta bahwa mouse modern yang menggunakan optik atau laser bisa digunakan di berbagai permukaan, kecuali permukaan yang reflektif dan transparan. Hal ini membuat mouse pad (alas mouse) secara teknis tidak benar-benar diperlukan.

Tapi, benarkah alas mouse tidak dibutuhkan lagi?


Untuk beberapa alasan, alas mouse sebenarnya masih sangat dibutuhkan. Misalnya,


Jika kamu seorang gamer, maka mempertimbangkan untuk membeli mosfet adalah sebuah keharusan. Pasalnya, permukaan yang bagus bisa memaksimalkan kecepatan dan kontrol kursor dari mouse. Terutama bagi gamer yang sering bermain MOBA atau Shooter Game.


Ada banyak variasi mousepad yang bisa dipilih baik dari segi ukuran, bantalan, permukaan, hingga fiturnya.


Mouse standar gamer biasanya menggunakan permukaan kain sintetis. Kain sintetis banyak dipilih karena kuat dan juga lebih licin sehingga mouse bisa meluncur dengan baik dan lancar.


Selain sangat berguna untuk gamer, mouse pad juga bisa memberikan manfaat lain bagi setiap user. Misalnya untuk melindungi permukaan meja yang mudah terkikis akibat menggeser mouse maupun tangan secara terus-menerus.


Selain untuk melindungi permukaan meja agar tidak rusak, alas mouse juga sangat bermanfaat untuk melindungi agar permukaan meja tidak mudah kotor.


2. Wireless Mouse (Bluetooth)


Wireless Mouse Mijia Xiaomi

Khusus bagi pengguna laptop, kita sering merasa trackpad yang tersedia sudah cukup untuk mengendalikan kursor di layar. Sayangnya, setelah sekian tahun menggunakan laptop, saya tetap merasa lebih lincah mengendalikan kursor untuk bekerja maupun untuk bermain game apabila menggunakan mouse.


Karena itulah, saya beranggapan bahwa, sebuah wireless mouse atau mouse bluetooth adalah bagian dari komputer yang sebaiknya tidak lupa dibeli. Mengingat, mouse bisa meningkatkan akselerasi kerja dan meningkatkan produktivitas.


Saya sangat merekomendasikan mouse wireless karena lebih ringkas sehingga mudah dibawa kemana-mana dan juga tidak membuat meja jadi terlihat amburadul akibat banyaknya kabel yang berseliweran.


3. Sistem Operasi


OS Linux
Sistem Operasi Linux Distro ElementaryOS

Banyak orang menganggap sistem operasi tidak penting. Padahal, sistem operasi dan komputer ibarat dua sisi mata uang yang tidak terpisahkan. Mengapa sistem operasi yang begitu penting sering dilupakan?

Ada tiga alasan utama mengapa sistem operasi kerap tidak dipertimbangkan saat membeli komputer.

  1. Alasan pertama. Windows bajakan bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Padahal, menggunakan Windows bajakan sama artinya dengan menggunakan sistem operasi curian. Ada ataupun tidak hasil dari menggunakan sistem operasi tersebut tetap akan membuat penggunanya dianggap sebagai pembajak atau pengguna software ilegal. Selain melanggar peraturan negara dan merugikan pemilik lisensi, menggunakan Windows bajakan tentu saja merugikan diri sendiri karena Tuhan pasti akan mencatatnya sebagai perbuatan dosa.
  2. Penjual komputer, terutama komputer rakitan. Seringkali menjual komputer rakitan yang berisi Windows, software, dan game bajakan untuk menyenangkan pembelinya. Hal ini akan membuat pembeli merasa tidak perlu mempertimbangkan sistem operasi atau software yang akan mereka gunakan--karena bisa diperoleh secara gratis.
  3. Banyak pengguna awam yang mengira bahwa hanya sistem operasi Windows yang cocok bagi mereka, dan bisa mereka gunakan untuk bekerja. Padahal, diluar sana masih ada sistem operasi gratis seperti Linux yang mudah digunakan dan menawarkan banyak keunggulan. Serta, bisa juga digunakan untuk mengerjakan berbagai hal. Mulai dari editing video, coding, desain grafis, akunting, dan lain sebagainya.

4. Wifi Receiver


Wifi Receiver (cicig.co)

Komputer rakitan atau mini PC banyak yang tidak mengintegrasikan penerima wifi. Padahal, saat ini koneksi internet lebih mudah kita peroleh dari router wifi ataupun wifi tethering dari smartphone.

Karena itulah, pengguna komputer rakitan maupun mini PC saya anggap sangat membutuhkan wifi receiver jika ingin selalu online tanpa mengandalkan kabel LAN. Mengingat, terhubung ke internet melalui jaringan wi-fi secara nirkabel mudah dan lebih praktis di samping, pengguna internet router wifi belum sebanyak pengguna smartphone yang menyediakan wi-fi tethering.

5. Sound Card


Soundcard external (bestproducts.com)

PC rakitan dan laptop sudah dibekali dengan perangkat keras audio yang terintegrasi di motherboard. Beberapa diantaranya relatif cukup bagus. Sehingga bisa diandalkan untuk mendengarkan musik berkualitas tinggi ataupun untuk rekaman.

Akan tetapi, hingga saat ini perusahaan-perusahaan besar di bidang teknologi dan elektronik seperti Creative, Asus, hingga Evga masih membuat dedicated sound card. Mengapa mereka masih melakukannya? Apakah sound card external benar-benar masih dibutuhkan?


Jawabannya tergantung pada “kebutuhan.” Soundcard bawaan motherboard modern memang bagus dan sebagian besar bisa memenuhi kebutuhan pengguna. 


Akan tetapi, sebagus-bagusnya output dan input audio yang ditawarkan oleh built-in sound card, masih belum bisa menawarkan suara sedetail dan sejelas yang ditawarkan oleh perangkat audio khusus karena satu alasan yang sangat sederhana.


Masalah utama yang membuat kinerja audio pada PC atau laptop tidak maksimal adalah gangguan listrik. Motherboard merupakan sarang dari aktivitas impuls listrik yang hilir mudik dari PCIe, GPU, dan CPU. Belum lagi arus yang berjalan di chipset, RAM, USB, dan berbagai fitur lampu RGB yang kerap kita jumpai di PC modern.


Semua itu dapat menciptakan bunyi desis di latar belakang yang akan menurunkan performa audio secara keseluruhan. Dalam upaya mengurangi gangguan tersebut, banyak produsen pembuat motherboard yang mencoba memberikan isolasi atau pelindung pada komponen audio untuk menghasilkan suara input maupun output yang lebih baik. Meski demikian, cara ini tidak sepenuhnya berhasil menghilangkan gangguan impuls listrik.


Kalau kamu berencana untuk merekam suara atau audio atau membuat dapur rekaman sendiri, membeli sound card sangat direkomendasikan. Begitu juga dengan kamu yang suka menikmati musik tanpa distorsi atau suka mendengarkan detail dan suara yang lebih jernih serta jelas, juga sangat disarankan untuk membeli sound card external.


6. Bluetooth Headset


Headset Bluetooth (pinterest.com)

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai ide membeli sound card external, kamu bisa berinvestasi dengan membeli bluetooth headphone atau headset wireless berkualitas tinggi yang dapat membantu meningkatkan suara (audio) dari musik, game, ataupun film yang kamu tonton.

Meskipun menawarkan kualitas audio yang baik, headset bluetooth berkualitas tinggi biasanya dihargai cukup mahal. Dan salah satu kelemahan headset bluetooth lainnya yang perlu kamu tahu adalah, kehadiran delay (jeda) yang kadang-kadang cukup mengganggu. Terutama bagi para gamer yang menginginkan suara real time.


7. Anti glare


Anti-glare Laptop (ebay.com)

Perangkat komputer portable seperti laptop semakin diminati karena mudah dibawa kemana-mana. Berbekal laptop, kita bisa bekerja dimana saja, baik itu di dalam maupun luar ruangan.

Kalau kamu sering bekerja di luar ruangan, kamu pasti membutuhkan sebuah laptop yang menawarkan layar dengan tingkat kecerahan yang tinggi dan fitur-fitur tertentu seperti fitur anti glare untuk mengurangi pantulan cahaya atau objek yang ada di sekitarmu.


Sayangnya, banyak laptop modern yang belum dibekali dengan layar anti glare. Karena itu, kalau kamu kebetulan membeli laptop entry-level, sebaiknya jangan lupa membeli anti-glare.


Karena, alat penangkal silau ini sangat membantu mengurangi refleksi dari objek maupun cahaya di sekitar kita. Sehingga, gambar yang ada pada layar laptop akan lihat lebih jelas.


Beberapa anti-glare ada yang dilengkapi dengan fitur anti blue screen yang juga akan sangat bermanfaat untuk menjaga agar mata tidak mudah lelah sekalipun berlama-lama menatap layar komputer.