Cara Daftar Skill Academy untuk Meningkatkan Peluang Bisnis

Cara Daftar Skill Academy untuk Meningkatkan Peluang Bisnis

Era globalisasi berarti peluang bisnis dengan jangkauan dan bidang yang lebih luas. Tapi, bisa juga berarti tingkat persaingan yang lebih ketat. Agar bisa bersaing dan punya peluang. Maka, kita perlu meningkatkan skill (kemampuan).

Skill Academy by Ruangguru

Kemampuan yang dibutuhkan untuk meningkatkan peluang bisnis, salah satunya bisa diperoleh melalui kursus. Misalnya, di Skill Academy. Yaitu, penyedia pelatihan, kelas, atau kursus online yang bisa diikuti dari rumah atau dari mana saja dengan menggunakan smartphone atau laptop. Bagaimana cara daftar Skill Academy dan apa saja syarat yang dibutuhkan? Temukan jawabannya di bawah ini.


Cara Daftar Skill Academy


Ada dua tujuan mendaftar di Skill Academy. Yang pertama adalah untuk mengikuti kelas, pelatihan, atau kursus online bersertifikat. Yang kedua, adalah mendaftar menjadi instruktur.

Kedua-duanya dapat meningkatkan peluang bisnis. Karena keduanya bisa dimaksimalkan atau dimanfaatkan untuk menghasilkan income.

Jika mendaftar untuk mengikuti kelas atau kursus. Maka “investasi leher ke atas” atau skill yang akan kamu peroleh. Berbekal skill yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuka bisnis atau meningkatkan kemampuan bersaing.

Sedangkan, jika kamu mendaftar menjadi instruktur. Kamu tidak hanya ikut memajukan bangsa dengan berbagi keahlian kepada saudara-saudara kita yang membutuhkannya. Tapi juga, akan membuka peluang untuk menghasilkan income yang bisa kamu peroleh dari hasil mengajar atau berbagi ilmu.

Agar bisa langsung belajar dengan mengikuti berbagai kelas yang tersedia. Entah itu, kelas pengembangan diri, pemasaran, bisnis dan keuangan, teknologi dan software, persiapan menghadapi tes, dan kelas-kelas lainnya termasuk klasemen touring, terlebih dahulu kamu harus mendaftar.

Tidak perlu khawatir. Karena cara mendaftar di Skill Academy untuk mengikuti kursus atau menjadi instruktur sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pastikan kamu memiliki sebuah email. Akan lebih baik jika kamu membuat akun di Google
  2. Jika menggunakan laptop, kunjungi laman skillacademy.com via web browser. Atau, kalau kamu pakai smartphone, instal aplikasi Skill Academy by Ruangguru yang bisa kamu download secara gratis dari Playstore maupun App Store

    Download Aplikasi Skill Academy by RuangGuru di Playstore
  3. Cara daftar Skill Academy via web browser:
    1. Buka halaman skillacademy.com
    2. Klik tombol MASUK/DAFTAR yang ada di pojok kanan atas

      tombol MASUK/DAFTAR

    3. Klik tab “Daftar” jika kamu menggunakan akun selain Gmail. Kemudian, isi semua form yang tersedia, khususnya yang diberi tanda “*” yang berarti wajib diisi. Kemudian, akhiri dengan menekan tombol DAFTAR

      Form pendaftaran Kursus di skill academy

    4. Kalau kamu punya akun Gmail atau punya akun Facebook. Kamu tidak perlu mendaftar secara khusus. Karena, kamu bisa langsung masuk dengan menggunakan kedua akun tersebut. Terlebih, jika kamu menggunakan Google Chrome browser yang tersinkronisasi dengan Gmail
    5. Untuk pemilik akun Facebook atau Gmail, kamu bisa menekan tombol Facebook berwarna biru atau Gmail yang berwarna merah
    6. Pada kotak dialog “Masuk dengan Gmail/Facebook” yang muncul, klik tombol “Lanjutkan sebagai….”
    7. Tunggu beberapa saat, kamu akan segera dibawa masuk ke dashboard Skill Academy
    8. Jika sudah masuk, jangan lupa mengubah nama pada profilmu apabila kamu menggunakan nama samaran ketika mendaftar akun Gmail.

      Edit nama di profil skill academy

    9. Cara mengubah nama profil adalah, klik foto profilmu yang ada di pojok kanan atas. Kemudian, pilih “Edit Profil.” Ketikkan namamu yang sebenarnya kemudian input juga beberapa data yang dibutuhkan kemudian tekan tombol SIMPAN

      Edit Profil Skill Academy via Web

  4. Cara daftar Skill Academy via aplikasi:
    1. Setelah mendownload aplikasi dari Playstore atau Appstore, kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut
    2. Tap tombol/menu “Lainnya” yang ditandai dengan icon ellipsis (...)

      Tombol Lainnya di Beranda Aplikasi Skill Academy

    3. Pilih tombol DAFTAR jika kamu ingin mendaftar dengan menggunakan akun selain Gmail. Lalu, isi semua form yang tersedia. Dan, akhiri dengan menekan tombol DAFTAR

      Daftar skill academy via aplikasi

    4. Kalau kamu ingin mendaftar menggunakan akun Gmail atau Facebook. Langsung tekan tombol MASUK dan tekan tombol Gmail atau Facebook
    5. Pada kotak dialog yang muncul, ketuk alamat email-mu yang tertera di sana. Tunggu beberapa saat, kamu akan dibawa ke menu utama (dashboard) Skill Academy

      Mendaftar Skill Academy via aplikasi

    6. Jangan lupa mengubah profilmu apabila tidak menggunakan nama asli ketika mendaftar akun Gmail. Agar nantinya, nama di sertifikat sama dengan namamu yang sebenarnya. Karena Skill Academy akan otomatis menggunakan nama yang tertera di sana. Adapun cara mengubah namamu adalah dengan, 
    7. Menekan tombol/menu “Lainnya.” Kemudian pada alamat email dan nama yang ada di bagian atas. Klik icon panah yang ada di sampingnya lalu pilih “Ubah Profil.” Jika sudah selesai, tekan tombol SIMPAN

      Cara Ubah Profil Skill Academi

Itulah cara mendaftar Skill Academy yang bisa diterapkan lewat web browser jika kamu menggunakan laptop dan aplikasi berbasis Android maupun iOS.

Keuntungan Kursus Online di Skill Academy


Keterbatasan waktu, tempat, dan tenaga seringkali menjadi kendala bagi kita yang ingin ikut kursus untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan. Karena itulah, Skill Academy hadir sebagai solusi bagi siapapun yang ingin meningkatkan kualitas diri secara personal dan profesional. 

Pemberian pelatihan atau kelas online online menjadi keuntungan tersendiri yang bisa diperoleh bagi peserta kursus di Skill Academy. Selain keuntungan tersebut, berikut adalah keuntungan lain yang layak untuk dipertimbangkan.

1. Kelas bisa diikuti melalui website atau aplikasi


Fleksibilitas media yang digunakan untuk belajar akan memudahkan kita mengikuti kelas online, baik dengan menggunakan smartphone ataupun komputer/laptop.

2. Tersedia pilihan kelas yang lengkap


Kategori kelas yang tersedia di Skill Academy diantaranya adalah:

  1. Mentoring
  2. Bisnis dan keuangan
  3. Pemasaran
  4. Pengembangan diri
  5. Teknologi dan software
  6. Persiapan tes
  7. Prakerja

3. Menyediakan informasi rating


Rating yang tersedia untuk setiap kelas atau kursus akan membantu kita menilai dan memilih kelas yang bagus. Sehingga, biaya yang kita keluarkan tidak akan sia-sia.

4. Deskripsi kelas sangat jelas


Sebelum ikut kursus di Skill Academy, kamu bisa melihat deskripsi kelas yang akan kamu pilih sebelum kamu membayar. Deskripsi yang jelas akan memudahkan kamu mengetahui apa tujuan kelas tersebut diadakan? Apa saja materinya? Dan berapa lama kelas tersebut bisa diikuti.

5. Instruktur ahli


Belajar langsung kepada ahlinya akan membuat kita lebih mudah menguasai materi. Dan keterampilan atau ilmu yang kita dapatkan pun jadi lebih berbobot.

Di Skill Academy, mentor atau instruktur rata-rata adalah orang yang ahli dan berpengalaman dibidangnya. Beberapa contoh nama-nama beken yang menjadi instruktur di Skill Academy diantaranya adalah: Fedi Nuril (aktor film), Ivan Gunawan (Fashion Designer dan presenter), Bubah Alfian yang dikenal sebagai make up artis berbakat, dan masih banyak nama-nama beken lainnya.

Selain itu, tidak sedikit dari instruktur ahli yang ada di Skill Academy adalah orang-orang yang berpengalaman dan jago di bidangnya. Seperti Nabilla Aidid seorang UX Writer Gojek, Carissa Mashinta seorang Senior E-Commerce Manager Wunderman Thompson, Ex Lazada, Ex Unilever, dll.

6. Harga kursus online di Skill Academy murah dan jelas


Harga kursus online di Skill Academy relatif terjangkau. Ditawarkan mulai Rp90.000. Tak jarang, tersedia harga flash sale atau diskon yang akan membuat biaya kursus jadi terasa lebih ringan.

Terutama menjelang momen-momen besar seperti, hari-hari besar nasional, hari besar keagamaan, atau momen-momen tertentu seperti tahun baru.

7. Skill Academi bermitra dengan perusahan populer


Ada banyak jenis pelatihan yang bisa kamu ikuti di sana. Tidak tanggung-tanggung, mitra untuk pelatihan, rata-rata adalah nama-nama terkenal yang sudah sangat akrab di telinga kita. Seperti, English First (EF), English Today (ED), Papindo Education Center, MyEduSolve, Gama Semesta Konsultindo, Insight Out, Koding Next, hingga NusaTalent.

8. Dapat sertifikat


Sertifikat adalah bukti bahwa kita pernah mengikuti kursus atau kelas online untuk meningkatkan skill. Dengan adanya sertifikat, kita akan lebih mudah membuktikan bahwa kita layak untuk dipertimbangkan ketika melamar kerja atau ketika mendaftar Prakerja.

9. Menyediakan Career Mentoring


Di Career Mentoring, kamu akan belajar bagaimana caranya membuat CV serta surat lamaran kerja yang baik dan benar, bagaimana cara menulis surat lamaran baik menggunakan tulisan tangan maupun media elektronik seperti email.

Kamu juga akan belajar menyusun profil LinkedIn, belajar cara menghadapi interview (wawancara kerja), serta bagaimana cara mengasah soft skill terbaru yang dibutuhkan didunia kerja di era globalisasi ini.

Kesimpulan


Meningkatkan kemampuan diri melalui kursus ataupun kelas online sangat kita butuhkan di era pandemi seperti saat ini. Dengan belajar secara daring untuk meningkatkan soft skill maupun technical skill. Kita akan tetap termotivasi untuk berbisnis ataupun bekerja.

Kursus online Skill Academy adalah salah satu pilihan terbaik karena berbagai alasan yang telah kami sebutkan diatas. Tak hanya itu, cara daftar Skill Academy juga relatif sangat mudah sehingga siapapun bisa mengikuti kelas online menggunakan hp atau laptop dari rumah.