Tips Memilih Softlens yang Nyaman dan Nggak Bikin Iritasi

Tips Memilih Softlens yang Nyaman dan Nggak Bikin Iritasi

Sebagai seorang blogger dan penulis (content writer), hampir setiap hari saya selalu menatap layar komputer dan smartphone. Belum lagi, sebagian besar waktu yang saya miliki saya habiskan di dalam ruangan. Karena itu, tak mengherankan apabila penglihatan saya tak sebaik dulu.

Tidak dapat melihat dengan jelas
Tidak dapat melihat dengan jelas

Kemampuan mata saya untuk melihat benda-benda di kejauhan kini sudah menurun drastis dan tak lagi setajam dulu. Mau tak mau, saya membutuhkan alat bantu penglihatan seperti kacamata.

Tapi segera setelah memakai kacamata. Saya menyadari bahwa, pakai kacamata itu ternyata sangat tidak nyaman, merepotkan, dan membatasi ruang gerak saya.

Apalagi kalau digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kacamata yang meskipun bobotnya tidak terlalu berat namun tetap jadi beban tersendiri ketika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hingga membuat wajah terasa sangat lelah.

Dan, yang paling menyebalkan adalah, ketika saya tidak bisa menemukan kacamata ketika sangat membutuhkannya. Berbagai kejadian tersebut membuat saya berpikir untuk mencoba menggunakan softlens saja.

Soflens warna Silicone Hydrogel

Pada awalnya, saya merasa sangat bingung. Saya tidak tahu bagaimana cara memilih softlens yang bagus? Saya juga bingung bagaimana cara menentukan soflen yang tepat untuk saya gunakan sesuai dengan kebutuhan saya yang punya mata minus. Saya juga kerap bertanya-tanya di dalam hati, apakah memakai softlens akan mengganggu kenyamanan mata, terutama saat berkedip?

Untungnya, ada banyak literasi di internet yang bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sehingga keyakinan saya untuk menggunakan softlens semakin besar.

Dari hasil membaca sana-sini, saya bisa menarik kesimpulan bahwa, memilih softlens ternyata tidaklah sesulit apa yang saya pikirkan selama ini. Memilih softlens itu sangat mudah, caranya bisa dengan:

1. Cari Resep Softlens ke Optik


Bagi kamu yang tinggal di kota-kota besar atau di kota yang ada optik penyedia periksa mata gratis, kamu patut bersyukur karena ini akan memudahkan proses memilih softlens yang paling tepat untuk kamu gunakan.

Test Mata Minus

Ya, sama seperti saat akan membeli kacamata, kita terlebih dahulu harus memeriksakan mata ke optik untuk mengetahui spesifikasi softlens seperti apa yang kita butuhkan.

Jangan coba-coba menggunakan resep kacamata untuk membeli softlens. Karena kedua alat bantu penglihatan ini digunakan dengan cara yang berbeda. Dari penempatannya saja sudah sangat berbeda. Di mana kacamata akan ditempatkan sekitar 12 mm dari mata kita. Sebaliknya, softlens akan ditempelkan langsung di atas atau di permukaan kornea mata.

2. Pilih softlens yang nyaman


Kalau kamu bertanya ke saya. Buat saya, softlens yang paling bagus adalah merek Miacare made in Taiwan. Kenapa saya menyukai merek ini?

Ada 7 alasan mengapa saya lebih memilih softlens Miacare dibandingkan dengan merek lain.

  1. Minim perawatan. Setelah pengalaman menggunakan kacamata, saya menyadari bahwa saya tidak begitu rajin membersihkan kacamata yang saya pakai setiap hari. Dan hal yang sama mungkin saja akan terjadi apabila saya menggunakan softlens. Karena itulah, saya memutuskan memilih softlens yang perawatannya tidak membutuhkan perawatan yang ribet seperti produk Miacare

  2. Dikenal sebagai no.1 Healthy and Charming Softlens in the world. Label sebagai produsen softlens tersehat dan alami serta menarik tentu tidak didapatkan begitu saja. Terbukti, merk Miacare dikenal sebagai salah satu produsen lensa kontak yang sehat dan bagus karena mereka membuat lensa kontak menggunakan teknologi, ilmu, dan sumber daya perusahaan optical filter polarizer terbesar di dunia, yaitu BenQ Material

  3. Level transmisibilitas oksigennya sangat tinggi. Setelah banyak membaca, saya menyadari bahwa penyaluran oksigen ke kornea mata sangat penting selama kita menggunakan softlens. Lensa kontak yang bagus harus bisa menyalurkan oksigen ke kornea mata dengan lancar. Standar transmissibility oksigen sebuah softlens adalah Dk/t 125. Semakin tinggi angkanya maka akan semakin baik. Dan softlens Miacare ternyata menawarkan transmissibility oksigen hingga DK/t 151 untuk tipe lensa harian (daily) dan DK/t 193 untuk tipe lensa bulanan (monthly)

  4. Warna-warnanya natural. Saya pernah melihat beberapa teman yang menggunakan lensa kontak. Dari yang saya lihat, banyak di antara mereka yang terlihat aneh dan terlihat agak norak karena memilih lensa kontak dengan warna-warna yang terlalu mencolok dan tanpa mempertimbangkan tone kulit ataupun warna kulit. Berangkat dari pengalaman tersebut, saya mencoba untuk mencari lensa kontak yang menawarkan warna-warna natural sekaligus aman untuk digunakan. Setelah menggali lebih jauh, saya jadi tahu bahwa, warna softlens Miacare ternyata tidak dibuat dari pewarna atau cat dan semacamnya. Melainkan, diciptakan menggunakan teknologi pola lubang-lubang halus yang menyerupai pori-pori. Selain terlihat lebih natural, ternyata lubang-lubang tersebut juga bermanfaat untuk menyalurkan lebih banyak oksigen ke kornea mata

    Dot Matrix Miacare Contact Lens

  5. Dibuat dari material Silicone Hydrogel (SiHy). Kenyamanan kita saat memakai lensa kontak dipengaruhi oleh 3 hal. Yang pertama, material pembuatannya. Untuk ini, Miacare adalah produsen Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens warna pertama di dunia. Karena itulah, mereka menyandang gelar “the expert Silicone Hydrogel (SiHy) Softlens.” Faktor yang kedua adalah tingkat ketebalan (thickness) dari lensa itu sendiri. Dan, yang ketiga adalah permukaannya. Untuk 2 poin terakhir, produk Miacare termasuk yang bisa memberikan kenyamanan lebih karena produk mereka terkenal sangat tipis serta memiliki permukaan yang licin karena menggunakan water film

  6. Water content yang tinggi. Water content atau kadar air yang terdapat pada produk Miacare mencapai 45% pada tipe daily dan 49% untuk tipe monthly. Kadar air yang tinggi akan membuat penyaluran oksigen ke kornea mata jadi lebih terjamin

    Miacare softlens water content

  7. Dilengkapi fitur UV Blocker. Kamu tahu kan kenapa banyak orang sering menggunakan kacamata hitam atau sunglasses di siang hari? Ya, salah satu manfaatnya adalah untuk melindungi mata dari bahaya paparan sinar UV. Untungnya, soflen Miacare sudah dilengkapi dengan UV blocker sehingga mata akan lebih aman meskipun tidak menggunakan kacamata hitam atau sunglasses di siang hari

3. Sesuaikan dengan kebutuhan


Selain harus sehat, nyaman, dan nggak bikin iritasi serta alergi, memilih softlens juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Kalau kamu malas melakukan perawatan dan menginginkan softlens sekali pakai, kamu bisa memilih yang tipe daily. Tapi kalau kamu punya cukup banyak waktu untuk melakukan perawatan, kamu bisa memilih yang dipe monthly.

Kedua pilihan tersebut memiliki spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat spesifikasi lensa kontak Miacare daily dan monthly berikut ini.

a. CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color Daily soft Contact Lens 

  • Warna: Ocean Blue, Pearl Grey, Hazel Nude
  • Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel
  • Tech: eautrasil Plus
  • Oxygen Transmissibility: DK/t 151
  • Water content: 49%
  • Thickness: 0.08@-3.00D
  • Modulus: 0.45mpa
  • Base curve: 8.7 mm
  • Diameter: 14.1 mm
  • Color Ring: OD:13.0/ID:6.0
  • Smart Peripheral Edge Design
  • Kemenkes RI AKL: 21204021759 
  • Isi: 10 Pcs

b. CONFiDENCE Silicone Hydrogel Color Monthly soft Contact Lens

  • Warna: Daisy Pink, Icy Blue, Ashley Grey
  • Bahan: Filcon V Silicone Hydrogel
  • Tech: eautrasil Plus
  • Oxygen Transmissibility: DK/t 193
  • Water content: 45%
  • Thickness: 0.08@-3.00D
  • Modulus: 0.55mpa
  • Base curve: 8.7 mm
  • Diameter: 14.3 mm
  • Color Ring: OD:13.5/ID:6.0
  • Kemenkes RI AKL: 21204021759 
  • Isi: 2 Pcs

4. Beli Produk original


Miacare softlens

Saat ini, membeli produk apapun di toko online memang semakin mudah. Tapi sayangnya, kemudahan tersebut juga dibarengi dengan banyaknya produk aspal (asli tapi palsu) yang beredar. Lebih parah lagi, produk-produk palsu seringkali sulit dibedakan dengan yang asli. Karena itulah, memilih toko yang menjual produk original dan bisa dipercaya adalah sebuah keharusan.

Saran saya, kalau kamu mau beli softlens Miacare original, kamu bisa mengunjungi salah satu tokoh favorit saya yang jual Softlens warna SiHy asli dengan mengklik link yang saya cantumkan tersebut.

1 komentar

  1. Aku berpengalaman nih menikmati sensasinya pakai softlens. Suka deg degan saja memasukkan benda lentur ke dalam mata. Mana softlens kalau mau tidur, katanya harus dicopot dulu karena bisa bergeser.

    Tapi karena mampir ke sini, senang banget jadinya dapat insight untuk merk softlens yang bagus.

    BalasHapus