Tips Lolos Tes CPNS dari Ahlinya

Tips Lolos Tes CPNS dari Ahlinya

Menjadi pegawai negeri sipil PNS adalah pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang. Ada yang menginginkan pekerjaan ini karena beralasan, profesi PNS menawarkan jenjang karir yang jelas, bisa turut andil membangun negara dan bangsa, gaji dan tunjangan yang lumayan besar, dapat jaminan saat pensiun, masa depan yang cerah, dan, tidak sedikit juga yang memilih jadi PNS karena dorongan orang tua atau karena merasa punya kesempatan lebih baik untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagaimana dengan kamu?

Apakah ada di antara kamu yang berminat untuk menjadi PNS?

Bagi kamu yang berminat, kamu sudah tahu kan? Kalau ingin jadi PNS, kamu harus melalui serangkaian tes dan bersaing dengan calon-calon lainnya.

Nah, meskipun menawarkan banyak kelebihan, cita-cita menjadi PNS tidaklah mudah. Selain jumlah pesaing yang sangat banyak, untuk bisa lolos jadi PNS kita pun harus berusaha semaksimal mungkin.

Cara mempersiapkan diri agar lolos tes CPNS 2021

Adakah cara mudah agar bisa lolos tes CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil)? Tentu saja! Berikut adalah beberapa tips lolos tes CPNS yang bisa kamu coba.

Tips Lolos Tes CPNS


Sebelum lanjut membaca beberapa tips lolos tes CPNS di bawah ini. Buat kamu yang tertarik, selain bisa langsung daftar CPNS online, kamu juga perlu mengetahui apa saja jenis tes yang akan diujikan dengan mengklik link di tersebut.

Dengan mengetahui jenis tes yang akan diujikan, kamu akan lebih mudah mempersiapkan diri dan mempelajari segala hal yang dibutuhkan untuk menjawab soal. Tentu! agar kesempatan lolos tes CPNS jadi lebih besar.

Seperti janji saya di atas, agar nanti bisa lolos tes CPNS setelah mendaftar, kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Perbanyak Latihan Menjawab Soal


Seperti yang telah saya sampaikan di atas, tes CPNS punya beberapa jenis pengujian. Mulai dari TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), TIU (Tes Intelegensi Umum), dan TKP (Tes Karakteristik Pribadi).

Setiap tes punya kesulitannya masing-masing. Kalau kamu penasaran dengan pertanyaan apa saja yang mungkin muncul dalam tes tersebut, kamu bisa melihat contoh soal TKP dan pembahasan jawabannya terlebih dahulu.

Dengan memperbanyak latihan menjawab soal-soal yang diprediksi akan muncul dalam tes CPNS, akan memudahkan kamu untuk menjawab dengan benar.
 
Latihan Menjawab Soal Tes CPNS

Rio Kurniawan, seorang dosen ilmu komunikasi Universitas Trunojoyo, yang punya pengalaman ikut lolos tes CPNS mengatakan bahwa, memperbanyak latihan soal-soal dari soal try out online akan memudahkan CPNS untuk menjawab setiap soal.

Masih menurut Rio, selain latihan menjawab soal online online, kamu juga perlu memperbanyak hafalan terkait,

  • Wawasan kebangsaan

  • Undang-undang, dan

  • Jangan malas membaca isu-isu nasional terkini

2. Kuasai semua materi


Shela Kusumaningtyas, seorang Pranata Humas di Kementerian Perhubungan yang juga tes CPNS pada tahun 2019 mengatakan bahwa, setiap CPNS wajib mengetahui kekurangan dan kelebihannya masing-masing.
 
contoh Soal Tes Intelegensi Umum (TIU) CPNS

Jika merasa kurang dalam matematika, maka CPNS harus lebih giat belajar dalam bidang tersebut tanpa mengabaikan bidang-bidang lainnya yang sudah dikuasai.

3. Manajemen Waktu


Penguasaan terhadap materi sangat dibutuhkan agar setiap peserta dapat menjawab soal secepat mungkin.

Menurut salah seorang PNS di Kemenag Lampung bernama Okta Kusuma yang juga punya pengalaman lolos tes CPNS, ia menyarankan agar setiap peserta (mencoba) menyelesaikan 1 soal kurang dari 1 menit.

Tidak jauh berbeda dengan yang disarankan oleh Rio pada poin pertama, Okta juga menyarankan agar calon peserta memperbanyak latihan ujian dengan mengerjakan soal tes CPNS online.

Karena pengalaman mengerjakan soal tes tersebut bisa membantu calon PNS mengerjakan setiap soal dalam waktu yang lebih singkat.

4. Jangan andalkan SKS


SKS atau Sistem Kebut Semalam, adalah cara belajar yang kerap diterapkan oleh siswa maupun mahasiswa saat menghadapi ujian. Akan tetapi, siapapun pasti tahu jika sistem SKS ini akan mengurangi kesempatan kita lolos tes.

Pasalnya, ada banyak materi yang perlu dikuasai. Dan, meluangkan waktu semalaman untuk mempelajari semua itu tentu saja tidak cukup.

Apalagi, di keesokan harinya kita membutuhkan otak yang benar-benar segar agar hafalan atau materi yang selama ini sudah kita pelajari tidak terlupakan. Tanpa tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari sebelum tes, jangan harap bisa berkonsentrasi untuk menyelesaikan soal.

5. Jangan lupa sarapan


Jangan menganggap remeh sarapan. Karena sarapan juga bisa mempengaruhi hasil tes CPNS yang kita ikuti. Benarkah?

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa sarapan sehat yang kita konsumsi di pagi hari bisa, membantu meningkatkan konsentrasi, membantu kita mendapatkan nilai tes yang lebih baik, dan membuat otak kita mampu bekerja maksimal dalam jangka waktu yang lebih lama.

Menu sarapan sehat untuk mencerdaskan otak

Menurut penelitian yang diterbitkan di dalam Journal of Economics, siswa yang sarapan sebelum ujian, rata-rata mendapatkan nilai 25% lebih tinggi pada tes, matematika, sains, dan membaca.

Dari penelitian tersebut, para peneliti menyimpulkan bahwa, sarapan sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, kemampuan berpikir, dan meningkatkan kecepatan serta keterampilan dalam memecahkan masalah.

6. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi


Tidur nyenyak meningkatkan kemampuan otak menjawab tes CPNS

Judith Owens, MD seorang direktur di Children's National Medical Center mengatakan bahwa, tidur lebih awal dan bangun lebih pagi bisa meningkatkan fokus dan menambah rentang perhatian.

Dengan kata lain, tidur cukup dan nyenyak selama 7-8 jam di malam hari sebelum tes CPNS bisa membantu otak kita bertahan lebih lama dalam menghadapi serangkaian tes yang panjang dan melelahkan.