Solusi Paling Efektif untuk Mengatasi Turn Over Karyawan yang Tinggi

Solusi Paling Efektif untuk Mengatasi Turn Over Karyawan yang Tinggi

Di tengah persaingan bisnis yang semakin sengit. Setiap perusahaan harus memiliki karyawan yang cakap dan kompeten jika ingin tetap bisa bersaing. Singkatnya, Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas adalah syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan agar bisa mengikuti perkembangan bisnis yang semakin dinamis di era revolusi industri 4.0 ini.

Akan tetapi, mencari dan mempertahankan karyawan yang benar-benar berkualitas dan memiliki skill seperti yang dibutuhkan oleh perusahaan terkadang tidaklah mudah. Meskipun tentu saja, training (pelatihan) adalah solusi untuk meningkatkan dan mengembangkan kecakapan karyawan. Sehingga, saat terjadi turn-over karyawan yang tinggi, keseimbangan perusahaan akan tetap terjaga.

Akan tetapi, memberikan pelatihan kepada karyawan tidaklah mudah. Apalagi, karyawan tersebar di berbagai daerah. Belum lagi, pandemi Covid-19 juga turut membuat kegiatan pelatihan karyawan semakin sulit untuk dilaksanakan.

Untungnya, teknologi modern (saat ini) memungkinkan kita untuk menggelar pelatihan tanpa harus melakukan tatap muka. Bagaimana caranya?

Melatih SDM Secara Online


Sebagai solusi untuk mengatasi pelatihan kerja konvensional yang tidak lagi efektif dilakukan di era pandemi seperti saat ini, memilih pelatihan online adalah ide bijak.
Aplikasi Pelatihan Online Terbaik di Indonesia

Tidak hanya bisa menjadi solusi paling efektif dan efisien untuk meningkatkan kompetensi dan kecakapan karyawan, solusi ini juga merupakan solusi terbaik bagi perusahaan atau lembaga yang ingin memberikan pelatihan kepada karyawan mereka yang tersebar di berbagai wilayah.

Aplikasi Ruangkerja: Tempat Pelatihan Berbasis Digital


Aplikasi Ruangkerja (by Ruangguru) adalah solusi terbaik untuk masalah turnover karyawan yang tinggi, sekaligus solusi bagi perusahaan atau lembaga yang ingin mengadakan pelatihan karyawan secara online.

Unit bisnis Ruangguru yang memfokuskan diri pada pelatihan SDM online ini merupakan solusi terbaik karena menawarkan banyak keunggulan. Efisiensi dan profesionalitas aplikasi Ruangkerja akan memudahkan dan membantu Anda menghemat lebih banyak biaya, waktu, dan tenaga untuk melatih karyawan.

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja keunggulan aplikasi Ruangkerja sebagai tempat pelatihan berbasis digital ini, yuk kita cari tahu apa saja fitur pendukung apa saja yang mereka tawarkan.

1. Aplikasi dapat diakses dari perangkat mobile maupun komputer


Karena ini adalah pelatihan berbasis digital, maka tidak mengherankan apabila aplikasi ini bisa diakses melalui smartphone atau tablet berbasis Android maupun iOS. Selain bisa diakses melalui perangkat mobile, Ruangkerja juga bisa diakses lewat komputer atau laptop.

Selain bisa diakses melalui berbagai macam perangkat, pelatihan berbasis digital yang menggunakan aplikasi juga akan memudahkan peserta dalam mengikuti pelatihan.

Salah satu bentuk kemudahan tersebut adalah, peserta bisa mengikuti pelatihan di luar jam produktif dan mengakses materi serta menyelesaikan tugas pelatihan kapanpun dan di mana pun mereka berada.

2. Materi pelatihan dapat dipersonalisasi


Salah satu fitur pada aplikasi Ruangkerja yang sangat membantu dalam menerapkan pelatihan online adalah fitur Content Management System (CMS). Apa saja fungsi fitur ini?

  1. Dapat digunakan untuk mengelola berbagai materi pelatihan seperti, video belajar, bank soal, dan lain sebagainya

  2. Bisa membantu membuat, membagi, dan menyusun kelas-kelas pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap karyawan. Dan lain sebagainya

3. Menyediakan fitur Role-based Control


Fitur ini masih ada kaitannya dengan CMS yang ada pada poin nomor 2 di atas. Fitur Role-based Control sendiri memungkinkan Perusahaan atau lembaga untuk mengatur hak akses setiap peserta sesuai dengan jabatan mereka masing-masing.

Dengan adanya fitur ini, perusahaan atau lembaga bisa mengontrol hak akses materi atau data-data oleh peserta sesuai dengan jabatan masing-masing. Selain memudahkan trainer untuk mendistribusikan materi, fitur ini juga sangat berguna dalam membantu menjaga keamanan data peserta dan materi yang bersifat rahasia.

4. User interface yang user friendly


Desain user interface memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu trainer maupun peserta pelatihan.

User interface Aplikasi Ruangkerja

Bagi trainer, antarmuka aplikasi Ruangkerja akan memudahkan mereka membuat dan mendistribusikan materi pelatihan, menyusun kelas, membagi-bagi kelompok atau individu, dan melihat serta menilai hasil dari pelatihan yang dibuat.

Sedangkan bagi peserta, antarmuka yang user friendly akan memudahkan mereka dalam mengikuti dan menyelesaikan tugas dengan baik.

Di samping itu, aplikasi Ruangkerja juga menyediakan notification serta email push yang berfungsi untuk mengirim informasi mengenai tugas pelatihan kepada peserta, agar setiap peserta tidak melewatkan informasi terbaru dari perusahaan.

5. Proses dan hasil latihan dapat dipantau dengan mudah


Aplikasi Ruangkerja menyediakan fitur Monitoring Dashboard yang dapat digunakan oleh perusahaan atau lembaga untuk memantau progres serta hasil pelatihan.

Dengan adanya fitur ini, lembaga atau perusahaan bisa dengan mudah mengambil keputusan setelah melihat progres atau hasil dari pelatihan para peserta.

6. Fitur Reward Point dan Leaderboard


Fitur Reward Point dan Leaderboard adalah 2 fitur yang bisa digunakan untuk memotivasi karyawan agar mereka mau menyelesaikan setiap tugas dengan sungguh-sungguh.

Fitur Reward Point dan Leaderboard Aplikasi Ruangkerja

Melalui kedua fitur ini, trainer bisa memancing antusiasme peserta pelatihan sekaligus mendorong mereka untuk mengeluarkan kemampuan terbaik dalam menyelesaikan materi.

7. Sertifikat digital dapat diunduh dan dicetak


Setelah selesai mengikuti pelatihan, para peserta akan mendapatkan sertifikat digital yang dapat didownload dan dicetak sebagai bukti bahwa mereka pernah mengikuti pelatihan.

8. Lebih mudah membagi peserta ke dalam beberapa kelompok


Menyelenggarakan pelatihan secara digital dengan menggunakan aplikasi Ruangkerja akan memudahkan perusahaan maupun lembaga dalam membagi peserta ke dalam kelompok-kelompok atau group berdasarkan jabatan (posisi) setiap individu. Atau sebaliknya, fitur ini juga dapat digunakan untuk membuat enrollment peserta secara massal.

9. Aplikasi Ruangkerja menyediakan forum diskusi


Fitur Forum Diskusi sangat bermanfaat untuk membantu peserta pelatihan yang ingin berdiskusi dan berkolaborasi dengan peserta lain. Fitur ini juga dapat dimanfaatkan oleh peserta sebagai media untuk mengajukan pertanyaan kepada trainer. Sinergi antar trainer dan peserta yang tinggi, akan memberikan hasil training yang maksimal dan memuaskan.

10. Hemat dan waktu implementasi yang lebih singkat


Membuat sistem pelatihan online pasti membutuhkan biaya, waktu, dan tenaga yang tidak sedikit. Daripada membangun sendiri sistem pelatihan dari awal--yang pasti akan banyak memakan biaya dan waktu serta tenaga. Akan lebih bijak bagi perusahaan atau lembaga untuk menggunakan sistem yang sudah ada dan handal seperti yang ditawarkan oleh aplikasi Ruangkerja.

Untuk menghemat waktu implementasi, aplikasi Ruangkerja bahkan telah menyediakan cloud storage yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data karyawan maupun materi pelatihan.

Ketersediaan cloud storage ini, selain memudahkan penyimpanan data dan materi, juga bermanfaat untuk mempersingkat waktu implantasinya.

Keamanan data karyawan maupun materi pelatihan yang disimpan pada cloud storage terjamin keamanannya, karena aplikasi Ruangkerja telah dilengkapi dengan SSL Security.

Kesimpulan


Pandemi covid-19 atau karyawan yang tersebar di berbagai daerah seringkali menyulitkan perusahaan maupun lembaga untuk menggelar pelatihan, dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing karyawan mereka.

Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu solusinya adalah dengan menyelenggarakan pelatihan secara digital (online). Akan tetapi, membuat aplikasi pelatihan online tentu tidak mudah. Dan, pasti akan memakan banyak biaya, waktu, serta juga tenaga.

Agar lebih efisien dan hemat, menggunakan aplikasi yang sudah ada seperti, aplikasi Ruangkerja by Ruangguru adalah pilihan bijak. Pasalnya, aplikasi ini terkenal sebagai salah satu aplikasi pelatihan SDM online terbaik yang ada saat ini.

Ada banyak perusahaan maupun lembaga yang telah bermitra serta telah membuktikan efisiensi maupun profesionalitas Ruangkerja sebagai tempat pelatihan yang efisien dan profesional. Terbukti, aplikasi ini banyak mendapatkan review dan respon positif dari para penggunanya.

Tercatat, rating aplikasi mampu meraih skor yang nyaris sempurna, yaitu 4.8 dari 5.0. Bahkan, engagement rate pengguna social learning aplikasi ini berada pada angka 94.8%. Angka-angka tersebut merupakan bukti kepuasan dan efisiensi aplikasi Ruangkerja sebagai salah satu aplikasi pelatihan online terbaik di Indonesia.