WiFi-an di Kebun? Bisa Kok! Beli Aja Advan Hybrid Router

WiFi-an di Kebun? Bisa Kok! Beli Aja Advan Hybrid Router

Beberapa waktu yang lalu, murabbi istri saya memutuskan untuk pindah rumah ke pedesaan agar lebih dekat dengan tanah perkebunan yang mereka beli.

Tapi mereka sempat bingung karena di desa tersebut tidak ada jaringan kabel internet. Padahal mereka sangat membutuhkan koneksi internet agar 6 anaknya bisa tetap sekolah daring.

Untungnya, di tempat tersebut masih terjangkau jaringan Telkomsel. Sehingga, opsi untuk membeli WiFi Router yang bisa dipasangkan SIM-card seperti Advan Hybrid Router pun semakin terbuka.

Tampilan Advan Hybrid Router CPE Start
Advan Hybrid Router CPE Start


Kembali ke cerita saya tadi...

Sebidang tanah ini sebenarnya sudah lama ditanami dengan berbagai macam tanaman sayur-mayur maupun tanaman keras.

Hanya saja, karena jauh dari kontrakannya di kota, maka kebun mereka ini pun jadi terabaikan. Padahal, sudah sejak lama murabbi istri saya ini mengidam-idamkan kegiatan berkebun yang menjadi salah satu passion-nya.

Kini, keluarga tersebut sudah pindah ke kontrakan baru yang lokasinya berdekatan dengan kebun mereka. Sehingga mereka bisa lebih leluasa menggarap kebun yang sempat terabaikan tersebut. Bahkan kini, mereka juga memelihara beberapa ekor kambing, menggantikan seekor kuda yang pernah mereka miliki sebelumnya.

Suasana desa yang nyaman dan masyarakat pedesaan yang raman membuat keluarga ini merasa senang tinggal di kontrakan baru mereka.

Tapi, di balik suasana yang serba menyenangkan ini terselip satu kekecewaan, yang syukurnya kini sudah teratasi.

Kekecewaan yang saya maksud adalah, tidak adanya jaringan kabel internet di tempat mereka menyewa rumah.

Padahal, internet jadi salah satu kebutuhan vital bagi mereka. Mengingat keluarga ini punya 6 anak yang rata-rata sekolah online. Belum lagi, beliau dan istrinya juga aktif mengakses internet untuk kerja, browsing, ataupun untuk kegiatan-kegiatan yang lain.

Pernah mereka bertanya pada saya yang mereka kenal berkecimpung di bidang IT, bagaimana caranya agar mereka bisa internetan dengan nyaman? Karena di rumah ada banyak devices yang harus terhubung ke internet. Tidak hanya smartphone dan PC, tapi ada juga 2 buah laptop yang membutuhkan koneksi WIFI agar bisa terkoneksi ke internet.

Saya pribadi menyarankan Advan Hybrid Router CPE Start karena menurut saya, WIFI router ini punya banyak kelebihan dan cocok banget sama kebutuhan keluarga murabbinya istri saya. Check it out guys...

  1. Harganya relatif terjangkau. Cuma Rp 699.000, dan
  2. Di-bundling dengan Telkomsel Orbit serta dapat bonus kuota 50 GB. Pas banget! karena di desa ini signal Telkomsel adalah yang paling kuat sinyalnya
  3. Bisa dibawa ke kebun untuk internetan, karena Wifi router ini sudah dilengkapi baterai 2000 mAh yang bisa bertahan selama kurang lebih 6 jam untuk pemakaian penuh. Jadi, sambil nemenin orang tuanya bekerja, anak-anak bisa menikmati suasana kebun yang asri dan sejuk sambil sekolah daring. So, nggak melulu harus dipasang di rumah yang ada akses listriknya. Keren kan?
  4. Penerimaan sinyalnya juga bagus
  5. Jangkauan signal WiFi-nya juga lumayan jauh, bisa sampai 125 meter kalau tanpa penghalang
  6. Wifi router Advan sudah unlock. Jadi, kalau dibawa ke daerah-daerah yang susah signal Telkomsel, kita bisa memasangkan kartu lain
  7. Bisa supports 3 SSD. Jadi, selain bisa dipake buat kebutuhan anggota keluarga di rumah. Advan Hybrid Router CPE Start juga bisa di-share dengan tetangga. Tentu, pakai nama WIFI yang berbeda supaya mudah diatur penggunaannya

Advan Wifi Router sudah Unlock
Advan Wifi Router sudah Unlock


Kalau untuk tempat beli sih, tergantung referensi masing-masing. Yang jelas kalian bisa beli Advan Hybrid Router CPE Start di hampir semua toko online terkemuka di Indonesia seperti, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Shopee, Lazada, hingga JD.ID.

Kenapa Kita Harus Pasang WiFi di Rumah?

Emang sih, kebutuhan internet kebanyakan orang sudah bisa dipenuhi dengan smartphone. Tapi, kalau cuma pakai hp, kita nggak akan bisa memaksimalkan fungsi WiFi router yang sebenarnya sangat banyak.

Saya sendiri, meski punya beberapa smartphone tapi tetap memasang WiFi di rumah. Selain untuk memudahkan dan menghemat akses internet. Router ini juga saya gunakan untuk kebutuhan rumah pintar.

Meskipun belum sepenuhnya mengadopsi teknologi rumah pintar, tapi sedikit banyak saya sudah mulai menggunakan 1-2 items teknologi yang dipakai oleh rumah pintar (smart home).

Diantara item teknologi smart home yang saya miliki adalah lampu pintar (smart lamp) dan remote pinter.

Smart lamp misalnya, lampu ini dapat dikontrol melalui jaringan wi-fi. Jadi, saya bisa menghidupkan dan mematikan lampu tersebut dari manapun saya berada--selama jaringan wi-fi di rumah online.

Dengan memasang lampu pintar, saya tidak perlu lagi menghidupkan lampu setiap sore dan mematikannya setiap pagi. Karena lampunya bisa hidup dan mati sendiri. Selain itu, lampu ini juga bisa dikontrol dari jarak jauh.


Advan Hybrid Router CPE Start Dilengkapi Baterai
Advan Hybrid Router CPE Start Dilengkapi Baterai 2000mAh

Jadi, kalau pergi-pergi, saya enggak pernah khawatir kalau lupa ngidupin lampu depan, karena saya bisa menghidupkannya dari manapun saya berada.

Begitu juga ketika harus dimatikan, saya juga tidak harus selalu mematikannya sendiri karena lampu tersebut bisa disetting agar secara otomatis mati di jam tertentu. Semua itu bisa terwujud karena ada router wifi di rumah.

Selain bisa dipakai untuk mengendalikan lampu pintar, jaringan wi-fi yang ada di rumah juga bisa digunakan untuk mengendalikan remote pintar yang bisa dipakai untuk menyalakan AC, TV, atau bahkan mengontrol mesin cuci dan kulkas dari kantor, pa lagi di jalan, atau dari manapun kita berada.

Jadi, pasang wi-fi router seperti Advan Hybrid Router CPE Start ini sebenarnya punya banyak sekali manfaat. Nggak hanya bisa membantu kita dan keluarga mengakses internet di rumah atau bahkan di kebun, tapi juga bisa digunakan untuk mendukung teknologi rumah pintar seperti yang saya pakai. Asyik kan? Yuk pasang WiFi Router di Rumah!