Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menu Buka dan Sahur Sederhana yang Nikmat

Sebagai umat Islam, kita tentu saja selalu merindukan kehadiran bulan Ramadhan. Karena ini adalah bulan yang penuh berkah. Dan, bulan dimana amal ibadah kita akan dilipatgandakan.

Ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Salah satunya, kita bisa meningkatkan rasa empati yang ada di dalam diri kita. Sehingga, kita akan merasa lebih mudah dalam mengulurkan tangan kepada saudara-saudara kita yang tidak mampu.

menu berbuka puasa

Karena dengan berpuasa, kita tahu bagaimana rasanya lapar yang sering diderita oleh kaum dhuafa (orang-orang miskin dan fakir) ataupun para musafir.

Berangkat dari hikmah tersebut, saya jadi sering berpikir saat melihat diri saya sendiri yang dulu selalu memprioritaskan makanan-makanan enak serta lezat untuk berbuka dan sahur.

Meskipun, tidak ada larangan bagi kita untuk menikmati makanan apapun yang kita inginkan selama makanan tersebut halal saat berbuka dan sahur. Tapi, saya sendiri merasa apabila, memprioritaskan makanan yang enak-enak saja untuk berbuka dan sahur, bertentangan dengan prinsip atau tujuan dari puasa itu sendiri, yaitu untuk meningkatkan empati dengan merasakan bagaimana rasanya menjadi orang serba kekurangan.

Padahal, kalau dipikir-pikir, mengkonsumsi makanan yang sederhana sekalipun, tetap akan terasa nikmat kalau perut kita lapar.

Karena itulah, saya kadang-kadang memberikan ide resep makanan kepada istri untuk dieksekusi. Biasanya, saya memilih ide resep masakan yang gampang diolah, disukai oleh semua keluarga, dan proses memasaknya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Meski demikian, kadang-kadang saya juga mengajukan resep masakan yang sekiranya bisa membantu menyemangati anak kami--yang kebetulan di tahun ini kembali latihan berpuasa.

Untungnya, ada banyak resep masakan sederhana di luar sana yang bisa kita coba sebagai inspirasi untuk menu berbuka dan sahur. Salah satunya, seperti yang ditawarkan oleh KOBE melalui Menu Sahur dan Buka Puasa untuk 30 Hari.

Setelah saya lihat-lihat, inspirasi menu sahur dan berbuka dari Kobe ini sangat sederhana. Tapi, rata-rata bisa menggugah selera. Dan, yang menarik, kreasi resep hidangan buka dan sahur yang mereka tawarkan sangat bervariasi. Dari resep tumisan, masakan berkuah, goreng-gorengan, hingga resep panggangan atau bakar.

Resep Kripik Tempe Kobe


Setelah melihat resep menu sahur dan buka puasa untuk 30 hari yang ditawarkan oleh Kobe, tak disangka resep tersebut sesuai dengan selera saya. Tidak hanya karena cita rasanya yang enak, tapi juga karena kesederhanaannya.

Nah, untuk berbuka kali ini, saya meminta tolong kepada istri untuk mencoba resep tempe kriuk kobe. Karena, selain jadi menu kesukaan saya dan proses pembuatannya yang sederhana, ayam goreng terutama yang krispi selalu jadi lauk favorit buat anak saya.

Bahan dan Cara Membuat Keripik Tempe Kobe

Siapkan:
  • 1 Buah tempe
  • 1 Bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk (70gr)
  • 125ml Air
  • Secukupnya minyak goreng
  • Daun bawang/daun jeruk- iris tipis
Cara membuat:
  • Iris tipis tempe (saya iris agak tebal), lalu goreng sampai matang dan kering, tiriskan.
  • Campurkan 1 bungkus Kobe Tepung Tempe Kriuk dengan air, aduk hingga larut
  • Tambahkan irisan daun jeruk/daun bawang dan aduk rata
  • Masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam adonan basah
  • Goreng dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecoklatan.
  • Tempe siap dinikmati dengan cabe hijau ataupun saos sambal.
Mudah dan simple bukan? Mengapa saya memilih Tepung Tempe Kriuk?
  • Diracik khusus untuk menghasilkan tempe goreng sempurna, yang kriuk dan pas berbumbu
  • Menjadikan gorengan tempe renyahnya tahan lama
  • Gurih & lezat karena mengandung ketumbar asli
  • Diproses menggunakan teknologi modern
  • Tanpa bahan pengawet
  • Tanpa pewarna buatan

Dan istri sendiri paling suka kalau ada permintaan makanan dari kami karena kegalauannya seperti hilang begitu saja.

Sederhana sekali bukan? Hanya dengan beberapa potong daging ayam dan Tepung Kobe Super Crispy Kentucky beberapa bahan lainnya yang mudah kita temukan di dapur, kita sudah bisa menikmati nikmatnya ayam goreng crispy yang pasti bisa menggugah selera.

BTW, saya suka jika makanan yang saya konsumsi digoreng dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat. Atau paling tidak, tidak menimbulkan terlalu banyak bahaya kesehatan. Karena alasan yang sama, saya lebih suka jika ayam makan diolah dengan Kobe Super Crispy Kentucky ini.

Selain lebih sehat, menurut saya, hasil dari Tepung Kobe Super Crispy Kentucky ini terasa lebih kenyal dan agak tebal dan enak sekali. Sangat cocok dengan selera saya maupun anak dan istri.

Nah, ini dia hasil masakannya untuk berbuka puasa. Buat teman-teman yang ingin mencoba menu-menu baru yang sederhana tapi tetap nikmat dan tidak susah di recook, kalian bisa mencoba melihat berbagai inspirasi resep Menu 30 Hari Bulan Ramadhan dari KOBE tersebut.



a22bbe61194d94c65a639c58a6ca826ff5682b5d


a22bbe61194d94c65a639c58a6ca826ff5682b5d

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "Menu Buka dan Sahur Sederhana yang Nikmat"