Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KRAFT Quick Melt Bikin Corn Dog Jadi Mudah dan Enak

Di sela-sela waktu makan yang utama seperti antara makan siang dengan makan malam. Tidak jarang kita merasa lapar atau ingin mengunyah sesuatu.

Saat itulah kita membutuhkan cemilan atau makanan ringan yang tidak membuat perut terlalu kenyang, tapi bisa memuaskan keinginan mulut untuk mengunyah yang enak-enak.

Di zaman seperti sekarang ini, nyari cemilan itu gampang banget. Karena sejak pagi hingga tengah malam banyak sekali pedagang yang menjual makanan.

Akan tetapi, tidak semua makanan tersebut dibuat dengan bahan-bahan yang sehat atau diperlakukan dengan cara yang higienis.

Sudah terlalu sering saya melihat bagaimana tukang gorengan yang menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng cemilan berpuluh-puluh kali atau bahkan lebih.

Saya juga pernah membeli masakan yang menurut saya sehat karena terdiri atas sayur-sayuran. Tapi ternyata, sayur-sayuran yang dimasak tersebut tidak dicuci sebelum diolah.

Saya juga sering melihat bagaimana para pedagang mencuci peralatan makan yang digunakan oleh pelanggannya. Yang menurut saya masih jauh dari kata bersih.

Dan, saya juga sering menemukan cemilan-cemilan enak yang ternyata dibuat dari bahan-bahan yang justru kita hindari.

Berangkat dari berbagai pengalaman tersebut. Saya dan keluarga berkomitmen untuk mengurangi jajan di luar dan lebih sering membuat jajanan sendiri jika memungkinkan.

Karena itulah, saya dan istri sering kali mencari resep-resep makanan atau jajanan melalui YouTube serta berbagai platform sosial media lainnya.

Dengan membuat dan memasak sendiri cemilan, kami merasa lebih tenang saat ngemil. Karena kami tahu bagaimana cara mengolahnya dan kami juga tahu bahan-bahan apa saja yang kami gunakan.

Selain bisa mengontrol kebersihan peralatan yang digunakan untuk memasak ataupun bahan-bahannya, keuntungan membuat sendiri cemilan atau makanan di rumah adalah, kita bisa membuat makanan dengan cita rasa spesial berbiaya murah.

Saya sering merasa kalau cita rasa jajanan yang saya beli di luar kadang-kadang tidak memenuhi ekspektasi, padahal harganya lumayan mahal. Karena itulah, saat membuat sendiri makanan di rumah, saya selalu mencoba membuat dengan menggunakan bahan-bahan terbaik agar rasanya lebih enak.

Meskipun sudah memilih bahan-bahan terbaik yang pasti harganya jauh lebih mahal daripada bahan-bahan biasa. Ternyata, biaya untuk membeli bahan-bahan makanan tersebut tidak lebih mahal dibandingkan dengan harga makanan jadi yang saya beli di luar tapi rasanya biasa-biasa saja tersebut.

Cemilan Corn Dog Special

Resep Corn Dog KRAFT Quick Melt

Untuk mengurangi keinginan jajan di luar, saya dan istri biasanya sengaja membuat stok untuk bahan-bahan yang sering kami butuhkan. Seperti tepung, keju, sosis, saus, mayonnaise, dan lain sebagainya.

Jadi, nyaris semua jenis tepung tersedia di dapur. Mulai dari tepung protein rendah, tepung protein tinggi, tepung serba guna, tepung kanji, hingga tepung panir.

Begitu juga dengan bahan-bahan yang lain. Beberapa bahan-bahan pembuatan cemilan sebagian besar kami pilih yang terbaik agar mendapatkan cita rasa yang enak.

Seperti keju misalnya, kami sengaja menyediakan beberapa jenis. Termasuk keju KRAFT Quick Melt yang menurut saya sangat enak kalau digunakan untuk topping pizza atau untuk membuat jajanan seperti corn dog.

KRAFT Quick Melt

Selain punya cita rasa yang lezat dan khas, KRAFT Quick Melt punya tekstur yang mudah leleh dan sempurna. Jadi, keju ini bisa meleleh hanya dalam waktu 3 menit dan melelehnya nggak encer atau cair.

Corn dog adalah salah satu cemilan yang sering kami buat untuk memuaskan mulut saat pengen ngemil di sore hari.

Cara membuat cemilan yang satu ini pun tergolong cukup sederhana tapi rasanya lumayan enak dan cocok digunakan sebagai teman ngeteh di sore hari.

Nah, kalau kalian sedang nyari ide membuat cemilan yang enak untuk keluarga. Kalian bisa mencoba membuat corn dog sendiri.

Resep Corn Dog KRAFT Quick Melt

Cara Membuat Corn Dog

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cemilan corn dog sebenarnya sangat mudah diperoleh. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan.

  1. Beberapa buah tusuk sate
  2. Sosis. Saya biasanya menggunakan sosis yang ukurannya kecil dan agak panjang (dipotong sama panjang menjadi 2 bagian)
  3. Keju. Untuk pilihan kejunya saya pakai KRAFT Quick Melt karena melelehnya sempurna dan rasanya juga enak. Kejunya bisa dipotong balok (memanjang)
  4. 200 gram tepung protein sedang atau tinggi
  5. Tepung panir (secukupnya)
  6. 180 ml air hangat
  7. 2 sdt baking powder
  8. 2-3 sdm gula pasir
  9. ½ sdt garam
  10. 1 butir telur

Cara Membuat Corn Dog

  1. Siapkan wadah seperti mangkuk berukuran besar
  2. Masukkan tepung, garam, gula, baking powder, dan telur ke dalam wadah mangkok
  3. Sambil diaduk, tambahkan air hangat sedikit demi sedikit sampai konsistensi adonan agak mengental
  4. Jika sudah tercampur rata, pindahkan adonan tersebut ke dalam gelas. Lalu, tutup dan diamkan selama kurang lebih 20-30 menit
  5. Potong sosis menjadi dua bagian kemudian tusuk dengan tusuk sate yang telah disediakan. Geser hingga ke bagian tengah, kemudian bagian ujungnya ditambahkan KRAFT Quick Melt yang sudah dipotong-potong balok
  6. Celupkan ke dalam adonan pada gelas sampai semua bagian tertutupi. Selanjutnya
  7. Guling-gulingkan pada tepung panir
  8. Goreng dengan minyak panas dengan api sedang sampai matang

Supaya corn dog spesial yang kita buat matangnya merata, jangan lupa di bolak-balik saat menggoreng.

Setelah corn dog berubah warna menjadi agak kecoklatan. Itu artinya cemilan corndog sudah matang dan siap dihidangkan.


Agar lebih enak, corn dog bisa dihidangkan dengan topping saus dan mayonaise sesuai selera.

Gampang kan?! Itulah resep cemilan corn dog spesial yang bisa dibuat sendiri di rumah untuk cemilan keluarga.

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "KRAFT Quick Melt Bikin Corn Dog Jadi Mudah dan Enak"