Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Lengkap Eksterior dan Fitur-fitur Toyota New Calya

Jujur saya katakan, desain eksterior Toyota New Calya 2022 benar-benar membuat mobil LCGC ini terlihat jauh lebih modern, sporty, dan dinamis dibandingkan sebelumnya.

Terutama, jika kita fokus pada bagian depannya yang kini sudah berubah drastis berkat kehadiran grille berwarna black piano beraksen honeycomb. Serta, pilihan warna kabin di interitor yang dominan gelap.

eview Lengkap Eksterior Toyota New Calya 2022

Tapi bukan itu saja keunggulan dan daya tarik mobil 7-seater ini. Karena, disamping beberapa ubahan tersebut, masih ada banyak ubahan-ubahan dan fitur-fitur menarik yang disematkan pada salah satu mobil paling irit BBM ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah review lengkap eksterior dan fitur-fitur Toyota New Calya 2022.

Eksterior Face Lift Toyota New Calya 2022

Seperti yang saya katakan di atas tadi. Tampang MPV entry-level dari PT Toyota Astra Motor (TAM) versi 2022 ini mengalami penyegaran yang cukup signifikan di bagian interior maupun eksteriornya.

Berbagai pembaruan yang dihadirkan mampu meningkatkan nilai mobil ini, sehingga kini terlihat lebih dinamis, lebih modern, dan tampak sporty.

Grille baru Face Lift Toyota New Calya 2022

Hal ini terlihat jelas, terutama pada bagian grille yang kini tampil dengan aksen honeycomb. Kesan modernnya semakin terlihat jelas karena grille tersebut dibalut warna black piano atau chrome hitam.

Di bagian atas grille tersebut terdapat garnish berlapis chrome berwarna silver yang didesain sejajar lampu depan model new smoked LED headlamp.

Lampu Smoked Toyota New Calya

Ya, lampu utama pada New Calya kini menggunakan lampu LED multireflektor. Meskipun lampu sein dan foglamp masih menggunakan bohlam halogen.

Foglamp New Calya

Beralih ke bagian kaki-kaki. New Calya 2022 ini tampil lebih sporty dengan two tone rim berdimensi 14 inci yang dikombinasikan dengan ban berukuran 175- 65.

Ukuran Roda New Calya

Roda bagian depan juga dilengkapi dengan disc brake (rem cakram serta sistem ABS dan ABD untuk tipe E dan G. Sedangkan roda bagian belakang masih mempertahankan rem model tromol.

Teknologi ABS pada Toyota Calya

Kehadiran disk break, sistem ABS, dan ABD, membuat pengalaman berkendara menggunakan mobil ini jauh lebih lebih nyaman dan aman.

Beralih ke bagian samping. Terdapat spion retractable yang bisa diatur secara elektrik dari jok pengemudi. Dan, pada bagian outer window, sudah dilengkapi dengan door visor (talang air).

spion retractable

Untuk handle pintunya masih mempertahankan model lama yang dikombinasikan dengan lubang kunci manual. Meski demikian, kunci mobil ini sudah dilengkapi dengan teknologi immobilizer sehingga lebih akan lebih aman dari pencurian.

Kunci mobil immobilizer

Pindah ke bagian belakang. Desain buritan Calya Facelift 2022 tidak mengalami perubahan yang berarti. Meski demikian, perubahan kecil dari antena model konvensional ke model shark fin membuat tampang bagian belakang mobil ini jadi lebih sporty dibandingkan pendahulunya.

Antena shark fin

Kemudian, Toyota juga masih mempertahankan rear wiper dan garnish berwarna silver yang dilengkapi emblem Toyota di bagian back door.

Yang menarik, bagian belakang mobil ini tidak hanya dilengkapi dengan 2 titik sensor mundur, tapi dilengkapi juga dengan kamera mundur.

Sehingga, pengemudi akan lebih memudahkan melihat objek yang ada di belakang dan lebih aman saat parkir. Upgrade ini tentu saja menjadi salah sebuah kelebihan tersendiri untuk exterior Toyota New Calya.

Kamera mundur Toyota New Calya

Lampu belakang, lampu mundur, dan lampu sein, belum menggunakan lampu LED dan masih menggunakan lampu bohlam halogen.

Tampilan Body Belakang New Calya

Untuk bagian bagasi, saya rasa cukup lega. Dan uniknya, bagasi di New Calya sudah dilengkapi dengan cargo-net yang menurut saya pribadi sangat bermanfaat.

Karena, dengan adanya cargo net tersebut. Kita jadi lebih mudah saat menyusun barang-barang tanpa khawatir akan terjatuh, baik saat di perjalanan maupun saat nanti pintu belakang dibuka.

Jika ruang bagasi dirasa masih kurang lega, kita bisa melipat jok baris ketiga untuk menciptakan ruang kargo yang lebih luas sehingga bisa membawa lebih banyak barang.

Untuk pilihan warnanya, Toyota New Calya 2022 transmisi otomatis dan manual tersedia dalam 7 pilihan warna yaitu, putih, hitam, silver metallic, gray metallic, orange, merah, dan bronze mica metallic.

Fitur-fitur dan Interior Toyota New Calya 2022

Toyota New Calya 2022 yang dibekali dengan mesin 3NR-VE 4 cylinder DOHC with Dual VVT-i berkapasitas 1200 CC ini, mampu menghasilkan tenaga sekitar 87 HP @6000 rpm dan torsi 108Nm @4200 rpm.

Transmisinya tersedia dalam dua pilihan, yaitu transmisi manual 5-Speed dan transmisi otomatis 4-Speed. Kap mesinnya sendiri sudah dilengkapi dengan peredam sehingga suara mesin jauh lebih senyap.

Bagian interior Toyota New Calya kini tampil lebih elegan karena didominasi warna-warna gelap seperti warna hitam dan coklat maroon.

Foto Interior Toyota New Calya 2022

Warna hitam terlihat mendominasi pada dashboard, door trim, maupun plafon. Sedangkan warna coklat maroon sedikit terlihat menghiasi dashboard dan lebih dominan di jok.

Jok pengemudi sudah dilengkapi dengan fitur reclining dan sliding. Sehingga, pengemudi akan lebih mudah mencari posisi duduk yang ideal untuk berkendara.

Kemudian, di bagian setir kini sudah terdapat tombol-tombol yang terdiri atas, audio switch, volume control, dan tombol untuk mengganti track audio.

Pada instrument cluster, tachometer dan speedometer masih menggunakan model manual. Namun, sudah dilengkapi dengan dot matrix dan jam digital serta layar MID.

Door trim masih didominasi bahan-bahan plastik. Meski demikian, tampilannya lebih menarik dengan handle pintu berlapis chrome.

Pintu bagian pengemudi sudah dilengkapi dengan central lock, auto-down switch power window, window lock, dan speaker.

Speaker pada mobil ini berjumlah 4 buah. Untuk telinga saya, suara yang dihasilkan 4x speaker di mobil ini terkesan standar–tidak terlalu istimewa.

Tapi, kehadiran perangkat audio pada mobil ini menurut saya sudah menjadi bonus fitur tersendiri. Mengingat harga OTR Toyota New Calya di Auto2000 sekitar Rp. 153.600.000 saat tulisan ini saya publish. Jadi, 5 juta lebih murah dibandingkan dengan harga sebelumnya yang dipatok pada angka Rp. 158.600.000.

Penjelasan mengenai Auto2000 akan saya bahas secara khusus pada bagian akhir artikel ini.

Di bagian dashboard, head unit-nya masih berukuran 7 inch. Akan tetapi, kini fitur-fiturnya sudah lebih lengkap. Salah satu fitur yang menurut saya sangat penting adalah fitur pemberitahuan tanggal ganjil-genap.

Jadi, bagi kita yang tinggal di daerah-daerah yang memberlakukan ganjil-genap, fitur ini akan sangat membantu dalam mengingatkan, agar nanti tidak kena tilang.

head unit Toyota Calya

Disamping fitur tersebut, head unit ini juga terintegrasi dengan kamera belakang untuk memudahkan kita melihat objek belakang mobil saat mundur atau parkir.

Kemudian, selain fungsi audio seperti radio dan koneksi USB serta bluetooth, head unit Calya terbaru ini juga dilengkapi dengan menu T-link. Menu ini berfungsi untuk memproyeksikan layar smartphone kita agar bisa ditampilkan pada head unit.

Pengaturan AC masih analog yang terdiri atas fan speed dan temperatur control, serta dilengkapi juga dengan pengaturan sirkulasi udara.

Kisi-kisi AC diletakkan di samping kiri dan kanan head unit, di bagian atas dashboard, serta di depan pengemudi dan penumpang depan.

Salah satu keunggulan Toyota New Calya 2022 adalah keberadaan laci-laci kecil yang menurut saya sangat berguna.

Misalnya, seperti card holder yang diletakkan tepat di atas pengaturan AC, dan, terdapat smartphone holder berupa laci kecil yang dilengkapi dengan power outlet 12V pada bagian bawahnya.

Fitur-fitur tersebut, meskipun terlihat sepele, namun sangat membantu. Terutama jika Anda sering memanfaatkan smartphone selama berkendara untuk navigasi dan lain sebagainya.

Kemudian, pada kabin tengah di samping seat pengemudi, juga terdapat cup holder yang hanya tersedia di cabin type G. Meski demikian, kalau kalian berencana untuk membeli tipe E, kalian bisa menambahkan Toyota original accessories tersebut dengan dengan harga yang relatif terjangkau.

Untuk fitur keamanan, terdapat hand brake atau parking brake yang masih mengusung model throttle pesawat, disamping foldable armrest dan 2 buah airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Oh ya… untuk menambah fungsi safety, Toyota juga sudah menyertakan pemadam api ringan berukuran mungil yang bisa kita temukan di lantai penumpang depan.

Beralih ke kabin baris kedua. Jok untuk penumpang di baris kedua bisa disesuaikan untuk memberikan kenyamanan karena sudah dilengkapi dengan fitur reclining dan sliding.

Kemudian, terdapat seat back pocket multifungsi yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam benda-benda berukuran tipis seperti buku, majalah, dokumen, dan lain sebagainya.

Kemudian, di bagian bawah-belakang armrest pengemudi, terdapat power outlet 12V yang bisa digunakan oleh penumpang untuk men-charge smartphone.

Lalu, jika kita melihat ke atas, di sana terdapat rear air circulator dan semi double blower. Saya sebut sebagai semi double blower karena fitur ini bukankah double blower yang sebenarnya.

Namun, memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu untuk mentransfer suhu dingin dari AC di bagian depan ke belakang. Sehingga suhu dingin pada mobil lebih merata dan bisa dinikmati hingga 3 kursi baris ketiga.

Baik di baris kedua dan baris ketiga, sudah dilengkapi dengan seat belt untuk masing-masing penumpang. Disamping itu, terdapat juga fitur baby cars seat pada kursi baris kedua yang akan memudahkan kita saat membawa bayi.

Untuk mengakses kursi penumpang baris ketiga, kita bisa melipat kursi baris kedua yang telah dilengkapi fitur one touch tumble. Dengan adanya fitur ini, kita bisa melipat jok baris kedua hanya dengan satu sentuhan.

Auto2000

Seperti janji saya di atas, saya akan membahas sedikit mengenai Auto2000. Karena saya yakin, meskipun banyak diantara kita yang sudah sering mendengar atau melihat dealer maupun showroom Auto2000, tapi mungkin belum banyak yang tahu apa sebenarnya Auto2000 tersebut?

Auto2000.co.id atau Auto2000 Digiroom adalah website ecommerce yang fokus pada penjualan mobil, suku cadang (sparepart), serta aksesoris resmi Toyota di Indonesia.

Jadi, pelanggan bisa membeli mobil baru, membeli suku cadang genuine, aksesoris asli, ataupun jualbelimobilbekas, melalui Auto2000.co.id.

Selain hadir dalam bentuk website, Auto2000 juga menyediakan aplikasi yang dapat didownload dan digunakan untuk memudahkan pelanggan dalam memesan home servis, penghitungan pembiayaan atau leasing, serta melacak status service.

Kesimpulan

Toyota New Calya 2022 adalah mobil LCGC 7 penumpang yang dilengkapi mesin 4 cyl 1200 CC. Mobil ini bisa menjadi alternatif terbaik mobil keluarga yang terjangkau.

Sejak pertama kali diluncurkan, Calya sudah mendapatkan sejumlah upgrade. Terbaru, di tahun 2022 ini, Toyota kembali meluncurkan facelift yang tampil lebih modern.

Eksterior Toyota New Calya kini tampil lebih mewah dengan grille baru dan balutan warna-warna gelap seperti warna hitam dan coklat marun di bagian interiornya. Disamping itu, Toyota juga menambahkan fitur kamera belakang dan menu T-Link pada head unit untuk mirroring smartphone.



Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "Review Lengkap Eksterior dan Fitur-fitur Toyota New Calya"