Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biar Tidak Salah Beli Telur, Ini Dia Ciri Telur Ayam Yang Bagus

Berapa banyak telur ayam yang Anda miliki di rumah? Atau seberapa sering Anda beli telur ayam  untuk stok di dapur? Rasanya, telur hampir selalu jadi bahan makanan yang wajib dibeli setiap belanja. 

Dibandingkan dengan bahan makanan lain, telur ayam memang sangat praktis dan serbaguna. Ada berbagai macam kreasi makanan yang bisa dibuat menggunakan telur ayam. Mulai dari telur mata sapi hingga puding dan kreasi kue bolu.

Tips Memilih Telur Ayam yang Bagus

Untuk mendapatkan rasa dan tekstur makanan yang bagus, dibutuhkan telur ayam dengan kualitas yang bagus juga. Lalu, bagaimana mengetahui kualitas telur ayam tanpa memecahkan telur? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar tidak salah pilih saat beli telur ayam :

1. Ukuran tidak terlalu besar atau kecil

Telur ayam yang bagus biasanya memiliki ukuran yang tidak terlalu berbeda dengan telur lainnya. Telur berukuran besar tidak selalu lebih bagus dan lebih besar isinya. Sedangkan telur berukuran kecil biasanya berasal dari ayam yang masih muda.

Cara terbaik memilih telur ayam adalah dengan memilih telur dengan ukuran standar. Pilih telur dengan ukuran yang tidak berbeda secara signifikan dengan telur lainnya.

2. Warna telur cerah, bersih, dan tidak berbintik

Telur ayam yang bagus memiliki warna cenderung coklat dan tanpa bintik. Jangan memilih telur berwarna pucat dengan bintik hitam. Bintik hitam pada telur biasanya disebabkan oleh jamur. Artinya, telur tersebut sudah berusia cukup lama.

3. Tekstur cangkang agak kasar

Telur ayam dengan cangkang mengkilap mungkin terlihat lebih cantik. Namun, telur yang bagus justru memiliki cangkang yang agak kasar. Beberapa telur juga mungkin memiliki sedikit butiran putih pada cangkangnya. Hal ini menunjukkan bahwa telur tersebut masih segar dan bagus.

4. Tidak ada aroma amis

Telur ayam yang sudah rusak bisa saja mengeluarkan bau amis yang tidak enak. Bau ini bahkan bisa tetap tercium walaupun cangkang telur tidak memiliki retakan. Jika Anda menemukan aroma amis pada telur, sudah dipastikan bahwa isi telur juga sudah rusak.

5. Telur terasa lebih padat dan berat

Saat beli telur ayam, cobalah untuk mengocok ringan telur tersebut. Telur yang bagus biasanya terasa lebih padat dan berat. Sedangkan telur yang sudah tidak bagus akan terasa lebih ringan dan cair.

Semakin lama usia telur ayam, umumnya akan semakin cair pula bagian putih telurnya. Sehingga bagian putih dan kuning telur tidak lagi saling mengikat dan menimbulkan suara seperti air saat dikocok.

Beli Telur Ayam Tanpa Takut Salah Pilih

Umumnya, telur ayam yang dijual di pasaran memiliki umur simpan hingga 7 hari. Namun, telur dengan kualitas terbaik dapat disimpan hingga 14 hari. Jika Anda tinggal sendiri atau bersama keluarga kecil, telur yang lebih awet tentu saja lebih menguntungkan. 

Salah satunya, Anda bisa lebih santai menyusun menu makan sehat tanpa harus terburu-buru menghabiskan bahan makanan. Selain itu, telur yang lebih tahan lama juga memiliki kandungan gizi yang lebih terjaga.

Lalu, di mana Anda bisa beli telur dengan kualitas terbaik dan tahan lama? Salah satu tempat belanja yang bisa diandalkan adalah Sayurbox. Di Sayurbox, Anda dapat menemukan telur terbaik tanpa takut salah pilih. Karena semua telur yang tersedia sudah melalui standar kualitas yang ketat.

Selain telur ayam negeri biasa, Anda juga bisa beli telur lainnya. Seperti telur ayam kampung, telur puyuh, telur bebek, telur probiotik, telur omega, dan lain-lain. Temukan juga beragam produk lainnya di aplikasi Sayurbox atau https://play.google.com/store/apps/details?id=com.sayurbox&hl=en&gl=US. Selamat berbelanja. Terima kasih.


Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Biar Tidak Salah Beli Telur, Ini Dia Ciri Telur Ayam Yang Bagus"