Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Topi Berdasarkan Bentuk Wajah

Topi adalah salah satu aksesoris serbaguna yang bisa dipasangkan dengan berbagai fashion style.

Karena itu, topi bisa digunakan saat kita mengenakan pakaian bergaya kasual, sporty, atau bahkan saat kita mengenakan pakaian formal.

Artis Bima Kharisma Pakai Topi

Tidak hanya bisa membantu kita menyembunyikan rambut yang tidak tertata agar penampilan kita terlihat rapi, topi juga memiliki banyak manfaat, termasuk manfaat untuk kesehatan kita.

Begitu banyak manfaat yang bisa diberikan oleh topi sehingga banyak orang rela memesan topi di pabrik topi agar terlihat lebih personal. Dan, bahkan tidak sedikit diantaranya yang memesan untuk perlengkapan seragam, event khusus, atau untuk digunakan sebagai media promosi.

Manfaat Mengenakan Topi

Tidak hanya berguna sebagai pelengkap fashion, topi sebenarnya memiliki segudang manfaat. Dari sekian banyak manfaat mengenakan topi, berikut adalah beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

  • Melindungi kepala dan wajah dari sengatan sinar matahari
  • Melindungi mata agar tidak silau akibat sinar matahari yang terlalu terang. Karena sinar yang terlalu cerah bisa menyebabkan kerusakan penglihatan seiring dengan bertambahnya usia. Karena itulah, kita perlu melindungi pandangan kita di siang hari
  • Membantu mencegah kanker kulit atau masalah kulit lainnya, terutama pada area wajah
  • Membantu mengatur suhu tubuh
  • Membantu menahan rambut agar tidak menutupi wajah saat bekerja atau berolahraga atau melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan fokus dan konsentrasi
  • Melindungi rambut atau kulit kepala dari sengatan sinar matahari

Cara Memilih Topi Berdasarkan Bentuk Wajah

Ada banyak model topi di luar sana yang bisa dipilih untuk kita kenakan. Mulai dari topi baseball, bucket hat, hingga topi snapback.

Saat kita melihat model atau artis mengenakan topi model tertentu. Topi yang terlihat sangat cocok pada model maupun artis tersebut sebenarnya belum tentu cocok jika yang mengenakannya adalah kita. Mengapa?

Hal ini bisa terjadi karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda. Perbedaan bentuk wajah tersebut akan menyebabkan topi yang cocok untuk dikenakan pada wajah tertentu juga berbeda-beda.

Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk memesan topi tertentu, sebaiknya identifikasi terlebih dahulu bentuk wajahmu agar kamu bisa membeli model topi yang paling cocok.

Macam-macam Bentuk Wajah

Untuk menentukan bentuk wajah, kita bisa melihatnya langsung di depan cermin. Tapi kalau kamu kesulitan karena bentuk wajahmu mungkin menunjukkan kombinasi dua bentuk wajah, kamu bisa memastikannya dengan menggunakan meteran yang fleksibel untuk mengukur dahi tulang pipi, garis rahang, atau panjang wajah.

Agar lebih mudah mengidentifikasi bentuk wajah, berikut adalah 7 contoh bentuk wajah yang paling umum.

1. Oval

Wajah bentuk oval

Adalah bentuk wajah yang dianggap paling proporsional yang ditandai dengan ukuran dahi yang terlihat sedikit lebih lebar daripada dagu dengan tulang rahang yang lebih sempit daripada tulang pipi.

2. Bulat

Wajah bentuk bulat

Wajah bulat memiliki ciri-ciri, ukuran panjang wajah hampir sama dengan ukuran panjang tulang pipi. Sebagian besar garis wajah membentuk sudut yang halus sehingga terlihat bulat.

3. Bentuk hati atau segitiga terbalik

Wajah bentuk hati

Bentuk wajah seperti ini ditandai dengan ukuran dahi yang lebih lebar dari tulang pipi dan garis rahang.

4. Wajah berbentuk segitiga atau seperti buah pir

Wajah berbentuk segitiga

Wajah seperti ini didefinisikan dengan garis rahang yang tampak lebih tegas dan sedikit lebih lebar dari dahi.

5. Berlian

Wajah berbentuk berlian

Wajah berbentuk berlian adalah bentuk wajah yang agak sulit diidentifikasi. Meski demikian wajah berbentuk berlian tetap memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dengan bentuk-bentuk wajah yang lain.

Apabila kamu memiliki tulang pipi yang agak menonjol melewati lebar dahi dan garis rahang, serta memiliki dagu yang agak runcing, hal tersebut mengindikasikan bahwa kamu memiliki wajah berbentuk berlian.

6. Persegi

Wajah berbentuk persegi

Wajah berbentuk persegi ditandai dengan rahang, dahi, dan tulang pipi yang lebarnya kurang lebih sama sehingga membentuk sudut yang tegas.

7. Persegi panjang

Wajah berbentuk persegi panjang atau yang dalam dunia fashion sering disebut wajah oblong adalah wajah yang mirip-mirip wajah berbentuk persegi namun memiliki ukuran yang lebih panjang.

Memilih Model Topi Terbaik untuk Setiap Jenis Wajah

1. Topi yang cocok untuk wajah oval

Bucket dan flat cap atau yang dikenal dengan sebutan topi pelukis adalah dua pilihan topi yang cocok untuk wajah oval.

Sebaliknya, sebaiknya hindari topi yang terlalu tinggi seperti topi koboi, karena topi jenis ini akan membuat wajah terlihat semakin panjang.

2. Topi yang cocok untuk wajah bulat

Topi fedora dan model trilby sangat ideal untuk wajah bulat karena bentuknya yang kaku, terutama saat dikenakan sedikit agak miring.

3. Topi yang cocok untuk wajah berbentuk hati atau segitiga terbalik

Topi koboi adalah salah satu model topi yang cocok untuk wajah berbentuk hati. Topi ini akan membantu mengurangi lebar dahi sehingga wajah akan terlihat lebih proporsional.

4. Topi yang cocok untuk wajah berbentuk segitiga atau pir

Sama seperti wajah berbentuk oval, wajah dengan bentuk segitiga nyaris cocok dengan semua model topi.

Tapi ingat, beberapa topi bisa membuat garis rahang terlihat lebih menonjol. Karena itu, cobalah untuk menghindari topi yang bagian pinggirnya terlalu sempit.

5. Topi Terbaik untuk Wajah Berbentuk Berlian

Untuk wajah berbentuk berlian, jenis topi yang cocok adalah topi beanie atau topi kupluk yang mudah disesuaikan agar bisa membantu menyamarkan bagian dahi yang lebar.

6. Topi yang Cocok untuk Wajah Persegi

Wajah dengan bentuk memiliki sudut yang tajam. Oleh sebab itu, pemilik wajah persegi dianjurkan untuk memilih topi yang bisa membantu membuat sudut tersebut terlihat lebih lembut.

Contoh topi yang cocok untuk pemilik wajah berbentuk persegi ada topi model newsboy atau fisherman.

7. Topi terbaik untuk wajah berbentuk persegi panjang

Agar wajah yang berbentuk persegi panjang bisa terlihat lebih proporsional, wajah seperti ini sebaiknya menggunakan topi yang agak dalam untuk menciptakan siluet wajah yang lebih pendek.

Topi baseball, corridor, dan topi koboi umumnya sangat cocok digunakan oleh fitur-fitur wajah berbentuk persegi panjang.

Tempat Pesan Topi yang Murah dan Berkualitas

Saat ini, topi tidak hanya bisa kita peroleh dengan membeli melalui online shop, tapi juga bisa dipesan dengan mudah langsung ke pabrik topi.

Tempat Pesan Topi

Sejauh yang saya tahu, salah satu pabrik topi yang berkualitas dan murah dengan pengerjaan yang detail dan hasil yang rapi adalah pabriktopimurah.com.

Pabrik kopi murah ini memiliki izin usaha yang telah terdaftar. Karena itu, mereka merupakan salah satu tempat pesan topi paling terpercaya dan bisa diandalkan.

Beberapa contoh client terkenal yang pernah memesan kopi langsung ke pabrik topi murah ini diantaranya adalah, PLN, Indocement Tiga Roda, Nippon Express, BMKG, Diskominfo Jabar, MORIN, BNPB, Philips, dan masih banyak yang lainnya.

pabrik topi murah

Klien yang berasal dari nama-nama yang populer tersebut adalah bukti bahwa pabrik topi murah memang terpercaya dan bisa diandalkan.

Menurut saya, setidaknya mereka punya 5 kelebihan yang patut dipertimbangkan, seperti misalnya:

  1. Waktu pengerjaan on time dan digaransi 100%
  2. Memiliki tim profesional yang bisa mengerjakan kopi sesuai pesan
  3. Hasilnya rapi dan harganya pun relatif murah
  4. Pelanggan bisa memesan desain topi sesuai keinginan masing-masing
  5. Bahan pembuatan topi yang digunakan adalah bahan terbaik sehingga kopi hasil buatan pabrik topi murah rata-rata enak dipakai
Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Topi Berdasarkan Bentuk Wajah"