Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Memilih Bahan Katun untuk Kaos

Menjadi seorang blogger membuat saya lebih leluasa bekerja dari manapun selama masih ada koneksi internet. Meski demikian, saya merasa paling nyaman jika bekerja di rumah.

Karena bekerja di rumah, saya jadi terbiasa menggunakan pakaian-pakaian santai seperti kaos. Saya suka pakai kaos tidak hanya karena nyaman, tapi juga karena…

  • Harganya relatif murah
  • Tidak butuh waktu lama untuk mengenakan atau melepasnya dari badan
  • Gampang dicuci dan dirawat
  • Gampang dipadupadankan untuk tampil trendy
  • Jika sudah rusak atau tidak terpakai, kaos sering saya manfaatkan untuk lap

Saya sendiri mengoleksi banyak jenis kaos. Tapi saya merasa sangat nyaman saat menggunakan kaos oblong atau kaos polos yang terbuat dari bahan katun. Seperti katun combed misalnya.

Disamping kain katun combed, sebenarnya ada berbagai macam kartun yang sering digunakan sebagai material pembuatan kaos.

Tentu saja, semakin bagus kualitas material katun yang digunakan, kaosnya pun akan semakin nyaman saat digunakan dan semakin bagus kualitasnya.

Dan, apabila kita perhatikan. Kebanyakan orang yang kita temui di jalanan pasti menggunakan kaos. Karena memang, pakaian yang satu ini sangat nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas.

Banyaknya orang yang menggunakan kaos adalah peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, trend bentuk kaos yang banyak dipilih tidak banyak berubah dari tahun ke tahun. Meskipun, desain atau gambarnya mungkin saja berubah seiring waktu karena mengikuti tren yang ada.

Tapi yang pasti, kaos adalah jenis pakaian yang paling banyak dipilih untuk digunakan. Mulai dari, bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga lansia, semuanya suka pakai kaos.

Kaos juga sering dipilih sebagai seragam karyawan, identitas komunitas, tim olahraga, bahkan banyak juga yang menggunakannya untuk promosi produk maupun pencitraan.

Karena itu, tidak mengherankan apabila kaos yang digunakan oleh parpol untuk berkampanye atau sering digunakan oleh perusahaan untuk mengenalkan produk-produk mereka.

Dari sekian banyak pilihan bahan yang bisa digunakan untuk membuat kaos, katun adalah salah satunya. Tidak hanya satu jenis, kain katun tersedia dalam berbagai macam pilihan.

Kalau kamu tertarik untuk pesan kaos di pabrikkaosmurah.com misalnya, kamu kemungkinan besar akan menerima beberapa rekomendasi material kaos yang bisa kamu pilih.

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau memesan kaos custom untuk dijual kembali ataupun untuk dibagi-bagikan kepada karyawan maupun komunitas, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kain katun untuk kaos agar bisa memilih yang terbaik. Sehingga, orang yang menggunakannya akan merasa nyaman dan senang.

Macam-macam Bahan Katun untuk Kaos

Sebelum memutuskan untuk memilih salah satu bahan katun untuk kaos, setidaknya ada 4 hal yang harus dijadikan sebagai pertimbangan.

Pertama, tentukan siapa yang akan menggunakannya, pertimbangkan kenyamanannya, dan pertimbangkan juga daya tahan serta harganya.

Berikut adalah beberapa jenis material kartun yang sering digunakan untuk bahan baju kaos.

1. Campuran Katun dan Polyester

Memilih bahan kaos yang terbuat dari kain katun yang dikombinasikan dengan bahan polyester menawarkan jenis kain yang ringan dan tidak mudah kusut.

Meski demikian, terlalu banyak bahan polyester akan membuat pakaian jadi kurang nyaman saat dikenakan dan tidak bisa menyerap keringat secara maksimal.

Oleh sebab itu, dalam memilih bahan yang terbuat dari campuran katun dan polyester, perhatikan persentase kandungan katun dan polyester-nya.

2. Campuran katun, polyester, dan rayon

Kaos yang terbuat dari campuran 3 bahan yaitu katun, polyester, dan rayon terkenal nyaman digunakan karena mengandung bahan katun, awet karena mengandung bahan polyester, dan lembut serta berbobot ringan karena mengandung bahan rayon.

3. Katun Ringspun

Katun ring-spun merupakan salah satu material standar produksi kaos berkualitas bagus. Karena material ini terbuat dari kapas yang dipintal dengan metode ring-spun, sehingga menghasilkan kain yang lembut, halus, dan tahan lama.

4. Katun Combed

Kapas yang digunakan untuk membuat material kaos katun combed umumnya lebih lembut daripada kapas yang dipintal dengan metode ringspun.

Karena itulah, kaos yang terbuat dari katun combed umumnya sangat lembut, bertekstur halus, tidak mudah terurai, dan terasa adem saat dikenakan.

Katun combed merupakan salah satu bahan kaos paling populer di Indonesia dan banyak ditawarkan di konveksi kaos. 

Harganya yang relatif terjangkau dan kualitasnya yang bagus serta kenyamanannya, menjadi alasan mengapa material kaos yang satu ini sangat populer.

Bahan katun combed hadir dalam 3 pilihan ketebalan. Dimulai dari yang paling tebal yaitu, katun combed 24S, 30S, dan 40S sebagai yang paling tipis.

Dari 3 pilihan tersebut, katun combed 30S adalah yang paling banyak digunakan dan cocok untuk cuaca di Indonesia. Karena tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.

5. Katun organik

Katun organik termasuk ke dalam kelas katun premium karena terbuat dari kapas organik yang ditanam tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya.

Kartun ini Lebih lembut daripada katun yang terbuat dari kapas biasa dan bersifat tahan lama serta tahan terhadap berbagai kondisi cuaca.

6. Katun slub

Katun slub banyak digunakan untuk membuat kaos polos dan kaos jenis distro.

Tekstur permukaan material katun slub tampak tidak merata sebagai efek dari proses pengolahan kapas yang digunakan untuk membuat material ini.

Katun slub ada yang tersedia dalam bentuk 100% katun. Dan, Ada pula yang tersedia dalam bentuk campuran dengan bahan polyester.

Bahan katun slub banyak dipilih karena bahannya sangat ringan, nyaman dikenakan, dan dapat menyerap keringat dengan baik.

7. Katun Pima

Kalau kamu mencari bahan kaos dengan kualitas terbaik yang lembut dan enak digunakan, pertimbangkan bahan katun Pima.

Pasalnya, material kaos yang satu ini terbuat dari kapas berkualitas tinggi dan dianggap sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Karena itulah, tidak mengherankan apabila kaos yang terbuat dari bahan katun pima sangat halus, benar-benar lembut, tahan lama, tidak mudah robek, tidak mudah berkarat,Dan tidak mudah memudar.

Pabrik Tempat Pesan Kaos Terbaik

Saat ini, pesan kaos langsung ke pabrik semakin mudah berkat kehadiran internet dan smartphone. Disamping itu, produsen kaos yang bagus dan terpercaya juga banyak yang mulai membuat website untuk menawarkan produk mereka.

pabrikkaosmurah.com adalah salah satu contohnya. Di konveksi kaos murah ini, kita bisa memesan kaos yang terbuat dari berbagai macam bahan dan desain. Bahkan, kita bisa memesan kaos custom yang desain nya dari kita.

Disamping menerima jasa pesan kaos oblong hingga kaos raglan dan kaos Polo, pabrik kaos murah juga menerima pesanan kemeja, jaket, serta rompi.

Saya pribadi merekomendasikan pabrik kaos murah Bandung ini karena,

  • Kualitas bahan dan jahitannya sangat bagus
  • Selalu bisa menyelesaikan pesanan tepat waktu
  • Menerima pesanan berbagai desain kaos
  • Terpercaya dan harganya murah
  • Minimal order yang tidak terlalu banyak, serta
  • Mudah dihubungi
Semoga informasi ini membantu anda menemukan Pabrik kaos terbaik ya..
Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Panduan Memilih Bahan Katun untuk Kaos"