Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Menu Makanan Thailand Terkenal, Wajib Kamu Cicipi

Tak cuma wisatanya yang menarik, makanan Thailand pun adalah magnet untuk para wisatawan. Maka dari itu, kamu pun wajib mencicipi kuliner khas Negeri Gajah Putih saat liburan ke sana!

Jangan lupa, liburan ke Thailand kini jadi lebih mudah dengan pesan tiket pesawat Singapore Airlines di Traveloka. Mau reschedule tanggal keberangkatan? Gampang, ada layanan Reschedule Plus supaya kamu bisa ubah jadwal sesuai keinginan.

Sesampainya di Thailand, pastikan kamu mencoba sederet makanan Thailand yang terkenal di bawah ini. Yuk, simak rekomendasinya!

9 Makanan Thailand Terkenal dan Lezat

Ini dia daftar menu makanan khas Thailand yang tak boleh kamu lewatkan selama liburan di sana.

  1. Pad Thai

Menu mie khas Thailand ini sering ditemukan di para penjaja street food. Nama Pad Thai pun telah mendunia sejak lama, apalagi di kalangan para wisatawan.

Hidangan ini berbahan dasar mie beras yang diolah dengan cara digoreng dan ditambahkan berbagai topping. Biasanya, ada banyak pilihan topping, seperti daging ayam, seafood, telur, hingga daging sapi.

Rasa gurih pedas Pad Thai dengan kombinasi rasa saus ikan yang kuat jadi daya tarik utama hidangan yang satu ini. Pokoknya, menu ini wajib kamu cicipi, deh!

  1. Kaeng Khiao Wan

Tahukah kamu kalau Thailand punya menu kari berwarna hijau? Ya, Kaeng Khiao Wan adalah kari pedas yang berwarna hijau. Ternyata, warna hijau di hidangan ini berasal dari campuran cabai hijau yang konon bisa memberi rasa lebih pedas.

Biasanya, kari hijau Thailand disajikan bersama nasi, daging ayam, mie, daging sapi, ataupun roti. Rasa pedas bumbu kari yang berpadu dengan rempah gurih membuat menu ini makin bikin nagih!

  1. Kaeng Phet

Selain kari hijau, Thailand juga punya kari merah. Berbeda dengan Khaeng Khiao Wan, menu bernama Khaeng Pet ini berbahan dasar cabai merah sehingga tampilannya berwarna merah.

Perpaduan bumbu kari merah dengan rempah-rempah yang berlimpah dijamin membuat rasa laparmu membuncah. Biasanya, menu ini disajikan dengan isian daging ayam, sapi, hingga udang.

  1. Kari Massaman

Thailand memang surganya menu kari. Kali ini, ada Kari Massaman, kari khas Thailand yang biasa dihidangkan dengan isian daging ayam atau daging sapi.

Menu yang satu ini punya cita rasa yang cenderung manis dan tak terlalu pedas. Oleh karena itu, kalau kamu bukan pecinta pedas, kari ini bisa jadi menu alternatif saat kamu pengen makan kari ala Thailand.

  1. Som Tum

Kabar baik bagi kamu yang gemar makanan sehat, Thailand punya menu salad bernama Som Tum. bahan dasar menu ini adalah pepaya hijau yang diserut dan diguyur dengan bumbu asam manis.

Tak cuma itu, pepaya hijau di menu ini juga sering disajikan dengan daging kepiting atau kacang-kacangan. Selain enak, menu ini juga dijamin kaya nutrisi—cocok buat kamu yang lagi diet!

  1. Tom Kha Gai

Menu hidangan Thailand berbahan dasar ayam selanjutnya adalah Tom Kha Gai. pada dasarnya, menu ini adalah ayam kuah santan. Daya tarik utama dari menu ini adalah kuahnya yang cenderung lebih kental dan creamy.

Potongan ayam yang besar-besar disiram dengan kuah santan putih gurih dan isian jamur membuat cita rasa menu ini pecah di lidah. Jika kamu pecinta menu santan, dijamin kamu akan menambah!

  1. Tod Man Pla

Perkedel ikan khas Thailand ini adalah salah satu menu lauk andalan warga Thailand. Biasanya, menu ini disajikan sebagai hidangan pembuka dengan cocolan kecap ikan atau sambal sriracha.

Tod Man Pla berbahan dasar ikan giling yang dicampur dengan pasta kari merah dan daun jeruk purut. Setelah digoreng, menu ini jadi kudapan dengan rasa yang pedas gurih. Dijamin, mencicipi satu buah saja tak akan cukup!

  1. Khao Tom

Menu bubur yang satu ini cocok disantap saat cuaca dingin untuk menghangatkan badan. Bahan dasar adalah bubur yang disajikan dengan campuran seafood atau daging lainnya.

Khao Tom punya cita rasa yang gurih nikmat. Tambahan rempah-rempah penghangat tubuh di dalamnya bikin menu ini cocok buat jadi comfort food saat di Thailand!

  1. Mango Sticky Rice

Liburan ke Thailand kurang lengkap rasanya kalau tak mencicipi makanan Thailand viral yang satu ini. 

Terbuat dari ketan dengan perpaduan mangga manis dan kuah santan, menu ini jadi dessert yang menggugah selera makan. Di sini, kamu pun bisa request topping bervariasi, lho! Tak heran, menu ini sungguh populer di kalangan wisatawan.

Liburan ke Thailand? Pesan Tiket Pesawat Hanya di Traveloka

Kamu pasti sudah tidak sabar mencicipi sederet masakan Thailand yang enak itu, ya? Tunggu apa lagi, pesan tiket pesawat ke Thailand di Traveloka sekarang juga dan wujudkan agenda kulineranmu. Temukan beragam penawaran diskon dan cashback yang bikin makin cuan. Kulineran di Thailand jadi lebih dijamin lebih menyenangkan!

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "9 Menu Makanan Thailand Terkenal, Wajib Kamu Cicipi"