Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modem MiFi HKM M22 Bikin Leluasa Bekerja di Mana Saja

Modem yang bagus itu nggak selalu berasal dari merek-merek terkenal. Meskipun merek terkenal kerap menjadi jaminan mutu, namun bukan berarti modem dari merek yang kurang terkenal kalah kualitas.

Apalagi, ada banyak contoh produsen elektronik baru di era modern ini yang langsung meluncurkan produk-produk berkualitas. Tidak tanggung-tanggung, kualitasnya bahkan bisa menyaingi produk yang dikeluarkan oleh perusahaan kawakan.

Modem mifi HKM M22 adalah salah satu contoh modem mifi yang mereknya kurang terkenal, tapi kualitasnya nggak kalah saing dibandingkan dengan produk-produk dari merek terkenal.

Modem MiFi HKM M22 Unlock version
Modem MiFi HKM M22 Unlock version

Pertama kali mendengar modem MiFi merek HKM, saya langsung mengernyitkan dahi. Pasalnya, nama modem ini terdengar asing buat saya yang notabenenya aktif mengikuti perkembangan teknologi.

Mi-Fi merek HKM ini jelas tidak terkenal. Tapi, yang membuat saya heran, beberapa tipe Modem Mi-Fi merek HKM ini justru di-bundling dengan kartu dari provider kelas atas seperti Telkomsel dan XL. Meskipun, versi unlock juga ada.

Inilah yang bikin saya merasa penasaran dan ingin tahu lebih jauh bagaimana performa serta kualitas jaringannya. Apalagi, sebagai seorang blogger saya sangat membutuhkan jaringan internet yang cepat. Mengingat, saya sering mobile dan menulis di mana saja saya suka.

Tapi sebelum saya membahas bagaimana kualitas dan performa modem mifi HKM M22 ini. Saya ingin bercerita sedikit mengenai pengalaman saya sebagai blogger dan content writer yang sangat bergantung pada jaringan internet.

Kebutuhan Internet seorang Blogger

Sepuluh tahun silam (2012) adalah kali pertama saya memutuskan untuk menjadi fulltime blogger dan contentwritter, meskipun (sejatinya) saya sudah ngeblog sejak 2009.

Keputusan saya untuk serius terjun ke dunia blogging dan menulis semakin bulat ketika ada tawaran menulis dari salah satu startup yang bergerak di bidang perhotelan.

Aktivitas menulis yang saya lakukan tidak hanya terbatas di rumah saja. Tapi, saya juga sering pergi ke tempat-tempat tertentu untuk mencari ide atau inspirasi agar bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan inspiratif serta informatif.

Salah satu tempat yang paling sering setuju adalah rumah mertua yang lokasinya ada di kaki Gunung Anjasmoro.

Tempat ini menawarkan udara yang sejuk, pemandangan yang asri, dan suasana yang tenang. Karena itulah, saya senang menulis di sana.

Tapi sayangnya, di tempat itu signal seluler sangat sulit didapat, terutama signal jaringan internet 4G (LTE). Kadang-kadang, saya harus mencari tempat khusus agar bisa mendapatkan signal yang kuat. Masalahnya, kadang-kadang tempat yang banyak sinyalnya itu justru kurang ideal untuk menulis dan mencari inspirasi.

Selain karena faktor tersebut, faktor lain yang membuat saya kurang suka adalah, faktor baterai tablet yang gampang terkuras saat jaringan selulernya dihidupkan untuk internetan, Mengingat signal di daerah itu memang susah.

Itulah sebabnya mengapa saya sangat membutuhkan alat khusus seperti mifi, yang bisa menangkap sinyal internet dengan cara ditempatkan di tempat-tempat yang kuat sinyalnya. Sehingga, saya bisa lebih bebas memilih tempat untuk menulis tanpa harus duduk di tempat-tempat tertentu.

Modem MiFi HKM M22

Modem MiFI HKM bundling Telkomsel

Karena rumah mertua lokasinya berada di kaki gunung yang agak susah signal internet. Maka, mau tidak mau, saya harus mencari perangkat yang bisa menangkap signal dengan kuat tanpa harus menawarkan soal baterai dan lain sebagainya.

Kenapa saya nggak pakai fitur tethering hp saja? Padahal kan saya sudah punya hp?

Opsi ini sebenarnya sudah saya coba. Masalahnya, hp dan tablet justru saya gunakan untuk bekerja. Saya memang kurang suka bekerja dengan menggunakan laptop saat mobile. Karena, selain bobotnya yang terlalu berat untuk dibawa kemana-mana, baterainya juga tidak bisa bertahan lama.

Urusan baterai ini kerap jadi masalah ketika saya harus duduk di tempat-tempat yang jauh dari terminal listrik. Seperti di kebun, di pekarangan, atau di tempat-tempat yang saya anggap menyenangkan seperti di pinggir sungai.

Selain membutuhkan modem MiFi yang kuat menangkap sinyal, saya juga membutuhkan modem yang kuat memancarkan sinyal. Agar saya bisa lebih bebas bergerak dan bisa mencari tempat dengan cakupan area yang lebih luas.

Kemudian, modem MiFi juga menjadi pilihan karena, modem seperti ini sifatnya sangat portable sebab sudah dilengkapi dengan baterai.

Dari sekian banyak pilihan modem mifi, saya merasa modem MiFi HKM M22 adalah salah satu yang bisa memenuhi kebutuhan saya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa saya suka dengan modem ini meskipun mereknya tidak terkenal.

  • Menyediakan modem versi unlock. MiFi HKM M22 adalah tipe modem unlock yang memudahkan saya mengganti kartu sesuai dengan kondisi. Misalnya, saat berada di rumah mertua signal disini yang paling kuat adalah signal Telkomsel. Sebaliknya, saat ada di rumah sendiri, signal yang kuat adalah signal Indosat. Jadi, dengan menggunakan mifi unlock, saya bisa gonta-ganti kartu sesuai kebutuhan
  • Dilengkapi chipset ASE1803s Series. Ini adalah chipset dengan teknologi jaringan 4G yang sangat canggih dan mampu memberikan signal stabil serta waktu booting yang lebih cepat
  • Baterai bisa bertahan sampai 9 jam. Modem ini membawa baterai sebesar 2050 mAh. Saat dites untuk browsing, main sosmed, dan sesekali main game online, baterainya masih tersisa cukup banyak meski digunakan lebih dari 6 jam
  • Menyediakan fitur bypass. Fitur ini memungkinkan kita untuk menghidupkan modem mifi tanpa menggunakan baterai. Keuntungannya, baterai bisa dilepas sehingga, akan lebih awet, tidak cepat panas dan boros atau soak.
  • Bisa pakai powerbank. Jika tidak ada terminal listrik, kita masih bisa memanfaatkan powerbank untuk menggantikan baterai pada mode ByPass, atau untuk mengisi baterainya saat sudah terkuras
  • Kemampuan menangkap signal dengan kuat. Bahkan jika dibandingkan dengan modem wi-fi dari beberapa merk populer, signal modem miFi HKM M22 terlihat sedikit lebih kuat.Sebagai informasi, mifi ini menggunakan teknologi jaringan LTE pada frekuensi B1/B3/B5/B8/B40 WCDMA : B1/B8 dengan kecepatan (LTE) CAT 4 DL yang bisa menghasilkan kecepatan download maksimum hingga 150 Mbps dan upload sampai 50 Mbps
  • Bisa memancarkan sinyal hingga 15 meter. Pancaran sinyal adalah salah satu kelemahan modem mifi, terutama saat menggunakan baterai. Jika ada modem mifi yang bisa memancarkan sinyal hingga 10 meter lebih tanpa penghalang, itu sudah tergolong cukup bagus
  • Stabil. Kestabilan dalam menangkap dan memancarkan signal adalah faktor yang tidak kalah penting dibandingkan dengan beberapa poin yang telah saya sebutkan di atas. Karena tanpa internet yang stabil, saya sering kesulitan menulis. Mengingat, saya membutuhkan banyak referensi yang sebagian besar saya peroleh dengan cara browsing di internet
  • Ukuran compact. Ukuran mifi HKM M22 ini hanya 101 mm x 64 mm x 14.7 mm. Jadi, lebarnya tidak lebih dari sebuah ATM. Ukurannya yang relatif kecil dan bobotnya yang ringan membuat device ini terasa sangat compact, sehingga mudah dibawa kemana-mana dan tidak memakan banyak tempat
  • Punya layar LCD 1.44 inch. Kehadiran layar berukuran 1.44 inch pada modem mifi ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan modem. Jadi, selain memudahkan kita saat mau mengubah settingan, layar ini juga sangat bermanfaat saat kita ingin melihat Informasi seperti signal, baterai, dan pesan yang masuk
  • Menyediakan Web UI. Dengan adanya dukungan user interface berbasis web, pengguna akan lebih mudah mengganti nama SSID (nama Wi-Fi) dan kata sandinya, melihat siapa saja yang terhubung, dan untuk melihat statistik pemakaian
  • Bisa terhubung ke 10 device. Selain bisa kita gunakan sendiri, modem mifi HKM M22 ini juga bisa digunakan beramai-ramai. Jadi, selain dihubungkan ke tablet dan smartphone, internet dari modem ini juga bisa di hubungkan ke laptop, smart TV atau TV Box, dan IoT seperti lampu pintar, kulkas pintar, mesin cuci pintar, dll

Modem MiFi HKM versi Bundling

Modem MiFi HKM M22, seperti yang saya katakan di atas, adalah modem mifi tipe unlock yang bisa memakai berbagai macam kartu dari semua provider seluer di Indonesia.

Selain menawarkan modem unlock, HKM juga menawarkan modem yang di-bundling dengan dua pilihan operator populer di Indonesia yaitu ,XL dan Telkomsel.

Jadi, buat kalian yang tinggal di daerah-daerah yang menawarkan signal kuat untuk 2 provinsi tersebut, kalian bisa memilih salah satunya.

Menurut saya, memilih modem yang paket bundling, punya keuntungan tersendiri. Terutama, jika dilihat dari faktor ekonomi.

Modem MiFI HKM bundling Telkomsel
Modem MiFI HKM bundling Telkomsel
Pilihan pertama, ada modem MiFI HKM Telkomsel. Modem mifi HKM yang di-bundling dengan kartu Telkomsel akan dapat internet gratis hingga 14GB yang berlaku selama 2 bulan

Modem MiFI HKM bundling XL
Modem MiFI HKM bundling XL
Pilihan kedua adalah modem MiFI HKM yang di-bundling dengan kartu XL. Untuk modem yang di-bundling dengan kartu XL, akan dapat kuota utama 25GB yang berlaku selamanya. Disamping itu, kita juga akan dapat gratis XL Pass Lite selama 1 tahun yang bisa digunakan di 10 negara seperti Hongkong, Malaysia, Singapura, Taiwan, hingga Nepal

Selain dapat kuota gratis, modem bundling juga akan memberikan pengguna kesempatan untuk membeli paket tambahan dengan biaya yang lebih terjangkau.

12 Bulan Garansi Resmi dan Harga Modem Mifi HKM

Ketika kita menggunakan produk dari merek-merek baru, kita biasanya khawatir dengan kualitasnya. Apalagi, jika produk tersebut hanya menawarkan garansi dengan durasi yang pendek.

Sebaliknya, modem MiFI merek HKM, meskipun mereknya tidak terkenal, tapi kualitasnya dijamin bagus. Karena itu, perusahaan ini tidak ragu menawarkan garansi 12 bulan untuk setiap pembelian modem MiFi yang mereka tawarkan.

Jadi, kalau kalian mencari modem yang bagus buat internetan di rumah atau di mana saja, modem MiFi HKM M22 yang dijual dengan harga 600 ribuan ini layak untuk dipertimbangkan. 

Joni Pranata
Joni Pranata Penulis konten, Animator, Blogger yang suka bahas Linux di Jooizzy. Sampai jumpa

Posting Komentar untuk "Modem MiFi HKM M22 Bikin Leluasa Bekerja di Mana Saja"