Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Melihat Nomor IMEI Hp

Apakah kamu sedang mencari cara melihat nomor IMEI hp-mu? Nomor IMEI adalah nomor unik yang terdapat pada setiap ponsel (Cat®). No IMEI yang terdiri dari 15 digit angka ini adalah alat untuk mengidentifikasi hp. Dalam kasus tertentu, no IMEI bisa digunakan untuk melacak lokasi hp (yang hilang atau dicuri).

No IMEI HP Oppo--Cara Melihat Nomor IMEI HP

Berbagai Manfaat Mengetahui Nomor IMEI Hp

Selain dapat membantu dalam mencari ponsel yang hilang, mengetahui nomor IMEI juga memiliki manfaat lainnya, di antaranya:

  1. Melacak lokasi ponsel - Dalam beberapa situasi, seperti kehilangan ponsel atau dicuri, nomor IMEI dapat membantu dalam melacak lokasi ponselmu dengan menggunakan layanan pelacak online.
  2. Membantu dalam pemeriksaan keaslian ponsel - Nomor IMEI juga dapat membantu untuk memeriksa keaslian ponselmu. Dalam beberapa kasus, ponsel palsu dapat memiliki nomor IMEI yang sama atau duplikat, sehingga mengetahui nomor IMEI dapat membantu dalam memastikan keaslian ponselmu.
  3. Membantu dalam memperbaiki masalah teknis - Nomor IMEI dapat membantu teknisi atau layanan purna jual untuk memeriksa dan memperbaiki masalah teknis pada ponselmu.
  4. Mencegah penggunaan ponselmu oleh orang lain - Jika ponselmu hilang atau dicuri, kamu dapat memberikan nomor IMEI kepada operator seluler yang kamu pakai untuk memblokir penggunaan ponselmu oleh orang lain.
  5. Memperkuat keamanan ponselmu - Mengetahui nomor IMEI juga dapat membantu untuk memperkuat keamanan ponselmu, seperti dengan mengaktifkan fitur keamanan seperti Find My Device atau melacak aplikasi pihak ketiga yang memerlukan nomor IMEI sebagai bagian dari proses verifikasi.

Mengetahui nomor IMEI ponselmu memiliki manfaat yang sangat penting dalam banyak situasi, termasuk membantu dalam melacak lokasi ponsel, memeriksa keaslian ponsel, memperbaiki masalah teknis, mencegah penggunaan ponsel oleh orang yang tidak bertanggung jawab, dan memperkuat keamanan ponselmu.

Mengapa di Hp Bisa Ada 2 Nomor IMEI?

Kalau kamu menggunakan satu kartu SIM di dalam ponselmu, hanya satu nomor IMEI yang akan muncul meskipun ponselmu memiliki dua slot kartu SIM.

Kalau kamu memasang 2 kartu SIM, maka akan ada dua nomor IMEI yang akan ditampilkan, yaitu IMEI 1 dan IMEI 2. Untuk itu, IMEI 1 dianggap sebagai nomor identifikasi ponselmu.

Untuk mengetahui no IMEI pada smartphone, ada beberapa opsi yang bisa kamu coba. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu pilih:

Cara Pertama: Cari Nomor IMEI pada Kotak Hp

Nomor IMEI bisa kamu temukan pada bagian luar kotak ponselmu yang merupakan bagian dari label persetujuan.


Cara Kedua: Mencari Nomor IMEI Lewat Panggilan Telepon

  1. Buka aplikasi panggilan telepon.
  2. Ketik *#06# pada keyboard
  3. Kotak dialog akan muncul menampilkan nomor IMEI ponsel

Cara Ketiga: Mencari Nomor IMEI di Hp Oppo

  1. Buka aplikasi panggilan telepon
  2. Ketik *#899# pada keyboard
  3. Kotak dialog akan muncul untuk menampilkan beberapa informasi, dan salah satunya adalah nomor IMEI hp

Cara Ketiga: Mencari nomor IMEI di Hp Android

  1. Buka aplikasi Pengaturan/Settings/Setelan
  2. Cari dan sentuh Tentang ponsel
  3. Sentuh pada Status
  4. Nomor IMEI ponsel akan terlihat

Cara Keempat: Mencari nomor IMEI pada slot SIM Card

  1. Buka slot SIM card (SIM Tray)
  2. Keluarkan SIM tray
  3. Tarik label putih dan hitam pada slot tray SIM

Nomor IMEI ponsel biasanya tertulis pada label tersebut.

Cara Cek Nomor IMEI Hp di Website (Situs) Kominfo

Kamu dapat melakukan pengecekan apakah nomor IMEI hp-mu telah terdaftar di database Sistem Informasi IMEI dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Telepon di hp
  2. Dial kode *#06# pada aplikasi telepon
  3. Nomor IMEI hp akan dimunculkan di layar
  4. Catat nomor IMEI tersebut, lalu
  5. Buka website https://imei.kominfo.go.id/ melalui browser di hp atau laptop
  6. Pada halaman utama (website), cari form input IMEI dan masukkan nomor IMEI hp pada kolom "Cek Status IMEI"
  7. Klik tombol "Cari" untuk memulai proses pengecekan
  8. Jika nomor IMEI hp-mu terdaftar, maka akan muncul pesan "IMEI Ditemukan" dan informasi lengkap mengenai hp-mu, seperti merek dan modelnya
  9. Jika nomor IMEI hp-mu tidak terdaftar, maka akan muncul pesan "IMEI Tidak Ditemukan" dan kamu perlu mendaftarkan nomor IMEI tersebut ke Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk dapat terhubung ke jaringan seluler di Indonesia.

Demikianlah cara untuk mengecek apakah nomor IMEI hp-mu telah terdaftar di database Sistem Informasi IMEI Kominfo. Pastikan nomor IMEI hp-mu terdaftar untuk menghindari kendala saat terhubung ke jaringan seluler di Indonesia.

Itulah beberapa cara cek nomor IMEI hp. Ingat! nomor IMEI sangat penting untuk keamanan dan identifikasi ponselmu, sehingga pastikan untuk selalu mengetahuinya dengan baik dan pastikan No IMEI hp-mu terdaftar di situs Kominfo.

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "4 Cara Melihat Nomor IMEI Hp"