Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anti Lemot! Android Hadirkan Fitur Penghemat Memori Internal

Hp Android kini punya fitur baru yang bisa membantu perangkatmu agar lebih hemat memori. Fitur ini disebut Auto-archive atau pengarsipan otomatis.

Android Hadirkan Fitur Penghemat Memori Internal

Fitur ini bisa mengelola dan membebaskan ruang penyimpanan di ponselmu dengan cara mengarsipkan (menyimpan di tempat tersembunyi) aplikasi yang jarang digunakan secara otomatis.

Dengan begitu, ponselmu tetap punya ruang penyimpanan yang cukup untuk aplikasi lain tanpa harus menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Di blog resmi Android Developers, Manajer Produk Google Play, Chang Liu dan Lidia Gaymond, menjelaskan bahwa fitur Auto-archive ini memudahkan pengguna untuk mengelola penyimpanan di perangkat mereka.

Fitur baru ini juga membantu para pengembang aplikasi untuk mengurangi kemungkinan aplikasi mereka di-uninstall oleh pengguna.

Biasanya, ketika penyimpanan hampir penuh, pengguna akan diberi tahu untuk menghapus aplikasi secara manual.

Namun, menurut Liu dan Gaymond, terkadang tidak perlu menghapus semua aplikasi, termasuk data pengguna, untuk membuka ruang penyimpanan.

Nah, inilah kelebihan dari fitur Auto-archive. Jika kamu mengaktifkan fitur ini, fitur ini bisa membantu kamu mengosongkan hingga 60% ruang penyimpanan aplikasi tanpa menghapus aplikasi atau data pengguna dari perangkatmu.

Jadi, pengguna hp Android masih bisa menyimpan aplikasi yang tidak sering digunakan tanpa takut kehabisan ruang penyimpanan.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba menggunakan fitur auto-archive ini, cara mudah. Ketika kamu mencoba menginstall aplikasi baru tapi hp-mu sudah kehabisan ruang penyimpanan, kamu akan diberi tahu melalui jendela pop-up yang menanyakan apakah kamu ingin mengaktifkan fitur auto-archive.

Cara menggunakan fitur auto-archive di hp Android

Jika kamu memilih mengaktifkannya, maka aplikasi yang jarang digunakan di perangkatmu akan diarsipkan secara otomatis. Dengan cara ini, kamu akan memiliki ruang penyimpanan yang cukup untuk menginstal aplikasi baru.

Ketika kamu ingin menggunakan kembali aplikasi yang sudah diarsipkan, kamu hanya perlu mengunduh ulang aplikasinya dan kamu bisa langsung melanjutkan aktivitas di aplikasi tersebut. Data pengguna yang sudah ada di aplikasi tersebut tidak akan dihapus. Semoga membantu!

Joni Pranata
Joni Pranata Seorang Sarjana Sistem Informasi di STMIK Amikom Jogjakarta. Content Writer, Youtuber, Animator, dan Blogger--sejak 2009

Posting Komentar untuk "Anti Lemot! Android Hadirkan Fitur Penghemat Memori Internal"